PTS
Baik Sekali
Jalan Pahlawan Sukagalih No 32 Tarogong - Garut, Kec. Tarogong Kidul - Kab. Garut - Prov. Jawa Barat
Berdasarkan SK Kementerian Ristek Dikti No. 635/KPT/I/2017, STKIP Garut berubah statusnya menjadi Institut Pendidikan Indonesia (IPI). Dengan perubahan status dari STKIP Garut menjadi IPI maka akan membuka kesempatan yang lebih luas buat kami dalam berkontribusi di dunia pendidikan tidak hanya di Garut atau Priangan Timur tetapi kita sudah bisa mencangkup tingkat nasional.
Akademik
Vokasi
Objektif: Mahasiswa peserta Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Tahun 2023 turut berpartisipasi aktif dalam membangun kohesi sosial di masyarakat untuk wilayah Garut dan sekitarnya
|
|||
Capaian (Outcome)
Melalui program Pertukaran Mahasiswa Merdeka mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan wawasan kebangsaan, cinta tanah air, serta memiliki pemahaman tentang kebinekaan dan toleransi |
|
||
Nama Kegiatan
|
Waktu dan Lokasi Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan |
|
Capaian 1:
Mahasiswa mengalami peningkatan pemahaman tentang berbagai perbedaan jenis adat istiadat, kebudayaan yang biasa mereka temui di daerahnya masing-masing
|
Kebinekaan 1:
Selayang Pandang tentang, Garut Jawa Barat dan Kampus Institut Pendidikan Indonesia |
Bulan ke : 2 Minggu ke : 3 Lokasi : Ruang Kelas Durasi: 2 Jam |
Kegiatan dilakukan di dalam kelas dengan mengenalkan mahasiswa tentang sejarah Jawa Barat, Garut dan kampus Institut Pendidikan Indonesia |
Kebinkaan 2: Kenali diriku dengan mengisi kuisioner yang terdapat pada link |
Bulan ke: 2 Minggu ke: 3 Lokasi : Ruang Kelas Durasi : 2 Jam |
Kegiatan dilakukan di dalam kelas dengan mengenalkan asal dan budaya masing masing Juga memahami hasil dari kuisioner yang di isi |
|
Refleksi 1: Menggali Nilai Toleransi dan Kebinekaan Melalui Film Pendek
|
Bulan ke: 2 Minggu ke: 4 Lokasi : Di Dalam kelas Durasi : 2 Jam |
Membangun Nilai-nilai Kebinekaan melalui Film pendek yang bertemakan indahnya kebersamaan |
|
Kebinekaan 3: Menggali nilai kebhinekaan melalui perbedaan dan kearifan lokal. Mahasiswa dikenalkan dengan berbagai jenis makanan khas sunda |
Bulan ke: 2 Minggu ke: 4 Lokasi : Lingkungan Kampus Durasi : 3 Jam |
Kegiatan dilakukan di lingkungan kampus. Mahasiswa dikenalkan dengan berbagai jenis makanan khas sunda, diharapkan mereka memahami bahwa dalam hal makanan pun terdapat perbedaan |
|
Kebinekaan 4: Kearifan Lokal seni Ketangkasan Domba |
Bulan ke: 3 Minggu ke: 1 Lokasi : Kaki Gunung Guntur, Destinasi Wisdom, Kabupaten Garut Durasi : 4 Jam |
Kegiatan dilakukan dengan mengunjungi peternak domba garut dan lokasi tempat adu ketangkasan domba |
|
Refleksi 2: Indahnya perbedaan dalam bingkai kebhinekaan |
Bulan ke: 3 Minggu ke: 1 Lokasi: Dalam ruangan kelas Durasi : 2 Jam |
Merefleksikan kegiatan kebinekaan yang sudah dialami. |
|
Capaian 2:
Mahasiswa mengalami peningkatan pemahaman tentang indahnya keragaman tradisi dan budaya |
Kebinekaan 5 : Indahnya Perbedaan dalam bingkai Kebhinekaan |
Bulan ke: 3 Minggu ke: 2 Lokasi : SD Bestari dan Ma’had Darul Arqom Garut Durasi : 4 Jam |
Kunjungan ke sekolah multikultural SD dan SMP Bestari Utami. Juga sekolah monokultural Ma’had Darul Arqom Muhammadiyah Kab Garut |
Kebinekaan 6 : Membangun Nilai Kebinekaan Agama dan Kepercayaan Lokal |
Bulan ke: 3 Minggu ke: 2 Lokasi: Objek wisata Candi Cangkuang Durasi : 5 Jam |
Kegiatan dilakukan di Situ Cangkuang dan Kampung Pulo. Membangun Nilai Kebinekaan Agama dan Kepercayaan Lokal. |
|
Reflesi 3 Kekerasan, Bullying dan Radikalisme |
Bulan ke: 3 Minggu ke: 2 Lokasi: Ruang Kelas Durasi : 3 Jam |
Dengan dikenalkannya materi ini, mahasiswa diharapkan mampu berbicara dan berani menyampaikan apablia menenui atau mengalami |
|
Kebinekaan 7 : Memaknai arti penting nilai-nilai budaya yang terkandung pada budaya khas Sunda |
Bulan ke: 3 Minggu ke: 3 Lokasi : Ampiteater IPI Garut (bekerja sama denga Teater Saddo) Durasi : 2 Jam |
Kegiatan dilakukan Lingkungan Kampus Institut Pendidikan Indonesia Garut Memaknai arti penting nilai-nilai budaya yang terkandung pada budaya khas Sunda. |
|
Inspirasi 1 : Menjadi Barista dalam sehari |
Bulan ke: 3 Minggu ke : 4 Lokasi : Rumah Kopi Sunda Hejo Durasi : 5 Jam |
Mengenalkan filosofi kopi mulai dari hulu sampai kehilir. Ketua paguyuban kopi lasik bean sunda hejo menyampaikan pentingnya konservasi dan pengembangan sumber daya manusia. ketua paguyuban Kopi Klasik Beans Sunda Hejo,yaitu Bapak Hamzah |
|
Refleksi 4 : Permainan Tradisional Khas daerah Sunda |
Bulan ke: 3 Minggu ke: 4 Lokasi : SMPN 3 Tarogong Kidul Garut Durasi : 5 Jam |
Dilaksanakan dengan mengunjungi sekolah yang sedang melakukan kegiatan penguatan Profil Pelajar Pancasila berkenaan dengan Kearifan Lokal yaitu berupa permainan tradisional khas Sunda |
|
Capaian 3: Mahasiswa Mengalami peningkatan kesadaran dan keterampilan pencegahan konflik kekerasan |
Kebinekaan 8 : Pagelaran Teater |
Bulan ke : 4 Minggu ke : 1 Lokasi : Padepokan Sobarnas Durasi : 3 Jam |
Kegiatan dilakukan di Padepokan Sobarnas. Dengan menonton pagelaran Teater. Nilai yang dapat diambil, sesuai dengan pagelaran yang disajikan. |
Refleksi 5 : Mengenal lebih jauh organisasi kemahasiswaan |
Bulan ke: 4 Minggu ke : 2 Lokasi : Ruang Rapat/ Aula KBM IPI Garut Durasi : 2 Jam |
Kegiatan dilaksanakan dengan menghadirkan pengurus organisasi mahasiswa (BEM IPI Garut). Kegiatan mengenalkan dan saling berbagi tentang lagu khas daerah dan diinterpretasikan sesuai nilai budayanya |
|
Inspirasi 2 : Edukasi anti kekerasan, intoleransi dan radikalisme |
Bulan ke: 4 Minggu ke: 3 Lokasi : IPI Garut Durasi : 2 Jam |
Kegiatan dilaksanakan dikampus IPI Garut dengan mengundang narasumber Polres Garut
|
|
Capaian 4:
Mahasiswa mampu mempraktikan pengetahuan dan keterampilan untuk memecahkan masalah di sekitarnya |
Kontribusi Sosial: Melakukan aksi sosial berupa Khitanan massal dan bakti sosial ke panti asuhan yang ada di sekitar kampus |
Bulan ke: 4 Minggu ke : 4 Lokasi : Kampus IPI Garut dan Yayasan Panti Asuhan |
Kegiatan dilakukan untuk meningkatkan rasa peduli terhadap sesama, empati dan kepekaan sosial |
Monitoring dan Evaluasi Tuliskan bagaimana melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan |
Langkah-langkah melaksanakan monitoring evaluasi, sebagai berikut. 1. Penentuan tujuan. 2. Penentuan target/ kelompok sasaran. 3. Penentuan perencanaan kerja. 4. Penentuan kriteria monitoring dan evaluasi yang dipakai.
Monitoring dilakukan dengan berbagai cara, sebagai berikut. 1. Analisis ketercapaian kinerja kegiatan Modul Nusantara dibandingkan dengan kerangka kerja logis, indikator kunci (ukuran hasil) dan target yang ditetapkan. 2. Identifikasi permasalahan dan upaya pemecahanny dalam pelaksanaan program.
Evaluasi dapat dilakukan dengan beberapa cara, sebagai berikut. 1. Melaporkan hasil evaluasi kegiatan yang dilakukand engan menyusun kerangka evaluasi secara tertulis dan dokumentasi setiap kegiatan. 2. Membuat tabel penilaian evaluasi kegiatan yang terdiri atas beberapa hal, sebagai berikut. a. Kehadiran mahasiswa di setiap kegiatan. b. Keaktifan mahasiswa dalam diskusi dan kegiatan. c. Fasilitas kegiatan. d. Prates dan pascates. e. Wawancara dampak/ manfaat f. Lembar evaluasi untuk dosen yang diberikan kepada mahasiswa |
Melalui program Pertukaran Mahasiswa Merdeka mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan
wawasan kebangsaan, cinta tanah air, serta memiliki pemahaman tentang kebinekaan dan toleransi
Kegiatan :