Perguruan Tinggi

pt
041029
Universitas Muhammadiyah Cirebon

Kategori

PTS

Akreditasi

B


Alamat

Jl. Fatahillah, Watubelah, Sumber No. 40 Cirebon 45611


Website

www.umc.ac.id


Deskripsi

Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC), didirikan atas dasar wujud idealisme serta komitmen dari warga Muhammadiyah di wilayah Cirebon untuk terus beramal shaleh, khususnya untuk meningkatkan mutu kehidupan masyarakat. Gagasan pendirian Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) di wilayah Cirebon pada dasarnya telah ada sejak tahun 1962. Gagasan tersebut diinisasi dengan dibukanya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Hukum dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Ekonomi. Namun, karena keterbatasan sumber daya manusia yang ada pada saat itu penyelenggaraan pendidikan tersebut tidak dapat dilanjutkan.

Setelah sekian lama tidak aktif, gagasan untuk mendirikan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) tumbuh kembali dalam Musyawarah Daerah Muhammadiyah Kota/Kabupaten Cirebon tanggal 6 Juli 1996. Selanjutnya, untuk menindaklanjuti amanat Musyda tersebut, pada 1998 berdiri Akademi Keperawatan Muhammadiyah, yang selanjutnya menyusul dibentuknya Akademi Farmasi Muhammadiyah pada tahun 1999. Pada tahun yang sama, sempat berdiri Sekolah Teknologi Tekstil (STT) Muhammadiyah, namun keberadaannya tidak dapat bertahan lama.

Setelah munculnya beberapa Institusi Muhammadiyah di wilayah Cirebon, maka dalam Rapat Pimpinan PDM Kota/Kabupaten Cirebon yang dilaksanakan pada tanggal 8 Desember 1999, disepakati untuk mendirikan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dengan bentuk Universitas. Hasil rapat pimpinan tersebut yang kemudian menajdi inisiasi awal terbentuknya Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC). Keputusan Rapat pimpinan ini kemudian ditindaklanjuti dengan membentuk Badan Pendiri Universitas Muhammadiyah Cirebon, yang segera melakukan konsolidasi, studi banding dan segala persiapan yang diperlukan. Meskipun, proses pendirian Universitas Muhammadiyah Cirebon harus melalui berbagai tahapan yang cukup sulit, akan tetapi, dengan dukungan yang kuat dari berbagai pihak pada 12 Agustus 2000 secara resmi di proklamasikan berdirinya Universitas Muhammadiyah Cirebon dengan rincian 8 Program Studi Jenjang D-III dan S1. Pendirian UMC ini kemudian diakui dan disahkan pemerintah melalui SK Mendiknas RI No 203/D/0/2000 tanggal 28 September 2000.

Perkembangan sistem pendidikan harus mengikuti persaingan pada masa yang akan datang. Persaingan yang semakin kompetitif berdampak pada dunia kerja. Sehingga tuntutan untuk mempersiapkan SDM yang semakin berkualitas merupakan sebuah keharusan. Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka diharapkan menjadi jawaban akan kebutuhan tersebut. MBKM adalah bukti pembelajaran pada perguruan tinggi yang fleksibel sehingga tercipta kultur belajar yang kritis, inovatif, komunikatif, dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa.

Menghasilkan lulusan yang siap bersaing, merupakan fokus dari setiap perguruan tinggi. Hal ini sesuai dengan pencapaian setiap perguruan tinggi terhadap indikator kinerja utama perguruan tinggi, sehingga sangat diperlukan peningkatan mutu lulusan, dosen dan juga kurikulum. Maka dari itu, setiap mahasiswa akan dapat lebih banyak memperoleh pengalaman belajar, baik dengan kampus lain, dunia usaha dan dunia industri, dan juga peningkatan otonomi pedesaan.

Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) harus diikuti oleh semua perguruan tinggi di Indonesia, termasuk Universitas Muhammadiyah Cirebon dalam mengikuti penyesuaian Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) dengan bermuatan MBKM. Esensi kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka memberikan ruang belajar yang lebih luas pada mahasiswa untuk memperoleh pengalaman belajar dan juga dapat meningkatkan kompetensi.


Kuota Penerimaan Mahasiswa

Akademik

100

Vokasi

0

Akuntansi

Program Studi Akuntansi UM Cirebon adalah Program Studi di lingkungan UM Cirebon yang mempelajari materi terkait metode pencatatan, penggolongan dan penyusunan laporan keuangan yang berguna untuk membantu pemangku kepentingan dalam proses pengambilan keputusan. Selain belajar dalam membuat laporan keuangan, kamu juga akan dipersiapkan untuk memahami tentang bagaimana penganggaran, perpajakan, auditing, dan sistem keuangan pemerintahan di Indonesia.

Kuliah di Program Studi Akuntansi UM Cirebon akan mempelajari juga laporan keuangan hingga ranah ekonomi lainnya. jenjang Program Studi ini akan memperdalam beberapa materi kuliah yaitu Pengantar Akuntansi, Akuntansi Keuangan Menengah I-II, Akuntansi Keuangan Lanjut I-II dan Teori Akuntansi. Selain itu, akan mendapat mata kuliah pendamping seperti : Manajemen, Statistika, Perpajakan, Sistem Informasi Akuntansi, Auditing, Kewirausahaan, Perekonomian Indonesia, Etika Bisnis dan Profesi, Akuntan Sektor Publik, Akuntan Syariah dan mata kuliah lainnya yang bersinggungan dengan Program Studi ini.

Gizi

Program Studi Gizi UM Cirebon ini bergelar Sarjana Gizi (S.Gz). Gelar ini sesuai dengan kompetensi yang diharapkan dari lulusan yaitu kemampuan untuk: Menguasai dasar dasar ilmiah, substansi dan ketrampilan dalam bidang gizi sehingga mampu mengidentifikasi, memahami, menjelaskan dan merumuskan cara penyelesaian masalah gizi. Menerapkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan di bidang gizi dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat yang sesuai dengan tata kehidupan bersama Mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang gizi sesuai dengan bakatnya dengan berpedoman pada pendidikan sepanjang hayat Berkarya di bidang gizi Membangun kehidupan di masyarakat yang bermoral dan beretika Kurikulum Penyelenggaraan perkuliahan dengan sistem kredit semester (SKS) yang mengacu pada kurikulum organisasi profesi dengan pengelompokkan sebagai berikut: Kelompok Biomedik Kelompok Ilmu Pangan Kelompok Ilmu Gizi Kelompok Ilmu Sosial Kelompok Ilmu Kesehatan Masyarakat Kelompok Riset Diantara Mata Kuliah Wajib Program Studi dan Wajib Institusi adalah: Anatomi, Dasar Ilmu Gizi, Dasar Dietetik, Ilmu Pangan, Dasar-dasar Kulinari, Metabolisme Energi dan Zat Gizi Makro, Analisa Pangan, Dietetika Penyakit Degeneratif, Metabolisme Gizi Ibu Hamil, Epidemiologi Gizi, Pengendalian Mutu Makanan, Imunologi dan Gizi. Serta dikembangkan dengan kurikulum MBKM.

Ilmu Hukum

Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Cirebon secara resmi berdiri pada tanggal 20 Januari 2016 dengan SK Pendirian Nomor 13/KPT/I/2016 yang ditandangani oleh Ibu Ani Nurdiani Azizah, atas prakarsa tokoh dan dukungan dari Rektor Universitas Muhammadiyah Cirebon dan Pengurus Pimpinan Daerah Muhammadiyah baik Kabupaten/Kota Cirebon maupun Pimpinan Pusat dan Wilayah Jawa Barat.

Ilmu Keolahragaan

Program Studi Ilmu Keolahragaan berdiri atas rekomendari Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Bapak Imam Nahrawi pada tanggal 27 Juli 2017 yang tertuang dalam surat rekomendasi nomor 11.1.1/BII/XI/2018 dan berdasarkan surat rekomendasi dari Perkumpulan Program Studi Ilmu Keolahragaan (P2SIKI) nomor : 04/PP.P2SIKI/XI/2018. Dengan dukungan Rektor UMC saat itu, Prof. Dr. Khaerul Wahidin, M.Ag., yang melakukan kunjungan ke Australia dan Inggris untuk melihat perkembangan Sport Science di negara yang menjadi salah satu kiblat sport science dunia. Tingginya kebutuhan tenaga keolahragaan yang kompeten dalam rangka pembangunan
keolahragaan di daerah dan nasional juga menjadi dorongan kuat untuk membuka Program Studi Ilmu Keolahragaan di UMC. Akhirnya pada hari Jum’at tanggal 1 Februari 2019 lahirlah Program Studi Ilmu Keolahragaan UMC dengan Nomor SK Pendirian 36/KPT/I/2019 dari Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Program Studi Ilmu Keolahragaan berada pada Fakultas Ilmu Kesehatan UMC yang merupakan Program Studi ke-3 dari 4 Program Studi yang ada. Program Studi Ilmu Keolahragaan resmi menjadi anggota Perkumpulan Program Studi Ilmu Keolahragaan (P2SIKI) pada tanggal 29 November 2019. Serta mendapatkan status akreditasi pertama pada tanggal 22 Desember 2021 dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT) dengan predikat akreditasi “B

Ilmu Komunikasi

Program studi ilmu komunikasi merupakan program studi yang menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang keilmuan komunikasi.

Ilmu Pemerintahan

Program Studi Ilmu Pemerintahan mempelajari dinamika dalam pemerintahan, permasalahan organisasi, kepemimpinan, manajemen dalam penyelenggaraan lembaga-lembaga pemerintahan: eksekutif, legislatif, yudikatif serta lembaga-lembaga lainnya. Mahasiswa program studi ilmu pemerintahan akan dibentuk untuk bisa menguasai konsep dan juga teori Ilmu Pemerintahan sebagai dasar bertindak ilmiah, baik dalam sikap namun juga dalam mengembangkan Ilmu Pemerintahan. Program Studi ini memiliki ketertarikan untuk terjun ke dunia pemerintahan maupun politik.

Manajemen

Program Studi Manajemen ini mempelajari mengenai bagaimana mengelola suatu perusahaan atau organisasi. Manajemen juga termasuk dalam bidang bisnis dan ekonomi, tetapi lebih terfokus pada kegiatan mengelola, merencanakan, dan mengatur (manajemen) semua proses dalam perusahaan untuk mencapai tujuan

Pendidikan Bahasa Inggris

Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) merupakan universitas Muhammadiyah terbesar di Jawa Barat. UMC memiliki 7 fakultas dengan 24 program studi. Program studi Pendidikan Bahasa Inggris merupakan salah satu dari 24 program studi yang ada di Universitas Muhammadiyah Cirebon. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris didirikan pada tanggal 28 September 2000 berdasarkan SK pendirian nomor 916/D/T/2008. Pendirian program studi Pendidikan Bahasa Inggris ini bertujuan untuk: 1. Menghasilkan lulusan Pendidikan Bahasa Inggris yang profesional dan Islami. 2. Meningkatkan peran serta program studi dalam penelitian di bidang pendidikan Bahasa Inggris untuk menemukan cara-cara meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris. 3. Menghasilkan lulusan Pendidikan Bahasa Inggris yang memiliki kompetensi pedagogik dan memiliki ilmu pengetahuan bahasa Inggris yang berkualitas sehingga mampu berkompetisi dan mengembangkan diri dalam bidangnya serta memberdayakan masyarakat luas. 4. Menghasilkan lulusan pendidikan Bahasa Inggris yang kreatif dan inovatif dalam mengembangkan media dan bahan ajar sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan. 5. Menghasilkan lulusan pendidikan Bahasa Inggris yang berjiwa kewirausahaan sehingga mampu mengembangkan diri, dan mengimplementasikan ilmu pendidikan bahasa Inggris di masyarakat sesuai minat dan kemampuannya.

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Program Studi PG-PAUD UM Cirebon adalah program studi yang mempelajari tata cara mengajar, melatih, membimbing, dan mendidik anak usia dini agar memiliki perkembangan wawasan, karakter, hingga fisik yang baik. Lulusan program studi ini bukan sekadar mengajar menggambar dan menyanyi saja, akan tetapi, mengaplikasikan berbagai cara yang dapat membantu tumbuh kembang anak di golden age-nya.

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Prodi PGSD merupakan program studi yang ada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Cirebon yang berdiri sejak tahun 2012 tepatnya di bulan April 2012 dengan SK Pendirian 12609/D/T/K-IV/2012. Prodi PGSD untuk menentukan profil lulusan dengan 4 standar, yakni sebagai tenaga pendidik, peneliti pemula/asisten peneliti, praktisi dan konsultan pendidikan, dan entrepreneurship. Deskripsi profil lulusan dapat dilihat pada Tabel di bawah ini: Profil Lulusan : 1. Tenaga Pendidik (Tenaga pendidik di tingkat sekolah dasar yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berdasarkan keilmuan, karakter, dan inovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memiliki sikap-sikap sebagai pendidik yang baik dan bertanggungjawab. 2. Peneliti Pemula/Asisten Peneliti (pemula/asisten peneliti yang mampu memecahkan permasalahan Pendidikan serta mampu menghasilkan inovasi yang teruji untuk peningkatan mutu pendidikan di Sekolah Dasar. 3. Praktisi dan Konsultan Pendidikan (Praktisi dan konsultan pendidikan di tingkat satuan pendidikan dasar yang mampu mengelola dan mengevaluasi pendidikan dan pembelajaran, membina ekstra kulikuler, bertanggungjawab dan memahami etika profesi dengan baik di tingkat satuan pendidikan Sekolah Dasar.

Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam

Program Studi Pendidikan IPA UM Cirebon adalah prodi yang mempelajari tentang gambaran alam, dan juga proses terbentuknya sesuatu yang mengenai alam semesta ini, namun berhubung prodi ini passionnya dibidang pendidikan, jadi tidak hanya ilmu alamnya saja yang dipelajari.

Pendidikan Kimia

Program Studi Pendidikan Kimia memiliki profil lulusan ini mengacu pada profil lulusan sarjana pendidikan kimia yang dikeluarkan oleh asosiasi Himpunan Kimia Indonesia (HKI) dan ditambah dengan profil yang menjadi penciri sarjana pendidikan kimia di Universitas Muhammadiyah Cirebon. Profil sarjana pendidikan kimia di Universitas Muhammadiyah Cirebon profil utama dan profil tambahan.

Pendidikan Matematika

Prodi Pendidikan Matematika menentukan profil lulusan berdasarkan kesepakatan (Indonesia Mathematics Educators Society) dan Tracer Study dengan klasifikasi profil pendidikan matematika. 1.   Pendidik Matematika 2.   Praktisi Matematika 3.   Entrepreuneur. Definisi Operasional: 1.   Pendidik Matematika, yaitu orang yg melakukan proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran, bimbingan dan latihan di bidang matematika dengan menguasai Materi Matematika (Content Knowledge), Pedagogik (Pedagogical Knowledge) dan Teknologi (Technological Knowledge). 2.   Praktisi matematika, yaitu pelaksana di sektor pendidikan matematika swasta maupun pemerintah. 3.   Entrepreuneur, yaitu orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menyusun cara baru dalam berproduksi, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, mengatur permodalan operasinya, serta memasarkan.

Tujuan :

Mahasiswa-mahasiswi Program PMM dapat mengenal dan memahami pentingnya menghormati dan menghargai perbedaan budaya, agar dapat hidup bersama secara harmoni. Tujuan lainnya adalah untuk membentuk sikap toleransi dan empati terhadap budaya yang berbeda, serta memupuk rasa persatuan dan kebersamaan melalui pemahaman dan penghargaan terhadap keanekaragaman budaya

Harapan :

Capaian 1: Mahasiswa dapat Mengerti dan memahami makna dan pentingnya keragaman budaya, Serta mengetahui keragaman budaya dalam masyarakat dan memiliki sikap toleran terhadap perbedaan

Capaian 2: Mahasiswa dapat Mengetahui budaya-budaya dari berbagai daerah di Indonesia (khususnya Cirebon-Jawa Barat) dan bagaimana memahami dan menghormati budaya tersebut

Capaian 3: Mahasiswa dapat Memahami bagaimana budaya mempengaruhi perilaku dan sikap seseorang dan masyarakat

Capaian 4: Mahasiswa dapat Mengerti bagaimana budaya dapat berkembang dan beradaptasi dengan budaya lain dan perubahan lingkungan

Kegiatan :
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Telepon : (021) 57946104
Pusat Panggilan ULT DIKTI 126
pmm-01@kemdikbud.go.id
mbkm@kemdikbud.go.id
Jl. Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta 10270