Perguruan Tinggi

pt
001007
Universitas Padjadjaran

Kategori

PTN BH

Akreditasi

Unggul


Alamat

Jalan Raya Bandung Sumedang KM 21 Jatinangor, Kab. Sumedang - Prov. Jawa Barat - Indonesia



Deskripsi

Universitas Padjadjaran (Unpad) menawarkan 72 program studi sarjana dan sarjana terapan yang tersebar di 16 fakultas. Mahasiswa Program Magister Manajemen (PMM) dapat memilih dari lebih dari 500 mata kuliah yang tersedia. Unpad memberikan pendidikan dengan pendekatan yang modern, menggabungkan pembelajaran daring dan tatap muka, sehingga mahasiswa dapat merasakan manfaat dari metodologi pembelajaran blended yang inovatif.
Mata kuliah yang akan ditawarkan untuk program PMM tidak semua nya dapat dilihat pada dashboard PMM. Ketika mahasiswa sudah diterima di PMM Unpad, mahasiswa akan dialokasikan pada prodi host yang relevan dengan kebutuhan mahasiswa, dan mata kuliah yang ingin diambil bisa didiskusikan dengan Kaprodi Host.


Kuota Penerimaan Mahasiswa

Akademik

1000

Vokasi

300

Administrasi Publik

Program studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unpad merancang kurikulum agar mahasiswa mampu menguasai konsep dan teori organisasi, manajemen sektor publik, kepentingan publik dan kebijakan publik, serta metode dan teknik bagi penyelesaian masalah dalam penyelenggaraan administrasi publik.

Lulusan program studi ini memiliki kompetensi dalam hal pengelolaan dan manajemen organisasi publik, seperti: Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Kinerja, Sistem Pemerintah Daerah, Akuntansi Sektor Publik, Perbendaharaan Negara, e-Government, Desain Organisasi baik untuk Instansi Pemerintah maupun Swasta.

Program studi Administrasi Publik FISIP Unpad menerapkan perkuliahan dengan metode Student Center Learning (SCL) dan penggunaan teknologi e-learning. Salah satu keunggulan program studi ini adalah pembelajaran yang dilakukan berbasis penelitian, yaitu dengan mata kuliah praktikum “Metoda Penelitian Administrasi Publik/Ristik”. Dengan program ini, mahasiswa dibiasakan dengan menganalisa berbagai fenomena sosial/kajian administrasi negara/publik dengan cara penelitian langsung ke lapangan atau lokus penelitian.

Gelar yang diperoleh untuk para lulusan adalah Sarjana Ilmu Politik (S.IP.).

Prospek Kerja
Lulusan program studi Administrasi Publik FISIP Unpad banyak yang bekerja pada bidang yang sesuai dengan keahliannya, diantaranya yaitu di Badan Usaha Milik Negara (BUMN), instansi-instansi pemerintah, lembaga keuangan, dan lembaga pelayanan publik (swasta maupun pemerintah).

Mata kuliah yang ditawarkan dapat bertambah ketika diskusi dengan kaprodi.

Agribisnis

Program studi Agribisnis Faperta Unpad mengembangkan model agribisnis alternatif yang mengintegrasikan agribisnis inklusif, kreatif-inovatif, ekologis, estetis dan berbasis komunitas dengan agribisnis berbasis korporasi dalam skema triple helix, penta helix dan multiple helix. Secara substantif, program studi Agribisnis Faperta Unpad memiliki tiga keunggulan kurikulum yang tidak dimiliki oleh program studi sejenis pada perguruan tinggi lain. Pertama, mengintegrasikan ilmu yang monodisiplin, interdisiplin, multidisiplin dan transdisiplin. Kedua, mengintegrasikan keilmuan dan kepraktisan (co-vocational).

Keunggulan ketiga yaitu memiliki Program Pengembangan Bisnis dan Lingkungan Usaha (Business and Enabling Environment Program/BEDP) yang terdiri dari 6 (enam) pilar yang sekuensial, yakni:

membangun mental, jiwa korsa dan karsa (BEDP 0);
pemetaan pasar dan perencanaan bisnis (BEDP 1);
praktik kewirausahaan (start-up) agribisnis (BEDP 2), kreasi dan inovasi agribisnis (BEDP 3);
pengembangan masyarakat, kelembagaan dan kepemimpinan pertanian/pedesaan (BEDP 4);
magang agribisnis profesional (BEDP 5); dan
penelitian/pengembangan karya (BEDP 6).
BEDP 1-5 merupakan core kompetensi mahasiswa dan lulusan Program Studi Agribisnis Unpad yang dapat diuji oleh lembaga sertifikasi (Asosiasi/Konsorsium/LSP). Adapun gelar yang diperoleh untuk para lulusan ialah Sarjana Pertanian (SP).

Agroteknologi

Program studi (prodi) Agroteknologi merupakan program studi yang berfokus pada penguasaan kompetensi lulusan dalam bidang produksi tanaman yang produktif, berkualitas, dan efisien, dengan menerapkan pengelolaan tanaman, lahan/media tanam (nutrisi dan air), hama-penyakit-gulma dan agro-ekosistem yang terpadu dan lestari (ramah lingkungan dan berkelanjutan) guna menghasilkan produk yang aman dan sesuai dengan keinginan konsumen/pengguna serta memiliki nilai tambah dan berdaya saing. Prodi ini juga berupaya untuk berkontribusi secara nyata dalam mengatasi beragam permasalahan dalam bidang pertanian-pangan-hortikultura, perbenihan dan perkebunan. Prodi Agroteknologi Unpad telah memutakhirkan kurikulumnya pada tahun 2013-2014, sehingga pada tahun 2015, prodi ini telah mengimplementasikan kurikulum berbasis capaian pembelajaran (learning outcomes), yaitu KPT 2014. Selain itu, kurikulum ini telah menyelaraskannya dengan level 6 KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) agar sejajar dengan lulusan negara lain. Gunamenghasilkan lulusan yang berkualitas, berdaya saing dan kompeten di bidang agroteknologi serta memiliki soft-skills (inter-intra personal skills), metode pembelajaran aktif (student-centred learning/SCL) sudah sejak tahun 2008 diterapkan. Pada pembelajaran ini, mahasiswa secara aktif dan mandiri menggali potensi dirinya sehingga mampu mengidentifikasi, mengkritisi, menganalisis, mengkonstruksi pembelajaran, mencari alternatif pemecahan masalah dan meraih capaian pembelajaran yang diharapkan untuk memenuhi harapan dunia kerja/industri (wirausahawan, industri benih, pupuk, pestisida, agro-chemicals, Perguruan Tinggi, Kementerian Pertanian/ instansi pemerintah, pemerintah pusat dan daerah/pemda, dll), masyarakat dan bangsa. Jenis metode pembelajaran yang sering digunakan dalam metode pembelajaran SCL ini antara lain: praktikum (laboratorium dan lapangan)/project-based learning), diskusi kelompok/small-group discussion, problem-based learning, role play and simulation, research-based learning, guna menyusun makalah individu/kelompok, essay, laporan dan lain-lain. Semua ragam pembelajaran ini diselenggarakan umumnya melalui serangkaian penugasan dan umpan balik yang konstruktif dan mencerahkan. Gelar yang diperoleh oleh para lulusan adalah Sarjana Pertanian (S.P.).

Akuntansi

Akuntansi adalah proses mencatat, mengklasifikasi dan merangkum informasi finansial yang berkaitan dengan semua transaksi dan kejadian di perusahaan serta menyajikannya untuk dapat dipahami oleh penggunanya, baik pihak internal (manajer) maupun eksternal perusahaan (pemegang saham, calon investor, dll). Jika dilihat dari pengertian tersebut, praktisi akuntansi merupakan orang yang paling tahu mengenai aspek internal perusahaan, bahkan bisa memprediksi kinerja perusahaan berdasarkan informasi tersebut. Oleh karena itu, profesi di bidang akuntansi termasuk profesi yang mendapatkan bayaran tinggi dan banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan. Dalam akuntansi terdapat beberapa sub-bidang seperti Akuntansi Keuangan, Akuntansi Manajemen, Sistem Informasi Akuntansi, Auditing, Akuntansi Sektor Publik, Akuntansi Syariah dan Perpajakan. Program studi Sarjana Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unpad memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap sebagai seorang profesional di bidang Akuntansi. Pengetahuan yang harus dimiliki adalah: ilmu akuntansi, keuangan dan ilmu pengetahuan terkait lainnya, pengetahuan mengenai kegiatan bisnis dan pengorganisasian, serta pengetahuan dan kompetensi di bidang teknologi informasi. Keterampilan yang harus dimiliki adalah: Intellectual skills, Technical and functional skills, Personal skills, Interpersonal and communication skills dan Organizational and business management skills. Sikap yang harus dimiliki adalah nilai dan perilaku yang mengarah kepada komitmen untuk: kepentingan publik dan sensitifitas terhadap tanggung jawab sosial; pengembangan diri dan belajar terus menerus; dapat diandalkan, bertanggung jawab, tepat waktu dan saling menghargai; hukum dan peraturan yang berlaku. Kompetensi yang dituntut dari seorang sarjana akuntansi profesional merujuk kepada standar internasional pendidikan akuntansi (International Education Standards/IES) yang telah ditetapkan oleh International Federation of Accountants (IFAC) dan berlaku efektif sejak tahun 2005. Standar kompetensi berbasis IES mencakup dimensi Knowledge (pengetahuan), Skills (keterampilan) dan Professional Attitudes and Ethics (Sikap dan Etika). Gelar yang diperoleh untuk para lulusan adalah Sarjana Ekonomi (SE.).

Antropologi

Program Studi Antropologi bertujuan mendidik calon sarjana dengan basis kompetensi pada keterampilan melakukan penelitian lapangan berbasis etnografi yang ditopang oleh pengetahuan konseptual-teoritis atas keragaman dan dinamika gejala kemasyarakatan dan kebudayaan.

Selain teori-teori antropologi dan mata kuliah tentang pranata kemasyarakatan pokok seperti gender, ekonomi, politik, agama, seni, dan kekerabatan, program studi Antropologi juga mengembangkan mata kuliah-mata kuliah terapan seperti analisis lingkungan, pembangunan, pemberdayaan masyarakat, analisis konflik sosial dan masalah HAM, gerakan sosial, pembangunan, dan media.

Diperkuat oleh praktikum studi lapangan yang diselenggarakan di setiap semester untuk memperkenalkan secara langsung mahasiswa pada kehidupan masyarakat di Indonesia dengan beragam kondisi dan karakteristik, program studi Antropologi menawarkan berbagai metode penelitian secara lengkap baik kuantitatif, kualitatif, dan etnografis guna meningkatkan kemampuan penelitian lapangan lulusannya.

Prospek Kerja
Hingga saat ini profil lulusan program studi Antropologi mencakup peneliti lapangan, analisis masalah sosial-budaya, dan asisten manajer dalam bidang pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, baik di instansi pemerintah, swasta/korporasi bisnis, maupun lembaga-lembaga swadaya masyarakat.

Biologi

Bisnis Digital

Ekonomi Islam

Keputusan Menteri pendidikan dan Kebudayaan Nomor 309/E/O/2014 tanggal 12 Agustus 2014. Program Studi ini dilaksanakan pada jenjang sarjana (S1) dengan muatan sks sebanyak 145 sks dengan tiga konsentrasi yang ditawarkan, yaitu: Konsentrasi Manajemen Keuangan Islam, Konsentrasi Akuntansi Islam, dan Konsentrasi Ekonomi Pembangunan Islam.

Program Studi Ekonomi Islam di FEB Unpad merupakan pengembangan dari berbagai kegiatan ekonomi Islam baik dalam bentuk penelitian,seminar, lokakarya maupun pengajaran dalam mata kuliah ekonomi Islam serta konsentrasi manajemen syariah. Kegiatan-kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Pusat Studi Ekonomi dan Bisnis Islam FEB Unpad dan juga oleh Program-Program Studi yang ada di FEB Unpad yaitu Program Studi Ekonomi dan Studi Pembangunan, Akuntansi dan Manajemen.

Proses pembelajaran difokuskan pada pemahaman dan penguasaan landscape dari ekonomi dan bisnis Islam dengan muatan 80% diskusi mengenai konsep-konsep dasar dari ekonomi dan bisnis Islam dan 20% pengenalan terhadap metodologi ekonomi dan bisnis Islam.

Farmasi

Program Studi Sarjana Farmasi Unpad bertujuan menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas, kompeten dan profesional di bidang farmasi, berdaya saing nasional dan internasional, dan memiliki rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

Fisika

Jurusan Fisika didirikan pada tahun 1959 berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 102333/S tanggal 22 Oktober 1958 yang berada pada Fakultas Ilmu Pasti dan Pengetahuan Alam, Universitas Padjadjaran. Selanjutnya berdasarkan SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) No. 217/DIKTI/Kep/1996 tanggal 11 Juli 1996 Jurusan Fisika terdiri dari satu program studi yaitu Program Studi Fisika yang berkedudukan di Bandung dan Jatinangor (Lampiran 2). Sejak tahun 1995 kegiatan penyelenggaraan pendidikan Program Studi Fisika dilakukan di Kampus Jatinangor dengan luas gedung 2051 m2. Saat ini PS Fisika memiliki 22 dosen tetap dengan kualifikasi pendidikan S3 13 orang (3 orang Guru Besar) dan S2 9 orang. Sejak berdirinya hingga saat ini, Program Studi Fisika telah menghasilkan lulusan 1146 orang sarjana.

PS Fisika telah empat kali berturut-turut memperoleh Akreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Pertama pada tahun 1998 (SK No 00608/Ak-I.1/UPAFGA/VIII/1998, 11 Agustus 1998). Kedua pada tahun 2006 (SK No. 020/BAN-PT/Ak-X/S1/XII/2006, 16 Desember 2006). Ketiga pada tahun 2013 (SK No. 024/SK.BAN-PT/Ak-XV/S/1/2013). Dan keempat pada tahun 2018 (944/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2018, 3 April 2018).

Pada tahun 2003–2007 PS Fisika mendapatkan proyek Technological and Professional Skill Development Sector Project (TPSDP) dari DIKTI dan Asian Development Bank (ADB) dengan dana sebesar 9 miliar rupiah yang dialokasikan untuk peningkatan sarana dan prasarana pendidikan, pengembangan sumber daya manusia dan pengembangan kurikulum melalui Program RAISE++ (Relevance, Academic Atmosphere, Internal Management, Sustainability, Efficiency and Productivity, Leadership, Access and Equity). Proyek tersebut berdampak pada peningkatan kualitas PBM, sarana dan prasarana pendidikan, kualitas sumber daya manusia dan pengelolaan Program Studi sesuai dengan paradigma pengelolaan PT yang dikembangkan oleh DIKTI yaitu quality, autonomy, accountability, accreditation and evaluation. Paradigma ini sesuai dengan visi dan misi PS Fisika yang dirumuskan dari visi dan misi Universitas dan Fakultas secara konsisten.

Geofisika

Geofisika telah menjadi salah satu bidang kajian pada Program S1 Jurusan Fisika FMIPA Unpad sejak tahun 1975. Pada tahun 1985 dibentuk Kelompok Bidang Kajian (KBK) Geofisika yang bertujuan untuk melakukan penelitian dan perkuliahan terkait dengan bidang geofisika.
Untuk meningkatkan pelayanan dan profesionalitas, maka pada tahun 2010 status KBK Geofisika secara resmi berubah menjadi Program Studi (Prodi) Geofisika melalui SK Mendiknas No. 49/D/O/2010 dan No. 257/D/O/2010.

Hubungan Internasional

Hubungan Masyarakat

Ilmu Administrasi Bisnis

Cikal bakal Fakultas Ilmu Sosial dan Politik didirikan sejak terbentuknya Fakultas Administrasi Negara dan Niaga (FANN) pada tanggal 13 Oktober 1958 di bawah asuhan Yayasan Universitas Negeri Padjadjaran. Kemudian pada tanggal 12 Agustus 1960 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.9974/UU namanya dirubah menjadi Fakultas Sosial Politik dengan Program Studi Administrasi Negara dan Program Studi Adminstrasi Niaga. Pada tahun 1961 di lingkungan Fakultas Sosial Politik Universitas Padjadjaran di buka Program Studi Akuntansi. Tahun Akademik 1965/1966 dibuka Program Studi Hubungan Interasional dan Program Studi Kesejahteraan Sosial. Berdasarkan SK Senat Guru Besar Unpad No.3/Kep/Unpad/68, 18 Januari 1968, Program Studi Akuntansi dan Program Studi Administrasi Niaga dipindahkan ke Fakultas Ekonomi. Namun dalam perkembangan Program Studi Administrasi Niaga pada Fakultas Ekonomi tidak diselenggarakan, dan kondisi ini berlanjut sampai dengan tahun 1999.

Atas dasar kondisi tersebut maka pada akhir tahun 1998, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran mengambil inisiatif untuk membuka kembali Program Studi Administrasi Niaga. Atas usaha tersebut, pada tahun 1999 kembali dibuka Program Studi Administrasi Niaga (Bisnis) di bawah naungan FISIP UNPAD dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan No.157/DIKTI/Kep/1999 tanggal 19 April 1999.

Sebagai salah satu bagian dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik maka keberadaan Program Studi Administrasi Bisnis turut mendukung pencapaian visi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran untuk menjadi lembaga pendidikan tinggi yang memiliki komitmen terhadap keunggulan di bidang Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.

Program Studi Administrasi Bisnis memiliki Visi kedepan yaitu menjadi Menjadi Program Studi Unggulan Di Bidang Administrasi Bisnis Yang Diakui Secara Internasional Pada Tahun 2019.

Visi ini mengarahkan Program Studi untuk menghasilkan lulusan yang kompetitif dan dapat memenuhi kebutuhan dunia usaha, lembaga pemerintah, dan kemampuan berwirausaha, serta menjadi pusat rujukan dalam penelitian, pengkajian dan pengembangan administrasi bisnis menuju entitas bisnis terbaik.

Mata kuliah yang ditawarkan dapat bertambah ketika diskusi dengan kaprodi.

Ilmu Aktuaria

Ilmu Ekonomi

Program Studi (Prodi) Ilmu Ekonomi berkomitmen untuk menghasilkan profil lulusan sebagai Ekonom, yaitu Sarjana Ekonomi yang profesional, berdaya saing internasional, dan kompeten menjawab permasalahan terkait isu-isu ekonomi yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat serta mampu merespons perubahan global. Dengan didukung oleh penguasaan konsep dasar ekonomi, penguasaan data, kemampuan analisis dan prediksi tren ekonomi yang mengandalkan pendekatan kuantitatif, lulusan Prodi Ilmu Ekonomi diharapkan mampu memberikan rekomendasi dan solusi bagi kalangan bisnis dan pemerintahan. Untuk mencapai tujuan ini, Prodi Ilmu Ekonomi telah mendapatkan akreditasi dari ABEST21 (the Alliance of Business Education for Scholarship Tomorrow in the 21st Century), sebuah badan akeditasi internasional yang berbasis di Jepang.

Berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Padjadjaran tanggal 3 November 2020 Nomor: 1107/UN6.RKT/Kep/HK/2020 nama Prodi Sarjana Ekonomi Pembangunan berubah menjadi Prodi Sarjana Ilmu Ekonomi. Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi menetapkan peringkat akreditasi Prodi Ilmu Ekonomi pada Program Sarjana Universitas Padjadjaran adalah “A” berdasarkan keputusan Nomor: 753/SK/BAN-PT/Ak-PNB/S/II/2021 yang berlaku sampai dengan tanggal 26 Januari 2026.

Ilmu Hukum

Fakultas Hukum (FH) Unpad yang semula bernama Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (FHPM) didirikan secara resmi berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 1957 tentang Pendirian Unpad, tanggal 24 September 1957. Fakultas Hukum Unpad merupakan salah satu dari empat fakultas yang menjadi cikal bakal Unpad, sekaligus menjadi dasar identitas Unpad dalam berkiprah di dunia pendidikan. Hal ini diwujudkan dalam penetapan Pola Ilmiah Pokok (PIP) Unpad yang bertema “Bina Mulia Hukum dan Lingkungan Hidup dalam Pembangunan Nasional”. Pada perkembangannya, PIP tersebut diaktualisasikan dalam pengembangan bidang Hukum Internasional yang menjadi rujukan bagi pendidikan hukum di seluruh Fakultas Hukum di Indonesia. Pembentukan Laboratorium Klinis Hukum juga menjadi salah satu ciri khas Fakultas Hukum Unpad.

Ilmu Kelautan

Program Studi Ilmu Kelautan lahir menjadi program studi baru di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan ditandai dengan terbitnya Izin Penyelenggaraan Program Studi dari Ditjen DIKTI Nomor 117/D/T/2007 (tertanggal 18 Januari 2007) dan Surat Keputusan Rektor Nomor 209/J06/Kep/OT/2007 (tertanggal 29 Januari 2007). Visi Program Studi Ilmu Kelautan adalah Menjadi Program Studi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Yang Unggul dalam Bidang Konservasi dan Pemanfaatan Sumber Daya hayati Laut Yang Berdaya Saing Secara Internasional pada Tahun 2024. Misi Program Studi Ilmu Kelautan adalah menyelenggarakan PENDIDIKAN yang berkualitas dalam bidang konservasi dan pemanfaatan sumber daya hayati laut; melaksanakan PENELITIAN dan menghasilkan publikasi ilmiah yang berkualitas di tingkat nasional dan internasional dalam bidang konservasi danpemanfaatan sumber daya hayati laut, baik oleh dosen dan mahasiswa; Menyelenggarakan kegiatan PENGABDIAN PADA MASYARAKAT yang berkualitas berbasis kearifan lokal sesuai dngan kebutuhan masyarakat dan perkembangan IPTEKS Kelautan; Melaksanakan manajemen pendidikan dengan menerapkan prinsip Penjaminan Mutu; Menjalin hubungan kerjasama strategis dengan masyarakat, pemerintah, perguruan tinggi lain baik di dalam negeri maupun luar negeri, serta swasta industri secara berkesinambungan. Program Studi Ilmu Kelautan sudah terakreditasi internasional dari ASIIN dan sedang menunggu hasil akreditasi internasional IMAREST

Ilmu Keperawatan

Seiring dengan perkembangan dan tuntutan kebutuhan, Program Studi Ilmu Keperawatan yang tadinya berada di bawah Fakultas Kedokteran, disahkan menjadi Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) pada tanggal 8 Juni 2005 berdasarkan Surat Keputusan Rektor Unpad No.1020/J06/Kep/KP/2005 dan persetujuan Dirjen Dikti No.1827/D/T/2005 tanggal 1 Juni 2005. Dengan demikian, Fakultas Ilmu Keperawatan sah menjadi salah satu fakultas di lingkungan Universitas Padjadjaran.

Pada 2 September 2013, Fakultas Ilmu Keperawatan berubah nama menjadi Fakultas Keperawatan berdasarkan SK Rektor Nomor 3268/UN6.RKT/KP/2013 karena pendidikan keperawatan tidak semata bersifat akademik, namun termasuk juga pendidikan profesi.

Fakultas Keperawatan Unpad sebagai pusat Pendidikan Tinggi Keperawatan tertua kedua di Indonesia dituntut untuk menghasilkan sumber daya manusia keperawatan yang berkualitas tinggi. Oleh sebab itu, Fakultas Keperawatan Unpad berupaya menata dan mengelola segala sumber daya yang dimiliki serta mengembangkan diri sehingga menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di pasaran kerja nasional maupun internasional.

Ilmu Kesejahteraan Sosial

Program studi Ilmu Kesejahteraan Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unpad mengajarkan tentang pengetahuan dasar pekerjaan sosial yang meliputi pengetahuan tentang perilaku manusia dan lingkungan sosial; nilai, prinsip, etika pekerjan sosial; serta kebijakan dan pelayanan sosial di tingkat lokal, nasional, maupun internasional.

Program studi Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP Unpad telah mengimplementasikan kurikulum pendidikan pekerjaan sosial yang berbasis kewirausahaan sosial. Kurikulum berbasis kewirausahaan sosial tersebut akan menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa kewirausahaan sosial yang mampu menciptakan peluang pelayanan sosial, berinovasi dalam mengembangkan upaya-upaya pemberian bantuan, dan keberanian mengambil risiko dengan perencanaan yang matang. Gelar yang diperoleh untuk para lulusan adalah Sarjana Sosial (S.Sos.).

Ilmu Komunikasi

Ilmu Pemerintahan

Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unpad, melaksanakan pendidikan dibidang ilmu pemerintahan yang bermutu dalam rangka menghasilkan lulusan yang berdaya saing secara moral maupun akademis yang bermanfaat bagi masyarakat.

Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Unpad, juga mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat guna menopang pendidikan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi komunitas akademik, pemerintah, industri dan masyarakat pada umumnya. Gelar yang diperoleh untuk para lulusan adalah Sarjana Ilmu Pemerintahan (S.IP.).

Prospek Kerja
Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Unpad memberikan pengetahuan dan pendidikan kepada para peserta didik agar menjadi tenaga yang terlatih, terampil, dan profesional, sehingga menghasilkan lulusan/alumni yang berdaya saing secara moral maupun akademis yang bermanfaat bagi masyarakat.

Selama ini Program Studi Ilmu Pemerintahan telah menghasilkan lulusan yang menempati posisi di lapangan sebagai:

Aparat Pemerintah/Birokrat di tingkat Pusat/Daerah
Asisten Peneliti
Staf untuk Anggota Legislatif Pusat/Daerah
Anggota Legislatif Pusat/Daerah
Anggota Partai Politik
Aktivis LSM/Ormas
Jurnalis Pemerintahan/Politik
Konsultan Pemerintahan
Tenaga Pendidik/Dosen

Ilmu Politik

Ilmu Sejarah

Keberadaan Program Studi Sejarah diawali dengan berdirinya Jurusan Sejarah yang sudah dilaksanakan sejak tahun 1958 di Fakultas Sastra yang sekarang menjadi Fakultas Ilmu Budaya. Perjalanan Fakultas Ilmu Budaya yang ada saat ini diawali dari pemikiran sekelompok tokoh pendiri yaitu Iwa Kusuma Sumantri, Soebardi, dan Harsoyo yang hasilnya pada 1 Oktober 1958 terbit SK Yayasan Pembina Universitas Padjadjaran mengenai pembukaaan Fakultas Sastra. Kurang lebih dua tahun kemudian, untuk lebih memperluas peran yang bisa dimainkan Fakultas Sastra di bidang pendidikan, status Fakultas Sastra memperoleh legalitas yang lebih kuat dengan keluarnya Surat Keputusan Menteri PPK No. 66971/UU/60 tertanggal 12 Agustus 1960. Berdasarkan SK Menteri PPK tersebut, secara otomatis sejak tahun 1960 Fakultas Sastra secara resmi menjadi salah satu fakultas di lingkungan Universitas Negeri Padjadjaran atau tepatnya menjadi fakultas ke delapan di lingkungan Universitas Padjadjaran dengan empat jurusan yang dimiliki, yaitu: Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah, Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Jurusan Sejarah, serta Jurusan Bahasa dan Sastra Perancis.

Jurnalistik

Pogram Studi Jurnalistik akan membekali lulusannya dengan pengetahuan khusus (pengetahuan jurnalistik, pengetahuan tentang konsep penelitian sosial dan pengetahuan pendukung yang relevan), keterampilan (manajerial dan praktis) karakter lulusan yang memiliki idealisme yang kuat, mematuhi norma dan etika profesi, memiliki standar, ksitis dan skeptik, jujur, memiliki keingintahuan yang tinggi, berani menerima tantangan, disiplin dan mematuhi aturan profesi, memiliki keberanian dan berpikiran terbuka, serta kemampuan berkomunikasi dan melekteknologi untuk mengoptimalkan praktik jurnallistik.

Bahan Kajian
Research Methodologies
Theories, Structure and History of Communication
General Knowledge
Writing, Story telling, and Audiovisual Techniques (Analogical & Digital)
Technologies and Technological Skills
Theory and Structure of The Journalistic Profession
News Production
Journalistic Genres
Specialized Journalism
Company and Business Model

Kedokteran

Fakultas Kedokteran (FK) Unpad didirikan atas 2 falsafah utama, yakni kemalahatan bagi masyarakat dan kebersamaan dalam kesejawatan. Gagasan untuk mendirikan Fakultas Kedokteran pertama kali datang dari menteri kesehatan dr. Lie Kiat Teng pada Kongres IDI di Surabaya tahun 1953. Seiring dengan berdirinya Universitas Padjadjaran (Peraturan Pemerintah No. 37/1957), maka berdiri pula FK Unpad bersama tiga fakultas lainnya. Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kedokteran, pada tahun 1979 dibuka pendidikan pascasarjana dalam bidang Kedokteran.Sejak tahun 2001, FK Unpad menerapkan metode Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan konsep Student-centered, Problem-based, Community-oriented, Early clinical exposure, Systematic (SPICES) pada proses perkuliahannya. PBL diyakini sebagai model pendidikan kedokteran yang dapat menghasilkan tenaga kesehatan yang mampu mengembangkan diri sendiri dan beradaptasi sehingga dapat menyelesaikan permasalahan sendiri, tanpa tergantung oleh dosen dan institusi. Dengan kata lain, seorang dokter yang akan terus belajar sendiri sepanjang hayat (self-long life learner). Sedangkan kurikulum pembelajaran dengan konsep SPICES diterapkan untuk mendorong minat mahasiswa untuk belajar dan melatih pola pikir mahasiswa. Kurikulum ini mengintegrasikan klinik dan preklinik serta memperkenalkan lebih awal pengetahuan klinik berupa kasus-kasus dan pelatihan keterampilan pada model atau pasien.

Mata kuliah yang ditawarkan dapat bertambah ketika diskusi dengan kaprodi.

Kedokteran Hewan

Kimia

Manajemen

Manajemen adalah proses untuk mencapai tujuan, yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian. Oleh karena itu manajemen digunakan di semua organisasi dalam rangka mencapai tujuannya, baik organisasi profit (perusahaan /organisasi bisnis) maupun organisasi non-profit (pemerintahan, lembaga sosial, organisasi kemasyarakatan); di semua sektor : perbankan, manufaktur, pertambangan, perdagangan, kesehatan, pariwisata, dll; yang ukurannya kecil, menengah maupun besar. Oleh karena sifatnya yang sangat universal, maka banyak orang merasa perlu mempelajari manajemen. Di program studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unpad, akan dipelajari berbagai mata kuliah yang akan mengembangkan peserta didik (mahasiswa) untuk : Mampu menyusun perencanaan, melakukan pengorganisasian, penyusunan staf, memimpin dan mengarahkan orang lain, dan melakukan pengendalian dalam rangka mengelola suatu organisasai bisnis dan non bisnis. Mampu melaksanakan tugas-tugas manajer fungsional (Pemasaran, Operasi, SDM,, Keuangan) dan wirausaha pada suatu organisasi bisnis dan non bisnis. Mampu memecahkan permasalahan operasional dan manajerial, memilih solusi terbaik, menyusun rekomendasi keputusan, dan rencana tindakan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Mampu menyusun perencanaan bisnis (business plan) Mampu melakukan pengumpulan dan pengolahan data serta menganalisis informasi yang relevan dalam proses penelitian. Mampu memahami teori, konsep, metoda dan perangkat analisis yang terkait dengan keterampilan manajerial di bidang Pemasaran, SDM, Operasi, dan Keuangan. Selain pengembangan yang sifatnya akademik melalui perkuliahan, FEB Unpad juga berupaya mengembangkan soft skill dari mahasiswa melalui telah mengembangkan Program The Champion untuk mengedukasi dan mengembangkan kemampuan berpikir mahasiswa agar dapat bersaing dalam berbagai kompetisi, baik di tingkat nasional maupun internasional. Hal lain yang dilakukan oleh program studi Manajemen FEB Unpad dalam rangka meningkatkan prestasi lulusan adalah memasukan mata kuliah Peraihan Prestasi dan magang sebagai salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa baru. Setelah lulus dari program studi Manajemen FEB Unpad, gelar yang akan diperoleh untuk para lulusan adalah adalah Sarjana Ekonomi (SE.).

Dilarang menyalin konten yang ada pada laman unpad.ac.id tanpa mencantumkan sumber aslinya secara jelas. Silahkan cantumkan tautan https://www.unpad.ac.id/fakultas/ekonomi-bisnis/manajemen/ apabila ingin menyalin tulisan.

Manajemen Komunikasi

Program studi manajemen komunikasi (Communication management) adalah program studi yang memfokuskan kajiannya pada komunikasi strategis (Strategic Communication) baik pada organisasi profit maupun nonprofit. Berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Prodi Manajemen Komunikasi bertujuan menghasilkan sarjana yang: 1) Memiliki keterampilan dasar komunikasi; 2) Memiliki kemampuan manajerial; 3) Memahami dan dapat mengaplikasikan aspek teoritis komunikasi; 4) Menguasai teknologi informasi dan komunikasi; 5) memiliki kemampuan menganalisis situasi, memformulasikan masalah komunikasi, dan mengembangkan alternatif solusi; 6) Merancang strategi komunikasi pemasaran serta mengelola alat-alat promosi; 7) dapat mempraktikkan komunikasi kepemimpinan; 8) dapat mengelola program-program pengembangan sumber daya manusia komunikasi dalam perusahaan; serta 9) dapat mengaudit pelaksanaan komunikasi bisnis dan pemasaran.

Matematika

Pendidikan Dokter Gigi

Tentang Program Studi

Visi

Menjadi Program Studi Pendidikan Dokter Gigi berbasis Riset Oral Health Related-Quality of Life (OHRQoL) dan Berdaya Saing Internasional Tahun 2024.

Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan, peneitian, dan pengabdian kepada masyarakat secara terintegrasi di bidang OHRQoL dengan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran gigi guna menghasilkan lulusan yang unggul, inovatif, profesional, berbudi luhur dan berdaya saing internasional.

2. Menjalin kerjasama strategis di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dengan berbagai pihak di dalam dan diluar negeri secara berkelanjutan dengan menerapkan kemitraan yang seimbang.

3. Menyelenggarakan Program Studi Pendidikan Dokter Gigi yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab dan adil dengan menerapkan penjaminan mutu.

Tujuan

1. Terselenggaranya kegiatan pendidikan dan pengajaran kedokteran gigi yang bermutu dan terstandar nasional, regional dan internasional.

2. Tercapainya lulusan yang unggul terutama di bidang OHRQoL, inovatif, profesional, berbudi luhur dan berdaya saing internasional.

3. Terselenggaranya kegiatan penelitian bagi tenaga pendidik serta mahasiswa terutama dalam bidang OHRQoL yang melibatkan berbagai pihak dari dalam dan luar negeri.

4. Terselenggaranya kegiatan pengabdian masyarakat yang merupakan hasil penelitian guna meningkatkan kualitas hidup individu, keluarga dan masyarakat.

5. Terselenggaranya kerjasama dengan berbagai pihak dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di dalam maupun di luar negeri.

6. Terselenggaranya sistem tata kelola yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab dan adil.

Profil Lulusan

Cendekia
Seseorang yang mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran gigi sehingga pandai mengambil keputusan secara independen dalam mencari jalan keluar yang dapat dipertanggungjawabkan berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif dan bersikap etis

Leader
Seseorang yang mampu memimpin suatu tim kerja untuk memecahkan masalah kesehatan gigi mulut individu dan masyarakat secara profesional berdasarkan keilmuan, sehingga dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kesehatan gigi mulut memiliki kemampuan advokasi guna mendukung kebijakan kesehatan

Manajer
Seseorang yang mampu menyusun perencanaan, penerapan, pengawasan dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan dengan mengorganisasikan seluruh sumber daya yang berada di bawah tanggung jawabnya

Pembelajar sepanjang hayat
Seseorang yang senantiasa belajar mengembangkan diri sesuai kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran gigi dan perkembangan teknologi informasi sesuai jamannya

Penyedia layanan kesehatan
Seseorang yang mampu menyediakan layanan kesehatan gigi mulut untuk menangani pasien secara holistik sebagai individu dan masyarakat secara berkelanjutan guna mencapai derajat kesehatan gigi mulut yang optimal sehingga berdampak pada peningkatan kualitas hidup

Inovator
Seseorang yang mampu menerapkan kerangka pemikiran inovatif dalam konteks pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kedokteran gigi secara bermutu, mandiri dan terukur untuk membuat perubahan dan solusi dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan gigi mulut yang berdampak pada kualitas hidup

Komunikator
Seseorang yang mampu membangun komunikasi secara efektif dan efisien dalam rangka menyampaikan informasi/pemikiran/argumen atau karya ilmiah/inovasi yang dipertanggungjawabkan kepada individu dan masyarakat terutama masyarakat profesinya

Kompetensi

Kompetensi lulusan merujuk kepada Standar Kompetensi Dokter Gigi Indonesia (SKDGI) yang dikeluarkan oleh Konsil Kedokteran Gigi Indonesia.

Capaian Pembelajaran Lulusan

Rumusan capaian pembelajaran merujuk pada jenjang kualifikasi KKNI, terutama yang berkaitan dengan unsur keterampilan khusus (kemampuan kerja) dan penguasaan pengetahuan, sedangkan yang mencakup sikap dan keterampilan umum dapat mengacu pada rumusan yang telah ditetapkan dalam SN-Dikti sebagai standar minimal unsur pengetahuan dari Capaian Pembelajaran akan menggambarkan batas dan lingkup bidang keilmuan/keahlian yang merupakan rangkaian bahan kajian minimal yang harus dikuasai.

Lama Studi

Lama masa studi minimal 8 semester dan maksimal masa studi adalah 14 semester.

Metode Pembelajaran

Prodi S1 FKG UNPAD menggunakan bentuk pembelajaran: kuliah, praktikum, simulasi, praktikum lapangan, pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dengan metode 7 jumps.

Ketua Program Studi Sarjana
Dr. Asti Samiaty Setiawan, drg.,M.Kes.

Mata kuliah yang ditawarkan dapat bertambah ketika diskusi dengan kaprodi.

Perikanan

Perpustakaan Dan Sains Informasi

Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi masuk ke dalam Rumpun Ilmu Terapan (Profession And Applied Sciences) dengan Sub Rumpun Sains Informasi (Information Science). Berdasarkan lampiran tersebut juga para lulusan Sarjana Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi berhak menyandang gelar S.S.I (Sarjana Sains Informasi).
Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi mengacu pada jenjang kualifikasi KKNI, SN-Dikti, SKKNI Nomor kep. 42/MEN/II/2009, Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Ilmu Perpustakan dan Informasi (APTIPI), Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI), yang mencakup aspek sikap, pengetahuan, keterampilan umum dan keterampilan khusus. Adapun lulusan program studi harus memiliki beberapa keterampilan khusus. Pertama, lulusan mampu merencanakan pengelolaan dan layanan informasi di institusi memori (perpustakaan, arsip, museum, dan lembaga informasi lainnya) sebagai pengelola memori kolektif dan warisan budaya berdasarkan kajian dan analisis perilaku informasi dan sebagai pengelola memori kolektif dan warisan budaya berbasis teknologi digital. Kedua, lulusan mampu mengembangkan jaringan kerjasama institusi memori. Ketiga, lulusan mengumpulkan, mengolah, menyimpan, mendiseminasikan, dan melestarikan memori kolektif dan warisan budaya. Keempat, lulusan mampu mengelola memori kolektif dan warisan budaya berupa data, informasi, dan pengetahuan sebagai aset institusi memori. Kelima, lulusan mampu mengidentifikasi kebutuhan produk dan layanan informasi, merancang, menyelenggarakan, dan mengevaluasi bisnis informasi berbasis teknologi digital.

Profil Lulusan Prodi
1. Pustakawan : Orang yang mampu merencanakan, mengumpulkan, mengolah, mengemas, melestarikan, dan mendiseminasikan koleksi perpustakaan sebagai institusi memori dengan sistem dan teknologi yang baku secara profesional
2. Pengelola Aset Digital : Orang yang mampu merencanakan, mengumpulkan, mengolah, mengemas, melestarikan, dan mendistribusikan aset digital yang strategis untuk mendukung valuasi informasi lembaga informasi secara profesional
3. Infopreneur : Orang yang mampu mengidentifikasi kebutuhan produk dan jasa informasi, merancang bisnis informasi, menyelenggarakan bisnis informasi berbasis teknologi informasi dan komunikasi, serta mengevaluasi penyelenggaraan bisnis Informasi secara kreatif dan inovatif

Capaian Pembelajaran Lulusan
Untuk mendukung terpenuhinya profil lulusan, maka capaian pembelajaran lulusan yang ditetapkan oleh program studi Perpustakaan dan Sains Informasi telah merujuk kepada jenjang kualifikasi KKNI, SN-Dikti, SKKNI Nomor kep. 42/MEN/II/2009, Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Ilmu Perpustakan dan Informasi (APTIPI), Ikatan Pustakawan Indonesia(IPI), yang mencakup aspek sikap, pengetahuan, keterampilan umum dan keterampilan khusus, sebagai berikut:
1. Sikap
Menunjukkan sikap dan perilaku religius yang berkontribusi dalam mengembangkan kualitas kehidupan di masyarakat, berfikir kreatif dan inovatif, dan memiliki karakter, moral, etika serta profesionalitas.
2. Pengetahuan
• Menguasai teori, konsep, dan metode di bidang perpustakaan dan sains informasi untuk memecahkan masalah dalam lingkup nasional, regional dan internasional
• Menguasai etika dan filsafat perpustakaan dan sains informasi
• Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, pengumpulan, pengolahan, pengemasan, pelestarian, dan penyebarluasan informasi sebagai memori, aset dan komoditi
• Menguasai literasi informasi dan media sesuai tuntutan tugas profesional di bidang perpustakaan dan sains informasi
3. Keterampilan Umum
• Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif, bekerja mandiri, bermutu dan terukur, mampu mengambil keputusan berdasarkan hasil analisis informasi dan data dengan menerapkan nilai humaniora.
• Mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bernilai humaniora untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, dan mampu menyusun skripsi atau laporan akhir yang menjamin kesahihan dan bebas plagiasi.
• Mampu mengembangkan dan memelihara jaringan kerja, bertanggung jawab atas hasil kerja kelompok, melakukan evaluasi diri atas hasil kerja kelompok, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
4. Keterampilan Khusus
• Mampu mengaplikasikan teori, konsep, dan metode dalam pengelolaan koleksi perpustakaan dan aset digital dengan sistem dan teknologi yang baku secara profesional.
• Mampu mendesain lembaga informasi sesuai dengan kebutuhan lembaga dan masyarakat bebasis teknologi informasi dan komunikasi menggunakan beragam metode yang relevan
• Mampu mengembangkan jaringan kerjasama institusi memori (perpustakaan, arsip, museum, dan lembaga informasi lainnya) secara nasional, regional, dan internasional dalam pengelolaan memori kolektif dan warisan budaya
• Mampu mengaplikasikan berbagai pendekatan ilmiah guna memecahkan permasalahan di bidang perpustakaan dan sains informasi
• Mampu mengidentifikasi kebutuhan produk dan jasa informasi, merancang, menyelenggarakan, dan mengevaluasi bisnis informasi berbasis teknologi digital

Peternakan

Profil dan Kompetensi Sarjana Peternakan mulai tahun 2014 dirumuskan berdasarkan pada Kepmendiknas No. 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi, Kesepakatan Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Peternakan Indonesia tahun 2009 mengenai Profil dan Kompetensi Sarjana Peternakan, Perpres No. 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia/ KKNI/IQF dan UU No. 18 Tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Profil lulusan Program Studi Sarjana (S1) Ilmu Peternakan Fakultas Peternakan adalah sarjana yang memiliki profil sebagai (1) Knowledgeable and Skillful Worker (Pegawai Berpengetahuan dan Terampil), (2) Manager, dan (3) Entrepreneur. Berikut kompetensi yang harus dicapai untuk Lulusan Program Sarjana (S1):

Knowledgeable and skillfull worker :
Menguasai ipteks dan keterampilan dasar peternakan ramah lingkungan.
Mampu menerapkan ipteks dasar peternakan ramah lingkungan.
Mampu menganalisis, menginterpretasikan dan mengkomunikasikan hasil penelitian secara oral dan verbal.
Mampu memecahkan permasalahan di bidangnya.
Mampu memanfaatkan dan menggunakan TIK(Teknologi Informasi dan Komunikasi).
Mampu mengikuti perkembangan Ipteks.
Mampu bekerjasama dalam tim dan beradaptasi dengan lingkungan kerja.
Manager :
Mampu menerapkan prinsip dasar manajemen.
Mampu menerapkan prinsip dasar kepemimpinan.
Mampu berkomunikasi secara efektif.
Enterpreneur :
Memiliki kemampuan memotivasi, berkreasi dan berinovasi.
Mampu menerapkan kaidah entrepreneurship.

Psikologi

Program Studi Psikologi S1 UNPAD (Terakreditasi A) dirancang untuk para mahasiswa yang memiliki minat kuat untuk memahami perilaku manusia dan fungsi-fungsi Psikologi yang melatarbelakanginya melalui pendekatan biopsikososial. Kami siap memberikan konsep dan teori-teori Psikologi yang komprehensif dan membangun kemampuan berpikir Ilmiah maupun praktikal para mahasiswa untuk memecahkan masalah psikologis baik pada level individu, kelompok, organisasi, maupun masyarakat berdasarkan ketentuan kode etik Indonesia.

Kami menyediakan kurikulum dengan Outcome-Based Education (OBE) yang diatur menggunakan desain capstone project. Tujuan pembelajaran dengan desain capstone project adalah agar pencapaian kompetensi lulusan dapat diukur.

VISI, MISI DAN TUJUAN PENDIDIKAN
KURIKULUM
Psikologi memiliki pengertian ilmu yang mempelajari perilaku manusia dan proses-proses mental yang melatarbelakangi perilaku. Perilaku-perilaku yang ditunjukkan oleh manusia merupakan ruang lingkup dalam keilmuan psikologi yang begitu luas. Untuk belajar ruang lingkup psikologi secara menyeluruh, perlu adanya rancangan pembelajaran yang terstruktur dalam perkuliahan.

Untuk menghasilkan sarjana psikologi dengan kompetensi yang mumpuni, maka perlu adanya link and match antara Prodi Psikologi S1 Fakultas Psikologi Unpad sebagai pendidikan tinggi yang menghasilkan sarjana psikologi dengan tuntutan kebutuhan dunia kerja dan Masyarakat.

Oleh karena itu saat ini Prodi Psikologi S1 Fakultas Psikologi Unpad menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka. Melalui kebijakan ini diharapkan para mahasiswa yang saat ini belajar di Perguruan Tinggi, harus disiapkan menjadi pembelajar sejati yang terampil, lentur, dan ulet

Kuliah disini akan berlangsung selama 8 semester dan akan menempuh mata kuliah sebanyak 149 SKS. Jadi, akan banyak sekali keilmuan psikologi yang dapat dipelajari.

Sastra Arab

Sastra Indonesia

Program studi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unpad merupakan program studi pertama yang dibuka di FIB Unpad. Fokus pembelajaran pada program studi ini adalah bahasa, sastra, dan budaya. Mahasiswa Sastra Indonesia juga mempelajari mata kuliah yang berkaitan dengan aspek kemahiran: kemampuan tata bahasa, komunikasi lisan dan tulisan.

Bahasa dan sastra memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional. Melalui bahasa dan sastra kepekaan dan penalaran akan terasah dan menjadikan seseorang menjadi kritis. Kemampuan berpikir kritis inilah yang sangat diperlukan dalam dunia kerja dan kehidupan secara umumnya.

Dalam kehidupan sehari-hari bahasa digunakan sebagai alat komunikasi dan dalam pembelajaran bahasa digunakan sebagai alat untuk transfer ilmu (sains, teknologi, agama, dan seni). Penguasaan bahasa yang baik merupakan alat untuk transfer ilmu atau gagasan dengan efektif. Seseorang yang menguasai bahasa dan sastra dengan baik membantu mengenal dirinya dan budayanya serta mengenal budaya orang lain. Dengan kata lain bahasa dan sastra dapat mengembangkan sensitivitas interkultural.

Mempelajari sastra meliputi membaca, berdiskusi, berpikir, dan menulis sehingga membantu seseorang untuk berpikir kritis. Dengan belajar sastra seperti membaca puisi, cerpen, novel, dan drama, membantu seseorang bersimpati terhadap orang lain dan melihat bagaimana kompleksnya seorang manusia

Sastra mempelajari banyak hal: kepercayaan, ideologi, tatanan sosial dari masyarakat yang berbeda-beda sehingga ini membuat seseorang menjadi tahu dari mana dan bagaimana sejarah membentuk budaya tersebut.Dengan mempelajari sastra, horison seseorang akan bertambah luas karena mempelajari budaya-budaya yang berbeda-beda. Hal tersebut juga membuat seseorang menjadi lebih peka terhadap spektrum dan sudut pandang yang lebih luas dalam memahami orang lain. Hal ini dapat mempengaruhi cara seseorang mengambil keputusan.

Kemampuan-kemampuan inilah merupakan bekal berharga di dunia kerja karena memiliki kemampuan analitis dan kritis serta logis dan sensitif yang didapat dari mempelajari bahasa dan sastra.

Sastra Inggris

Di Program Studi Sastra Inggris, Universitas Padjadjaran, mahasiswa dibimbing dan dilatih untuk memiliki cara berpikir kritis, wawasan yang luas, etos kerja yang disiplin tetapi fleksibel, dan tentunya kemahiran berbahasa Inggris yang tinggi. Selain mendapat mata kuliah yang bersifat umum sebagaimana program studi lain di Unpad dan di perguruan tinggi lain, di Program Studi Sastra Inggris, mahasiswa mendapat mata kuliah yang khusus di bidang humaniora atau ilmu budaya. Namun, sebagian besar mata kuliah yang ada dalam kurikulum Sastra Inggris berfokus pada tiga jenis mata kuliah, yaitu mata kuliah kemahiran berbahasa Inggris, mata kuliah linguistik, dan mata kuliah kesusastraan.

Proses dan materi pembelajaran disesuaikan dengan keragaman latar belakang, minat, dan kepentingan mahasiswa bersama dosen-dosen yang memiliki kualifikasi yang handal. Pembelajaran pun didukung oleh fasilitas yang memadai, terutama teknologi digital. Dengan berbekal wawasan yang luas, kemahiran bahasa yang baik, sikap yang mandiri dan adaptif, dan kemahiran memanfaatkan teknologi dalam bekerja, lulusan sastra Inggris bukan sekadar dapat mengembangkan diri menuju karier yang dicita-citakan melainkan juga memberi sumbangan berarti bagi lembaga tempatnya bekerja dan masyarakat secara umum baik di tingkat lokal, nasional, maupun bahkan internasional.

Mata kuliah yang ditawarkan dapat bertambah ketika diskusi dengan kaprodi.

Sastra Jepang

Program studi Bahasa dan Budaya Jepang, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran berdiri tahun 1963. Prodi ini merupakan prodi kesusastraan Jepang pertama yang berdiri di Indonesia. Program studi ini telah beberapa kali berganti nama, mulai dari jurusan Asia Timur, prodi Sastra dan Bahasa Jepang, prodi Sastra Jepang, hingga prodi Bahasa dan Budaya Jepang.

Visi prodi Bahasa dan Budaya Jepang adalah menjadi institusi unggul dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi kelas dunia yang memiliki komitmen dan integritas yang kuat dalam melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas di bidang bahasa, sastra, dan kebudayaan Jepang, serta mampu adaptif terhadap perubahan yang terjadi serta memiliki kecerdasan dalam membangun jiwa kewirausahaan pada tahun 2026.

Program Studi Sastra Jepang FIB UNPAD memiliki gedung perkuliahan sendiri, yaitu gedung Pusat Studi Bahasa Jepang (PSBJ) yang merupakan hibah dari Pemerintah Jepang melalui Japan International Cooperation Agency (JICA) yang dibangun pada tahun 1987.

Mata kuliah yang ditawarkan dapat bertambah ketika diskusi dengan kaprodi.

Sastra Jerman

Program Studi Sastra Jerman merupakan salah satu unit lembaga pendidikan yang berada di bawah Fakultas Ilmu Budaya Unpad. Program Studi Sastra Jerman Fakultas Ilmu Budaya Unpad didirikan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi No: 217/Dikti/Kep/1996, tanggal 11 Juli 1996 tentang Program Studi pada Program Sarjana di lingkungan Universitas Padjadjaran

Mata kuliah yang ditawarkan dapat bertambah ketika diskusi dengan kaprodi.

Sastra Perancis

Dengan mengadopsi Kurikulum Perguruan Tinggi (KPT), Program Studi Sastra Perancis FIB Unpad bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang menguasai konsep dan teori bahasa Perancis dan mampu mengaplikasikannya dalam berkomunikasi secara aktif, baik lisan maupun tulis, di berbagai bidang kehidupan. Selain itu, lulusan juga harus menguasai konsep dan teori di bidang linguistik, sastra, dan budaya sehingga mampu mengkaji permasalahan – permasalahan mutakhir di bidang-bidang tersebut, dan berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Mata kuliah yang ditawarkan dapat bertambah ketika diskusi dengan kaprodi.

Standar kompetensi yang diberlakukan pada lulusan program studi ini cukup tinggi dan bertaraf internasional, yaitu mencapai tingkat B2 DELF (uji kemampuan berbahasa Perancis). Ijazah yang dimiliki diakui di seluruh dunia sehingga memungkinkan bagi lulusan untuk melanjutkan studi atau bekerja di berbagai perusahaan, baik di Perancis atau di negara-negara frankofon (Swiss, Belgia, Kanada, Aljazair, Maroko, dan sebagainya).

Sastra Rusia

Program studi Sastra Rusia Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Padjadjaran merupakan program studi yang mempunyai komitmen terhadap kebenaran dan keprofesionalan dalam bidang bahasa, sastra, dan budaya Rusia yang diakui secara nasional, regional, dan internasional di dalam penguasaan, pengembangan, dan penerapan ilmu pengetahuan untuk kepentingan bangsa dan negara Indonesia. Program studi ini telah berdiri sejak tahun 1962. Visi program studi ini yaitu menjadi program studi yang memiliki standar pembelajaran yang diakui secara internasional di tahun 2026, serta memiliki misi mengembangan Tridarma perguruan tinggi didukung oleh pengembangan manajemen pendidikan dan hubungan kerjasama dengan berbagai institusi di dalam dan di luar negeri.

Jumlah SKS yang wajib dicapai mahasiswa dalam menyelesaikan studi di Program Studi Sastra Rusia minimum 144 SKS. Adapun mata kuliah dalam kurikulum Program Studi Sastra Rusia terdiri dari mata kuliah universitas, mata kuliah fakultas, mata kuliah program studi, dan mata kuliah program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang mengakomodasikan minat dan kebutuhan mahasiswa. Mata kuliah universitas terhimpun dalam Tahap Perkuliahan Bersama (TPB), yakni Agama, Bahasa Indonesia, Olah Raga, Kesenian, dan Kreativitas (OKK), Pancasila dan Kewarganegaraan, serta Bahasa Inggris. Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Skripsi merupakan mata kuliah wajib dalam struktur kurikulum perguruan tinggi. Mata kuliah wajib fakultas terkonsentrasi pada pengetahuan kebudayaan baik Indonesia maupun daerah, serta mata kuliah pilihan sesuai minat mahasiswa, yakni Diplomasi Budaya, Kewirausahaan, dan Kepariwisataan.

Mata kuliah yang ditawarkan dapat bertambah ketika diskusi dengan kaprodi.

Sastra Sunda

Program Studi Sastra Sunda diawali dengan berdirinya Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Sunda pada tahun 1958 didasarkan pada Surat Keputusan Yayasan Pembina Universitas Padjadjaran No. 6/FS/531, tertanggal 1 Oktober 1958 tentang Pembukaan Fakultas Sastra. Pada saat didirikan, Fakultas Sastra berada di bawah pembinaan Yayasan Pembina Universitas Padjadjaran.

Status Fakultas Sastra memperoleh legalitas yang lebih kuat dengan keluarnya Surat Keputusan Menteri PPK no.66971/UU/60, tertanggal 12 Agustus 1960. Berdasarkan SK Menteri PPK tersebut, secara otomatis sejak tahun tersebut Fakultas Sastra secara resmi menjadi salah satu fakultas di lingkungan Universitas Negeri Padjadjaran atau tepatnya menjadi fakultas kedelapan di lingkungan Universitas Padjadjaran.

Sejak tahun 1964, setidaknya ada sebelas jurusan yang dimiliki Fakultas Sastra. Adapun kesebelas jurusan dimaksud adalah Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Sastra Daerah, Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Jurusan Bahasa dan Sastra Perancis, Jurusan Sejarah, Jurusan Bahasa dan Sastra Jepang, Jurusan Bahasa dan Sastra Rusia, Jurusan Bahasa dan Sastra Jerman, Jurusan Bahasa dan Sastra Arab, Jurusan Bahasa dan Sastra Cina, dan Jurusan Antropologi.

Dalam upaya untuk memperoleh ruang dan peluang yang lebih besar bagi berbagai upaya pengembangan, Fakultas Sastra juga berupaya mengubah namanya menjadi Fakultas Ilmu Budaya. Melalui upaya dan kerja keras, proses perubahan nama tersebut pada akhirnya memperoleh pengesahan dari Senat Universitas pada tanggal 5 Januari 2012, sebagaimana tertuang dalam Surat Keputusan Rektor Universitas Padjadjaran, No. 350/UN6.RKT/PP/2012 tertanggal 5 Januari 2012, tentang Penetapan Perubahan Nama Fakultas Sastra Universitas Padjadjaran Menjadi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran. Pada tingkat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, perubahan nama pun secara implisit telah memperoleh persetujuan, sebagaimana surat yang disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan Nasional Dodi Nandika kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi Nasional, No. 61783/A.A5/OT/2011, tertanggal 14 Juli 2011, perihal Perubahan Nama Fakultas Sastra menjadi Fakultas Ilmu Budaya. Perubahan nama fakultas menjadi fakultas Ilmu Budaya ini kemudian diluncurkan secara resmi pada tanggal 10 April 2012

Perkembangan Fakultas Ilmu Budaya yang dimaksud menjangkau perluasan visi dan misi Fakultas Ilmu Budaya. Sejalan dengan perubahan tersebut, Program Studi Sastra Sunda pun mengembangkan perspektifnya kepada upaya optimalisasi kurikulum dan SDM, yang mengedepankan kontribusi lokalitas pada bidang bahasa, sastra, dan filologi dalam lingkup budaya Sunda bagi menyongsong tantangan global.

Mata kuliah yang ditawarkan dapat bertambah ketika diskusi dengan kaprodi.

Sosiologi

Mata kuliah yang ditawarkan dapat bertambah ketika diskusi dengan kaprodi.

Statistika

Mata kuliah yang ditawarkan dapat bertambah ketika diskusi dengan kaprodi.

Teknik Elektro

Visi
“Menjadi Pusat Unggulan bidang Teknik Elektro dalam Penyelenggaraan Pendidikan dan Riset Kelas Dunia pada tahun 2025”.

Misi
Menyelenggarakan Pendidikan Teknik Elektro dengan pendalaman teknologi devais dan desain dalam bidang Elektronika Industri dan Biomedika, Sistem Tenaga Listrik, dan Sistem Teknologi Komunikasi untuk pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan.
Menyelenggarakan Pendidikan Sarjana Teknik dan menghasilkan lulusan Sarjana Teknik yang mampu mengembangkan dirinya dan mampu kreatif dalam berkarya bagi pembangunan nasional, kesejahteraan masyarakat, dan pelestarian lingkungan.
Mengkaji pengembangan sumber daya teknologi yang inovatif untuk memajukan pendidikan Sarjana Teknik dalam memperoleh penemuan riset yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan pendidikan, industri, dan bisnis.

Teknik Geologi

Berdiri pada tahun 1959 sebagai Jurusan Geologi di bawah naungan Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam Unpad dengan pendiri utama Mayor Jendral (Purn) Prof. Dr. Moestopo dan Drs. Koesmono. Kegiatan resmi dimulai tanggal 17 November 1959 dengan mahasiswa berjumlah 17 orang. Kegiatan perkuliahan dibina oleh dosen tetap Drs. Koesmono dan tiga dosen luar biasa, yaitu Dr. S. Sartono, Drs. R. Soeria Atmadja, dan Drs. A. Asikin.

Jurusan Teknik Geologi ditingkatkan statusnya menjadi Fakultas Teknik Geologi berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Padjadjaran No. 2607/J06/Kep/Kp/2007 tanggal 12 Desember 2007. Sampai kini, Fakultas Teknik Geologi telah mendapat kepercayaan dan pengakuan cukup tinggi dari masyarakat. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah mahasiswa dan jumlah lulusan yang terus meningkat setiap tahunnya.

Saat ini terdapat 10 bidang kajian pengembangan riset yang bernaung di bawah 10 laboratorium yaitu:

– Bidang Geokimia dan Geothermal
– Bidang Geologi Dinamik
– Bidang Geofisika
– Bidang Paleontologi
– Bidang Petrologi dan Mineralogi
– Bidang Sedimentologi dan Geologi Struktur
– Bidang Geologi Teknik
– Bidang Hidrogeologi dan geologi Lingkungan
– Bidang Stratigrafi
– Bidang Geomorfologi dan Remote Sensing

Mata kuliah yang ditawarkan dapat bertambah ketika diskusi dengan kaprodi.

Teknik Pertanian

Pendidikan di program studi Teknik Pertanian Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP) Unpad ditujukan untuk menghasilkan lulusan yang menguasai dasar-dasar ilmu keteknikan, pertanian, ekonomi, manajemen dan lingkungan sehingga mampu untuk menerapkannya dalam memecahkan permasalahan yang ada di dunia kerja baik secara mandiri maupun berkelompok. Materi diberikan dalam bentuk kuliah, praktikum, praktik lapang, field-trip dan penelitian dengan pembimbingan yang intensif. Selain soft-skill yang telah ditanamkan sejak awal, mahasiswa juga dibekali dengan mata kuliah kewirausahaan sehingga setelah lulus diharapkan mampu untuk bekerja secara mandiri.

Pada bagian akhir studinya, mahasiswa program studi Teknik Pertanian FTIP Unpad akan menentukan bidang keahlian atau spesialisasinya. Spesialisasi ini ditandai dengan mata kuliah pilihan, PKL dan penelitian skripsi. Idealnya ketiga hal ini sejalan sehingga materinya saling menunjang dan mahasiswa mendapatkan spesialisasinya secara utuh. Bidang kajian tersebut yaitu Alat dan Mesin Pertanian, Teknik Tanah dan Air, Sistem dan Manajemen Industri Pertanian, dan Teknik Pengolahan Pasca Panen.

Eksistensi program studi Teknik Pertanian FTIP Unpad sangat signifikan karena berperan dalam mencetak Sarjana Teknik Pertanian yang banyak dibutuhkan oleh keteknikan pertanian khususnya dan industri pertanian umumnya. Lulusan program studi ini berhak menyandang gelar Sarjana Teknik Pertanian (STP.)

Mata kuliah yang ditawarkan dapat bertambah ketika diskusi dengan kaprodi.

Teknologi Industri Pertanian

Menguasai pengetahuan tentang prinsip-prinsip
ilmu pangan/hasil pertanian (kimia dan analisis pangan/hasil pertanian,
mikrobiologi dan keamanan pangan,

rekayasa proses pengolahan pangan/hasil
pertanian, biokimia pangan dan gizi) untuk diformulasikan dalam teknik
perancangan proses secara terpadu.

Mata kuliah yang ditawarkan dapat bertambah ketika diskusi dengan kaprodi.

Teknologi Pangan

Program Studi Sarjana Teknologi Pangan Terakreditasi BAN-PT dengan Sertifikat Akreditasi Nomor. 12911/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/XII/2021 tanggal 8 Desember 2021, berlaku mulai tanggal 21 November 2021 s.d. 21 November 2026. Prodi Teknologi Pangan terdiri dari 4 bidang kajian yaitu Kimia Pangan (Kimpang), Mikrobiologi Pangan (Mikpang), Keteknikan Pengolahan Pangan (KPP) dan Teknologi Pengolahan Pangan (TPP).

Mata kuliah yang ditawarkan dapat bertambah ketika diskusi dengan kaprodi.

Televisi Dan Film

Mata kuliah yang ditawarkan dapat bertambah ketika diskusi dengan kaprodi.

D4 Administrasi Keuangan Publik

Menjadi Program Studi Sarjana Terapan Administrasi Keuangan Publik terbaik dengancollaborative governance yang memiliki keunggulan dan mampu bersaing di tingkat global. pada tahun 2025.

D4 Administrasi Pemerintahan

Program Studi Diploma 4 Administrasi Pemerintahan FISIP Unpad merupakan program studi yang mempelajari penguasaan konsep-konsep dasar dalam bidang administrasi pemerintahan yang terkait dengan fenomena dan permasalahan tentang analisis dalam bidang administrasi pemerintahan (lembaga-lembaga pemerintahan, tata kelola penyelenggaraan pemerintahan dan tata laksana pelayanan publik, serta sinergi antar berbagai elemen pemerintahan dalam pelaksanaan kerjasama dan pembangunan daerah, serta merancang solusi masalah-masalah administrasi pemerintahan yang berkembang;

Mata kuliah yang ditawarkan dapat bertambah ketika diskusi dengan kaprodi.

D4 Agroteknopreneur

D4 Akuntansi Perpajakan

D4 Akuntansi Sektor Publik

Program Studi Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik merupakan program studi yang bertujuan menghasilkan lulusan seorang ahli yang mampu bekerja secara profesional di bidang Akuntansi Sektor Publik yang sesuai dengan kebutuhan dunia praktis baik nasional maupun internasional

D4 Bahasa Dan Budaya Tiongkok

Program Studi Bahasa dan Budaya Tiongkok menyelenggarakan pendidikan dengan tujuan menghasilkan lulusan yang menguasai konsep bahasa Mandarin dan budaya Tiongkok serta mampu mengaplikasikannya dalam komunikasi secara aktif terutama dalam bidang bisnis dan penerjemahan.

Mata kuliah yang ditawarkan dapat bertambah ketika diskusi dengan kaprodi.

D4 Bisnis Internasional

D4 Bisnis Logistik

Program Studi Sarjana Terapan Bisnis Logistik merupakan salah satu Program Studi di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran. Program Studi Diploma IV Bisnis Logistik secara resmi berdiri tanggal 20 Juni 2019 dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Rektor Universitas Padjadjaran Nomor : 349/UN6.RKT/Kep/HK/2019 Tentang Penyelengggaraan Program Studi Bisnis Logistik Program Diploma IV DIV) tertanggal 20 Juni 2019.
Visi, misi, tujuan, dan sasaran yang ingin dicapai oleh Program Studi Sarjana Terapan Bisnis Logistik merupakan penjabaran visi, misi, tujuan, dan sasaran dari Universitas Padjadjaran dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.
Dalam rangka memenuhi tuntutan dan perkembangan kajian bidang Bisnis Logistik dan kebutuhan atas peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam bidang Bisnis Logistik, baik dalam hal kapasitas akademik maupun praktik, maka Program Studi Sarjana Terapan Bisnis Logistik dibangun dengan visi: “Menjadi Program Studi Sarjana Terapan Bisnis Logistik terbaik yang berkomitmen dalam penciptaan keunggulan di Bidang Bisnis Logistik serta mampu bersaing di tingkat Nasional, Regional dan Internasional Tahun 2024”.

D4 Kearsipan Digital

D4 Kebidanan


Sampai
saat ini bisa dikatakan bahwa bidan merupakan salah satu profesi primadona,
khususnya di bidang kesehatan. Hal ini dapat dilihat dimana profesi ini telah
menduduki peran dan posisi seorang bidan menjadi terhormat dimasyarakat
karena tugas yang di embannya dalam upaya memberikan pelayanan pada ibu
hamil, bersalin, ibu nifas dan juga bayi/anak 
Sebagai konsekuensi dari perkembangan tingkat kebutuhan masyarakat
yang semakin bermutu terhadap pelayanan kebidanan. Perubahan yang cepat di
masyarakat dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) serta
persaingan ketat di era globalisasi, diperlukan tenaga kesehatan khususnya
bidan yang berkualitas, baik pengetahuan, sikap dan keterampilan
profesionalisme.

D4 Manajemen Produksi Media

Program Studi D4 Manajemen Produksi Media (Prodi D4 MPM) Fikom Unpad didirikan berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Padjadjaran No. 116/UN6.RKT/KEP/HK/2016 yang ditandatangani langsung oleh Rektor Unversitas Padjadjaran Tri Hanggono Achmad pada tanggal 21 Juli 2016. Prodi D4 MPM merupakan bagian dari upaya Pimpinan Universitas Padjadjaran untuk mengembangkan program-program studi Diploma 3 di lingkungan Unpad. Tujuan pengembangan Prodi D3 antara lain adalah untuk lebih meningkatkan status kependidikan mahasiswa Unpad dalam menjawab tantangan dunia sains dan teknologi yang berkembang pesat. Program studi ini lahir dengan tujuan untuk menghasilkan profil lulusan sebagai Media Content Spesialist dan Media Digital Spesialist. Untuk menempuh jenjang sarjana terapan, mahasiswa diwajibkan mengikuti 153 SKS dengan mata kuliah yang diampu oleh dosen internal Unpad dan dosen praktisi. Tahun 2020 ini Program Studi Manajemen Produksi Media menghasilkan lulusan sarjana terapan komunikasi Angkatan pertama.

D4 Pariwisata Bahari

Kompetensi Lulusan Program Studi Pariwisata Bahari

Kompetensi utama lulusan Program Studi Pariwisata Bahari Fakultas Perikanan dan Ilmu Keluatan UNPAD terdiri dari 2 komponen pokok lulusan yaitu komponen penguasaan pengetahuan dan keterampilan khusus. Secara lengkap dijelaskan dibawah ini:Penguasaan Pengetahuan

Penguasaan Pengetahuan

Menguasai konsep teoritis ekowisata kemaritiman untuk kegiatan perikanan dan kelautan yang berkelanjutan
Menguasai konsep teoritis kegiatan ekowisata kemaritiman.
Menguasi konsep teoritis ekonomi dalam sumber daya perikanan, Sosiologi Perikanan, dan Kewirausahaan, ekowisata kemaritiman dalam aspek sosial ekonomi dan lingkungan.
Keterampilan Khusus

Mampu melakukan pengelolaan (merencanakan, melaksanakan mengevaluasi dan mengembangkan) ekowisata kemaritiman.
Mampu mengaplikasikan konsep sosial, ekonomi dan lingkungan ekowisata kemaritiman yang berkelanjutan.
Mampu mengkaji dan mencari jalan pemecahan mengenai permasalahan ekowisata kemaritiman.
mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, dan mengembangkan kegiatan wirausaha/ bisnis ekowisata kemaritiman.
Mampu merencanakan, melaksanakan mengevaluasi dan mengembangkan kegiatan penyuluhan ekowisata kemaritiman
Kompetensi Pendukung

Kompetensi pendukung lulusan Program Studi Pariwisata Bahari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadajran adalah sebagai berikut:

mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

D4 Pemasaran Digital

D4 Teknologi Industri Kimia

Prodi Sarjana Terapan Teknologi Industri Kimia bertujuan untuk menghasilkan lulusan dengan profil profesional industri kimia yang berkarir di bidang riset pengembangan produk, kontrol kualitas, dan produksi, serta sebagai peneliti terapan dan teknoenterpreneur. Pada dua tahun pertama, mahasiswa akan diberikan ilmu dan kompetensi dalam bidang kimia terapan. Kemudian dua tahun terakhir, mahasiswa dapat memilih untuk memperoleh pengetahuan dan kompetensi di bidang industri kimia secara spesifik, yaitu: kesehatan, pangan, energi, dan teknologi hijau.

Tujuan :

Mahasiswa-mahasiswi Program PMM  berpartisipasi aktif dalam membangun ikatan sosial dan emosional untuk Indonesia Maju dan Damai

Harapan :

Mahasiswa mengalami peningkatan pemahaman tentang persaudaraan antar pemeluk agama dan kepercayaan

Kegiatan :
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Telepon : (021) 57946104
Pusat Panggilan ULT DIKTI 126
pmm-01@kemdikbud.go.id
mbkm@kemdikbud.go.id
Jl. Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta 10270