Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNPAS, secara strategis memandang perlu untuk mengaktifkan kembali Program Studi Administrasi Bisnis yang dinonaktifkan pada tahun 1967-an dan kembali aktif Pada Tahun 1990. Administrasi Bisnis Fisip Unpas aktif kembali dengan tujuan mengacu kepada pembinaan dan penciptaan calon-calon sarjana dan cendikiawan, yang memiliki komitmen profesionalisme dan menguasai Ilmu Administrasi Bisnis. Pada Saat ini, Program Studi Administrasi Bisnis berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 025/BAN-PT/Ak-XII/S1/VIII/2009, bersertifikasi “ Akreditasi A”
Visi
“Mengembangkan Sarjana Administrasi Bisnis yang Memiliki Jiwa Entrepreneur dan Mampu Bersaing di pasar Global pada Tahun 2014”
Misi
1. Mampu mengimplementasikan keilmuan Administrasi Bisnis secara professional
2. Memberikan kontribusi pada pengembangan Bisnis strategis yang berdaya saing global
3. Membina dan mengembangkan jiwa Entrepreneur
Kompetensi Program Studi
Kompetensi Utama:\015\0121. Ahli SDM : menentukan dan melaksanakan fungsi SDM dalam institusi publik dan bisnis\015\0122. Ahli Marketing : mampu menganalisa dan mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen, mampu memanfaatkan peluang pemasaran yang ada yang dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal, mampu menentukan tujuan produk yang dikaitkan dengan pengembangan investasi, laba dan market share, mampu menentukan marketing mix\015\0123. Ahli Keuangan : mampu menentukan dan merencanakan investasi, mampu merencanakan dan menentukan pendanaan, mampu merencanakan dan menentukan pembagian laba\015\0124. Ahli Konsultan bisnis: mampu memberikan solusi aatau pemecahan masalah yang dihadapi dalam masalah bisnis, memiliki pengetahuan dan kemampuan komunikasi terhadap masalah yang dihadapi klien, mengembangkan berbagai strategi penyelesaian masalah.\015\0125. Entrepreneur: mengetahui, memahamipengetahuan umum, dapat memutuskan bisnis yang dilakukan, memutuskan bisnis yang dilakukan, memahami pengelolaan bisnis, mampu memberikan kepuasan, mampu dan memiliki strategi bisnis.\015\0126. Analisis perdagangan dan industri : memiliki kemampuan merencanakan dan menciptakan sistem kerja industri dan perdagangan, mampu menumbuhkan kreativitas yang akan menimbulkan iklim bisnis yang kompetitif berskala global, mampu menciptakan industri dan perdagangan baru sehingga membuka lapangan kerja\015\012Kompetensi pendukung\015\0121. Ahli SDM : Memiliki kemampuan tentang hubungan industrial, Memahami prilaku manusia dalam institusi, Memiliki daya kreativitas dan inovasi\015\0122. Ahli Marketing : memiliki dan mampu menciptakan jejaring, memiliki daya kraetif dan inovatif, memilki wawasan yang luas, memiliki profesionalisme\015\0123. Ahli Keauangan : mampu mengelola sumber daya keuangan, menguasai dan memahami laporan dan keuangan dan SIM.\015\0124. Konsultan Bisnis : mampu melakukan SKB dan menyiapkan dokumen dan presentasi, melakukan interview mengenai kebutuhan klien tentang proses bisnis, melakukan analisis dari data yang diperoleh.\015\0125. Entrepreneur : memiliki mimpi, berani mengambil resiko, memiliki daya kreativitas dan inovasi, memiliki jiwa kepemimpinan, memiliki modal diri, mampu mandiri.\015\0126. Analisis perdagangan dan industri : memiliki pola pikir multidisipliner dan etis, memiliki daya kreatif dan inovatif yang berbasis resources, memahami kondisi KUKM.\015\012Kompetensi lainnya\015\0121. Ahli SDM ; menguasai bahasa asing, memahami peraturan dan perundangan ketenagakerjaan, menguasai IT\015\0122. Ahli Marketing : menguasai bahasa asing, memahami peralatan statistik, spreadsheet, dan media presentasi, menguasai IT.\015\0123. Ahli Keuangan : memahami tentang lembaga keuangan bank dan non bank, menguasai bahasa asing, menguasai IT.\015\0124.Konsultasn Bisnis : multi task( melakukan pekerjaan yang berbeda secara bersamaan, berfikir kreatif dan inovatif, komitmen, memiliki dan mampu menciptakan jejaring.\015\0125. Entreprenuer : memahami etika bisnis, memiliki dan mampu menciptakan jejaring bisnis,memahami peraturan dan perundangan, menguasai bahasa asing.\015\0126. Analisis paerdagangan dan industri : menguasai bahsa asing, memahami peraturan dan perundangan, mampu memfasilitasi kemitraan usaha
Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dan menyelesaikan masalah, serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. Menguasai konsep teoretis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoretis bagian khusus dalam bidang tersebut secara mendalam serta mampu memformulasikan, menyelesaikan masalah prosedural. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis, informasi dan data serta mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan berkelompok. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dapat dipertanggungjawabkan atas pencapaian hasil organisasi.
Visi
Menjadikan lembaga ini sebagai salah satu pusat keunggulan kompetensi yang membina tenaga-
tenaga LPTK yang handal, komparatif, kompetitif, dan berwawasan IPTEK dalam landasan nilai
Islam & budaya Sunda, sehingga mendorong peningkatan kinerja sistem pendidikan nasional secara profesional dan proporsional .
Misi
Mengembangkan disiplin ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia; pendidikan ilmu kependidikan serta disiplin ilmu lainnya sehingga tersedia sumber dayamanusia yang mampu mengembangkan profesi yang berwawasan luhung elmuna, pengkuh agamana jembar budayana, serta tetap terjaga eksistensinya di tengah percepatan perubahan dunia pendidikan
Kompetensi Program Studi
Kompetensi utama (outcomes) lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah FKIP Universitas Pasundan adalah memiliki wawasan yang luas tentang komponen berbahasa dan bersastra, memiliki kompetensi untuk mengembangkan keterampilan berbahasa dan bersastra secara aktif dan kreatif, baik lisan maupun tulisan, serta memiliki kemampuan mengelola pendidikan dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia secara aktif, efektif, inovatif, dan kreatif. Lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia mampu menjadi guru bahasa dan sastra Indonesia yang berkualitas dan profesional, yang memiliki kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian yang menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman dan kesundaan. Hal ini akan terbentuk sesuai dengan kelompok mata kuliah yang diberikan untuk mencapai kompetensi utama lulusan sebagai berikut. \015\0121. Kompetensi penguasaan landasan kepribadian: menguasai konsep, prinsip, dan teori pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, serta menguasai teori perkembangan peserta didik yang menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman dan kesundaan sebagai cerminan kompetensi lulusan yang profesional dan ciri khas lulusan Universitas Pasundan. \015\0122. Kompetensi penguasaan keilmuan dan keterampilan: menguasai konsep, materi, struktur ilmu kependidikan, ilmu kebahasaan, dan ilmu kesastraan sebagai perwujudan dari kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional yang berorientasi pada nilai-nilai keislaman dan kesundaan yang menjadi ciri khas lulusan Universitas Pasundan\015\0123. Kompetensi penguasaan keahlian berkarya: memiliki kemampuan dan keterampilan dalam menyelenggarakan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di sekolah secara aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan yang berorientasi pada nilai-nilai kesundaan dan keislaman sebagai perwujudan dari kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian yang menjadi ciri khas lulusan Universitas Pasundan.\015\0124. Kompetensi penguasaan keahlian perilaku berkarya: memiliki wawasan yang luas, sikap dan perilaku yang santun sebagai guru profesional yang menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman dan kesundaan sebagai cerminan penguasaan kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian guru yang menjadi ciri khas lulusan Universitas Pasundan.\015\0125. Kompetensi penguasaan keahlian berkehidupan bermasyarakat: memiliki kemampuan untuk mengabdikan diri sebagai guru profesional dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia di sekolah, baik negeri maupun swasta, serta mampu menyelenggarakan kegiatan-kegiatan pengabdian masyarakat sebagai warga masyarakat yang bertanggung jawab dengan menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman dan kesundaan yang menjadi ciri khas lulusan Universitas Pasundan.\015\012\015\012Kompetensi pendukung lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa, sastra Indonesia dan Daerah FKIP Universitas Pasundan adalah cakap dan mampu bekerja pada lembaga pendidikan dan lembaga nonpendidikan serta mampu mengembangkan kemampuan berwirausaha melalui pengembangan kompetensi berbahasa dan bersastra dalam berbagai bidang kehidupan.\015\012Kompetensi pendukung tersebut terdiri dari: \015\0121. Kompetensi penguasaan landasan kepribadian:\015\012a. Mengembangkan kemampuan menerjemahkan dari bahasa Inggris-Indonesia, Arab-Indonesia, atau sebaliknya dalam berbagai keperluan kependidikan maupun nonkependidikan dengan memperhatikan nilai-nilai kesundaan dan keislaman untuk mewujudkan jiwa kewirausahaan.\015\012b. Mengembangkan kemampuan bidang penelitian dan pengkajian Islam kontemporer sebagai perwujudan lulusan yang profesional yang berlandaskan nilai-nilai keislaman dan kesundaan.\015\0122. Kompetensi penguasaan keilmuan dan keterampilan
Program Studi (PS) Pendidikan Biologi FKIP Universitas Pasundan berdiri pada tahun 1985. Pendirian Program studi Pendidikan Biologi berdasarkan kebutuhan tenaga pendidik biologi untuk kebutuhan SMP, SMA, SMK, MTs, MA, maupun untuk kebutuhan tenaga kependidikan tinggi. PS Pendidikan Biologi selalu terbuka dan peduli terhadap kepentingan masyarakat yang ingin studi lanjut. Selama 27 tahun berdirinya PS Pendidikan Biologi berkembang pesat baik dari jumlah mahasiswa ataupun lulusan PS Pendidikan Biologi. PS Pendidikan Biologi FKIP Unpas telah meluluskan alumninya lebih dari 1000 orang, yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia. Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unpas beralamat di Jl. Tamasari No. 6 Bandung. Telepon (022) 4205317, Faximil (022) 4263982, fkip@fkip-unpas.com. SK pendirian No.0427/0/1985 tanggal 5 Oktober 1985, Terakreditasi BAN PT dengan peringkat A dengan SK No. 008/BAN-PT/Ak-XII/S1/IV/2009, tanggal 2 April 2009. Proses perkuliahan pada PS Pendidikan Biologi FKIP Unpas berpusat pada mahasiswa menggunakan sarana prasarana yang memadai serta memanfaatkan laboratorium, lingkungan, teknologi informasi dan komunikasi. Implementasi Proses Sistem Pendidikan pada PS Pendidikan Biologi FKIP Unpas dilaksanakan untuk membangun kemampuan-kemampuan lulusan sebagai berikut. A. Kemampuan Afeksi: 1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Mahaesa 2. Memiliki moral, etika, dan kepribadian serta memelihara budaya sunda yang dilandasi oleh nilai-nilai ke-Islaman. 3. Berperan sebagai warga negara yang baik, jujur, teliti, cerdas, bangga dan mencintai tanah air untuk mendukung perdamaian dunia. 4. Mampu bekerjasama dengan sesama profesi atau di luar profesi pendidikan biologi dan memiliki kepekaan dan kepedulian sosial yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya. 5. Menghargai keanekaragaman budaya, agama, kepercayaan, pandangan dan temuan atau pendapat orisinal orang lain. 6. Berbudaya ilmiah dalam memecahkan persoalan pendidikan dan permasalahan pada masyarakat serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan umum serta masyarakat luas. B. Kemampuan Kognisi: 1. Menguasai teori belajar, model pembelajaran dan prinsip-prinsip pembelajaran serta menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. 2. Mengembangkan kurikulum biologi sekolah menengah. 3. Menguasai teori dan menerapkan tentang penilaian, evaluasi proses dan hasil belajar. 4. Menguasai filsafat dan sejarah biologi. 5. Menganalisis materi pembelajaran biologi persekolahan. 6. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, serta lingkungan untuk pembelajaran biologi dan mengembangkan diri. 7. Menguasai Bahasa Inggris untuk pembelajaran biologi 8. Menguasai materi, struktur, konsep, dan prinsip ilmu dan budaya Sunda. C. Kemampuan psikomotor: 1. Mengembangkan dan menggunakan alat-alat laboratorium biologi, alat peraga, serta media untuk pembelajaran biologi di sekolah. 2. Mengembangkan dan melaksanakan perangkat pembelajaran biologi di sekolah menengah. 3. Menggunakan dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran biologi. 4. Melakukan penelitian untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran di sekolah serta menyebarluaskan hasil-hasilnya. 5. Mengembangkan materi pembelajaran biologi sekolah secara kreatif. 6. Menyebarluaskan hasil-hasil penelitian dan pembelajaran biologi yang mutakhir kepada masyarakat melalui pelatihan, seminar, dan lokakarya.
Visi
Program Studi Pendidikan Biologi, menghasilkan tenaga pendidik biologi yang diakui secara nasional dan internasional yang mengusung nilai-nilai budaya sunda dan ke-Islaman pada tahun 2021.
Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran biologi untuk menyiapkan tenaga pendidikan biologi yang kompeten, komparatif dan kompetitif yang dilandasi nilai-nilai budaya sunda dan ke-Islaman. 2. Melaksanakan penelitian yang inovatif untuk mengaplikasikan model-model pembelajaran biologi yang berpusat pada peserta didik. 3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui pelatihan-pelatihan, seminar dan lokakarya untuk meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat. 4. Menghasilkan tenaga pendidik yang kompeten dalam mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran biologi. 5. Melakukan kerjasama dan jejaring yang luas dengan lembaga yang kompeten dengan pendidikan biologi di tingkat lokal, nasional, dan internasional.
Kompetensi Program Studi
A.\011Kompetensi Utama:\015\0121.\011Menguasai teori belajar, perkembangan kognitif peserta didik, model pembelajaran dan prinsip-prinsip pembelajaran serta menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. \015\0122.\011Mengembangkan kurikulum dan materi biologi sekolah menengah untuk mempertinggi kualitas pembelajaran biologi. \015\0123.\011Menguasai dan menerapkan teori tentang penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.\015\0124.\011Menguasai Bahasa Inggris untuk komunikasi dan pembelajaran Biologi.\015\0125.\011Menguasai filsafat dan Hakikat Ilmu Pengetahuan Alam.\015\0126.\011Hakikat biologi, keanekaragaman hayati dan pengelompokan makhluk hidup, hubungan antarkomponen ekosistem, perubahan materi dan energi, peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem.\015\0127.\011Organisasi seluler, struktur jaringan, struktur dan fungsi organ tumbuhan, hewan dan manusia serta penerapannya dalam konteks sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat\015\0128.\011Proses yang terjadi pada tumbuhan, proses metabolisme, hereditas, evolusi, bioteknologi dan implikasinya pada sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat.\015\0129.\011Mengembangkan dan menggunakan laboratorium, lingkungan, alat peraga, dan media untuk pembelajaran biologi pada sekolah menengah.\015\01210.\011Mengembangkan dan melaksanakan perangkat pembelajaran Biologi yang mendidik di sekolah menengah.\015\01211.\011Menggunakan dan memanfaatkan laboratorium, alat, bahan, media, teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran biologi.\015\01212.\011Melakukan penelitian untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran serta menyebarluaskan hasil-hasil penelitiannya.\015\01213.\011Mengembangkan materi pembelajaran biologi sekolah menengah secara kreatif.\015\01214.\011Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu\015\01215.\011Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup\015\01216.\011Memahami manfaat keanekaragaman hayati\015\01217.\011Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem\015\01218.\011Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan\015\01219.\011Memahami keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan, serta penerapannya dalam konteks Saling temas\015\01220.\011Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan dan penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Saling temas\015\01221.\011Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan dan/atau penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Saling temas\015\01222.\011Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan\015\01223.\011Memahami pentingnya proses metabolisme pada organisme\015\01224.\011Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada Salingtemas\015\01225.\011Memahami teori evolusi serta implikasinya pada Salingtemas\015\01226.\011Memahami prinsip-prinsip dasar bioteknologi serta implikasinya pada Salingtemas\015\012\015\012\015\012\015\012\015\012B. Kompetensi Pendukung: \015\0121.\011Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pembelajaran biologi, menyelesaikan masalah biologi, komunikasi, dan mengembangkan diri.\015\0122.\011Menguasai Bahasa Inggris untuk Pembelajaran Biologi secara tertulis dan lisan.\015\0123.\011Memanfaatkan lingkungan yang terkait dengan pembelajaran biologi dan hasil penelitian.\015\0124.\011Menguasai materi, struktur, konsep, dan prinsip ilmu dan budaya Sunda.\015\0125.\011Menerapkan bioteknologi untuk mengembangkan kewirausahaan.\015\0126.\011Menguasai materi, struktur, konsep, dan prinsip biologi dan pendidikan biologi untuk studi lanjut.\015\012
Program StudiPendidikanEkonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pasundan (Unpas) beralamat di Jalan Tamansari No. 6, Telepon: (022) 4205317, Faksimil: (022) 4263982, e-mail:
fkip@fkip-unpas.com
. Program studi ini berdiri tahun 1981 berdasarkan SK Mendikbudnomor 093/O/1981 tanggal 24-02–1981, serta memperolehakreditasiA dari BAN PT pada tahun 2012. Saatini Program StudiPendidikanEkonomidibinaoleh 3 Guru Besar, 5 Doktor, dan selebihnya berpendidikan magister. Saranaperkuliahanantara lain: Air Condition pada setiapkelas, media pembelajaranberbasis IT, Laboratorium Akuntansi, Laboratorium Komputer, Laboratorium Bahasa, danperpustakaan program studi, fakultas, sertauniversitas. Kurikulumsecara periodik ditelaah dengan memperhatikan regulasi pemerintah dan kebutuhanpengguna. Masa studi mahasiswa di Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Unpas adalah delapan semeseter. Sebagian alumnus Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Unpas menjadi guru ekonomi dan guru akuntansi di SMA serta SMK di Indonesia, sementara sebagian lainnya menjadi pelaku wirausaha. Mahasiswa program studi antara lain berasal dari Propinsi Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Sumatra, Bangka, Belitung, Kalimantan, Sulawesi, dan Nusa Tenggara.
Visi
Pusat pendidikan guru ekonomi berwawasan nasional dan global yang mendukung pencapaian visi Unpas 2021 dan visi FKIP Unpas berbasis nilai sunda dan Islam
Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan guru ekonomi berwawasan nasionaldan global yang nyunda dan Islami
2. Menyelenggarakan penelitian pendidikan ekonomi berkualitas nasional menuju kualitas internasional.
3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang dapat meningkatkan martabat manusia Indonesia Menjaga, memelihara, danmengembangkanbudayaSundadansyi’ar Islam.
Kompetensi Program Studi
Kompetensi utama : lulusan Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Unpas adalah cakap dan mampu menjadi guru bidang studi ekonomi dan guru bidang studi akuntansi di sekolah menengah yang memiliki kompetensi guru, mencakup: kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian yang nyunda dan Islami\015\012Sesuai dengan kelompok mata kuliah, maka kompetensi utama lulusan terdiri dari: \015\0121. Kompetensi penguasaan landasan kepribadian: menguasai konsep, prinsip, dan teori pendidikan, ekonomi, dan akuntansi serta teori perkembangan kognitif peserta didik yang nyunda dan Islami, sebagai cerminan dari kompetensi pedagogik, kompetensi profesional guru, dan ciri lulusan Universitas Pasundan. \015\0122. Kompetensi penguasaan keilmuan dan keterampilan: menguasai konsep, materi, struktur ilmu pendidikan, ilmu ekonomi, dan ilmu akuntansi yang nyunda dan Islami, sebagai perwujudan dari kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, dan ciri lulusan Universitas Pasundan\015\0123. Kompetensi penguasaan keahlian berkarya: terampil menyelenggarakan pembelajaran ekonomi dan pembelajaran akuntansi di sekolah menengah secara inovatif, nyunda dan Islami, sebagai perwujudan dari kompetensi pedagogik, profesional guru, sosial, kepribadian, dan ciri lulusan Universitas Pasundan.\015\0124. Kompetensi penguasaan keahlian perilaku berkarya: memiliki wawasan, sikap, dan perilaku guru profesional yang nyunda dan islami sebagai cerminan kompetensi pedagogik, profesional, sosial, kepribadian guru dan ciri lulusan Universitas Pasundan.\015\012Kompetensi pendukung lulusan Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Unpas adalah cakap dan mampu bekerja pada lembaga pendidikan dan lembaga non pendidikan serta berwirausaha.\015\012Kompetensi pendukung tersebut terdiri dari: \015\0121. Kompetensi penguasaan landasan kepribadian: \015\012a. Cakap dan mampu menyelesaikan persoalan keuangan di lembaga pendidikan dan lembaga non pendidikan berdasarkan prinsip-prinsip akuntansi dengan memperhatikan nilai-nilai budaya Sunda serta Islam. \015\012b. bekerja sebagai tenaga keuangan di lembaga pendidikan dan non pendidikan dengan menerapkan nilai-nilai budaya sunda dan Islam dalam sikap dan tindakan. \015\012c. Tenaga peneliti berciri sunda dan Islam pada penelitian pendidikan di sekolah menengah; khususnya penelitian tindakan kelas sebagai cerminan kompetensi profesional guru.\015\012d. Tenaga akuntansi pada organisasi pendidikan dan non pendidikan berciri sunda dan Islam yang mampu bertindak berdasarkan prinsip-prinsip ilmiah.\015\0122. Kompetensi penguasaan keilmuan dan keterampilan: \015\012a. Tenaga pendidik ekonomi dan pendidik akuntansi yang mampu mengembangkan wawasan keilmuan pendidikan, ekonomi, dan akuntansi dalam pembelajaran ekonomi dan pembelajaran akuntansi.\015\012b. Tenaga pendidik ekonomi dan pendidik akuntansi yang mampu melakukan penelitian pembelajaran ekonomi dan pembelajaran akuntansi.\015\012c. Tenaga akuntansi pada organisasi pendidikan dan non pendidikan berciri sunda dan Islam yang mampu memecahkan masalah ekonomi dan akuntansi berdasarkan prinsip-prinsip ilmiah yang berlaku pada bidang ekonomi dan bidang akuntansi.\015\0123. Kompetensi penguasaan keahlian berkarya:\015\012a. Menguasai materi, struktur dan konsep ekonomi dan konsep akuntansi \015\012b. Terampil melakukan pembukuan dan menyelesaikan persoalan-persoalan keuangan organisasi pendidikan dan non pendidikan.\015\012c. Terampil menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran ekonomi dan pembelajaran akuntansi.\015\0124. Kompetensi penguasaan perilaku berkarya: tanggap dan kritis terhadap isu-isu yang berkaitan dengan pendidikan ekonomi dan pendidikan akuntansi yang nyunda dan Islami.\015\0125.
Program Studi (PS) Pendidikan Matematika FKIP Universitas Pasundan berdiri pada tahun 1985. Pendirian Prodi Pendidikan Matematika berdiri berdasarkan kebutuhan tenaga pendidik matematika untuk kebutuhan SMP, SMA, SMK, MTs, MA, maupun untuk kebutuhan tenaga kependidikan tinggi. PS Pendidikan Matematika selalu terbuka dan peduli terhadap kepentingan masyarakat yang ingin melanjutkan kuliah baik kelas reguler ataupun kelas khusus. Selama 27 tahun berdirinya PS Pendidikan Matematika mengalami perkembangan yang pesat baik dari jumlah mahasiswa ataupun lulusan PS Pendidikan Matematika. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unpas telah meluluskan alumninya sekitar 1600 orang, yang tersebar di Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jogjakarta, Sumatra, Bangka Belitung, Kalimantan, Sulawesi, dll. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unpas beralamat di Jl. Tamasari No. 6 Telepon (022) 4205317, Faximil (022) 4263982, e-mail: fkip@fkip-unpas.com. SK pendirian No.01/2710/1985 tanggal 5 Oktober 1985, Terakreditasi BAN PT dengan peringkat ‘B’ dengan SK No. 002/BAN-PT/Ak-XII/S1/IV/2009, tanggal 2 April 2009, dan Surat Izin Penyelenggaraan PS dari Dikti No. 14301/D/T/K-IV/2013 tanggal 28 Januari 2013.
Visi
Program Studi Pendidikan Matematika, menghasilkan pendidik dan tenaga kependidikkan matematika yang diakui secara nasional dan internasional yang mengusung nilai-nilai budaya sunda dan keislaman pada tahun 2021.
Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran matematika untuk menyiapkan pendidik dan tenaga kependidikan matematika yang kompeten, komparatif dan kompetitif yang dilandasi nilai-nilai budaya sunda dan keislaman. 2. Melaksanakan penelitian yang inovatif untuk mengaplikasikan model-model pembelajaran matematika yang berpusat pada peserta didik.
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui pelatihan-pelatihan, seminar dan lokakarya untuk meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat.
4. Menghasilkan tenaga pendidik yang kompeten dalam mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran matematika. Melakukan kerjasama dan jejaring yang luas dengan lembaga yang kompeten dengan pendidikan matematika di tingkat lokal, nasional, dan internasional.
Kompetensi Program Studi
A.Kompetensi Utama:\015\0121.Menguasai teori belajar, perkembangan kognitif peserta didik, model pembelajaran dan prinsip-prinsip pembelajaran serta menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. \015\0122.Mengembangkan kurikulum dan materi matematika sekolah menengah untuk mempertinggi kualitas pembelajaran matematika. \015\0123.Menguasai teori tentang penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar serta menyelenggarakannya.\015\0124.Menguasai Bahasa Inggris untuk komunikasi dan pembelajaran Matematika.\015\0125.Menguasai filsafat dan sejarah matematika.\015\0126.Menguasai teori bilangan, hubungan di antara bilangan dan berbagai sistem bilangan. \015\0127.Menguasai materi, struktur, konsep, dan prinsip matematika dasar dan logika matematika. \015\0128.Menguasai materi, struktur, konsep, dan prinsip geometri. \015\0129.Menguasai materi, struktur, konsep, dan prinsip statistika dan peluang. \015\01210.Menguasai materi, struktur, konsep, dan prinsip aljabar dan trigonometri\015\01211.Menguasai materi, struktur, konsep, dan prinsip kalkulus dan geometri analitik. \015\01212.Menguasai materi, struktur, konsep, dan prinsip matematika diskrit. \015\01213.Menguasai materi, struktur, konsep, dan prinsip vektor dan matriks. \015\01214.Menguasai materi, struktur, konsep, dan prinsip analisis real dan topology\015\01215.Menguasai materi, struktur, konsep, dan prinsip metode penelitian pendidikan.\015\01216.Menganalisis materi pembelajaran matematika persekolahan\015\01217.Mengembangkan dan menggunakan alat peraga, alat ukur, alat hitung, piranti lunak komputer, model matematika, dan model statistika untuk pembelajaran matematika di sekolah.\015\01218.Mengembangkan dan melaksanakan perangkat pembelajaran matematika yang mendidik di sekolah menengah.\015\01219.Menggunakan dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran matematika.\015\01220.Melakukan penelitian untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran serta menyebarluaskan hasil-hasil penelitiannya.\015\01221.Mengembangkan materi pembelajaran matematika sekolah menengah secara kreatif.\015\012\015\012B. Kompetensi Pendukung: \015\0121. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pembelajaran matematika, menyelesaikan masalah matematika, komunikasi, dan mengembangkan diri.\015\0122.Menguasai Bahasa Inggris untuk Pembelajaran Matematika secara tertulis dan lisan.\015\0123.Memanfaatkan software yang terkait dengan pembelajaran matematika dan pengolahan data hasil penelitian.\015\0124.Menguasai materi, struktur, konsep, dan prinsip ilmu dan budaya Sunda.\015\0125.Menggunakan pemodelan matematika untuk mengembangkan kewirausahaan.\015\0126.Menguasai materi, struktur, konsep, dan prinsip ilmu matematika dan pendidikan matematika untuk studi lanjut.