Desain dan
Manajemen Produk adalah program yang menyinergikan keilmuan industrial design
dan manajemen produk termasuk didalamnya desain komunikasi. Penyelenggaraan
Program Studi Desain dan Manajemen Produk bertujuan untuk menjawab fenomena
yang terjadi yaitu suatu produk dapat diterima dan mampu bersaing di pasar jika
produk tersebut mempunyai desain yang inovatif dan juga didukung oleh manajemen
produk yang tepat.
Untuk dapat
bersaing di pasar, desain yang inovatif tentu dibutuhkan dengan
mempertimbangkan
aspek-aspek
demografi, fungsi, kegiatan, prosedur operasi, product value, ergonomi dan
safety, rupa, estetika, rekayasa, teknologi, bahan, produksi, ekonomi, psikologi,
lingkungan hidup, unjuk kerja, hukum dan aturan, kesehatan, HaKI, perlindungan
konsumen, klasifikasi produk, pembakuan, jumlah produk, sejarah dan kronologi,
serta sosial budaya. Selain itu,
terdapat faktor-faktor lain yang juga akan mempengaruhi suatu produk ini dapat
diterima dan unggul di pasar seperti waktu peluncuran produk, kapan produk yang
lama harus diganti dengan yang baru, variasi apa yang bisa dilakukan pada
produk, harga jual produk, dan beberapa faktor lainnya. Oleh karena itu,
manajemen produk yang tepat juga merupakan salah satu kunci keberhasilan dari
suatu produk selain desain yang inovatif.
Program studi
Desain dan Manjemen Produk membekali mahasiswa dengan berbagai mata kuliah pada
keilmuan industrial design sehingga mampu merancang suatu produk yang nyaman
dan memenuhi aspek estetika untuk diproduksi secara masal. Mata kuliah pada
keilmuan manajemen produk diberikan untuk menyiapkan mahasiswa agar dapat
merancang dan mengevaluasi peluncuran produk ke pasar serta merancang
upaya-upaya untuk menjaga keberlanjutan produk di pasar. Sedangkan untuk bisa
meningkatkan nilai produk dengan mendayagunakan unsur-unsur pendukung seperti
kemasan dan iklan, mahasiswa dibekali dengan berbagai mata kuliah pada keilmuan
desain komunikasi.
Lulusan dari program studi Desain dan
Manajemen Produk diharapkan mampu melakukan perancangan dan pengembangan produk
secara manual dan terkomputerisasi dengan mempertimbangkan berbagai macam aspek
secara komprehensif mulai dari awal sampai akhir siklus proses serta mampu
melakukan manajemen produk mulai mendefinisikan produk baru, membawa produk ke
pasar, sampai merancang keberlanjutan produk sehingga menghasilkan keuntungan.
Produk yang
didesain pada program studi Desain dan Manajemen Produk adalah produk-produk
yang dipakai secara luas oleh masyarakat atau consumer products seperti
peralatan rumah tangga, furniture, peralatan kesehatan, alat trasportasi,
peralatan pendidikan, mainan, peralatan olah raga, dan produk lain yang
sejenis.
Untuk
membentuk kompetensi lulusan tersebut, pembelajaran pada program studi Desain
dan Manajemen Produk dilaksanakan melalui perpaduan antara teori dan praktek.
Selain melakukan pembelajaran dengan tatap muka, pembelajaran juga dilakukan
berbasiskan proyek, dan juga berbasiskan laboratorium. Fasilitas studio dan
laboratorium yang tersedia dalam menunjang pembelajaran di program studi Desain
dan Manajemen Produk adalah Studio Gambar Manual, Laboratorium Pengembangan
Produk, Laboratorium Computer Aided Design/Manufacturing/Engineering,
Laboratorium Pemodelan, Laboratorium Desain Kerja dan Ergonomi, Teaching
Industry, Laboratorium Pengetahuan Bahan Teknik, Laboratorium Fotografi. Semua
pengajar pada program studi Desain dan Manajemen Produk mempuynyai latar
belakang pendidikan yang relevan dengan bidang desain dan manajemen produk.
Selain itu para pengajar ini juga merupakan sarjana, master, atau doctor dari
berbagai universitas terkemuka di dalam maupun di luar negeri.
Setelah
menyelesaikan mata kuliah dengan total beban studi sebanyak 144 sks yang dapat
ditempuh dengan masa studi normal 8 semester, lulusan program studi Desain dan
Manajemen Produk akan memperoleh gelar Sarjana Desain (S.Ds). Lulusan program
studi Desain dan Manajemen Produk dapat berkecimpung di berbagai bidang
pekerjaan seperti di bidang Product/Brand Management, Product Design, Research
and Development (R & D), Marketing, atau juga bisa bekerja sebagai
Entrepreneur.