Perguruan Tinggi

pt
041009
Universitas Swadaya Gunung Djati

Kategori

PTS

Akreditasi

Baik Sekali


Alamat

Jalan Pemuda No 32 Cirebon, Kec. Kesambi - Kota Cirebon - Prov. Jawa Barat



Deskripsi

Menyediakan berbagai macam BEASISWA, baik dari pemerintah maupun swasta yang telah bekerjasama dengan UGJ dan terdapat beasiswa Yayasan Pendidikan Swadaya Gunung Jati (YPSGJ), BEBAS UANG KULIAH dari semester 1 sd 8 bagi Hafidz 30 Juz serta beasiswa lainnya. Juga untuk meningkatkan dan mengembangkan kreativitas mahasiswa, UGJ memfasilitasi dengan berbagai macam kegiatan kemahasiswaan, diantaranya Seni dan Budaya, Penalaran dan Keilmuan, Mahasiswa Pecinta Alam, Unit kegiatan keagamaan, olah raga, Menwa, KSR dan masih banyak lagi. Juga diberikan pengembangan karir bagi mahasiswa dan pelatihan untuk meraih prestasi baik nasional maupun Internasional.


Kuota Penerimaan Mahasiswa

Akademik

100

Vokasi

0

Agribisnis S1

Fakultas Pertanian Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon didirikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan No I SK Pendirian 0810/0/1986 tanggal : 19 Oktober 1989, pejabat penandatanganan : Sutanto Wirjoprasonto/Sekjen Mendikbud. Fakultas pertanian mempunyai dua Program Studi yaitu Agroteknologi dan Agribisnis. Fakultas pertanian berupaya untuk melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi melalui pengerahan segenap potensi yang dimiliki untuk penerapan pengembangan dan penguasaan teknologi mutakhir terutama teknologi aplikatif dalam rangka menunjang program pembangunan nasional dalam bidang pertanian secara berkesinambungan. Peningkatan kualitas Fakultas Pertanian terus dilakukan ini dibuktikan dengan hasil akreditasi program studi Agroteknologi dan Agribisnis yang terakreditasi "A" pada Tahun 2020.

Visi Program Studi Agribisnis
“Terwujudnya Program Studi yang Unggul dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bidang Agribisnis Berbasis Kearifan Lokal, Berdaya Saing di Tingkat Nasional dan Berorientasi Global Tahun 2022”

Misi Program Studi Agribisnis
Menyelenggarakan pendidikan bidang Agribisnis berbasis kearifan lokal dalam proses pembelajaran.
Mengembangkan peserta didik yang berkemampuan tinggi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi bidang Agribisnis, mempunyai wawasan luas dan mampu bersaing di pasar global.
Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penelitian di bidang Agribisnis berkelanjutan dan berbasis kearifan lokal.
Melakukan pengabdian kepada masyarakat di bidang Agribisnis berbasis hasil aplikasi penelitian secara terintegrasi dan berkelanjutan.
Mengembangkan jaringan kerjasama yang saling menguntungkan dengan instansi pemerintah, swasta, dan lembaga pendidikan tinggi lain, baik dalam maupun luar negeri.

Tujuan Program Studi Agribisnis
Menghasilkan Sumberdaya Manusia yang Berdaya Saing dalam penerapan Usaha berwawasan Agribisnis berkelanjutan

Agroteknologi S1

SEJARAH PROGRAM STUDI AGROTEKNOLOGI
Program studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Swadaya Gunung Jati didirikan pada tanggal 11 September 1986 dengan No SK Pendirian PS yaitu 0810/0/1986 dan dengan nama jurusan Budidaya Pertanian. SK Pendirian Program Studi Budidaya Pertanian ditandatangani oleh Sutanto Wirjoprasonto. Program studi Budidaya Pertanian mengalami beberapa kali pergantian nama Program Studi yaitu Pada tahun 2007, jurusan Budidaya Pertanian berganti nama menjadi Program Studi Agronomi dan pada tahun 2011 menjadi Program Studi Agroteknologi.
VISI, MISI, TUJUAN, DAN SASARAN
VISI
“Terwujudnya Program Studi Agroteknologi yang Unggul dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Bidang Pengelolaan Tanaman Terpadu yang Berkelanjutan, Berbasis Kearifan Lokal, Berdaya Saing di Tingkat Nasional dan Berorientasi Global Tahun 2022”
MISI
Menyelenggarakan pendidikan bidang Agroteknologi berbasis kearifan lokal dengan mengedepankan IPTEK pada bidang pertanian, mempunyai wawasan luas dan mampu bersaing di pasar global.
Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penelitian di bidang Agroteknologi yang berkelanjutan dan berbasis kearifan lokal.
Melakukan pengabdian kepada masyarakat di bidang Agroteknologi berbasis hasil penelitian secara terintegrasi dan berkelanjutan.
Mengembangkan jaringan kerjasama yang saling menguntungkan dengan instansi pemerintah, swasta, dan lembaga pendidikan tinggi lain, baik dalam maupun luar negeri
TUJUAN
Menghasilkan lulusan yang :
- Kompeten dalam bidang teknologi budidaya tanaman yang mencakup aspek sumberdaya lahan, sumberdaya hayati dan perlindungan tanaman.
- Mampu berinovasi dalam pengembangan dan penerapkan IPTEK.
- Mampu mendiseminasikan dan mengimplementasikan temuan IPTEK kepada masyarakat.
- Mampu membangun jejaring (networking) kerjasama untuk membangun citra institusi.
- Memiliki jiwa kepemimpinan dan kemampuan manajerial, serta adaptif terhadap dinamika lingkungan.
- Menjunjung tinggi etika profesi.
SASARAN
- Pengembangan sumberdaya manusia yaitu dosen dan tenaga kependidikan.
- Kurikulum yang memenuhi kebutuhan masyarakat
- Sistem pembinaan dan pengajaran mahasiswa yang intensif
- Sarana perkuliahan yang memenuhi syarat
- Administrasi umum dan administrasi akademik yang tertib
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
Kompetensi Utama
A. Pelaku di bidang pertanian :
Mampu menerapkan prinsip ilmiah dalam merumuskan, menganalisis dan memecahkan permasalahan dalam bidang pertanian
Kemampuan menerapkan IPTEKS di bidang budidaya tanaman berdasarkan prinsip pertanian berkelanjutan, baik yang bersifat modern maupun kearifan lokal.

B. Pengusaha (entrepreneur, initiator, adaptor, cooperator) :
Keberanian memulai, melaksanakan dan mengembangkan usaha inovatif bidang produksi tanaman dalam pertanian berkelanjutan.
Kemampuan menjalin kerjasama (bernegosiasi dan berkomunikasi) secara efektif.
Kemampuan berinovasi dalam menerapkan IPTEKS di bidang budidaya pertanian ke dalam praktek bisnis.
Kemampuan menerapkan etika bisnis pertanian yang berwawasan lingkungan.

C. Manajer (planner, designer, organizer, evaluator, mediator) :
Mempunyai kemampuan leadership, manajerial, dan adaptasi terhadap lingkungan, serta jiwa kreatif, inovatif, responsif, dalam merancang, merencanakan, dan mengevaluasi sistem produksi tanaman secara tepat sesuai kaidah pertanian berkelanjutan.
Kemampuan mengaktualisasikan potensi diri untuk bekerjasama dalam tim yang multidisiplin.

D. Komunikator (fasilitator, motivator dan mediator) :
Kemampuan belajar sepanjang
Kemampuan berfikir analitis dan sintesis dengan memperhitungkan dampak penyelesaian masalah di lingkup global dalam berkehidupan bermasyarakat.
Kemampuan sebagai fasilitator, motivator dan mediator secara sistematik dan efektif.
Mampu mengkomunikasikan pemikiran secara individu maupun dalam tim
Mempunyai kemampuan berkomunikasi untuk memfasilitasi, memotivasi dan menjadi mediator dalam menghadapi permasalahan bidang pertanian di masyarakat.

Kompetensi Pendukung
A. Kompetensi Pendukung Profil Pelaku di bidang pertanian
Mempunyai etika dan rasa tanggung jawab terhadap profesi
Mempunyai kepedulian terhadap budaya dan kearifan lokal
Mempunyai kredibilitas tinggi

B. Kompetensi Pendukung Profil Pengusaha (entrepreneur, initiator, adaptor, cooperator)
Mampu menginisiasi berwirausaha
Mampu bekerjasama dalam tim
Mampu menerapkan etika bisnis pertanian yang berwawasan lingkungan
Mempunyai kredibilitas tinggi

C. Kompetensi Pendukung Profil Manajer (planner, designer, organizer, evaluator, mediator)
Mampu berinteraksi dengan lingkungan budaya yang berbeda
Menghargai perbedaan pandangan atau pendapat
Mempunyai kredibilitas tinggi

D. Kompetensi Pendukung Profil Komunikator (fasilitator, motivator, mediator)
Mempunyai kemampuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi
Mempunyai kemampuan bahasa Inggris
Mempunyai kredibilitas tinggi

Akuntansi S1

Program Sarjana Akuntansi Universitas Swadaya Gunung Jati (Prodi Akuntansi) sebagai salah satu institusi pendidikan yang menghasilkan para akuntan Indonesia harus menyesuaikan diri terkait dengan Era Revolusi Industri 4.0 khususnya, maupun persaingan global secara umum.Untuk itu, terdapat sejumlah upaya yang dilakukan oleh Prodi Akuntansi untuk menghadapi kondisi tersebut,yaitu:
1. Peninjauan dan perbaikan kurikulum,
2. Penguatan (empowerment) dosen, baiksecarakualitas maupun kuantitas,
3. Pembinaan dan perluasankerjasama dengan parastakeholders, dan
4. Pemenuhan kebutuhan saranadan prasaranapendukung.
Upaya-upaya iniperludilakukanagar pada akhirnya Prodi Akuntansi dapat terus berkontribusi dalam menghasilkan para lulusan yang kompeten dibidangnya sehingga dapat menjadi Sumber Daya Manusia yanglebih responsif dan adaptif di dunia kerja pada Era Revolusi Industri 4.0 ini.

Sehubungan dengan upaya pertama, yaitu peninjauan dan perbaikan kurikulum, Prodi Akuntansi menjalankannya dengan mengacu kepada:
1. Peraturan terkait dibidang pendidikan tinggi yang dikeluarkan oleh Pemerintah Republik Indonesia, misalnya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Bidang Pendidikan Tinggi,
2. Rumusan yang dihasilkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI),
3. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,
4. Masukan dari parapengguna lulusan,
5. Evaluasi atas kurikulum yang berlaku sebelumnya,yaitu revisi pada tahun 2016, dan
6. Masukan dari para pemangku kepentingan lainnya
Dalam penyusunan kurikulum tersebut, terdapat sejumlah tahapan yang dilewati,yaitu:
1. Penyusunan analisis strength-weakness-opportunity-threat (SWOT) dan pemanfaatan hasil evaluasi pelaksanaan kurikulum
2. Pemanfaatan hasil pengolahan data dan informasi melalui pelaksanaan pelacakan lulusan dan survey kepuasan dari pengguna lulusan dan/ atau asosiasi profesi
3. Pengumpulan dan analisis berbagai bahan pustaka serta peraturan yang relevan
4. Pengevaluasian atas kurikulumyangsedangberjalan
5. Penyusunancapaian pembelajaran lulusan program studi
6. Penjabaran capaian pembelajaran lulusanprogram studi menjadi bahan kajian yang disalurkan melalui pembelajaran berbagai mata kuliah
7. Penyusunan peta kurikulum yang memperlihatkan struktur, isi dan bobot kurikulum
8. Penyelenggaraan berbagai pertemuan ilmiah dalam rangka penyusunan kurikulum
9. Pelaksanaan sosialisasi hasil penyusunan kurikulum kepada para pemangku kepentingan, baik internal maupun eksternal
10. Persiapan aturan transisi kurikulum lama ke baru
11. Pendokumentasian semua kegiatan penyusunan kurikulum.

Hukum S1

Fakultas Hukum UGJ merupakan fakultas tertua dilingkungan UGJ Cirebon, didirikan dan diresmikan oleh Yayasan Pendidikan Swadaya Gunung Jati pada tanggal 21 Desember 1960. Di dalam perjalanannya, Fakultas Hukum UGJ mendapatkan akreditasi B di Tahun 2003, dan meningkat menjadi A di tahun 2018.

Fakultas Hukum UGJ sebagai lembaga pendidikan tinggi hukum tetap konsisten serta berkontribusi dalam mendukung perkembangan ilmu hukum yang mendorong dan memberikan landasan hukum bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi agar bemanfaat bagi kehidupan masyarakat secara umum. Selain itu, salah satu program Fakultas Hukum UGJ adalah turut menyiapkan sumber daya manusia yang handal dan mumpuni dibidang hukum.

Wawasan kedepan Fakultas Hukum UGJ yang merupakan lembaga pendidikan tinggi juga sebagai agen perubahan dan pusat kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, berkomitmen terhadap keunggulan, kompetitif, bermartabat, inovatif,berorientasi regional dan global serta berwawasan budaya bangsa, bermoral Pancasila dan berkepribadian Indonesia.

Visi
Terwujudnya Program Studi Ilmu Hukum yang bereputasi nasional dan berkontribusi bagi peningkatan daya saing bangsa yang bermartabat di bidang hukum serta menghasilkan lulusan yang unggul di bidang keterampilan dan kemahiran hukum pada tahun 2020

Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran Ilmu Hukum yang berbasis keterampilan dan kemahiran hukum.

2. Menciptakan suasana akademik yang mendukung terlaksananya penelitian dibidang hukumyang bermuara pada kesejahteraan masyarakat

3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dibidang hukum sebagai bentuk tanggung jawab sosial.

4. Menyelenggarakan kerjasama (networking) dengan lembaga pendidikan tinggi dan institusi penegak hukum

5. Menyelenggarakan tata kelola Program Studi Ilmu Hukum yang sehat.

6. Menyelenggarakan pendidikan hukum yang berdaya saing.

Kompetensi Program Studi
Kompetensi Utama Lulusan

Lulusan S1 Program Studi Ilmu Hukum mampu :

1. Berkompetisi dengan mahasiswa dari Fakultas Hukum lainnya

2. Menganalisis berkas perkara Perdata

3. Menganalisis berkas perkara Pidana

4. Menyusun kontrak bisnis/ perjanjian

5. Memberikan konsultasi hukum



Kompetensi Pendukung lulusan

1. Memahami teori dan hukum acara dalam perspektif hukum positif melalui Pendidikan Advokatur, Peradilan semu, serta melalui magang di lingkup lembaga-lembaga penegak hukum

2. Memahami teori dan praktek penegakan hukum pidana dan perdata melalui kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di kantor Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan dan Kantor Advokat

3. Memahami teori dan praktek ketatanegaraan dalam hukum positif.



Kompetensi lainnya/pilihan lulusan

1. Mampu mengaplikasikan hukum acara terkait praktik persidangan dan pembuatan berkas persidangan

2. Mampu memberikan konsultasi hukum

Ilmu Administrasi Publik

Program Studi Ilmu Administrasi Negara berdiri tahun 1983 adalah bagian dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Swadaya Gunung Jati dengan jumlah Dosen Tetap pada Program Studi S-1 Ilmu Administrasi Negaraadalah sebanyak 18 orang. Untuk melengkapi kegiatan proses belajar mengajar, Prodi Ilmu Administrasi Negaramemiliki sarana laboratorium kajian publik, dengan lulusan sebagian besar terdapat di Bank, Institusi Pemerintahan, BUMN/BHMN, Perhotelan, maupun sebagai Dosen.

Era globalisasi memberikan tantangan bagi dunia pendidikan terutama bagi pendidikan Tinggi untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia yang mampu berperan secara global. Sehubungan dengan hal tersebut Program Studi Ilmu Administrasi Negaraada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unswagati ingin mewujudkan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran yang sesuai dengan harapan baik Fakultas maupun Universitas sehingga peninjauan kurikulum yang telah berlaku terakhir adalah tahun 2015 dengan kurikulum terbaru tahun 2018. Hal ini sesuai dengan yang Dirjen Dikti Depdiknas serta penilaian BAN PT sebaikanya kurikulum Program Studi ditinjau paling lama 4 tahun.

Kurikulum yang berlaku saat ini secara formal mengacu kepada SK Mendiknas No. 232/V/2000 yaitu perubahan kurikulum yang semula Content Base atau PIPK (penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Keterampilan) maka dalam SK tersebut kurikulum disusun berdasarkan pengelompokan MPK (Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian), MKK (Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan),MKB (Mata Kuliah Keahlian Berkarya), MPB (Mata Kuliah Perilaku Berkarya), MBB (Mata Kuliah Berkehidupan Bersama), namun untuk lebih meluruskan pemahamaan agar lebih luas dan positif maka diterbitkan SK Mendiknas No. 045/V/2002 yaitu pengelompokan berdasarkan elemen kompotensinya sehingga:

a) MPK adalah landasan untuk membentuk kompotensi kepribadiaan

b) MKK untuk membentuk kempetensi kemampuan berkarya

c) MPB untuk membentuk kompetensi sikap dan perilaku dalam berkarya menurut tingkat keahlian berdasarkan ilmu dan keterampilan yang di kuasai.

d) MBB untuk pemaham kompetensi adalah seperangkat tindakan cerdas, penuh tanggung jawab yang dimiliki seseorang sebagai syarat untuk dianggap mampu oleh masyarakat dalam melaksanakan tugas-tugas di bidang tertentu

Oleh karena itu suatu kompetensi dapat dibangun oleh satu atau lebih satu mata kuliah. Program Studi Ilmu Administrasi NegaraFisip UGJ meninjau rancangan kurikulum 2011 sampai 2014 agar di gunakan untuk tahun 2015 sampai 2018, berdasarkan kurikulum institusional merupakan penciri dan kompotensi pemdukung dan kompotensi lainnya sesuai dengan Scuentific Vision, dengan demikian arah kurikulum (Body knowledge) di tunjukan kepada dua sasaran yaitu:

a) Kompotensi utama di arahkan pada pemaku kepentingan pihak Eksternal (Stakeholder External) yaitu penggunaaan lulusan dan job Market.

b) Sebagai kompotensi pendukung lainnya yang diarahkan untuk kepentingan Scientific Vision.

Karena rancangan kurikulum yang sudah dibangun tidak hanya berdasarkan Scientific Vision maka, Program Studi Ilmu Administrasi Negara perlu melakukan peninjauan ulang kurikulum dengan memperhatikan gejala perubahan dari dunia kerja atau pasar tenaga kerja sebagai signal dalam menyusun kompetensi sehingga Program Studi melakukan kegiatan pertemuan formal dengan alumni pengguna lulusan, dan pakar sejawat baik yang ada di UGJ maupun di luar UGJ:

Ilmu Komunikasi S1

Program Studi Ilmu Komunikasi berdiri tahun 2004 adalah bagian dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Swadaya Gunung Jati dengan jumlah Dosen Tetap pada Program Studi S-1 Ilmu Komunikasi adalah sebanyak 10 orang. Untuk melengkapi kegiatan proses belajar mengajar, Prodi Ilmu Komunikasi memiliki sarana laboratorium Radio, Televisi, dan Fotografi, dengan lulusan sebagian besar terdapat di Bank, Institusi Pemerintahan, BUMN/BHMN, Perhotelan, maupun sebagai Dosen.

Era globalisasi memberikan tantangan bagi dunia pendidikan terutama bagi pendidikan Tinggi untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia yang mampu berperan secara global. Sehubungan dengan hal tersebut Program Studi Ilmu Komunikasi ada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unswagati ingin mewujudkan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran yang sesuai dengan harapan baik Fakultas maupun Universitas sehingga peninjauan kurikulum yang telah berlaku terakhir adalah tahun 2011 dengan kurikulum terbaru tahun 2015. Hal ini sesuai dengan yang Dirjen Dikti Depdiknas serta penilaian BAN PT sebaikanya kurikulum Program Studi ditinjau paling lama 4 tahun.

Kurikulum yang berlaku saat ini secara formal mengacu kepada SK Mendiknas No. 232/V/2000 yaitu perubahan kurikulum yang semula Content Base atau PIPK (penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Keterampilan) maka dalam SK tersebut kurikulum disusun berdasarkan pengelompokan MPK (Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian), MKK (Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan),MKB (Mata Kuliah Keahlian Berkarya), MPB (Mata Kuliah Perilaku Berkarya), MBB (Mata Kuliah Berkehidupan Bersama), namun untuk lebih meluruskan pemahamaan agar lebih luas dan positif maka diterbitkan SK Mendiknas No. 045/V/2002 yaitu pengelompokan berdasarkan elemen kompotensinya sehingga:

a) MPK adalah landasan untuk membentuk kompotensi kepribadiaan

b) MKK untuk membentuk kempetensi kemampuan berkarya

c) MPB untuk membentuk kompetensi sikap dan perilaku dalam berkarya menurut tingkat keahlian berdasarkan ilmu dan keterampilan yang di kuasai.

d) MBB untuk pemaham kompetensi adalah seperangkat tindakan cerdas, penuh tanggung jawab yang dimiliki seseorang sebagai syarat untuk dianggap mampu oleh masyarakat dalam melaksanakan tugas-tugas di bidang tertentu

Oleh karena itu suatu kompetensi dapat dibangun oleh satu atau lebih satu mata kuliah. Program Studi Ilmu Komunikasi Fisip Unswagati meninjau rancangan kurikulum 2011 sampai 2014 agar di gunakan untuk tahun 2015 sampai 2018, berdasarkan kurikulum institusional merupakan penciri dan kompotensi pemdukung dan kompotensi lainnya sesuai dengan Scuentific Vision, dengan demikian arah kurikulum (Body knowledge) di tunjukan kepada dua sasaran yaitu:

a) Kompotensi utama di arahkan pada pemaku kepentingan pihak Eksternal (Stakeholder External) yaitu penggunaaan lulusan dan job Market.

b) Sebagai kompotensi pendukung lainnya yang diarahkan untuk kepentingan Scientific Vision.

Karena rancangan kurikulum yang sudah dibangun tidak hanya berdasarkan Scientific Vision maka, Program Studi Ilmu Komunikasi perlu melakukan peninjauan ulang kurikulum dengan memperhatikan gejala perubahan dari dunia kerja atau pasar tenaga kerja sebagai signal dalam menyusun kompetensi sehingga Program Studi melakukan kegiatan pertemuan formal dengan alumni pengguna lulusan, dan pakar sejawat baik yang ada di Unswagati maupun di luar Unswagati.

Manajemen S1

Program studi ini menyiapkan lulusan yang siap memasuki dunia bisnis dan non bisnis sebagai tenaga profesional dibidang keuangan, pemasaran, sumberdaya manusia, operasional serta sebagai pengusaha. Alumninya sudah tersebar di seluruh Indonesia di berbagai perusahaan.

Kompetensi Lulusan

Professional dalam bidang: Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan dan Manajemen Sumber Daya Manusia
Mempunyai jiwa wirausaha dan mampu menjalankan suatu usaha mandiri.
Lama Studi

4 – 4,5 Tahun (8 – 9 Semester)

Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia S1

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Unswagati, mendapatkan izin pendirian sejak tanggal 9 Januari 1980. Sementara itu, SK izin operasional terakhir diperoleh pada tanggal 20 Oktober 2011. Pada awal pendirian, program pendidikan berkonsentrasi untuk jenjang D-3. Namun, pada akhirnya Prodi mengembangkan program yang berubah menjadi jenjang S-1. Kurikulum Prodi berubah sesuai dengan dinamika kebutuhan dan tuntutan situasi, yakni kurikulum pendidikan tinggi serta kurikulum sekolah. Para alumni tersebar di sekolah, lembaga pendidikan, universitas, instansi pemerintah, dan perusahaan. Sertifkat Akreditasi yang terakhir diperoleh dengan predikat B pada tanggal 23 Mei 2015 - 23 Mei 2020. Dan sudah terbit SK perpanjangan terbaru dari BAN-PT mulai berlaku tanggal 24 Mei 2020 - 24 Mei 2025. Saat ini sedang mengajukan reakreditasi.

Visi
Pada tahun 2034 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia menjadi program studi riset unggulan berbasis kearifan lokal menuju tataran global dalam bidang Pendidikan bahasa dan Sastra Indonesia.

Misi
Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang berkualitas dengan memanfaatkan perkembangan Informasi Teknologi Komunikasi (ICT).
Melaksanakan kegiatan penelitian yang inovatif berbasis kearifan lokal dalam bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia sebagai landasan untuk mengembangkan Pendidikan dan Pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berkualitas dibidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesiayang bermuatan keilmuan, keterampilan, dan pengembangan diri dengan berbasis kearifan lokal.
Kompetensi Program Studi
Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Unswagati Cirebon merupakan Kurikulum Berbasis Kompetensi yang merujuk pada KKNI di era industri 4.0 yang dirancang untuk menghasilkan lulusan sebagai berikut.

Terampil berbahasa Indonesia, baik secara lisan dan tertulis dalam konteks komunikasi umum, akademis, dan pekerjaan.
Terampil berbahasa Indonesia, baik secara lisan maupun tertulis untuk kepentingan khusus, misalnya pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA);
Mampu melakukan kajian bahasa dan sastra Indonesia untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dengan memanfaatkan teknologi modern.
Mampu mengimplementasikan keahlian di bidang kebahasaan dan sastra untuk mengadaptasi budaya dan pemanfaatan pengetahuan lintas ilmu, ke dalam berbagai bentuk teks; dan
Mampu bersosialisasi dan berkomunikasi secara efektif dengan siswa, guru lain, pihak sekolah, dan masyarakat dengan memperhatikan kesantunan dan etika berbahasa.

Pendidikan Bahasa Inggris S1

Profil Prodi
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) didirikan pada tahun 1980. Pendirian Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris ini berdasarkan pada SK Ditjen DIKTI No. 032/O/1980; sedangkan untuk ijin operasional terbaru, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris memperoleh SK Ijin Operasional Nomor: 6141/D/T/K-IV/2011. Sebagai upaya untuk memandu gerak langkah lembaga dalam memberikan layanan pendidikan, saat ini Prodi Pendidikan Bahasa Inggris mengusung Visi, Misi dan Tujuan sebagai berikut. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris telah terakreditasi A berdasarkan SK BAN PT No 2241/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2019 yang berlaku sampai dengan 9 Juli 2024.

Visi
Menjadi Program Studi Riset Unggulan Berbasis Kearifan Lokal Menuju Tataran Global Tahun 2034.

Misi
- Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran Bahasa Inggris yang berorientasi pada penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang berkualitas dalam rangka peningkatan daya saing bangsa.
- Menyelenggarakan kegiatan penelitian sebagai landasan untuk mengembangkan Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Inggris.
- Menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat (Community Service) guna memberi solusi pada masalah di bidang Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Inggris.
- Menyelenggarakan kerja sama (net working) dengan berbagai institusi di dalam dan di luar negeri.
- Mengembangkan organisasi yang sehat (good governance organization) dalam rangka merespon berbagai perubahan yang terjadi.

Kompetensi Program Studi
1. Calon guru Bahasa Inggris yang professional
2. Asisten peneliti pada bidang pendidikan dan kebahasaan
3. Wirausahawan di bidang pendidikan Bahasa Inggris

Pendidikan Ekonomi S1

Program Studi Pendidikan Ekonomi merupakan sebuah Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan (LPTK) yang berada dibawah naungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ), Cirebon. Program Studi Pendidikan Ekonomi didirikan pada tahun 1988 melalui SK Dikti No. 059/O/1988 tanggal 9 Februari 1988. Pada awal pendirian Prodi Pendidikan Ekonomi bernama Pendidikan Dunia Usaha di bawah naungan Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Kemudian pada tahun 1993 Pendidikan Dunia Usaha berubah namanya menjadi Pendidikan Akuntansi, selanjutkan pada tahun 2004 berubah namanya menjadi Pendidikan Ekonomi Akuntansi dan mulai pada tahun 2006 namanya menjadi Prodi Pendidikan Ekonomi sampai saat ini. Tujuan utama Prodi Pendidikan Ekonomi menghasilkan lulusan yang kompeten dan profesional dalam bidang pendidikan ekonomi.

Visi
Pada tahun 2034 menjadi Program Studi Riset Unggulan Berbasis Kearifan Lokal Menuju Tataran Global.

Misi
Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas.
Melaksanakan penelitian berbasis kearifan lokal dan pengembangan yang mendukung pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas serta mampu menghasilkan berbagai inovasi dalam bidang pendidikan.
Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan yang berkualitas serta memberikan manfaat bagi masyarakat terutama masyarakat pendidikan.
Mengembangkan ilmu, teknologi dan seni yang menunjang pengembangan bidang pendidikan.
Kompetensi Program Studi
Kompetensi Utama; a). Guru ekonomi profesional yang berkarakter dan religius, b). Peneliti bidang pendidikan dan pengajaran sosial ekonomi, dan c). Inovator bidang pendidikan dan pengajaran.
Kompetensi Pendukung; Memiliki kompetensi menjadi tenaga administrasi non pendidikan.
Kompetensi lainnya/Pilihan; a). Memiliki kompetensi di bidang marketing executive, b). Memiliki kompetensi dalam bidang akuntansi/pengelolaan keuangan, dan 3). Memiliki kompetensi menjadi entrepreneur.

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Program Studi Sarjana PGSD UGJ Cirebon mulai beroperasi pada tahun akademik 2016/2017. Izin operasional melalui SK Menristekdikti Nomor 19/KPT/I/2015. PGSD UGJ Cirebon merupakan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) memiliki komitmen menghasilkan guru Sekolah Dasar yang profesional serta memiliki kecintaan terhadap nilai-nilai seni dan budaya daerah. Prodi PGSD UGJ menghasilkan profil lulusan sebagai (1) pendidik yang berkarakter kebangsaan, (2) guru kelas di sekolah dasar, (3) Peneliti bidang keilmuan pendidikan dasar, (4) pembina ekstrakurikuler sekolah dasar, dan (5) transformator seni dan budaya daerah.

Prodi Sarjana PGSD UGJ memberlakukan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) merujuk pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Level 6. Untuk melahirkan sarjana Guru Sekolah Dasar yang profesional serta memiliki keunggulan kompetensi olahraga, kesenian dan mengajarkan Bahasa Inggris untuk anak. Kurikulum PGSD diperkuat oleh dua kelompok mata kuliah pilihan. kedua kelompok mata kuliah tersebut meliputi: (1) kelompok mata kuliah pilihan Olahraga dan Kesehatan, (2) Kelompok mata Kuliah Pilihan Seni dan Budaya Daerah.

Setiap konten kurikulum pada Program Sarjana PGSD mengandung nilai-nilai kearifan lokal. Baik dalam konteks intra kurikuler maupun ekstrakurikuler. Masuknya unsur nilai-nilai kearifan lokal dalam kurikulum dan pembelajaran tersebut sebagai komitmen Prodi PGSD untuk mengangkat nilai-nilai kearifan lokal termasuk Seni dan Budaya Daerah ke dalam masyarakat global.

Pembelajaran pada Prodi Sarjana PGSD mengombinasikan antara sumber belajar konvensional dengan sumber belajar yang berbasis riset serta memanfaatkan teknologi informatika sebagai fasilitator dan sumber belajar. Sistem ini mendorong terciptanya proses Student Centered Learning (SCL) di mana mahasiswa di bawah bimbingan dosen dapat mengeksplorasi dan mengembangkan minat dan bakatnya secara maksimal.

Program Studi PGSD UGJ Cirebon dilengkapi dengan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai sesuai dengan standar nasional pendidikan tinggi, antara lain gedung berlantai tiga, ruang belajar ber-AC, laboratorium micro teaching, laboratorium bahasa, serta laboratorium pembelajaran IPA dan IPS. Sarana penunjang lainnya meliputi fasilitas olah raga, kesenian, perpustakaan serta sistem jaringan internet yang luas dan kuat sehingga tercipta suasana akademik di lingkungan kampus.

Program studi PGSD UGJ Cirebon didukung pula oleh tenaga pendidik dan kependidikan yang professional. Semua dosen telah memenuhi standar kualifikasi serendah-rendahnya berpendidikan lulusan jenjang pendidikan S2.

Visi
Program Studi PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UGJ Cirebon pada tahun 2034 menjadi lembaga pendidikan yang unggul dalam riset dengan mengangkat nilai-nilai kearifan lokal menuju tatanan global.
Misi


Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang bermutu dan berdaya guna untuk menghasilkan sarjana pendidikan guru sekolah dasar yang profesional yang memiliki kompetensi kepribadian, sosial, pedagogik dan akademik, religius, berakhlak mulia, berkarakter kebangsaan Indonesia serta menjunjung tinggi nilai-nilai budaya dan kearifan lokal.
Menyelenggarakan penelitian bermutu yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang keilmuan pendidikan dasar serta mengangkat nilai-nilai kearifan lokal demi tercapainya visi program studi, fakultas maupun universitas serta tujuan pendidikan nasional.
Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk sosialisasi, implementasi dan diseminasi bidang keilmuan dan teknologi pendidikan khususnya pendidikan dasar, serta menjalin kemitraan antar institusi baik di dalam negeri dan di luar negeri.
Mengembangkan organisasi program studi yang sehat (health organization) serta inovatif dan adaptif sesuai dengan dinamika sosial ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pendidikan Matematika S1

Program Studi Pendidikan Matematika yang didirikan pada tanggal 22 Mei 1986 merupakan program studi ke tiga yang ada di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UGJ Cirebon setelah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia serta Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.
Mulai tahun 2014 kami telah menerapkan kurikulum yang membekali mahasiswa dengan keahlian peminatan sehingga diharapkan mampu berkompetisi dan bertahan dalam masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) serta siap menerima tantangan era digital. Mahasiswa tidak hanya disiapkan untuk menjadi seorang akademisi pada bidang pendidikan matematika, tetapi juga siap menjadi analis matematika, analis data dan asisten peneliti, konsultan IT pendidikan, serta ber-enterpreneur dalam bidang pendidikan melalui mata kuliah yang disebar ke dalam empat bidang peminatan.
Prestasi-prestasi yang telah dicapai para dosen program studi pendidikan matematika pada bidang Tridharma PT telah memberikan iklim pembelajaran positif kepada mahasiswa. Hal ini dibuktikan sejak tiga tahun terakhir 90% mahasiswa program studi pendidikan matematika dapat menyelesaikan studinya tepat waktu 4 tahun. Selain itu, prestasi para dosen di bidang penelitian telah mendorong prestasi mahasiswa di bidang yang sama. Pencapaian prestasi tersebut telah mengantarkan program studi pendidikan matematika UGJ berada pada peringkat 6 dari 294 program studi sejenis (PTN dan PTS) di Indonesia.
Hasil penelitian para dosen yang sebagian besar didanai oleh DIKTI melalui hibah kompetitif serta arah kebijakan lembaga yang selalu berorientasi inovasi telah membawa perubahan pada arah penelitian dan produk-produk tugas akhir (skripsi) mahasiswa. Media pembelajaran matematika serta bahan ajar matematika SMP dan SMA berbasis teks maupun IT telah menjadi ciri khas penelitian mahasiswa program studi pendidikan matematika FKIP UGJ.

Visi
Menjadi Program Studi Unggul dalam Riset Bidang Pendidikan Matematika yang Berprinsip pada Kearifan Lokal Menuju Tataran Global di Tahun 2034.
Misi
Menyelenggarakan pendidikan matematika yang berorientasi pada kompetensi penguasaan IPTEK dan penanaman karakter enterpreneurship.
Melaksanakan penelitian inovatif dan kegiatan publikasi ilmiah ke arah peningkatan kompetensi serta kualifikasi sumber daya manusia.
Melaksanakan pengabdian masyarakat di bidang pendidikan matematika sebagai implementasi hasil riset keunggulan.
Membangun dan mengembangkan kerja sama yang baik dengan semua stakeholder terkait di dalam dan luar negeri.
Membangun manajemen yang solid dan bertanggung jawab melalui prinsip-prinsip efektivitas, efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas pada proses pencapaian good governance.
Kompetensi Program Studi
Kompetensi Utama
Menguasai konsep dan prinsip pedagogi, didaktik matematika, untuk mendukung tugas profesionalnya sebagai calon pendidik matematika. (Pengetahuan)
Mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogis matematika serta keilmuan matematika untuk melaksanakan pembelajaran inovatif dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar berbasis IPTEKS dan berorientasi pada kecakapan hidup (life skills). (Keterampilan Khusus)
Menguasai konsep matematika yang diperlukan untuk melaksanakan pembelajaran di satuan pendidikan dasar dan menengah. (Pengetahuan)
Memiliki pengetahuan dasar kewirausahaan dalam bidang penyelenggaraan pendidikan formal maupun non formal dan pembuatan media ajar konvensional maupun berbasis IT. (Keterampilan Khusus)
Menguasai konsep matematika yang diperlukan untuk studi ke jenjang berikutnya. (Pengetahuan)
Memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dalam mengembangkan pembelajaran matematika. (Keterampilan Khusus)
Menguasai metodologi penelitian dan kaidah penulisan karya ilmiah untuk merancang, melaksanakan penelitian, dan mempublikasi-kan hasilnya, sehingga dapat digunakan sebagai alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan matematika. (Keterampilan Khusus)
Memiliki sikap dan semangat kemandirian, pantang menyerah, dan kewirausahaan. (Sikap)
Memiliki sikap, kepribadian, dan karakter yang mencerminkan nilai-nilai pendidikan. (Sikap)
Mampu mengambil keputusan strategis di bidang pendidikan matematika berdasarkan informasi dan data yang relevan. (Keterampilan Umum)

Kompetensi Pendukung
Mampu merancang dan melakukan penelitian pendidikan matematika dalam upaya mengembangkan pembelajaran matematika. (Keterampilan Khusus)
Mampu berwirausaha pada bidang penyelenggaraan pendidikan formal maupun non formal dan pembuatan media pembelajaran berbasis IT. (Keterampilan Khusus)
Mampu memberikan layanan jasa konsultasi bidang penelitian pendidikan dan IT. (Keterampilan Khusus)
Menguasai dasar-dasar ilmiah dan keterampilan dalam bidang rekayasa perangkat lunak, basis data, networking dan e-learning. (Pengetahuan)
Memiliki kemampuan bekerja sama dan kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. (Sikap)

Kompetensi Lainnya
Prodi Pendidikan Matematika FKIP Unswagati selain membekali mahasiswa dengan kompetensi utama juga membekali dengan kompetensi berdasarkan minat mahasiswa sebagai berikut.

Asisten peneliti.
Konsultan pendidikan di bidang IT.
Wirausahawan di bidang pendidikan

Teknik Sipil S1

Program Studi Teknik Sipil (PSTS) Fakultas Teknik (FT) Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) berdiri tahun 1983 sesuai dengan surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 0647/0/1988 pada tanggal 24 desember 1988.Sejak berdirinya sampai saat ini Program Studi Teknik Sipil (PSTS) sudah menghasilkan sarjana teknik sipil yang kompeten dalam perancangan konstruksi bangunan dan infrastruktur.Sejak awal berdirinya hingga saat ini program studi teknik sipil telah mempunyai cakupan kompetensi yakni :Rekayasa Keairan, Rekayasa Struktur, Rekayasa Geoteknik, Rekayasa Geoteknik dan Manajemen Konstruksi.

Tujuan :

Tujuan Modul Nusantara di Universitas Swadaya Gunung Jati, diselaraskan dengan tujuan program PMM yaitu sebagai berikut:

  1. Pembelajaran melalui budaya Indonesia, khususnya mengenalkan budaya Cirebon dan sekitarnya, dapat menumbuhkan wawasan kebangsaan
  2. Melalui eksplorasi budaya, seni, sejarah dan nilai tradisi dapat meningkatkan pemahaman secara komprehensif tentang kebhinekaan, wawasan kebangsaan, dan cinta tanah air.
  3. Melalui eksplorasi, sosial, geografis, dan budaya, khususnya mengenalkan budaya Cirebon sekitarnya, dapat mengembangkan kepemimpinan dan softskills yang adaptif mahasiswa terhadap beragam latar belakang sehingga meningkatkan nilai persatuan dan nasionalisme.

Harapan :

Mahasiswa mengenal keberagaman dan kebhinekaan yang berkembang di lingkungan UGJ, Cirebon  dan sekitarnya. Selain itu, mahasiswa mampu mengimplementasikan nilai bahwa kebhinekaan itu merupakan kekayaan bangsa 

Kegiatan :
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Telepon : (021) 57946104
Pusat Panggilan ULT DIKTI 126
pmm-01@kemdikbud.go.id
mbkm@kemdikbud.go.id
Jl. Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta 10270