Perguruan Tinggi

pt
041008
Universitas Pasundan

Kategori

PTS

Akreditasi

Unggul


Alamat

Jalan Dr. Setiabudi No 193, Kec. Sukasari - Kota Bandung - Prov. Jawa Barat



Deskripsi

Universitas Pasundan Bandung (UNPAS) berdiri sejak tanggal 14 November 1960. UNPAS merupakan perguruan tinggi swasta yang mendapatkan akreditasi A serta meraih ranking ke-8 perguruan tinggi swasta se-Indonesia versi 4Icu. Mahasiswa UNPAS bukan saja berasal dari 33 Provinsi yang ada di Indonesia tetapi juga dari mahasiswa asing negara-negara sahabat, seperti Thailand, Singapura, Somalia, Hunggaria, Polandia, Taiwan, Turki, Korea Selatan, Malaysia, Kanada, Timor Leste, Uzbekistan, Jerman, Jepang, China, Tajikstan, Estonia, Yunani, Spanyol, Lithuania, Australia dan Kirgistan. Sampai saat ini Universitas Pasundan memiliki 7 Fakultas, 25 Program Studi S1, 7 Program Studi Pascasarjana (S2) dan 3 Program Doktor (S3).


Kuota Penerimaan Mahasiswa

Akademik

100

Vokasi

0

Administrasi Publik

Visi : Menjadikan Program studi Administrasi Negara
yang menghasilkan Sarjana Unggul di bidang
Administrasi Negara Yang Memiliki Daya Saing
di tingkat lokal dan nasional, maupun tingkat
internasional Tahun 2025 dengan menjunjung
tinggi Nilai- Nilai Budaya Sunda dan
mengagungkan agama Islam.
Misi : Prodi Administrasi Negara memiliki misi yang
sejalan dengan misi UNPAS dan Misi FISIP
UNPAS. Misi Prodi Administrasi Negara adalah:
1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang
berkualitas untuk pengembangan bidang ilmu
administrasi Negara dan memiliki kemampuan
bersaing yang sesuai dengan kebutuhan
pengguna (User) di tingkat lokal, regional dan
internasional.
2. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian
kepada masyarakat yang berkualitas dengan
melibatkan mahasiswa di bidang ilmu
administrasi Negara serta menyebarluaskan
hasilnya di tingkat lokal, regional dan
internasional.
3. Meningkatkan suasana keilmuan dan
masyarakat intelektual dalam ilmu
administrasi Negara untuk pengembangan
administrator, analis kebijakan dan peneliti.
4. Meningkatkan kerjasama kemitraan dengan
berbagai institusi terkait untuk
mengembangkan kompetensi lulusan yang
menjunjung tinggi budaya-budaya lokal
(kesundaan) dan nilai religi (keislaman) baik
di tingkat lokal, regional dan internasional.

Akuntansi

Fakultas Ekonomi merupakan salah satu fakultas yang ada di lingkungan Universitas Pasundan (Unpas) Bandung didirikan pada tahun 1976. Program studi yang pertama kali dibuka ialah program studi Ekonomi Perusahaan. Program Studi Ekonomi Perusahaan ini merupakan embrio dari Program Studi Administrasi Niaga pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pasundan. Pada tahun 2016 berdasarkan Surat Keputusan Rektor Unpas Nomor 160/Unpas.R/SK/Q/2016 tentang Perubahan Nomenklatur Fakultas Ekonomi menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, maka nama Fakultas Ekonomi diubah menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Perubahan tersebut dilatarbelakangi karena perkembangan zaman yang menuntut, bahwa fakultas ekonomi terdiri dari program studi yang berhubungan dengan ilmu ekonomi murni dan ilmu yang berkaitan dengan bisnis.
Upaya pengembangan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pasundan terus dilakukan. Pada tahun 1983 Fakultas Ekonomi Universitas Pasundan diberi kepercayaan untuk membuka program studi baru, yaitu Program Studi Akuntansi dan Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan. Pada tahun 1985 program studi akuntansi diberi status ‘Terdaftar” berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nomor 10427/0/1985. Pada tanggal 24 November 1990 memperoleh status “Diakui” berdasarkan SK Mendikbud Nomor 0702/O/1990. Pada tahun 1993 memperoleh status “Disamakan” berdasarkan SK Mendikbud Nomor 570/Dikti/Kep/1993. Dan pada tahun 1998 berdasarkan SK Nomor 001/BAN-PT/Ak-1/S1/1998 memperoleh status “Terakreditasi”. Status tersebut diperkuat lagi dengan SK Nomor 016/BAN/PT/Ak-IV/S1/VII/2000. Berdasarkan SK Nomor 008/BAN-PT/Ak-X/S-1/VII/2006 memperoleh status akreditasi dari BAN PT dengan Peringkat “A”. Terakhir kali, pada tahun 2016 dilakukan akreditasi kembali dan dapat mempertahankan status akreditasi “A” berdasarkan SK BAN PT Nomor 1545/SK/BAN-PT/Akred/VII/2016 yang berlaku sampai dengan tahun 2021. Adapun lulusan dari program studi ini mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi (S.E.)

Desain Komunikasi Visual

a. Menghasilkan lulusan yang siap memasuki bidang kerja dalam lingkup ilmu desain komunikasi visual, sehingga diharapkan dapat berperan dalam endukung kebutuhan industri kreatif dengan mengaitkannya dengan kekuatan budaya sunda.
b. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan ilmu Desain Komunikasi Visual sesuai dengan perkembangan yang mempengaruhinya serta memiliki kompetensi di bidang kewirausahaan.
c. Ikut serta memberikan pemikiran keilmuan desain komunikasi visual terhadap masalah-masalah sosial dan budaya.


Visi
Menjadi Program Studi Desain Komunikasi Visual yang unggul di tingkat nasional baik dalam bidang pendidikan, penelitian maupun pengabdian pada masyarakat.


Misi
a. Menyelenggarakan proses belajar mengajar dibidang desain komunikasi visual yang mampu mengembangkan sikap mandiri, kritis, memiliki tanggung jawab dan etika, mengagungkan nilai-nilai Islami dan melestarikan budaya sunda.
b. Menyiapkan lulusan bidang desain komunikasi visual yang mampu mengembangkan diri, terbuka terhadap perkembangan ilmu dan teknologi, serta siap menghadapi tantangan masa depan.
c. Berpartisipasi memberikan pemikiran keilmuan desain komunikasi visual terhadap


Kompetensi Program Studi
1. Memiliki wawasan tentang ilmu desain komunikasi visual dan kedudukannya di antara berbagai disiplin ilmu lainnya.\015\012\015\0122. Memiliki pemahaman mengenai nilai-nilai islam dan kebudayaan sunda serta hubungannya dengan bidang ilmu desain komunikasi visual.\015\012\015\0123. Menguasai metodologi dan paradigma penelitian desain, khususnya desain komunikasi visual dan dengan penguasaan tersebut mampu mengembangkan pengetahuan bidang desain komunikasi visual yang kreatif.\015\012\015\0124. Menguasai teori-teori desain komunikasi visual secara komprehensif dan mampu menggunakan pengetahuan tersebut untuk menganalisis dan memecahkan berbagai permasalahan komunikasi pada umumnya, khususnya desain komunikasi visual.\015\012\015\0125. Mampu menjadi enterpreuneur yang dapat memimpin, mengelola dan mengembangkan usaha bidang desain komunikasi visual yang bermanfaat bagi masyarakat.\015\012\015\0126. Bersikap terbuka terhadap perkembangan teknologi dan peka terhadap masalah-masalah yang terjadi pada masyarakat dan memiliki keberanian untuk berpartisipasi memberikan pemikiran melalui bidang ilmu desain komunikasi visual.

Ekonomi Pembangunan

Program Studi Ekonomi Pembangunan (EP) dahulu dikenal dengan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan) berdiri pada tahun 1983, berdasarkan SK Kemendikbud 10427/O/1985 Program Studi mendapatkan status Terdaftar.

Selama kurang lebih 37 tahun berkiprah, Program Studi Ekonomi Pembangunan telah banyak menghasilkan Sarjana Ekonomi yang banyak bekerja di berbagai instansi, baik pemerintah maupun swasta. Program Studi Ekonomi Pembangunan senantiasa mengembangkan diri sesuai dengan tuntutan pasar pengguna lulusan disertai upaya terus-menerus untuk meningkatkan mutu Program Studi maupun lulusan yang dihasilkan. Hingga pada saat ini Program Studi telah mencapai akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

Program Studi Ekonomi Pembangunan pada tahun 2015 kembali memperoleh Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dengan Nomor : 1145/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2015 yang berlaku sampai 2020. Capaian tersebut sebagai bukti bahwa Program Studi Ekonomi Pembangunan telah mendapatkan kepercayaan dari pemerintah melalui Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Visi
“Menjadi program studi unggulan dalam menghasilkan sarjana ekonomi yang kompeten dan berwawasan global yang mampu berkontribusi dalam bidang pemerintahan, perbankan, wirausaha, dan akademisi maupun lembaga riset ekonomi yang menjunjung tinggi nilai Islam dan budaya sunda di tahun 2024”.

Misi
Meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran dalam bidang ekonomi dan keuangan.
Meningkatkan mutu karya tulis ilmiah dalam rangka perbaikan bahan ajar.
Meningkatkan mutu dan jumlah hasil penelitian untuk meningkatkan materi bahan ajar.
Meningkatkan kualitas penyelenggaraan pengabdian pada masyarakat untuk mengimplementasikan ilmu ekonomi di masyarakat.


Kompetensi Program Studi
Sarjana ekonomi yang mampu menghasilkan analisis dan mengambil kebijakan pada sektor pemerintahan, perbankan, wirausaha, dan lembaga swadaya masyarakat dengan memahami kondisi masyarakat Indonesia dan ekonomi global, berlandaskan ilmu pengetahuan dan teknologi dan Ketaqwaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Fotografi

Tujuan Prodi Fotografi FISS Unpas secara umum adalah untuk menghasilkan Sarjana Seni yang memiliki komitmen yang tinggi terhadap ilmunya, mampu mengambil keputusan, atau menjadi komponen yang kontributif terhadap sistem suatu organisasi kerja yang sesuai tanpamelupakan identitas dan jati diri bangsa Indonesia serta bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan melestarikan budaya Sunda.


Visi
Menjadikan Prodi Fotografi yang unggul secara global dalam pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Fotografi yang menjunjung tinggi agama Islam dan melestarikan budaya Sunda.


Misi
Misi Prodi Fotografi FISS Unpas adalah lembaga yang menyiapkan Sarjana Seni yang dapat: 1. berperan aktif dalam merealisasikan misi universitas menjadi world class university, 2. mengembangkan keilmuan Fotografi dalam tingkat pendidikan yang lebih tinggi, 3. mengembangkan sikap kecendikiaan melalui bidang Fotografi secara profesional, 4. mengimplementasikan pengetahuan Fotografi dalam dunia kerja, 5. mengabdikan diri dalam syiar Islam serta mengembangkan budaya Sunda


Kompetensi Program Studi
Memiliki kemampuan fotografis yang baik, yang berlandaskan pada nilai estetik dan etik, serta dipadukan dengan penguasaan IPTEKS pada bidangnya, sehingga bisa menjawab tantangan dunia kerja dan memaksimalkan peluang yang ada.

Ilmu Administrasi Bisnis

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNPAS, secara strategis memandang perlu untuk mengaktifkan kembali Program Studi Administrasi Bisnis yang dinonaktifkan pada tahun 1967-an dan kembali aktif Pada Tahun 1990. Administrasi Bisnis Fisip Unpas aktif kembali dengan tujuan mengacu kepada pembinaan dan penciptaan calon-calon sarjana dan cendikiawan, yang memiliki komitmen profesionalisme dan menguasai Ilmu Administrasi Bisnis. Pada Saat ini, Program Studi Administrasi Bisnis berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 025/BAN-PT/Ak-XII/S1/VIII/2009, bersertifikasi “ Akreditasi A”


Visi
“Mengembangkan Sarjana Administrasi Bisnis yang Memiliki Jiwa Entrepreneur dan Mampu Bersaing di pasar Global pada Tahun 2014”


Misi
1. Mampu mengimplementasikan keilmuan Administrasi Bisnis secara professional
2. Memberikan kontribusi pada pengembangan Bisnis strategis yang berdaya saing global
3. Membina dan mengembangkan jiwa Entrepreneur


Kompetensi Program Studi
Kompetensi Utama:\015\0121. Ahli SDM : menentukan dan melaksanakan fungsi SDM dalam institusi publik dan bisnis\015\0122. Ahli Marketing : mampu menganalisa dan mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen, mampu memanfaatkan peluang pemasaran yang ada yang dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal, mampu menentukan tujuan produk yang dikaitkan dengan pengembangan investasi, laba dan market share, mampu menentukan marketing mix\015\0123. Ahli Keuangan : mampu menentukan dan merencanakan investasi, mampu merencanakan dan menentukan pendanaan, mampu merencanakan dan menentukan pembagian laba\015\0124. Ahli Konsultan bisnis: mampu memberikan solusi aatau pemecahan masalah yang dihadapi dalam masalah bisnis, memiliki pengetahuan dan kemampuan komunikasi terhadap masalah yang dihadapi klien, mengembangkan berbagai strategi penyelesaian masalah.\015\0125. Entrepreneur: mengetahui, memahamipengetahuan umum, dapat memutuskan bisnis yang dilakukan, memutuskan bisnis yang dilakukan, memahami pengelolaan bisnis, mampu memberikan kepuasan, mampu dan memiliki strategi bisnis.\015\0126. Analisis perdagangan dan industri : memiliki kemampuan merencanakan dan menciptakan sistem kerja industri dan perdagangan, mampu menumbuhkan kreativitas yang akan menimbulkan iklim bisnis yang kompetitif berskala global, mampu menciptakan industri dan perdagangan baru sehingga membuka lapangan kerja\015\012Kompetensi pendukung\015\0121. Ahli SDM : Memiliki kemampuan tentang hubungan industrial, Memahami prilaku manusia dalam institusi, Memiliki daya kreativitas dan inovasi\015\0122. Ahli Marketing : memiliki dan mampu menciptakan jejaring, memiliki daya kraetif dan inovatif, memilki wawasan yang luas, memiliki profesionalisme\015\0123. Ahli Keauangan : mampu mengelola sumber daya keuangan, menguasai dan memahami laporan dan keuangan dan SIM.\015\0124. Konsultan Bisnis : mampu melakukan SKB dan menyiapkan dokumen dan presentasi, melakukan interview mengenai kebutuhan klien tentang proses bisnis, melakukan analisis dari data yang diperoleh.\015\0125. Entrepreneur : memiliki mimpi, berani mengambil resiko, memiliki daya kreativitas dan inovasi, memiliki jiwa kepemimpinan, memiliki modal diri, mampu mandiri.\015\0126. Analisis perdagangan dan industri : memiliki pola pikir multidisipliner dan etis, memiliki daya kreatif dan inovatif yang berbasis resources, memahami kondisi KUKM.\015\012Kompetensi lainnya\015\0121. Ahli SDM ; menguasai bahasa asing, memahami peraturan dan perundangan ketenagakerjaan, menguasai IT\015\0122. Ahli Marketing : menguasai bahasa asing, memahami peralatan statistik, spreadsheet, dan media presentasi, menguasai IT.\015\0123. Ahli Keuangan : memahami tentang lembaga keuangan bank dan non bank, menguasai bahasa asing, menguasai IT.\015\0124.Konsultasn Bisnis : multi task( melakukan pekerjaan yang berbeda secara bersamaan, berfikir kreatif dan inovatif, komitmen, memiliki dan mampu menciptakan jejaring.\015\0125. Entreprenuer : memahami etika bisnis, memiliki dan mampu menciptakan jejaring bisnis,memahami peraturan dan perundangan, menguasai bahasa asing.\015\0126. Analisis paerdagangan dan industri : menguasai bahsa asing, memahami peraturan dan perundangan, mampu memfasilitasi kemitraan usaha

Ilmu Hubungan Internasional

Mendidik Mahasiswa untuk menjadi sarjana, ilmuwan dan tenaga ahli bidang Hubungan Internasional yang memiliki kualitas kesiapan untuk mencapai derajat tertinggi dan bidang ilmu dan profesinya, serta memiliki kualitas kesiapan dan kemampuan kerja pada setiap teknostruktur kemasyarakatan dan kenegaraan baik dalam skala nasional maupun internasional. Penguasaan keilmuan dan profesionalisme masalah internasional dan sebagai persiapan karier dalam jabatan-jabatan pemerintah, Diplomat, Politisi, Konsultan Internasional, Konselor, Pendidik dan organisasi nasional dan internasional, dunia usaha, industri, bisnis internasional, tenaga research dan development, masalah internasional dalam konteks sains teknologi, globalisasi dan masa depan, serta pembekalan di dunia diplomatik, militer politik dan ekonomi perusahaan-perusahaan multinasional.


Visi
Terwujudnya program studi ilmu hubungan internasional yang unggul dan berdaya saing tinggi



Misi
1. Menyiapkan penyelenggaraan pendidikan tinggi bertaraf internasional. 2. Mengupayakan, mempersiapkan dan melaksanakan penelitian dalam skala internasional melalui pengembangan kerjasama dengan lembaga-lembaga nasional dan internasional. 3. Melakukan pengabdian kepada masyarakat yang berlandaskan pada pengembangan ilmu pengetahuan yang bersifat problem solving. 4. Menjadikan program studi ilmu hubungan internasional sebagai pusat unggulan dalam penyelenggaraan pendidikan, melalui pelaksanaan Tri Dharma Perguruan tinggi sesuai profesionalisme Ilmu HubunganInternasional. 5. Mengembangkan Ilmu Hubungan Internasional yang berorientasi pada peningkatan kompetensi mahasiswa, dosen dan lulusan yang memiliki nilai keunggulan dan daya saing global. Membangun manusia yang memiliki karakter ilmiah yang menjunjung tinggi nilai religi (keislaman) dan nilai-nilai budaya daerah (kesundaan) baik ditingkat local, nasional maupun global.



Kompetensi Program Studi
Kompetensi Utama Lulusan\015\012Kompetensi utama lulusan (Profil Diplomat) :\015\0121) Memiliki integritas personal, akademis dan profesional \015\0122) Memiliki wawasan yang luas tentang HI, Politik Internasional dan Politik Luar Negeri\015\0123) Memiliki jaringan yang luas dan memiliki kemampuan dalam mengejewantahkan konsep kepentingan nasional melalui kepiawaian berdiplomasi \015\012 4) Mampu sebagai PR (komunikator, negosiator) dalam menginformasikan dan mengkomunikasikan masalah-masalah nasional dan internasional\015\0125) Mengembangkan berbagai strategi penyelesaian masalah nasional dan internasional\015\0126) Memberikan berbagai kontribusi pemikiran pada permasalahan yang dihadapi bangsa dan negara dalam HI\015\0127) Mengevaluasi tindakan dan strategi yang dilakukan selama bertugas di negara tempat ditugaskan.\015\012\015\012Kompetensi utama lulusan (Profil Politisi) :\015\0121) Mampu mengenali perilaku manusia secara utuh, terutam manusia sebagai zoon politicon\015\0122) Mampu mengelola, mengendalikan dan mempengaruhi manusia agar dapat berkarya sesuai dengan tujuan dan kepentingan\015\0123) Mengevaluasi perilaku dan potensi perilaku manusia dalam dimensi kekuasaan, terutama di dunia partai politik\015\012\015\012Kompetensi utama lulusan (Profil Konsultan Internasional)\015\0121) Mampu mengenali perilaku manusia secara utuh dari berbagai bangsa di dunia internasional\015\0122) Mampu mengembangkan strategi memodifikasi perilaku manusia dalam HI\015\012\015\012Kompetensi utama lulusan (Profil Konselor)\015\0121)\011Menelusuri permasalahan yang dialami klien baik politisi, negarawan dan pelaku internasional\015\0122)\011Mampu mengurai permasalahan klien\015\0123)\011Mengembangkan berbagai strategi penyelesaian masalah\015\0124)\011Mengevaluasi dan memonitor perilaku manusia\015\012\015\012Kompetensi utama lulusan (Profil Pendidik)\015\012Mampu mengelola perilaku manusia untuk mencapai tujuannya\015\012Kompetensi utama lulusan (Profil Peneliti)\015\0121)\011Mengenali Perilaku manusia\015\0122)\011Menganalisis perilaku manusia\015\0123)\011Menelusuri permasalahan yang dialami manusia\015\012Kompetensi Pendukung Lulusan \015\012Kompetensi pendukung lulusan (Profil Diplomat):\015\0121) Menguasai masalah-masalah sosial, politik, ekonomi, hukum dan kebudayaan\015\0122) Menggunakan metode dalam menelusuri masalah dan memecahkan masalah\015\0123) Menjunjung etika dalam pergaulan internasional\015\0124) Mampu beradaptasi terhadap perkembangan permasalahan terutama yang terjadi di masyarakat internasional\015\0125) Menguasai ICT \015\0126) Menguasai perkembangan media massa global\015\012\015\012Kompetensi pendukung lulusan (Profil Politisi)\015\0121)\011Menguasai proses dan mekanisme dalam Organisasi negara dan masyarakat\015\0122)\011Menggunakan metode dan sistem di dalam menelusuri masalah\015\0123)\011Mampu beradaptasi terhadap perkembangan permasalahan politik yang terjadi di masyarakat\015\012\015\012Kompetensi pendukung lulusan (Profil Konsultan Internasional)\015\0121)\011Mampu beradaptasi terhadap perkembangan perilaku manusia global \015\0122)\011Memahami fenomena silang budaya internasional dan berbagai international affairs\015\012\015\012Kompetensi pendukung lulusan (Profil Konselor)\015\0121)\011Mampu beradaptasi terhadap perkembangan permasalahan psikologis, sosial, politik, hukum, keamanan yang terjadi di masyarakat\015\0122)\011Menggunakan metode penelusuran dan penyelesaian masalah di dalam masyarakat\015\012\015\012Kompetensi pendukung lulusan (Profil Pendidik)\015\0121)\011Menggunakan prinsip perilaku dalam proses pembelajaran \015\0122)\011Mendesain proses pembelajaran yang psikologis\015\012\015\012Kompetensi pendukung lulusan

Ilmu Hukum

Fakultas Hukum Universitas Pasundan merupakan salah satu Fakultas tertua di lingkungan Universitas Pasundan dan bernaung di bawah Yayasan Universitas Pasundan yang didirikan pada tanggal 14 November 1960 berdasarkan Akta Notaris Mr. Tan Eng Kiam No. 4 Tanggal 14 November 1960 sebagaimana telah dirubah berdasarkan Akta Notaris Komar Andasasmita No. 39 Tanggal 24 Maret 1967,  yang pertama kali dibuka di Universitas  Pasundan bersama-sama Fakultas Sosial Politik yang semula keduanya bernama: “Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat serta Fakultas Sosial Politik”

Kelahiran Fakultas Hukum dan Fakultas Sosial Politik terkait langsung dengan perjuangan panjang induk organisasi yakni Pegoejoeban Pasoendan yang didirikan pada tanggal 20 Juli 1913 oleh generasi muda peserta didik Sunda di STOVIA (School
Tot Opleiding voor Indlandsche Artsen) – sekolah kedokteran zaman Belanda di Batavia (Jakarta), ditokohi oleh Daeng Kandoeroean Ardiwinata dan Dajat Hidajat. Akibat terjadinya perubahan-perubahan sosial politik di Asia waktu itu, selanjutnya dan dalam perkembangannya perjuangan Pagoejoeban Pasoendan khususnya dalam dunia pendidikan ditindak lanjuti oleh para pendiri Jajasan Universitas Pasoendan yang ditokohi oleh R. Soedarma Soeraatmadja, R. Atik Rolie, H. Ijos Wiraatmadja, Mr. Oesadi dan Tatang Kosasih. Atas dasar inisiatif para pendiri Jajasan Universitas Pasoendan, ini dan didorong induk organisasi Pagoejoeban Pasoendan maka lahirlah Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat di Universitas Pasoendan yang dalam perkembangannya menjadi Fakultas Hukum Universitas Pasundan yang kita kenal sekarang ini.

Ilmu Kesejahteraan Sosial

Program studi Ilmu Kesejahteraan Sosial adalah program pendidikan tinggi jenjang studi Sarjana (S1) yang berada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pasundan Bandung. Program studi ilmu kesejahteraan sosial FISIP UNPAS berdiri tahun 1978. Berdirinya program studi ilmu kesejahteraan sosial FISIP UNPAS didasari oleh kebutuhan akan lulusan ilmu kesejahteraan sosial yang masih langka, dan sebagai upaya untuk menjawab tantangan dan mengatasi permasalahan sosial yang kian kompleks dan meluas. Saat ini, program studi Terakreditasi ‘A’, berdasarkan SK No 033/BAN-PT/Ak-XII/S1/XI/2009. Alumni program studi ilmu kesejahteraan sosial FISIP telah bekerja tersebar di berbagai instansi pemerintahan, LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) tingkat lokal, nasional maupun internasional, dan perusahaan-perusahaan. Kesejahteraan Sosial/pekerjaan Sosial merupakan disiplin ilmu yang didasarkan pada keterpaduan antara kerangka pengetahuan (body of knowledge), kerangka keterampilan (body of skills), dan kerangka nilai (body of values) yang bertujuan membantu individu, kelompok, masyarakat, dan organisasi sosial mengembangkan segala potensi dan sumber yang ada dalam rangka meningkatkan kesejahteraan sosialnya. Program studi Ilmu Kesejahteraan Sosial ini dirancang untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di berbagai setting, baik setting mikro, setting mezzo, maupun setting makro. Dalam setting mikro menjadi ahli terapi psikososial, dalam setting mezzo menjadi ahli manajemen pelayanan kesejahteraan sosial, dan dalam setting makro menjadi ahli pengembangan masyarakat.


Visi
Sebagai pusat pengembangan ilmu dan aplikasi pekerjaan sosial.


Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi pekerjaan sosial yang dilandasai oleh nilai-nilai agama Islam dan budaya sunda.
2. Melaksanakan penelitian pekerjaan sosial.
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.


Kompetensi Program Studi
A. Ahli Terapi Psikososial\015\012Kompetensi Utama:\015\0121.Mampu memahami perilaku manusia dan lingkungan sosial\015\0122.Memahami dan menguasai keanekargaman situasi dan kondisi praktik.\015\0123.Mengenal bio-psiko-sosial-spiritual klien dalam setting mikro (individu dan keluarga).\015\0124.Mampu menguasai dan menerapkan metode dan teknik terapi psiko-sosial. \015\0125.Menguasai teknik komunikasi yang efektif dan aplikatif. \015\0126.Mampu mempraktikkan intervensi pekerjaan sosial terhadap individu dan keluarga, dari asesmen hingga terminasi. \015\012\015\012B. Ahli Manajemen Pelayanan Sosial\015\012Kompetensi Utama:\015\0121.Mampu memahami konsep dan teori pelayanan sosial\015\0122.Memiliki kemampuan manajemen sistem pelayanan sosial.\015\0123.Menunjukkan penghargaan terhadap hak klien untuk mendapatkan pelayanan sosial.\015\0124.Mampu memanfaatkan sistem sumber secara efektif.\015\0125.Mampu membangun kerja sama dengan sesama profesi dan profesi lainnya.\015\0126.Menghargai harkat martabat dan keunikan dari manusia dan lingkungannya.\015\012\015\012C. Ahli Pengembangan Masyarakat\015\012Kompetensi Utama:\015\0121.Memiliki pemahaman dan penguasaan tentang proses praktik Pekerjaan Sosial. \015\0122.Mampu menguasai model, strategi, dan teknik-teknik pengembangan masyarakat.\015\0123.Mampu menampilkan peran-peran community worker dalam praktek pengembangan masyarakat.\015\0124.Mampu mempraktikkan intervensi pekerjaan sosial komunitas, mulai dari asesmen hingga terminasi.\015\012\015\012\015\012\015\012

Ilmu Komunikasi

Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pasundan Bandung berdiri pada tanggal 28 Desember 1998 melalui surat keputusan Nomor: 449/Dikti/Kep/1998. Dalam usianya yang relatif masih muda telah menorehkan prestasi yang luarbiasa. Hal ini ditandai dengan diraihnya Akreditas “A” dari BAN-PT (BadanAkreditasiNasionalPerguruanTinggi) tahun 2005 dan tahun 2009 Nomor: 025/BAN-PT/Ak-XII/S1/VIII/2009, serta Award The Best School of Communications 2011 dan tahun 2013 dari MIX Marketing Communications Magazine Jakarta (group tempo). Urgensi kurikulum dan silabus pada program studi Ilmu Komunikasi didisain melalui sistem akademik yang memiliki muatan praktis, hal ini dapat menjadi bekal bagi lulusan untuk dapat melanjutkan studi ke pascasarjana maupun dipersiapkan menjadi tenaga jurnalis dan public relations yang profesional. Saat ini trendIlmu Komunikasi semakin relevan dengan perkembangan jaman, dimana saat ini kita berada dalam era Information and Communication Technology. Industri informasi telah menginvestasikan milyaran dolar untuk membangun suatu citra sebagai jaminan bahwa era informasi bukanlah ilusi masa depan. Perusahaan periklanan, media massa dan kehumasan terbaik telah bekerja sama dengan industri informasi untuk menciptakan citra positif bagi teknologi informasi dan masyarakat informasi.

Visi
Terwujudnya Profesionalisme dan Kemampuan Daya Saing Bagi Lulusan


Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian
kepada masyarakat.
2. Dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan bangsa dan masyarakat
3. Pembentukan karakter lulusan yang menguasai Profesi Public Relations
(Humas) danJurnalistik
4. Memiliki tanggung jawab untuk menjunjung tinggi nilai ke-Islaman dan nilai
budaya Sunda.


Kompetensi Program Studi
Kompetensi \011:\015\012a. Kompetensi Utama\015\012Konsentrasi Jurnalistik :\015\0121)Memiliki kemampuan mencari, mengelola dan menyampaikan informasi kepada khalayak\015\0122)Menjadi pengamat dan peneliti di bidang jurnalistik\015\012Konsentrasi Humas :\015\0121)Memberi nasehat kepada pimpinan perusahaan atau organisasi\015\0122)Fasilitator pemecahan masalah\015\0123)Pelaksana teknis komunikasi \015\0124)Strategi pengembangan organisasi\015\0125)Mempromosikan produk dan jasa layanan\015\0126)Memaksimalkan keuntungan finansial maupun pencitraan\015\0127)Mengharmoniskan kepentingan pribadi dan kepentingan publik\015\0128)Memproyeksikan identitas korporasi \015\0129)Menjadi konsultan dan peneliti bidang Humas\015\012\015\012b. Kompetensi Pendukung\015\012Konsentrasi Jurnalistik :\015\0121)Memiliki kemampuan teknis dalam mencari informasi/berita seperti : kemampuan menggunakan sarana prasarana yang dibutuhkan oleh media\015\0122)Memiliki kemampuan mengelola informasi/berita seperti : kemampuan manajemen redaksional \015\0123)Memiliki kemampuan menyampaikan informasi/berita seperti : kemampuan presentasi berita melalui berbagai media baik cetak, elektronik maupun Website\015\0124)Memiliki kemampuan metodologi penelitian komunikasi media.\015\0125)Memahami aturan perundang-undangan yang yang berlaku berkaitan dengan pekerjaan jurnalis.\015\0126)Memiliki kemampuan beradaptasi dengan lingkungan pekerjaan maupun perkembangan pekerjaan jurnalistik.\015\012Konsentrasi Humas :\015\0121)Memiliki kemampuan teknis berbicara dan menulis dengan baik serta terbiasa melakukan kegiatan keprotokolan / Event Organizer\015\0122)Memiliki kemampuan Manajerial dibidang Public Relations/Humas Internal secara professional.\015\0123)Memiliki Kemampuan Membangun Relasi ekternal baik dengan perusahaan /instansi lain maupun dengan pihak media sebagai mitra publikasi PR.\015\0124)Memiliki kemampuan metodologi penelitian bidang public relations\015\0125)Memahami aturan perundang-undangan yang berlaku berkaitan dengan pekerjaan seorang PR/ Humas.\015\0126)Memiliki kemampuan beradaptasi dengan lingkungan pekerjaan maupun perkembangan pekerjaan seorang PR.\015\012\015\012c. Kompetensi Lain\015\012Konsentrasi Jurnalistik :\015\0121)Memiliki keahlian bidang tertentu yang mendukung profesionalisme dan kreativitas dalam mengikuti persaingan di bidang jurnalistik di tingkat lokal, nasional maupun internasional. Seperti : Bahasa Inggris, Mandarin dan Bahasa Arab, menguasai ICT, Animasi, Disain Grafis, acting, penyutradaraan, editing film, photograpi dan karikatur, Broadcasting.\015\0122)Terbiasa dalam mengamati fenomena perkembangan pemberitaan dan media serta terbiasa melakukan penelitian lapangan bidang komunikasi media.\015\012Konsentrasi Humas :\015\0121)Memiliki keahlian bidang tertentu yang mendukung profesionalisme dan kreativitas dalam mengikuti persaingan di bidang Public Relations di tingkat lokal, nasional maupun internasional. Seperti : Bahasa Inggris, Mandarin dan Bahasa Arab, serta kemampuan sebagai seorang organisatoris /keprotokolan, retorika. Menguasai ICT,Uji kompetensi, mengenali produksi advertising,mampu mengelola bisnis.\015\0122)Terbiasa mengamati perkembangan dan fungsi humas di berbagai instansi dan terbiasa melakukan penelitian lapangan dibidang humas.\015\012

Manajemen

Program Studi Manajemen didirikan pada 2 Januari 1976 dengan nama Program Studi Ekonomi Perusahaan, selanjutnya berdasarkan konsorsium Ilmu Ekonomi di Malang pada bulan Oktober 1979 Program Studi Ekonomi Perusahaan berubah menjadi Program Studi Manajemen selanjutnya berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 024/0/1981 tanggal 22 januari 1981 Program Studi Manajemen memperoleh status “terdaftar” untuk jenjang Sarjana Muda, kemudian berdasarkan SK Mendikbud No. 0388/1986 tanggal 22 Mei 1986 tentang penetapan kembali jalur, jenjang dan program pendidikan, yang menyatakan bahwa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Unpas merupakan Program Strata I (S-1), serta berada di lingkungan Kopertis Wilayah IV Jawa Barat. Pada tahun 1990 status Program Studi Manajemen meningkat menjadi “Diakui” dengan keluarnya SK Mendikbud No. 0537/)/1986 tanggal 05 Agustus 1986. Kemudian Pada tahun 1990 Program Studi Manajemen mendapat akreditasi “Disamakan” melalui SK Mendikbud No. 0305/O/1990 tanggal 21 April 1990. Pada tahun 2005 Program Studi Manajemen memperoleh status terakreditasi Badan Akreditasi Nasional (BAN) dengan peringkat ”A”, berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 012/BAN-PT/Ak-IX/S1/VII/2006 tanggal 21 Juli 2005. Pada tanggal 17 Desember 2017 program studi manajemen kembali memperoleh status terakreditasi dari Badan Akredittasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan peringkat “A” dengan nomor 031/BAN-PT/Ak-XIII/S1/XII/2010. Program Studi Manajemen memiliki 5 bidang kajian, yaitu manajemen keuangan, manajemen operasi, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, dan kewirausahaan. Profil lulusan Program Studi Manajemen, antara lain:

Wirausahawan
Manajer
Peneliti dan Asisten Dosen
Konsultan Bisnis, Financial Planner, Influencer
Analis Saham dan Pasar Modal dan Analis Mutu Produk
Visi
Menjadi Program Studi yang Unggul dalam Menghasilkan Lulusan Manajemen dan Bisnis yang Adaptif, Kreatif, Islami, Berbudaya Sunda, dan Berwawasan Global pada Tahun 2025

Misi
Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan menerapkan ilmu dan pengetahuan manajemen keuangan, operasi, pemasaran, dan sumber daya manusia, serta kewirausahaan dengan memegang prinsip Islami, berbudaya Sunda, dan berwawasan global.
Menghasilkan lulusan yang kreatif dalam melakukan penelitian, sehingga mampu menghasilkan produk ilmiah yang bermanfaat.
Menghasilkan lulusan yang adaptif dalam aktivitas pengabdian kepada masyarakat, sehingga berkontribusi pada peningkatan usaha mikro, kecil, dan menengah.
Kompetensi Program Studi
Program Studi Manajemen memiliki 5 bidang kajian, yaitu manajemen keuangan, manajemen operasi, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, dan kewirausahaan. Profil lulusan Program Studi Manajemen, antara lain:

Wirausahawan
Manajer
Peneliti dan Asisten Dosen
Konsultan Bisnis, Financial Planner, Influencer
Analis Saham dan Pasar Modal dan Analis Mutu Produk

Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia

Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dan menyelesaikan masalah, serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. Menguasai konsep teoretis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoretis bagian khusus dalam bidang tersebut secara mendalam serta mampu memformulasikan, menyelesaikan masalah prosedural. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis, informasi dan data serta mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan berkelompok. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dapat dipertanggungjawabkan atas pencapaian hasil organisasi.


Visi
Menjadikan lembaga ini sebagai salah satu pusat keunggulan kompetensi yang membina tenaga-
tenaga LPTK yang handal, komparatif, kompetitif, dan berwawasan IPTEK dalam landasan nilai
Islam & budaya Sunda, sehingga mendorong peningkatan kinerja sistem pendidikan nasional secara profesional dan proporsional .




Misi
Mengembangkan disiplin ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia; pendidikan ilmu kependidikan serta disiplin ilmu lainnya sehingga tersedia sumber dayamanusia yang mampu mengembangkan profesi yang berwawasan luhung elmuna, pengkuh agamana jembar budayana, serta tetap terjaga eksistensinya di tengah percepatan perubahan dunia pendidikan



Kompetensi Program Studi
Kompetensi utama (outcomes) lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah FKIP Universitas Pasundan adalah memiliki wawasan yang luas tentang komponen berbahasa dan bersastra, memiliki kompetensi untuk mengembangkan keterampilan berbahasa dan bersastra secara aktif dan kreatif, baik lisan maupun tulisan, serta memiliki kemampuan mengelola pendidikan dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia secara aktif, efektif, inovatif, dan kreatif. Lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia mampu menjadi guru bahasa dan sastra Indonesia yang berkualitas dan profesional, yang memiliki kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian yang menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman dan kesundaan. Hal ini akan terbentuk sesuai dengan kelompok mata kuliah yang diberikan untuk mencapai kompetensi utama lulusan sebagai berikut. \015\0121. Kompetensi penguasaan landasan kepribadian: menguasai konsep, prinsip, dan teori pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, serta menguasai teori perkembangan peserta didik yang menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman dan kesundaan sebagai cerminan kompetensi lulusan yang profesional dan ciri khas lulusan Universitas Pasundan. \015\0122. Kompetensi penguasaan keilmuan dan keterampilan: menguasai konsep, materi, struktur ilmu kependidikan, ilmu kebahasaan, dan ilmu kesastraan sebagai perwujudan dari kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional yang berorientasi pada nilai-nilai keislaman dan kesundaan yang menjadi ciri khas lulusan Universitas Pasundan\015\0123. Kompetensi penguasaan keahlian berkarya: memiliki kemampuan dan keterampilan dalam menyelenggarakan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di sekolah secara aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan yang berorientasi pada nilai-nilai kesundaan dan keislaman sebagai perwujudan dari kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian yang menjadi ciri khas lulusan Universitas Pasundan.\015\0124. Kompetensi penguasaan keahlian perilaku berkarya: memiliki wawasan yang luas, sikap dan perilaku yang santun sebagai guru profesional yang menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman dan kesundaan sebagai cerminan penguasaan kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian guru yang menjadi ciri khas lulusan Universitas Pasundan.\015\0125. Kompetensi penguasaan keahlian berkehidupan bermasyarakat: memiliki kemampuan untuk mengabdikan diri sebagai guru profesional dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia di sekolah, baik negeri maupun swasta, serta mampu menyelenggarakan kegiatan-kegiatan pengabdian masyarakat sebagai warga masyarakat yang bertanggung jawab dengan menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman dan kesundaan yang menjadi ciri khas lulusan Universitas Pasundan.\015\012\015\012Kompetensi pendukung lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa, sastra Indonesia dan Daerah FKIP Universitas Pasundan adalah cakap dan mampu bekerja pada lembaga pendidikan dan lembaga nonpendidikan serta mampu mengembangkan kemampuan berwirausaha melalui pengembangan kompetensi berbahasa dan bersastra dalam berbagai bidang kehidupan.\015\012Kompetensi pendukung tersebut terdiri dari: \015\0121. Kompetensi penguasaan landasan kepribadian:\015\012a. Mengembangkan kemampuan menerjemahkan dari bahasa Inggris-Indonesia, Arab-Indonesia, atau sebaliknya dalam berbagai keperluan kependidikan maupun nonkependidikan dengan memperhatikan nilai-nilai kesundaan dan keislaman untuk mewujudkan jiwa kewirausahaan.\015\012b. Mengembangkan kemampuan bidang penelitian dan pengkajian Islam kontemporer sebagai perwujudan lulusan yang profesional yang berlandaskan nilai-nilai keislaman dan kesundaan.\015\0122. Kompetensi penguasaan keilmuan dan keterampilan

Pendidikan Biologi

Program Studi (PS) Pendidikan Biologi FKIP Universitas Pasundan berdiri pada tahun 1985. Pendirian Program studi Pendidikan Biologi berdasarkan kebutuhan tenaga pendidik biologi untuk kebutuhan SMP, SMA, SMK, MTs, MA, maupun untuk kebutuhan tenaga kependidikan tinggi. PS Pendidikan Biologi selalu terbuka dan peduli terhadap kepentingan masyarakat yang ingin studi lanjut. Selama 27 tahun berdirinya PS Pendidikan Biologi berkembang pesat baik dari jumlah mahasiswa ataupun lulusan PS Pendidikan Biologi. PS Pendidikan Biologi FKIP Unpas telah meluluskan alumninya lebih dari 1000 orang, yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia. Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unpas beralamat di Jl. Tamasari No. 6 Bandung. Telepon (022) 4205317, Faximil (022) 4263982, fkip@fkip-unpas.com. SK pendirian No.0427/0/1985 tanggal 5 Oktober 1985, Terakreditasi BAN PT dengan peringkat A dengan SK No. 008/BAN-PT/Ak-XII/S1/IV/2009, tanggal 2 April 2009. Proses perkuliahan pada PS Pendidikan Biologi FKIP Unpas berpusat pada mahasiswa menggunakan sarana prasarana yang memadai serta memanfaatkan laboratorium, lingkungan, teknologi informasi dan komunikasi. Implementasi Proses Sistem Pendidikan pada PS Pendidikan Biologi FKIP Unpas dilaksanakan untuk membangun kemampuan-kemampuan lulusan sebagai berikut. A. Kemampuan Afeksi: 1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Mahaesa 2. Memiliki moral, etika, dan kepribadian serta memelihara budaya sunda yang dilandasi oleh nilai-nilai ke-Islaman. 3. Berperan sebagai warga negara yang baik, jujur, teliti, cerdas, bangga dan mencintai tanah air untuk mendukung perdamaian dunia. 4. Mampu bekerjasama dengan sesama profesi atau di luar profesi pendidikan biologi dan memiliki kepekaan dan kepedulian sosial yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya. 5. Menghargai keanekaragaman budaya, agama, kepercayaan, pandangan dan temuan atau pendapat orisinal orang lain. 6. Berbudaya ilmiah dalam memecahkan persoalan pendidikan dan permasalahan pada masyarakat serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan umum serta masyarakat luas. B. Kemampuan Kognisi: 1. Menguasai teori belajar, model pembelajaran dan prinsip-prinsip pembelajaran serta menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. 2. Mengembangkan kurikulum biologi sekolah menengah. 3. Menguasai teori dan menerapkan tentang penilaian, evaluasi proses dan hasil belajar. 4. Menguasai filsafat dan sejarah biologi. 5. Menganalisis materi pembelajaran biologi persekolahan. 6. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, serta lingkungan untuk pembelajaran biologi dan mengembangkan diri. 7. Menguasai Bahasa Inggris untuk pembelajaran biologi 8. Menguasai materi, struktur, konsep, dan prinsip ilmu dan budaya Sunda. C. Kemampuan psikomotor: 1. Mengembangkan dan menggunakan alat-alat laboratorium biologi, alat peraga, serta media untuk pembelajaran biologi di sekolah. 2. Mengembangkan dan melaksanakan perangkat pembelajaran biologi di sekolah menengah. 3. Menggunakan dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran biologi. 4. Melakukan penelitian untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran di sekolah serta menyebarluaskan hasil-hasilnya. 5. Mengembangkan materi pembelajaran biologi sekolah secara kreatif. 6. Menyebarluaskan hasil-hasil penelitian dan pembelajaran biologi yang mutakhir kepada masyarakat melalui pelatihan, seminar, dan lokakarya.


Visi
Program Studi Pendidikan Biologi, menghasilkan tenaga pendidik biologi yang diakui secara nasional dan internasional yang mengusung nilai-nilai budaya sunda dan ke-Islaman pada tahun 2021.


Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran biologi untuk menyiapkan tenaga pendidikan biologi yang kompeten, komparatif dan kompetitif yang dilandasi nilai-nilai budaya sunda dan ke-Islaman. 2. Melaksanakan penelitian yang inovatif untuk mengaplikasikan model-model pembelajaran biologi yang berpusat pada peserta didik. 3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui pelatihan-pelatihan, seminar dan lokakarya untuk meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat. 4. Menghasilkan tenaga pendidik yang kompeten dalam mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran biologi. 5. Melakukan kerjasama dan jejaring yang luas dengan lembaga yang kompeten dengan pendidikan biologi di tingkat lokal, nasional, dan internasional.


Kompetensi Program Studi
A.\011Kompetensi Utama:\015\0121.\011Menguasai teori belajar, perkembangan kognitif peserta didik, model pembelajaran dan prinsip-prinsip pembelajaran serta menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. \015\0122.\011Mengembangkan kurikulum dan materi biologi sekolah menengah untuk mempertinggi kualitas pembelajaran biologi. \015\0123.\011Menguasai dan menerapkan teori tentang penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.\015\0124.\011Menguasai Bahasa Inggris untuk komunikasi dan pembelajaran Biologi.\015\0125.\011Menguasai filsafat dan Hakikat Ilmu Pengetahuan Alam.\015\0126.\011Hakikat biologi, keanekaragaman hayati dan pengelompokan makhluk hidup, hubungan antarkomponen ekosistem, perubahan materi dan energi, peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem.\015\0127.\011Organisasi seluler, struktur jaringan, struktur dan fungsi organ tumbuhan, hewan dan manusia serta penerapannya dalam konteks sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat\015\0128.\011Proses yang terjadi pada tumbuhan, proses metabolisme, hereditas, evolusi, bioteknologi dan implikasinya pada sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat.\015\0129.\011Mengembangkan dan menggunakan laboratorium, lingkungan, alat peraga, dan media untuk pembelajaran biologi pada sekolah menengah.\015\01210.\011Mengembangkan dan melaksanakan perangkat pembelajaran Biologi yang mendidik di sekolah menengah.\015\01211.\011Menggunakan dan memanfaatkan laboratorium, alat, bahan, media, teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran biologi.\015\01212.\011Melakukan penelitian untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran serta menyebarluaskan hasil-hasil penelitiannya.\015\01213.\011Mengembangkan materi pembelajaran biologi sekolah menengah secara kreatif.\015\01214.\011Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu\015\01215.\011Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup\015\01216.\011Memahami manfaat keanekaragaman hayati\015\01217.\011Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem\015\01218.\011Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan\015\01219.\011Memahami keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan, serta penerapannya dalam konteks Saling temas\015\01220.\011Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan dan penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Saling temas\015\01221.\011Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan dan/atau penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Saling temas\015\01222.\011Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan\015\01223.\011Memahami pentingnya proses metabolisme pada organisme\015\01224.\011Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada Salingtemas\015\01225.\011Memahami teori evolusi serta implikasinya pada Salingtemas\015\01226.\011Memahami prinsip-prinsip dasar bioteknologi serta implikasinya pada Salingtemas\015\012\015\012\015\012\015\012\015\012B. Kompetensi Pendukung: \015\0121.\011Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pembelajaran biologi, menyelesaikan masalah biologi, komunikasi, dan mengembangkan diri.\015\0122.\011Menguasai Bahasa Inggris untuk Pembelajaran Biologi secara tertulis dan lisan.\015\0123.\011Memanfaatkan lingkungan yang terkait dengan pembelajaran biologi dan hasil penelitian.\015\0124.\011Menguasai materi, struktur, konsep, dan prinsip ilmu dan budaya Sunda.\015\0125.\011Menerapkan bioteknologi untuk mengembangkan kewirausahaan.\015\0126.\011Menguasai materi, struktur, konsep, dan prinsip biologi dan pendidikan biologi untuk studi lanjut.\015\012

Pendidikan Ekonomi

Program StudiPendidikanEkonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pasundan (Unpas) beralamat di Jalan Tamansari No. 6, Telepon: (022) 4205317, Faksimil: (022) 4263982, e-mail:
fkip@fkip-unpas.com
. Program studi ini berdiri tahun 1981 berdasarkan SK Mendikbudnomor 093/O/1981 tanggal 24-02–1981, serta memperolehakreditasiA dari BAN PT pada tahun 2012. Saatini Program StudiPendidikanEkonomidibinaoleh 3 Guru Besar, 5 Doktor, dan selebihnya berpendidikan magister. Saranaperkuliahanantara lain: Air Condition pada setiapkelas, media pembelajaranberbasis IT, Laboratorium Akuntansi, Laboratorium Komputer, Laboratorium Bahasa, danperpustakaan program studi, fakultas, sertauniversitas. Kurikulumsecara periodik ditelaah dengan memperhatikan regulasi pemerintah dan kebutuhanpengguna. Masa studi mahasiswa di Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Unpas adalah delapan semeseter. Sebagian alumnus Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Unpas menjadi guru ekonomi dan guru akuntansi di SMA serta SMK di Indonesia, sementara sebagian lainnya menjadi pelaku wirausaha. Mahasiswa program studi antara lain berasal dari Propinsi Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Sumatra, Bangka, Belitung, Kalimantan, Sulawesi, dan Nusa Tenggara.


Visi
Pusat pendidikan guru ekonomi berwawasan nasional dan global yang mendukung pencapaian visi Unpas 2021 dan visi FKIP Unpas berbasis nilai sunda dan Islam


Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan guru ekonomi berwawasan nasionaldan global yang nyunda dan Islami
2. Menyelenggarakan penelitian pendidikan ekonomi berkualitas nasional menuju kualitas internasional.
3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang dapat meningkatkan martabat manusia Indonesia Menjaga, memelihara, danmengembangkanbudayaSundadansyi’ar Islam.


Kompetensi Program Studi
Kompetensi utama : lulusan Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Unpas adalah cakap dan mampu menjadi guru bidang studi ekonomi dan guru bidang studi akuntansi di sekolah menengah yang memiliki kompetensi guru, mencakup: kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian yang nyunda dan Islami\015\012Sesuai dengan kelompok mata kuliah, maka kompetensi utama lulusan terdiri dari: \015\0121. Kompetensi penguasaan landasan kepribadian: menguasai konsep, prinsip, dan teori pendidikan, ekonomi, dan akuntansi serta teori perkembangan kognitif peserta didik yang nyunda dan Islami, sebagai cerminan dari kompetensi pedagogik, kompetensi profesional guru, dan ciri lulusan Universitas Pasundan. \015\0122. Kompetensi penguasaan keilmuan dan keterampilan: menguasai konsep, materi, struktur ilmu pendidikan, ilmu ekonomi, dan ilmu akuntansi yang nyunda dan Islami, sebagai perwujudan dari kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, dan ciri lulusan Universitas Pasundan\015\0123. Kompetensi penguasaan keahlian berkarya: terampil menyelenggarakan pembelajaran ekonomi dan pembelajaran akuntansi di sekolah menengah secara inovatif, nyunda dan Islami, sebagai perwujudan dari kompetensi pedagogik, profesional guru, sosial, kepribadian, dan ciri lulusan Universitas Pasundan.\015\0124. Kompetensi penguasaan keahlian perilaku berkarya: memiliki wawasan, sikap, dan perilaku guru profesional yang nyunda dan islami sebagai cerminan kompetensi pedagogik, profesional, sosial, kepribadian guru dan ciri lulusan Universitas Pasundan.\015\012Kompetensi pendukung lulusan Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Unpas adalah cakap dan mampu bekerja pada lembaga pendidikan dan lembaga non pendidikan serta berwirausaha.\015\012Kompetensi pendukung tersebut terdiri dari: \015\0121. Kompetensi penguasaan landasan kepribadian: \015\012a. Cakap dan mampu menyelesaikan persoalan keuangan di lembaga pendidikan dan lembaga non pendidikan berdasarkan prinsip-prinsip akuntansi dengan memperhatikan nilai-nilai budaya Sunda serta Islam. \015\012b. bekerja sebagai tenaga keuangan di lembaga pendidikan dan non pendidikan dengan menerapkan nilai-nilai budaya sunda dan Islam dalam sikap dan tindakan. \015\012c. Tenaga peneliti berciri sunda dan Islam pada penelitian pendidikan di sekolah menengah; khususnya penelitian tindakan kelas sebagai cerminan kompetensi profesional guru.\015\012d. Tenaga akuntansi pada organisasi pendidikan dan non pendidikan berciri sunda dan Islam yang mampu bertindak berdasarkan prinsip-prinsip ilmiah.\015\0122. Kompetensi penguasaan keilmuan dan keterampilan: \015\012a. Tenaga pendidik ekonomi dan pendidik akuntansi yang mampu mengembangkan wawasan keilmuan pendidikan, ekonomi, dan akuntansi dalam pembelajaran ekonomi dan pembelajaran akuntansi.\015\012b. Tenaga pendidik ekonomi dan pendidik akuntansi yang mampu melakukan penelitian pembelajaran ekonomi dan pembelajaran akuntansi.\015\012c. Tenaga akuntansi pada organisasi pendidikan dan non pendidikan berciri sunda dan Islam yang mampu memecahkan masalah ekonomi dan akuntansi berdasarkan prinsip-prinsip ilmiah yang berlaku pada bidang ekonomi dan bidang akuntansi.\015\0123. Kompetensi penguasaan keahlian berkarya:\015\012a. Menguasai materi, struktur dan konsep ekonomi dan konsep akuntansi \015\012b. Terampil melakukan pembukuan dan menyelesaikan persoalan-persoalan keuangan organisasi pendidikan dan non pendidikan.\015\012c. Terampil menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran ekonomi dan pembelajaran akuntansi.\015\0124. Kompetensi penguasaan perilaku berkarya: tanggap dan kritis terhadap isu-isu yang berkaitan dengan pendidikan ekonomi dan pendidikan akuntansi yang nyunda dan Islami.\015\0125.

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) sebagai salah satu program studi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan yang beralamat di Jalan Tamansari No 6 – 8 Bandung berdiri sejak 19 Juli 2007 dengan SK Pendirian Nomor 1930/D/T/2007. Ijin penyelenggaraan Prodi PGSD FKIP Unpas telah diperoleh dari Direktorat Pendidikan Tinggi Depdiknas RI dengan No. 3384/D/T/K-IV/2009 tanggal 4 September 2009.

Visi
“Menghasilkan pendidik PGSD yang memiliki daya saing secara nasional dan internasional yang mengusung nilai-nilai budaya Sunda dan nilai-nilai keislaman pada tahun 2021”.

Misi
Sejalan dengan misi Universitas Pasundan dan misi FKIP Universitas Pasundan, maka misi Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Pasundan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing secara nasional dan internasional yang berlandaskan nilai-nilai keislaman dan budaya sunda dengan:

Menyelenggarakan pembelajaran Pendidikan Guru Sekolah Dasar melalui pendekatan scientific untuk menyiapkan tenaga pendidik dan kependidikan ke-SD-an yang kompeten, komparatif dan kompetitif yang dilandasi nilai-nilai budaya sunda dan ke-Islaman sesuai dengan tuntutan kurikulum yang berlaku;
Melaksanakan penelitian yang inovatif, baik dalam pendidikan guru maupun kajian ke-SD-an untuk diterapkan pada pengembangan pembelajaran di PGSD;
Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui impementasi hasil-hasil penelitian untuk pengembangan bahan ajar perkuliahan;
Melaksanakan kegiatan-kegiatan akademik maupun non akademik yang berorientasi pada pengembangan kemampuan mahasiswa dalam nilai-nilai kesundaan dan keislaman, baik di luar kampus maupun di dalam kampus; dan e) Menyelenggarakan kerjasama akademik dan non akademik yang berorientasi kepada peningkatan kemampuan mahasiswa.
Kompetensi Program Studi
Profil lulusan program studi PGSD meliputi tiga kualifikasi tenaga pendidikan guru sekolah dasar yang diharapkan dapat dipersiapkan atau dihasilkan melalui program studi PGSD FKIP UNPAS sebagai berikut:

Kualifikasi Kompetensi Keilmuan, dari segi keilmuan tamatan program studi PGSD S1 FKIP unpas dibekali berbagai ilmu pendidikan, ilmu ke-SD-an dan muatan lokal budaya sunda, sehingga setiap kegiatan profesionalnya selalu didasarkan pada konsep, teori, serta metode keilmuan yang dimilikinya, yang berdasarkan nilai-nilai Islam dan Budaya Sunda.
Kualifikasi Kompetensi Sikap dan Perilaku, tamatan dari program studi ini diharapkan dapat memiliki sifat dan perilaku profesional sebagai calon tenaga guru sekolah dasar yang memiliki kebanggaan atas nilai-nilai Islam dan nilai-nilai kesundaan.
Kualifikasi Kompetensi Psikomotor, Program Studi PGSD Strata satu (S1) ini diharapkan dapat menghasilkan tamatan yang memiliki kompetensi di bidang tugas profesionalnya di Sekolah Dasar.

Pendidikan Matematika

Program Studi (PS) Pendidikan Matematika FKIP Universitas Pasundan berdiri pada tahun 1985. Pendirian Prodi Pendidikan Matematika berdiri berdasarkan kebutuhan tenaga pendidik matematika untuk kebutuhan SMP, SMA, SMK, MTs, MA, maupun untuk kebutuhan tenaga kependidikan tinggi. PS Pendidikan Matematika selalu terbuka dan peduli terhadap kepentingan masyarakat yang ingin melanjutkan kuliah baik kelas reguler ataupun kelas khusus. Selama 27 tahun berdirinya PS Pendidikan Matematika mengalami perkembangan yang pesat baik dari jumlah mahasiswa ataupun lulusan PS Pendidikan Matematika. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unpas telah meluluskan alumninya sekitar 1600 orang, yang tersebar di Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jogjakarta, Sumatra, Bangka Belitung, Kalimantan, Sulawesi, dll. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unpas beralamat di Jl. Tamasari No. 6 Telepon (022) 4205317, Faximil (022) 4263982, e-mail: fkip@fkip-unpas.com. SK pendirian No.01/2710/1985 tanggal 5 Oktober 1985, Terakreditasi BAN PT dengan peringkat ‘B’ dengan SK No. 002/BAN-PT/Ak-XII/S1/IV/2009, tanggal 2 April 2009, dan Surat Izin Penyelenggaraan PS dari Dikti No. 14301/D/T/K-IV/2013 tanggal 28 Januari 2013.


Visi
Program Studi Pendidikan Matematika, menghasilkan pendidik dan tenaga kependidikkan matematika yang diakui secara nasional dan internasional yang mengusung nilai-nilai budaya sunda dan keislaman pada tahun 2021.


Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran matematika untuk menyiapkan pendidik dan tenaga kependidikan matematika yang kompeten, komparatif dan kompetitif yang dilandasi nilai-nilai budaya sunda dan keislaman. 2. Melaksanakan penelitian yang inovatif untuk mengaplikasikan model-model pembelajaran matematika yang berpusat pada peserta didik.
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui pelatihan-pelatihan, seminar dan lokakarya untuk meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat.
4. Menghasilkan tenaga pendidik yang kompeten dalam mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran matematika. Melakukan kerjasama dan jejaring yang luas dengan lembaga yang kompeten dengan pendidikan matematika di tingkat lokal, nasional, dan internasional.


Kompetensi Program Studi
A.Kompetensi Utama:\015\0121.Menguasai teori belajar, perkembangan kognitif peserta didik, model pembelajaran dan prinsip-prinsip pembelajaran serta menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. \015\0122.Mengembangkan kurikulum dan materi matematika sekolah menengah untuk mempertinggi kualitas pembelajaran matematika. \015\0123.Menguasai teori tentang penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar serta menyelenggarakannya.\015\0124.Menguasai Bahasa Inggris untuk komunikasi dan pembelajaran Matematika.\015\0125.Menguasai filsafat dan sejarah matematika.\015\0126.Menguasai teori bilangan, hubungan di antara bilangan dan berbagai sistem bilangan. \015\0127.Menguasai materi, struktur, konsep, dan prinsip matematika dasar dan logika matematika. \015\0128.Menguasai materi, struktur, konsep, dan prinsip geometri. \015\0129.Menguasai materi, struktur, konsep, dan prinsip statistika dan peluang. \015\01210.Menguasai materi, struktur, konsep, dan prinsip aljabar dan trigonometri\015\01211.Menguasai materi, struktur, konsep, dan prinsip kalkulus dan geometri analitik. \015\01212.Menguasai materi, struktur, konsep, dan prinsip matematika diskrit. \015\01213.Menguasai materi, struktur, konsep, dan prinsip vektor dan matriks. \015\01214.Menguasai materi, struktur, konsep, dan prinsip analisis real dan topology\015\01215.Menguasai materi, struktur, konsep, dan prinsip metode penelitian pendidikan.\015\01216.Menganalisis materi pembelajaran matematika persekolahan\015\01217.Mengembangkan dan menggunakan alat peraga, alat ukur, alat hitung, piranti lunak komputer, model matematika, dan model statistika untuk pembelajaran matematika di sekolah.\015\01218.Mengembangkan dan melaksanakan perangkat pembelajaran matematika yang mendidik di sekolah menengah.\015\01219.Menggunakan dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran matematika.\015\01220.Melakukan penelitian untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran serta menyebarluaskan hasil-hasil penelitiannya.\015\01221.Mengembangkan materi pembelajaran matematika sekolah menengah secara kreatif.\015\012\015\012B. Kompetensi Pendukung: \015\0121. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pembelajaran matematika, menyelesaikan masalah matematika, komunikasi, dan mengembangkan diri.\015\0122.Menguasai Bahasa Inggris untuk Pembelajaran Matematika secara tertulis dan lisan.\015\0123.Memanfaatkan software yang terkait dengan pembelajaran matematika dan pengolahan data hasil penelitian.\015\0124.Menguasai materi, struktur, konsep, dan prinsip ilmu dan budaya Sunda.\015\0125.Menggunakan pemodelan matematika untuk mengembangkan kewirausahaan.\015\0126.Menguasai materi, struktur, konsep, dan prinsip ilmu matematika dan pendidikan matematika untuk studi lanjut.

Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan

Program Studi PPKn berdiri tanggal 24 Pebruari 1981. Status program studi PPKn yaitu terakreditasi Peringkat B sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi (PT) nomor: 016/BAN-PT/Ak-XII/S1/VI/2009.



Visi
Menjadikan program studi PPKn yang bermutu, terdepan di tingkat nasional pada bidang pendidikan dan pengajaran PPKn, penelitian dan pengabdian pada masyarakat di bidang pendidikan, politik kenegaraan, hukum dan moral yang dijiwai dengan nilai-nilai agama Islam dan nilai-nilai budaya sunda.



Misi
Mempersiapkan calon Sarjana Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang mampu : 1. Mengembangkan proses pembelajaran PPKn yang dijiwai nilai-nilai Islam dan budaya sunda secara profesional. 2. Memiliki jiwa adaptif dan responsif terhadap perkembangan ilmu, teknologi dan inovasi dibidang PPKn. 3. Bekerja di luar pekerjaan guru, sesuai dengan minat dan kompetensi yang dimiliki. 4. Berperan aktif dalam menghasilkan Sarjana Pendidikan yang unggul dan berbudi pekerti luhur.



Kompetensi Program Studi
A.Kompetensi Utama: \015\012\342\200\223 Menghasilkan guru Pkn yang mampu bekerja pada jenjang pendidikan menengah, maupun bekerja diluar jenjang pendidikan sesuai dengan minat dan kemampuannya, serta dapat melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi.\015\012\342\200\223 Menghasilkan guru Pkn yang mandiri, kreatif, bertanggungjawab, demokratis dan memiliki keluhuran budi pekerti yang berlandaskan nilai-nilai Islam dan budaya sunda\015\012\342\200\223 Menghasilkan guru PKn yang mampu memahami makna toleransi antar umat beragama dalam kehidupan masyarakat dengan berpegang teguh pada nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.\015\012\015\012B. Kompetensi Pendukung: \015\012a. Menjadi penyuluh dan motivator pembinaan masyarakat dalam bidang hukum, pendidikan, sosial dan kemasyarakatan.\015\012b. Mampu berkarya dan menjadi wirausaha yang menjunjung tinggi nilai kebenaran dan keadilan serta berwawasan global.\015\012C. Kompetensi Lainnya: \015\012\342\200\223 Berperan sebagai warga negara yang memiliki moral, etika dan kepribadian yang jujur, disiplin, toleran dan dapat bekerja sama untuk kemajuan masyarakat dan kesejahteraan bersama \015\012

Perencanaan Wilayah Dan Kota

Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Unpas didirikan pada September 1995 melalui Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 400/DIKTI/Kep/1995. Pada awal pendiriannya, Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota memiliki nama Teknik Planologi. Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Unpas sebagai lembaga pendidikan di bidang Perencanaan Wilayah dan Kota mampu memadukan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, agama dan budaya secara selaras, serasi dan seimbang.





Visi
Menghasilkan lulusan Perencanaan Wilayah dan Kota yang terkemuka pada tingkat nasional, berwawasan global dan unggul yang mengusung nilai kesundaan dan keislaman di tahun 2021



Misi
1. Menghasilkan lulusan Perencanaan Wilayah dan Kota yang berwawasan global.

2. Menciptakan sistem pengajaran yang dapat membangun karakter lulusan yang berwawasan global dan berdaya saing tinggi.

3. Menyelenggarakan penelitian dan pemberdayaan pada masyarakat yang memiliki nilai manfaat bagi masyarakat

4. Mewujudkan sistem tata pamong yang efisien dan terintegrasi.

5. Menjaga dan memelihara budaya Sunda dan keislaman



Kompetensi Program Studi
Lulusan Perencanaan Wilayah dan Kota memiliki kompetensi :

1. Perencana

1.1. Mampu menjalankan dan menjadi fasilitator proses perencanaan wilayah dan kota dengan menggunakan pendekatan, metoda dan teknik yang sesuai

1.2. Mampu berpikir logis, strategis, inovatif, kritis dan mengutamakan kepentingan masyarakat dalam menjalankan proses perencanaan wilayah dan kota

1.3. Mampu menjabarkan rencana wilayah dan kota ke dalam kebijakan program dan rencana induk, menilai kelayakan program, serta mengevaluasi penerapannya dari aspek teknis, lingkungan, ekonomi, sosial budaya, pembiayaan dan kelembagaan

1.4. Mampu menyusun dokumen dan memaparkan hasil pelaksanaan proses perencanaan wilayah dan kota sesuai dengan acuan kegiatan

2. Akademisi : Mampu mendidik dan menjadi fasilitator pembelajaran perencanaaan wilayah dan kota

3. Peneliti : Mampu melakukan penelitian dalam bidang perencanaan wilayah dan kota serta mempublikasikan hasilnya pada forum ilmiah

4. Wirausaha : Mampu mengelola berbagai sumberdaya untuk meningkatkan kesejahteraaan masayarakat dan individu

5. Birokrat dan Aparatur

5.1. Mampu menganalisis mengenai permasalahan pada bidang perencanaan wilayah dan kota, prasarana dan transportasi

5.2. Mampu bekerjasama dengan pihak-pihak yang terkait dengan perencanaan wilayah dan kota, prasarana dan transportasi

5.3. Menjunjung tinggi norma akademik di lingkungan kerja

Sastra Inggris

Program Studi Sastra Inggris FISS Unpas secara umum adalah untuk Menghasilkan sarjana sastra yang memiliki komitmen yang tinggi terhadap ilmunya, mampu mengambil keputusan, atau menjadi komponen yang kontributif terhadap sistem suatu organisasi kerja yang sesuai tanpa melupakan identitas dan jati diri bangsa Indonesia serta bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan melestarikan budaya Sunda.


Visi
Menjadikan Program Studi sastra Inggris yang unggul secara global dalam pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang bahasa dan sastra Inggris yang menjunjung tinggi agama Islam dan melestarikan budaya Sunda.


Misi
Misi Program Studi sastra Inggris Universitas Pasundan Bandung adalah lembaga yang menyiapkan Sarjana Sastra Inggris yang dapat: 1. Berperan aktif dalam merealisasikan misi universitas menjadi world class university, 2. mengembangkan keilmuan bahasa dan Sastra Inggris dalam tingkat pendidikan yang lebih tinggi, 3. mengembangkan sikap kecendikiaan melalui bidang bahasa dan sastra Inggris secara profesional, 4. mengimplementasikan pengetahuan bahasa dan sastra Inggris dalam dunia kerja, mengabdikan diri dalam syiar Islam serta mengembangkan budaya Sunda,


Kompetensi Program Studi
1.Kompetensi umum:\015\012Kompetensi utama program studi Sastra Inggris FISS Unpas adalah mempunyai wawasan dan kompetensi dalam berbahasa serta bersastra, baik secara global (Inggris) nasional (Indonesia), serta lokal (Sunda). Lulusan Program Studi Sastra Inggris FISS Unpas juga diharapkan mampu menjadi seorang manusia cendekia lewat kompetensinya dalam bidang bahasa dan sastra serta sastra global, nasional, dan lokal. Mampu dan menguasai bidang keilmuan bahasa dan sastra agar bisa diimplementasikan dalam dunia kerja secara profesional. Mampu menggunakan kemampuan keahliannya agar turut serta dalam dunia sastra global, nasional, dan lokal. Mampu menjadi manusia yang mampu menguasai keahlian serta berperan serta dalam berkehidupan bermasyarakat , yang diantaranya turut serta dalam berbagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Terakhir adalah mampu mengabdikan dirinya dalam kehidupan beragama (khususnya syiar Islam) serta turut andil dalam menjaga dan mengembangkan budaya sunda.\015\012\015\0122.Kompetensi Khusus:\015\012Kompetensi khusus program studi Sastra Inggris FISS Unpas terbagi ke dalam tiga macam keahlian, yang diantaranya mempunyai wawasan dan kompetensi dalam bidang Pengajaran (Teaching), Jurnalistik (Journalism), dan Pariwisata (Tourism). Dalam bidang keahlian pengajaran diharapkan mampu menjadi seorang tenaga pengajar bahasa dan sastra Inggris baik dalam pembelajaran yang bersifat formal ataupun non-formal. Dalam bidang pengajaran diharapkan mampu dan menguasai berbagai metodologi dan teknik pengajaran bahasa dan sastra Inggris sehingga bisa menghasilkan produk yang berkualitas. Mampu mengaplikasikan wawasan dan pengetahuannya dalam bidang pengajaran untuk bisa berwirausaha dalam dunia pengajaran yang bersifat non-formal. Mampu mengaplikasikan wawasan dan pengetahuannya agar bisa berperan serta dalam dunia penelitian khususnya bidang pengajaran bahasa inggris. Mampu mengaplikasikan kemampuannya dalam bidang pengajaran dalam upaya pemberdayaan masyarakat sekitar.\015\012Dalam bidang jurnalistik diharapkan mampu untuk menjadi seorang jurnalis yang handal. Dalam bidang jurnalistik diharapkan mampu dan menguasai berbagai metodologi dan teknik jurnalis yang mampu menghasilkan produk yang berkualitas. Mampu mengaplikasikan wawasan dan pengetahuannya dalam bidang jurnalistik agar bisa berwirausaha dalam dunia jurnalistik nasional ataupun lokal. Mampu mengaplikasikan wawasan dan pengetahuannya agar bisa berperan serta dalam penelitian jurnalistik. Mampu mengaplikasikan kemampuannya dalam bidang jurnalistik untuk pemberdayaan masyarakat sekitar. Dalam dunia pariwisata diharapkan mampu dan menguasai metodologi dan teknik ilmu pariwisata agar mampu menghasilkan produk yang berkualitas. Mampu mengaplikasikan wawasan dan pengetahuannya dalam dunia pariwisata agar mampu berwirausaha dalam dunia pariwisata indonesia. Mampu menjadi peneliti khususnya yang berkaitan erat dengan dunia pariwisata. Mampu mengaplikasikan kemampuannya dalam dunia pariwisata sehingga bisa turut serta dalam pemberdayaan masyarakat sekitar. \015\012

Seni Musik

Program Studi Seni Musik FISS Unpas secara umum adalah untuk Menghasilkan sarjana musik yang memiliki komitmen yang tinggi terhadap ilmunya, memiliki kompetensi dalam merancang, mencipta dan menyajikan karya musik. Mampu pengambil keputusan, atau menjadi komponen yang kontributif terhadap sistem suatu organisasi kerja di bidang musik tanpa melupakan identitas dan jati diri bangsa Indonesia serta bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan melestarikan budaya Sunda atau untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.


Visi
Menjadikan Program Studi Seni Musik yang unggul secara global Dalam bidang penelitian seni musik, pembelajaran seni musik dan pengabdian pada masyarakat dalam bidang seni musik yang menjunjung tinggi agama Islam dan melestraikan budaya Sunda.


Misi
Misi Program Studi Seni Musik Universitas Pasundan Bandung ialah menyiapkan calon Sarjana Seni Musik yang: 1. Mampu melaksanakan dan mengembangkan keilmuan Seni Musik secara profesional. 2. Mampu mengembangkan sikap entrepreneurship melalui bidang Seni Musik. 3. Mampu mengintegrasikan ilmu pengetahuan musik, keterampilan bermusik dengan perkembangan teknologi, menciptakan konsep-konsep yang kreatif dan inovatif di bidang industri musik. Melaksanakan syiar Islam serta mengembangkan budaya Sunda.


Kompetensi Program Studi
Kompetensi Utama:\015\012Memiliki kemampuan keilmuan seni musik yang baik, berlandaskan kepada nilai-nilai estetika dan etika, dipadukan dengan penguasaan IPTEKS pada bidangnya, sehingga mampu menjawab tantangan dunia kerja dan memaksimalkan peluang yang ada.\015\012\015\012Kompetensi imbuhan:\015\012\015\0121. Memiliki wawasan tentang ilmu seni musik dalam kedudukannya di antara berbagai disiplin ilmu lainnya.\015\012\015\0122. Memiliki pemahaman mengenai nilai-nilai islam dan kebudayaan sunda dalam hubungannya dengan bidang ilmu dan seni musik.\015\012\015\0123. Menguasai metodologi dan paradigma penelitian ilmu seni musik serta mampu mengembangkan pengetahuan bidang seni musik yang kreatif.\015\012\015\0124. Menguasai teori-teori ilmu seni musik yang komprehensif dan mampu menggunakan pengetahuan tersebut untuk menganalisis dan memecahkan berbagai permasalahan bidang seni musik.\015\012\015\0125. Mampu menjadi enterpreuneur yang dapat memimpin, mengelola dan mengembangkan usaha di bidang seni musik yang bermanfaat bagi masyarakat.\015\012\015\0126. Bersikap terbuka terhadap perkembangan teknologi dan peka terhadap masalah-masalah yang terjadi pada masyarakat dan memiliki keberanian untuk berpartisipasi memberikan pemikiran sesuai dengan bidangnya.

Teknik Industri

Program Studi Teknik Industri dibawah Fakultas Teknik Universitas Pasundan (UNPAS) yang berdiri tahun 1961, dan merupakan yang tertua di Indonesia dengan SK Pendirian disahkan oleh Notaris St. Much. Sahid No. 22/BS/T/61. Sementara ijin operasional yang sudah diperpanjang pada tanggal 20 Mei 2005 dengan no 1753/D/T/2005. Berdasarkan SK No. BAN-PT no 015/BAN-PT/Ak-X/S1/VII/2007 tanggal 10 Juli 2007. Program Studi Teknik Industri Universitas Pasundan memperoleh status “TERAKREDITASI” dengan peringkat “A” Komitmen Universitas yang bernaung dibawah Paguyuban Pasundan terhadap pendidikan telah mendukung proses pembelajaran sehingga menghasilkan lulusan Program Studi Teknik Industri dengan indeks prestasi rata-rata 3,0. Dengan student body sebesar 545, proses pembelajaran dilaksanakan di Jl. Setiabudi 193 - Bandung



Visi
”Menjadi penyelenggara pendidikan tinggi Teknik Industri yang terkemuka pada tahun 2015 di tingkat nasional, serta unggul dalam bidang perancangan, pengoperasian dan perbaikan sistem industri”



Misi
Melaksanakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Tridharma Perguruan Tinggi) yang unggul dalam bidang perancangan, pengoperasian, dan perbaikan sistem industri dengan mengedepankan perilaku kesundaan dan nilai-nilai islami.



Kompetensi Program Studi
1. Melaksanakan pendidikan Teknik Industri untuk menyiapkan peserta didik memiliki kemampuan dalam perancangan produk, perancangan sistem kerja, perencanaan dan pengoperasian sistem produksi, serta perancangan dan perbaikan sistem industri. 2. Melaksanakan penelitian dalam perancangan sistem industri, baik industri manufaktur maupun jasa. 3. Mengaplikasikan ilmu dan teknologi dalam upaya meningkatkan produktivitas masyarakat daerah dan nasional. 4. Membina peserta didik menjadi anggota masyarakat yang bermoral dan beretika Islami serta memiliki jiwa kewirausahaan. Menjalin kerjasama secara kelembagaan dengan pihak industri, bisnis, dan berbagai Perguruan Tinggi, baik nasional maupun internasional, dengan dilandasi “Silih Asah, Silih Asih, dan Silih Asuh”.

Teknik Informatika

2.1 Visi

Menjadi penyelenggara pendidikan tinggi teknik informatika yang unggul pada solusi informatika dan berkarakterkan nilai kesundaan – keislaman serta terkemuka di tingkat nasional menuju komunitas akademik tingkat internasional tahun 2025.
2.2 Misi

1) Menyelenggarakan proses pendidikan berbasis kompetensi kanggo merangan bodo jeung kokoro, pengkuh agamana, dan jembar budayana, guna menghasilkan ahli informatika, berjiwa teknoprener dengan wawasan dan kemampuan akademik serta teknis yang diperlukan untuk membangun solusi informatika.
2) Menyelenggarakan kegiatan penelitian keinformatikaan untuk mengembangkan, menggali, menghasilkan, dan memperkaya keilmuan dan teknologi bidang keinformatikaan yang dipublikasikan di tingkat nasional dan internasional, guna diterapkan di masyarakat secara berkelanjutan.
3) Menyelenggarakan kegiatan untuk menghasilkan teknoprenership dengan karya terapan informatika yang berkontribusi pada masyarakat dan bangsa.
2.3 Tujuan

1) Menghasilkan lulusan yang memiliki informatika, berjiwa teknopreuner dengan wawasan dan kemampuan akademik serta teknis yang diperlukan untuk membangun solusi informatika.
2) Menghasilkan hasil penelitian keilmuan dan teknologi bidang keinformatikaan yang dipublikasikan di tingkat nasional dan internasional, guna diterapkan di masyarakat secara berkelanjutan.
3) Menghasilkan technoprener dengan karya terapan informatika yang berkontribusi pada masyarakat dan bangsa.

Teknik Lingkungan

Pembangunan berwawasan lingkungan dan berkelanjutan merupakan upaya menggunakan dan mengelola sumber daya alam secara bijaksana. Upaya dilakukan dengan memperhitungkan adanya interaksi dampak kegiatan terhadap lingkungan, serta kemampuan daya dukung lingkungan untuk menopang pembangunan secara berkelanjutan. Untuk menunjang kebutuhan di atas, maka diperlukan ahli yang diharapkan mampu menjawab tantangan-tantangan permasalahan yang menyangkut lingkungan, ahli siap menjawab segala macam permasalahan yang timbul di tengah gencarnya industri dengan segala macam permasalahan lingkungan. Sangat relevan dengan ruang lingkup teknik lingkungan sebagai ilmu, maka sebagai profesi Teknik Lingkungan akan memberikan peluang terjadinya bidang spesialisasi atau kekhususan sehingga akan membuka banyak lapangan kerja atau profesi baru.


Visi
Menjadi penyelenggara pendidikan di bidang teknik lingkungan menuju komunitas akademik peringkat internasional yang mengusung nilai kesundaan dan keislaman pada tahun 2021


Misi
Menyelenggarakan pendidikan akademis dan profesional, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat dalam bidang teknik lingkungan, secara berkualitas berdasarkan keluhuran budaya Sunda dan keagungan Agama Islam.


Kompetensi Program Studi
\342\200\242Menguasai bidang SPAM (Sistem Pengelolaan Air Minum)\015\012\342\200\242Menguasai bidang SPAL (Sistem Pengelolaan Air Limbah) DAN DRAINASE\015\012\342\200\242 Menguasai bidang sistem pengelolaan lingkungan\015\012

Teknologi Pangan

Menghasilkan lulusan yang kompeten dalam bidang teknologi pangan serta mampu memecahkan setiap permasalahan (sebagai problem solver) di lingkungan kerja.
Menghasilkan penelitian-penelitian yang dapat diaplikasikan bagi perkembangan ilmu teknologi pangan ditinjau dari kualitas produk, keamanan, dan ketahanan pangan.
Mendorong terciptanya penerapan dan aplikasi teknologi pangan untuk mendukung perkembangan industri pangan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat



Visi
Menjadi penyelengara pendidikan di bidang teknologi pangan menuju komunitas akademik peringkat internasional yang mengusung nilai kesundaan dan keislaman pada tahun 2021.



Misi
· Menyelenggarakanpendidikanyangberorientasi untuk menghasilkan ilmuwan,praktisiindustridanwirausahawanyang profesionaldalambidang teknologi pangan. · Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan ilmu dan teknologi dalam bidangpangan. Ikutberperanaktifdalampengabdian kepada masyarakat dengan menyebarluaskan aplikasiteknologipangan untukmendorong dan membantu perkembangan industri kecil, menengah dan besar



Kompetensi Program Studi
PROFIL SARJANA TEKNOLOGI PANGAN\015\0121.Processing engineer\015\012KOMPETENSI UTAMA\015\012-Mampu merekayasa proses produksi pangan dengan kemampuan terhadap pengetahuan yang memadai tentang karakteristik bahan pangan, prinsip pengawetan pangan, prinsip keteknikan pangan, prinsip pengolahan pangan, bahan dan metode pengemasan, sanitasi dan hygiene, serta pengelolaan air dan limbah \015\012KOMPETENSI KHUSUS\015\012Mampu membuat rancangan industry pabrik makanan\015\012\015\012PROFIL SARJANA TEKNOLOGI PANGAN\015\0122.R&D (pengembagan produk)\015\012KOMPETENSI UTAMA\015\012-Mampu merancang produk bernilai tambah, inovatif, dan memunculkan produk pangan baru\015\012-Mampu memproduksi dan mengendalikan produk serta keterampilan yang memadai terhadap proses produksi yang mempunyai nilai tambah yang berkualitas dan berdaya saing\015\012KOMPETENSI KHUSUS\015\012Mempunyai keterampilan yang memadai tentang perancangan produk bernilai secara efektif dan efisien \015\012\015\012PROFIL SARJANA TEKNOLOGI PANGAN\015\0123.Analytical chemist \015\012KOMPETENSI UTAMA\015\012-Mampu menganalisis tentang struktur dan sifat komponen pangan, perubahan kimia pangan selama pengolahan dan penyimpanan\015\012-Mampu dan menguasai tentang prinsip, metodologi dan teknis analisis pangan baik kualitatif maupun kuantitatif, fisik, kimia, dan biologi \015\012KOMPETENSI KHUSUS\015\012-Mampu menganalisis kejadian kimia yang mendasari sifat dan reaksi berbagai komponen pagan\015\012-Mengetahui cara mengendalikan reaksi-reaksi kimia di dalam bahan pangan\015\012-Menguasai berbagai teknik laboratorium kimia dasar dan kimia pangan\015\012-Mengerti kaitan reaksi kimia dengan kadaluarsa produk pangan\015\012-Memahami prinsip teknik- teknik analisis pangan\015\012-Mampu memilih teknik analisis yang tepat sesuai kebutuhan\015\012\015\012PROFIL SARJANA TEKNOLOGI PANGAN\015\0124.Pemerintah (BPOM, Depkes, Kementrian)\015\012KOMPETENSI UTAMA\015\012-Memahami aspek keprofesian dalam bidang teknologi pangan, khususnya dalam perancangan dan produksi bernilai tambah dengan mempertimbangkan factor social ekonomi\015\012-Menguasai pengetahuan yang memadai tentang industry, organisasi, peraturan dan tata cara yang berkaitan dengan pengolahan produk bernilai tambah terutama memadukannya dari hulu hingga hilir secara sinergis \015\012KOMPETENSI KHUSUS\015\012-Mampu menjabarkan keterkaitan pengolahan pangan dnegan berbagai aspek di hulu dan hilir\015\012-Menjelaskan langkah-langkah produksi yang efektif dan efisien\015\012-Menganalisis perkembangan mutakhir dalam kerangka pengembangan industry pangan di Indonesia\015\012\015\012PROFIL SARJANA TEKNOLOGI PANGAN\015\0125.Akademisi\015\012KOMPETENSI UTAMA\015\012-Memiliki kemampuan belajar yang testruktur untuk pengembangan diri, keilmuan dan keberlanjutan karier\015\012-Mampu berpikir kritis dan mengambil keputusan secara tepat, serta berkomunikasi efektif , akademis dan etis\015\012-Memiliki kemampuan untuk mengembangkan bidang Teknologi Pangan lewat penelitian dan inovasi produk\015\012KOMPETENSI KHUSUS\015\012-Mampu berpikir kontekstual dalam pengembangan dan inovasi produk pangan\015\012-Mampu berbahasa Inggris\015\012\015\012PROFIL SARJANA TEKNOLOGI PANGAN\015\0126.Ahli gizi\015\012KOMPETENSI UTAMA\015\012-Menguasai tentang pangan, gizi dan kesehatan \015\012-Memahami hubungan antara konsumsi pangan dan pemenuhan kebutuhan gizi dan kebugaran \015\012KOMPETENSI KHUSUS\015\012-Mampu menjelaskan proses pencernaan komponen pangan dan metabolismenya di dalam tubuh\015\012-Mampu menjabarkan keterkaitan konsumsi pangan dengan kesehatan dan kebugaran tubuh\015\012\015\012PROFIL SARJANA TEKNOLOGI PANGAN\015\0127.Penjaminan dan Pengendalian \015\012KOMPETENSI UT
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Telepon : (021) 57946104
Pusat Panggilan ULT DIKTI 126
pmm-01@kemdikbud.go.id
mbkm@kemdikbud.go.id
Jl. Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta 10270