Perguruan Tinggi

pt
101026
Universitas Mohammad Natsir Bukittinggi

Kategori

Akreditasi

B


Alamat

Jalan Tan Malaka RT 01 RW 05 Kel. Bukit Cangang Kayu Ramang Kec. guguak Panjang Bukittinggi



Deskripsi

Active learning menjadi kegiatan yang harus dilakukan dalam proses pembelajaran. pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa ini bertujuan untuk menumbuhkan kemandirian melalui kegiatan memotivasi, kreativitas inisiatif, inspirasi dan belajar mandiri. jadi proses pembelajaran dirancang dengan berpusat pada mahasiswa untuk mendorong motivasi, minat kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, dan semangat belajar. Kegiatan akademik terdiri atas tatap muka (kuliah), belajar mandiri (penugasan) dan belajar modul. pelaksanaan kegiatan akademik akan dilaksanakan dengan mengkombinasikan kegiatan sinkronus dan asinkronus.


Kuota Penerimaan Mahasiswa

Akademik

50

Vokasi

50

Administrasi Publik

Program studi administrasi publik memiliki beberapa kurikulum seperti manajemen pelayanan publik, manajemen sumber daya manusia, kebijakan publik dan tata kelola pemerintahan

Administrasi Rumah Sakit

Akuntansi

Farmasi

Rumusan capaian pembelajaran prodi farmasi UM.Natsir Bukittinggi disusun mengacu pada Peraturan Presiden No.8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Naskah Akademik Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Kurikulum Pendidikan Farmasi Tahun 2013, Standar Kompetensi Apoteker Indonesia Tahun 2016 dan disesuaikan dengan kebutuhan para pemangku kepentingan (stakeholders).

Gizi


Hukum

Ilmu Keperawatan

Kurikulum prodi S1 Keperawatan dirumuskan dengan mengacu pada jenjang kualifikasi KKNI dan SN-Dikti. Capaian Pembelajaran Luliusan (CPL) pada prodi S1 Keperawatan terdiri dari unsur sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus, dan pengetahuan. Unsur sikap dan keterampilan umum mengacu pada SN-Dikti sebagai standar minimal, yang memungkinkan ditambah oleh program studi untuk memberi ciri lulusan perguruan tingginya. Sedangkan unsur keterampilan khusus dan pengetahuan dirumuskan dengan mengacu pada deskriptor KKNI sesuai dengan jenjang pendidikannya.
CPL pada prodi S1 Keperawatan meliputi:
1. Bertakwa kepada Tuhan YME, menunjukkan sikap profesional, prinsip etik, perspektif hukum dan budaya dalam keperawatan
2. Mampu menguasai keterampilan umum pada bidang keilmuannya
3. Mampu memahami ilmu keperawatan untuk melakukan asuhan keperawatan berdasarkan pendekatan proses keperawatan
4. Mampu memberikan asuhan keperawatan secara profesional pada tatanan laboratorium dan lapangan (klinik dan komunitas) untuk meningkatkan kualitas asuhan keperawatan dan keselamatan klien
5. Mampu melaksanakan edukasi dengan keterampilan komunikasi dalam asuhan keperawatan dan informasi ilmiah
6. Mampu membangun kapasitas kepemimpinan dan manajemen
7. Mampu melakukan penelitan ilmiah di bidang ilmu dan teknologi keperawatan untuk memecahkan masalah kesehatan
8. Mampu menghasilkan, mengomunikasikan, dan melakukan inovasi pada bidang ilmu dan teknologi keperawatan, dan
9. Mampu meningkatkan keahlian profesional di bidang keperawatan melalui pembelajaran seumur hidup
10. Mampu menerapkan dakwal bil hal dalam memberikan asuhan keperawatan
11. mampu menerapkan asuhan keperawatan pada pasien dengan penyakit kronis

D3 Kebidanan

Profil lulusan Prodi DIII Kebidanan adalah Care Provider. Lulusan Bidan mampu menjadi pemberi asuhan kebidanan pada masa kehamilan, persalinan dan bayi baru lahir, nifas, KB, bayi dan balita pada kondisi normal, melakukan deteksi dini dan penanganan awal kegawatdaruratan sesuai standar operasional prosedur (SOP) dan kode etik profesi pada tatanan pelayanan kesehatan yang menerapkan nilai-nilai islam.

D3 Keperawatan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Telepon : (021) 57946104
Pusat Panggilan ULT DIKTI 126
pmm-01@kemdikbud.go.id
mbkm@kemdikbud.go.id
Jl. Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta 10270