PTN
Unggul
Jalan Rawamangun Muka, Kec. Pulo Gadung - Kota Jakarta Timur - Prov. D.K.I. Jakarta
Universitas Negeri Jakarta (disingkat sebagai UNJ) adalah perguruan tinggi negeri yang terdapat di Kota Jakarta, Indonesia yang didirikan pada tahun 1964. Sebelumnya, Universitas Negeri Jakarta bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jakarta (IKIP Jakarta).
Pada Januari 2021, Universitas Negeri Jakarta melakukan reakreditasi Perguruan Tinggi yang sebelumnya telah memperoleh akreditasi "B". Akreditasi yang dilakukan oleh Tim Asesor BAN PT tahun 2021 ini, Universitas Negeri Jakarta memperoleh akreditasi "Unggul" berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT No. 45/SK/BAN-PT/Akred/PT/II/2021. Universitas Negeri Jakarta dinyatakan memenuhi syarat peringkat Akreditasi Unggul dengan memperoleh skor nilai 366 dan status akreditasi ini berlaku sejak tanggal 2 Februari 2021 sampai dengan 2 Februari 2026.
Akademik
Vokasi
Program Studi Geografi merupakan salah satu program studi di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta yang menghasilkan produk utama berupa sumberdaya Ahli Geografi. Sebagai institusi negeri di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Program Studi Geografi FIS UNJ mengembangkan institusi internalnya dalam rangka pengembangan sumberdaya dan produk yang dihasilkan. Ahli Geografi sebagai produk diharapkan memiliki kompetensi yang memiliki keunggulan dan mampu untuk menjawab tantangan di masyarakat yang memiliki kondisi wilayah yang berbeda.
Program Studi Pendidikan Bahasa Arab adalah salah satu Program Studi Sarjana di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta yang menyelenggarakan Tridarma perguruan tinggi. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab didirikan sejak 1963 dengan Keputusan Pendirian yang ditandatangani oleh Presiden Nomor 1 Tahun 1963 pada 3 Januari 1963. Saat ini Program Studi Pendidikan Bahasa Arab terakreditasi A yang ditetapkan melalui Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) Nomor 1262/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2015.
Pada Tahun 1999 IKIP Jakarta berubah menjadi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang berdampak pada perluasan mandat untuk membuka program studi non kependidikan. Sejalan dengan itu UNJ mengubah Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA) menjadi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).
Saat ini Fakultas MIPA Universitas Negeri Jakarta (FMIPA UNJ) memiliki 10 program studi Strata 1 (S1), salah satu di antaranya adalah Program Studi Pendidikan Fisika. Program Studi Pendidikan Fisika didirikan berdasarkan SK Dikti Nomor 112/DIKTI/Kep/1984 dan berada di Kampus A Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka No 1 Jakarta Timur. Pada Tahun 2015 Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas MIPA Universitas Negeri Jakarta telah memperoleh akreditasi B oleh Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN-PT) berdasarkan SK Nomor: Nomor 1167/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2015 tanggal 28 November 2015 berlaku hingga 28 November 2020.
Program studi Pendidikan Fisika dipimpin oleh seorang Koordinator Program Studi. Dalam melaksanakan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi, Koordinator Program Studi dibantu oleh Kepala Laboratorium, pengelola Jurnal Program Studi, Pembina Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), seluruh dosen Program Studi dan seorang tenaga kesekretariatan. Koordinator Program Studi mengelola semua potensi yang dimiliki oleh Program Studi Pendidikan Fisika agar dapat berfungsi secara optimal. Sistem pengelolaan Program Studi Pendidikan Fisika berpedoman pada Quality Management System (QMS) dan Standard Operating Procedure (SOP) yang yang telah ditetapkan.
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta (PGPAUD FIP UNJ) merupakan Program Studi yang menyelenggarakan pendidikan akademik untuk menghasilkan Sarjana Pendidikan (S.Pd) yang akan bekerja sebagai guru, tenaga kependidikan dan instruktur di berbagai Lembaga PAUD. Program Studi ini, mengembangkan berbagai kajian, penelitian, pelatihan dibidang pendidikan anak usia dini serta memberikan bimbingan, pendampingan, advokasi, dan pengabdian sebagai suatu bentuk bantuan profesional kepada masyarakat dibidang pendidikan anak usia dini.
Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewargangeraan (PPKN) merupakan salah satu program studi yang berada pada Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta yang menghasilkan lulusan yang diproyeksikan menjadi guru matapelajaran PPKn. Sebagai institusi negeri yang bernaung di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Program Studi PPKN FIS UNJ selalu berupaya meningkatkan kualitas institusi internalnya dan lulusan yang dihasilkannya. Guru PPKn sebagai lulusan yang dihasilkan, diharapkan memiliki kompetensi unggul yang mampu menjawab tantangan pendidikan abad 21, yaitu berpikir kritis, kreatif, bekerjasama, berkomunikasi efektif, dan menjadi bagian dari masyarakat cerdas yang berkontribusi positif kepada bangsa dan negara.
Prodi Pendidikan Seni Rupa selalu memutakhirkan program perkuliahannya sesuai perkembangan pendidikan yang saat ini memasuki era konektivitas, kolaborasi, kecepatan, dan result oriented. Upayanya antara lain restrukturisasi mata kuliah, intensifikasi empat program magang, revisi tugas akhir skripsi. Selain itu juga diupayakan pemutakhiran kemampuan dosen sejalan perkembangan ilmu pendidikan seni rupa, praktik seni rupa, dan teknologi informasi. Hasilnya terlihat dari skripsi pengkajian dan penciptaan karya seni rupa yang meneliti isu terkini secara kreatif; artikel ilmiahnya dipublikasikan melalui jurnal ilmiah Prodi; dan HAKI karya seninya didaftarkan secara resmi pada Kemenkumham.
Program Studi Sastra Inggris adalah program studi yang di berada dalam Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta yang bertujuan:
a. menyiapkan tenaga profesional dalam bidang kesastraan, kebahasaan, penerjemahan dan kajian budaya yang beriman, dan berakhlak mulia;
b. menghasilkan lulusan yang menguasai substansi kesastraan, kebahasaan, penerjemahan, dan kajian budaya yang berwawasan multikultural yang menjunjung tinggi nilai-nilai etika akademis kompetitif, kreatif;
c. memiliki SDM yang berkualitas mencakup tenaga pendidik, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan alumni;
d. menghasilkan penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang inovatif yang membantu memmecahkan masalah yang terjadi di bidang kesastraan, kebahasaan, penerjemahan, dan kajian budaya;
e. menghasilkan kerjasama dengan dengan berbagai pihak di tingkat lokal dan nasional di bidang kesastraan, kebahasaan, penerjemahan, dan kajian budaya untuk menunjang tridarma perguruan tinggi
Jati Diri Program Studi Sarjana Terapan Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Digital diawali oleh pendirian Program Studi yaitu nomor 455/D2.2/04 tanggal 25 Maret 2004 yang ditandatangani oleh Direktur Pembinaan Akademik dan Kemahasiswaan DIKTI dengan nama Program Studi D-3 Komunikasi.
Program Studi ini berubah menjadi Prodi-D3 Hubungan Masyarakat pada tahun 2008. Perubahan - Perubahan program studi ini mengacu pada perubahan yang terjadi di DIKTI yang juga disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Pada saat IKIP Jakarta berubah menjadi Universitas Negeri Jakarta maka nama jurusan harus memakai nama non kependidikan maka nama yang digunakan adalah Jurusan Ilmu Sosial Politik Program Studi D-3 Hubungan Masyarakat.
Pada 2022 ini, Prodi D-3 Hubungan Masyarakat berhasil melakukan upgrading menjadi Sarjana Terapan Humas dan Komunikasi Digital melalui Surat Keputusan Mendikbudristek Nomor 139/D/OT/2022 Tentang Izin Pembukaan Program Studi Sarjana Terapan pada Universitas Negeri Jakarta. Diharapkan dengan peningkatan program studi ini dapat mengoptimalkan Link and match dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) sekaligus lebih meningkatkan kompetensi mahasiswa di bidang Ilmu Komunikasi.
Program Studi Managemen Pelabuhan dan Logistik Maritim IProdi MPLM) merupakan program yang membentu pemerintahdalam rangka menyuapkan sumberdaya manusia yang utnggul dibidang maritim khusunya terkait dengan Tata Laksana kegiatan dan pengembangan penlitian di Pelabuhan dan kegiatan Logistik pendukungnya.
Mahasiswa/i program PMM berpartisipasi aktif dalam membangun kohesi dan kolaborasi sosial di masyarakat
Harapan :Mahasiswa mengalami peningkatan pemahaman tentang sejarah, perjuangan, kebinekaan tradisi dan budaya Nusantara
Kegiatan :Mahasiswa-mahasiswi Program PMM berpartisipasi aktif dalam membangun pemahaman keragaman di masyarakat
Harapan :Mahasiswa mampu memahami identitas diri yang unik dan berbeda dari sisi agama, ras, dan suku
Kegiatan :Objektif: Mahasiswa proaktif bersama-sama memahami keragaman indonesia dimulai dari dirimelalui kolaborasi dengan lingkungan dan masyarakat
Harapan :Mahasiswa lebih mengenal dan memahami budaya serta kearifan lokal yang ada di ibu Kota Jakarta
Kegiatan :Mahasiswa mampu berkontribusi dan berkolaborasi secara positif kepada masyarakat
Harapan :Mahasiswa mampu memahami prinsip kebhinekaan nusantara dalam kehidupan sehari-hari
Kegiatan :Mahasiswa aktif berkontribusi dalam membangun kolaborasi sosial di masyarakat
Harapan :Mahasiswa mengalami peningkatan pemahaman tentang sejarah kebinekaan Nusantara
Kegiatan :Mahasiswa aktif dalam membangun kohesi sosial di masyarakat
Harapan :Mahasiswa mengalami peningkatan pemahaman tentang persaudaraan antar pemeluk agama
Kegiatan :