PTN BH
Unggul
Jalan Semarang 5 Malang, Kec. Lowokwaru - Kota Malang - Prov. Jawa Timur
UM merupakan perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di bawah pembinaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi yang berkedudukan di Kota Malang dan Kota Blitar Provinsi Jawa Timur.
Akademik
Vokasi
Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang (BK FIP UM) berdiri sejak tahun 1964 yang pada saat itu menggunakan nama Departemen Bimbingan dan Penyuluhan (BP). Pada tahun 1972,seiring dengan perkembangan di bidang bimbingan, istilah penyuluhan diganti dengan konseling. Departemen Bimbingan dan Penyuluhan berganti nama menjadi Departemen Bimbingan dan Konseling Sekolah (BKS).Pada tahun 1980-an muncul wacana akan dibuka program studi Psikologi Pendidikan, sehingga namapun diganti menjadi Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan (PPB). Pada tahun 1983 jurusan PPB menerima mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling, dan mahasiswa program studi Psikologi Pendidikan.Pada bulan Agustus tahun 2000, Jurusan PPB berubah menjadi jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi (BKP). Pada tanggal 2 Februari 2012 jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi berubah menjadi jurusan Bimbingan dan Konseling (BK).
Program Studi Bimbingan dan Konseling merorientasi menghasilkan Sarjana Pendidikan bidang Bimbingan dan Konseling yang menguasai ilmu pendidikan bidang Bimbingan dan Konseling untuk melaksanakanlayanan bimbingan dan konseling inovatif dan memandirikan di berbagai jenis, jalur dan jenjang pendidikan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Secara rinci, Program StudiSarjana (S1) Bimbingan dan Konseling memiliki tujuan menghasilkan.
1. Sarjana bidang Bimbingan dan Konseling yang memiliki kemampuan dalam mengelola dan melaksanakan layanan bimbingan dan konseling inovatif yang memandirikan pada semua jalur, jenjang, dan jenis pendidikan.
2. Karya ilmiah bidang bimbingan dan konseling inovatif yang mendapat pengakuan nasional maupun internasional untuk pelaksanaan bimbingan dan konseling di berbagai jalur, jenjang, dan jenis pendidikan.
3. Karya layanan bimbingan dan konseling inovatif bagi masyarakat untuk mengembangkan sumberdaya manusia di berbagai jalur, jenjang, dan jenis pendidikan.
Program studi Bimbingan dan Konseling (BK) sudah merumuskan kurikulum S-1 BK berbasis KKNI dan sudah diterapkan mulai tahun ajaran 2017/2018. Akan tetapi pengembangan kurikulum S-1 BK menggunakan pendekatan KKNI belumlah mencukupi untuk menjawab kebutuhan dan tuntutan masyarakat sebagai dampak kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Diharapkan kurikulum S-1 BK mampu memfasilitasi pengembangan kapasitas individu yang memiliki kapabilitas sehingga mampu menjadi pribadi yang tangguh dalam menghadapi tuntutan perubahan. Selain itu kurikulum S-1 BK diharapkan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan kapabilitasnya secara mandiri.Menyikapi tuntutan perubahan tersebut, maka perlu dirumuskan kembali kurikulum S-1 BK yang memadukan unsur pendekatan kompetensi, pendekatan kapabilitas, dan pendekatan komprehensif/transdisiplin. Pendekatan kompetensi merupakan perwujudan dari kurikulum yang berbasis KKNI, yang disempurnakan dengan pendekatan kapabilitas dan transdisiplin. Diharapkan dengan memadukan tiga pendekatan ini, kurikulum S-1 BK memiliki keunggulan dalam menyiapkan generasi di masa yang akan datang yang memiliki daya saing global.
Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah program studi yang lahir pada tahun 1997 di Universitas Negeri Malang Fakultas Sastra. Prodi DKV merupakan program sarjana profesional bidang desain. Prodi DKV menghasilkan lulusan yang trampil dan inovatif dalam bidang Desain komunikasi visual dengan target lulusan sebagai desainer, creative preneur dan peneliti. Lulusan prodi DKV disiapkan menjadi Sarjana Desain bidang Desain Komunikasi Visual yang memiliki kualitas manajerial yang tanggap terhadap perkembangan zaman dan responsif terhadap kaidah dan norma ketimuran serta memiliki kemampuan dalam menyikapi terhadap permasalahan lingkungan yang divisualisasikan pada karya nyata sesuai spesifikasi bidang desain komunikasi yang dipilih.
Sarjana sejarah yang mampu menguasai keilmuan sejarah pada bidang tematik dan kajian multidimensional berdasarkan penelitian, serta mampu menerapkan ilmunya untuk memecahkan masalah kesejarahan secara inovatif sesuai dengan perkembangan ipteks dan perubahan sosial berlandaskan nilai-nilai Pancasila.
Prodi S1 Pendidikan Akuntansi berdiri berdasarkan SK Dikti No. 1791/D/T/2005 tanggal 25 Mei Tahun 2005. Profil lulusan S1 Pendidikan Akuntansi adalah menjadi Sarjana pendidikan akuntansi yang mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran akuntansi pada jenjang pendidikan menengah dan yang sederajat, serta memiliki kapabilitas aplikatif untuk memecahkan masalah, mengembangkan inovasi dalam pembelajaran akuntansi dan berwirausaha dibidang pendidikan sesuai dengan tantangan dan peluang perkembangan terkini
Sarjana Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah (PBSID) meyelenggarakan program pendidikan sarjana dengan menghasilkan profil lulusan pendidik dan peneliti pemula yang Memahami keilmuan inti kebahasaan, kesastraan, kemampuan berbahasa-bersastra Indonesia, dan keilmuan pendidikan dalam merancang, melaksanakan, mengevaluasi, serta menginovasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia untuk tingkat pendidikan dasar dan menengah serta mengembangkan dan mengelola keahlian tambahan yang relevan dan responsif dengan tuntutan, perkembangan ilmu dan teknologi informasi dengan prinsip belajar sepanjang hayat, mengedepankan nilai-nilai humaniora, serta berjiwa wirausaha (literasi-preneurship).
Sarjana pendidikan geografi yang menguasai bidang keahlian geografi (pendidikan, fisik dan tehnik, dan manusia) untuk pembelajaran; berjiwa reflektif, kritis, kreatif, dan proaktif terhadap perubahan yang dilandasi nilai Pancasila, Peduli Lingkungan, dan Kewirausahaan
Sarjana Pendidikan Kepelatihan Olahraga yang mumpuni dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi dibidang Pendidikan Kepelatihan Olahraga untuk jenjang kepelatihan dasar serta mengembangkan dan mengelola keahlian tambahan yang relevan dan responship dengan tuntutan, perkembangan ilmu dan tehnologi informasi dengan prinsip belajar sepanjang hayat, mengedepankan nilai-nilai humaniora berdasarkan Pancasila dan UUD “45 serta berjiwa wirausaha.
Implementasi program wajib belajar bagi anak usia 7-12 tahun termasuk anak berkebutuhan khusus, maka dibutuhkan tenaga pendidikan khusus bagi anak-anak penyandang hambatan fisik dan/atau mental. Berkaitan dengan hal tersebut, IKIP Malang (sekarang UM) merasa terpanggil untuk menyediakan tenaga pendidik yang profesional di bidang anak-anak berkebutuhan khusus. Untuk itu, pada tahun 1984/1985 IKIP Malang mulai menerima tenaga fungsional dosen berkualifikasi Pendidikan Luar Biasa. Mengingat pada saat itu belum terdapat jurusan/prodi PLB, dosen-dosen tersebut diperbantukan pada jurusan Kurikulum & Teknologi Pendidikan serta diberi wewenang untuk membuka program minor PLB bagi mahasiswa di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Malang.
Lulusan Program Studi S-1 PLS dapat bekerja sebagai pendidik dan tenaga kependidikan pada lembaga PLS dan lembaga penyelenggara program pemberdayaan masyarakat. Jabatan fungsional di bidang PLS: konsultan pengembangan masyarakat, pamong belajar, fasilitator, tutor, instruktur/trainer, penyuluh lapangan, motivator, perancang, pengelola, penyelenggara, supervisor/pengawas/penilik, evaluator, peneliti dan pengembang PLS, serta pemberdayaan masyarakat. Lembaga, organisasi, atau institusi yang dapat mempekerjakan lulusan program studi S-1 PLS antara lain: Kemendikbud bidang PNFI, P2PNFI, BPPNFI, BPKB, SKB, LSM, Lembaga Diklat, instansi yang menyelenggarakan program PLS, penyelenggara PKBM dengan semua satuan pendidikannya, PAUD, dan satuan PLS sejenis.
Sarjana Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang menguasai konsep nilai, hukum, politik, sosial dan budaya serta mampu mengaplikasikannya dalam pembelajaran yang adaptif dan inovatif dengan pendekatan, strategi, model, metode, media berbasis TIK, dan evaluasi yang bermakna untuk membentuk warga negara yang Pancasilais
Sarjana pendidikan sejarah yang menguasai keilmuan dan pedagogik sejarah, mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran sejarah secara kritis, adaptif, kreatif, inovatif, kontekstual dan bermakna secara jujur, bertanggungjawab, dan terbuka terhadap perkembangan IPTEKS, mampu memecahkan permasalahan pendidikan sejarah untuk menjawab kebutuhan masyarakat di bidang pendidikan sejarah dan kewirausahaan yang berbasis pendidikan karakter berwawasan kearifan lokal.
Sarjana pendidikan Sosiologi berkepribadian Pancasila, berjiwa sociopreneurship yang mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran untuk jenjang pendidikan menengah umum-kejuruan serta adaptif dalam memecahkan permasalahan secara kreatif inovatif dan kritis berbasis kearifan lokal.
Sarjana Pendidikan Tata Busana yang mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi, mengembangkan keilmuan bidang busana, memiliki keterampilan beradaptasi, kritis, kreatif, inovatif dan mampu memanfaatkan teknologi informasi serta memiliki jiwa technopreneurship.
Program studi S1 Pendidikan Teknik Informatika merupakan salah satu program studi di Jurusan Teknik Elektro. Program studi S1 Pendidikan Teknik Informatika resmi dibuka pada 18 September 2006, sesuai dengan SK menteri No. 3454/D/T/2006 dan pernah menjadi program studi favorit karena belum pernah ada program studi serupa di universitas manapun di Jawa Timur khususnya. Program studi yang diketuai oleh Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara, M.Pd. ini membidik para calon mahasiswa yang ingin menjadi seorang pendidik di bidang teknik informatika. Namun, bukan itu saja, lulusan pendidikan teknik informatika nantinya juga dapat melebarkan kompetansinya di berbagai bidang.
Sarjana pendidikan teknik mesin yang menguasai keilmuan bidang teknik mesin dan mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran teknik mesin secara kreatif, inovatif, reflektif, kritis, dan adaptif terhadap perkembangan ICT (Information and Comunication Technology) yang gayut terhadap perkembangan teknik mesin sesuai kepribadian bangsa Indonesia berdasarkan Pancasila.
Sarjana Pendidikan Teknik Otomotif yang menguasai ilmu Otomotif dan memiliki kapabilitas dalam merancang, melaksanakan, mengevaluasi, dan menginovasi pembelajaran Teknik Otomotif berbasis penelitian sesuai dengan perkembangan ipteks serta memiliki pribadi yang memesona, inovatif, kreatif, adaptif, dan berjiwa Pancasila
Program studi S1 Teknik Informatika merupakan salah satu program studi baru di Jurusan Teknik Elektro. Program studi S1 Teknik Informatika resmi dibuka pada 27 Agustus 2014, sesuai dengan SK menteri No. 350/E/O/2014. Profil Lulusan : Sarjana Teknik Informatika yang memiliki kemampuan dan kapasitas dalam komputasi, teknologi digital, pengembangan game, dan aplikasi kecerdasan buatan yang berkarakter mulia, jujur, bertanggungjawab, dan berwawasan luas agar mampu menyesuaikan diri terhadap tren teknologi dan tantangan inovasi di masa depan. Tujuan Program Studi': 1. Menghasilkan lulusan dengan level Sarjana di bidang Teknik Informatika yang unggul dan berdaya saing tinggi; 2. Menghasilkan karya akademik melalui kegiatan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang Teknik Informatika; 3. Mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan penerapan IPTEKS dalam bidang Teknik Informatika.
Pada tanggal 10 Juli tahun 2014 usulan Program Studi S1 Teknik Mesin (PS-S1TM) Universitas Negeri Malang disetujui oleh Kemdiknas nomor 441/E/O/2014. Mekanisme penyusunan seluruh perangkat usulan PS-S1TM diawali dari pembentukan tim ad hoc yang ditugaskan oleh Ketua Jurusan Teknik Mesin atas nama dekan FT. Program ini memiliki 4 konsentrasi keahlian, yaitu material, manufaktur, konversi energi, dan konstruksi.
Di awal berdirinya PS-S1TM, kurikulum yang dibentuk didasarkan pada FGD yang dilaksanakan dengan melibatkan pakar di bidang Teknik Mesin yang salah satunya dari Universitas Brawijaya beserta stake holders dari PT. Boma Bisma Indra, PT. United Tractor, PT. Nissan Indomobil, PT. AJB, PT. ASMO dan PT. Biersdorf. Sejak tahun 2015, prodi S1 Teknik Mesin berperan aktif dalam Badan Kerjasama Teknik Mesin Indonesia (BKSTM) dan membuat kurikulum yang mengacu pada kurikulum berbasis BKSTM tersebut.
Selanjutnya, dalam pengembangan kurikulum secara umum dimaksudkan untuk menjawab perubahan dan tantangan terhadap teknologi terkini, sekaligus sebagai antisipasi perkembangan teknologi di masa yang akan datang. Langkah antisipasi itu dimaksudkan agar kurikulum yang dihasilkan dapat beradaptasi sesuai dengan era kemajuan teknologi.
Pada tahun 2018 Universitas Negeri Malang telah mengambil kebijakan melalui pengembangan kurikulum berbasis kehidupan. Kurikulum tersebut memiliki tiga pendekatan utama yaitu kapabilitas, pembelajaran berbasis kehidupan dan transdisiplin. Makna sesungguhnya terhadap ketiga pendekatan tersebut adalah mahasiswa diberikan ruang dan kesempatan yang luas untuk mengembangkan diri dan beradaptasi terhadap tuntutan perubahan dengan cara melengkapi diri dengan mengambil matakuliah secara lintas disiplin (interdisipliner) agar dapat mencapai kapabilitas optimal, yang pada gilirannya akan dapat melengkapi kebutuhan hidupnya secara lebih mandiri.
PS-S1TM yang merupakan bagian pelaksana akademik di jurusan Teknik Mesin, tentu saja menindaklanjuti kebijakan universitas melalui revisi kurikulum yang didasarkan atas tiga pendekatan yang disebutkan di atas. Pengembangan kurikulum Prodi Sarjana Teknik Mesin diawali dengan menyempurnakan visi, misi, tujuan, kompetensi lulusan, profil lulusan, mendeskripsi capaian pembelajaran sampai dengan menyusun struktur kurikulum.
Prodi S1 Teknik Sipil Universitas Negeri Malang (UM) menciptakan sarjana teknik sipil berjiwa Pancasila yang menguasai keilmuan bidang struktur beserta keilmuan pendukung untuk merencanakan, melaksanakan, menganalisis dan mengevaluasi bangunan gedung tinggi beserta infrastruktur pendukungnya yang berwawasan lingkungan dengan memanfaatkan teknologi informasi terkini, serta mampu mengembangkan peluang usaha bidang konstruksi secara kreatif dan inovatif yang berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat.
Tujuan penyelanggaraan Program Studi S1 Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang adalah:
Kegiatan belajar yang difasilitasi oleh keilmuan Teknologi Pembelajaran telah mengalami pergeseran paradigma. Perubahan terjadi pada paradigma belajar yang mengalami perubahan yang signifikan. Perubahan terjadi pada masyarakat, lembaga, dan organisasi pengguna lulusan. Perubahan tersebut meliputi kesadaran yang tinggi dari perbedaan antara retensi sekadar informasi untuk tujuan pengujian dengan perolehan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang digunakan untuk kehidupan keseharian. Sehingga belajar tidak terpisah dengan lingkungannya. Belajar yang memiliki keefektifan dan efisiensi merupakan belajar sepanjang hayat dan mendapatkan dukungan dari lingkungan belajar. Peningkatan pembelajaran tidak bisa mengabaikan desain, pengembangan, pengelolaan, studi, dan penelitian tentang belajar.
Rancana kegiatan Modul Nusantara 1
Harapan :Mahasiswa Program PMM mendapatkan pengalaman tentang keberagaman kebudayaan yang ada di Malang serta memahami tantangan dan peluang dalam melestarikannya dan mampu mengekspresikannya melalui tulisan/rekam gambar/video
Kegiatan :Rancana kegiatan Modul Nusantara 2
Harapan :Mahasiswa Program PMM mendapatkan pengalaman tentang keberagaman kebudayaan yang ada di Malang serta memahami tantangan dan peluang dalam melestarikannya dan mampu mengekspresikannya melalui tulisan/rekam gambar/video
Kegiatan :