Perguruan Tinggi

pt
041057
Universitas Telkom

Kategori

PTS

Akreditasi

Unggul


Alamat

Jl. Telekomunikasi Terusan Buah Batu Bandung-40257, Jawa Barat, Indonesia, Kec. Dayeuhkolot - Kab. Bandung - Prov. Jawa Barat



Deskripsi

Telkom University bertekad menjadi research and entrepreneurial university yang bermanfaat untuk masyarakat.


Kuota Penerimaan Mahasiswa

Akademik

50

Vokasi

50

Administrasi Bisnis

Program Studi Administrasi Bisnis adalah salah satu program studi di lingkungan Universitas Telkom yang berada di bawah Fakultas Komunikasi & Bisnis. Program Studi ini mulai menjalankan aktivitas belajar mengajar sejak tahun 2008. Program Studi Administrasi Bisnis diproyeksikan untuk menyiapkan calon-calon tenaga ahli di bidang pengelolaan bisnis kontemporer, yang mampu berkiprah di dunia bisnis domestik maupun global, selalu siap dengan antisipasi perubahan, dan mampu memiliki keunggulan berkompetisi sebagai jawaban atas tantangan persaingan bisnis.

Hubungan Masyarakat

Program Studi (Prodi) S1 Hubungan Masyarakat (Humas) merupakan salah satu prodi di lingkungan akademik Fakultas Komunikasi dan Bisnis (FKB), Universitas Telkom. Prodi yang lebih dikenal dengan nama Digital Public Relations ini memiliki konsen terhadap keilmuan humas dan adaptasi digital. Hal ini ditunjukkan melalui kurikulum yang dibangun dimana mata kuliah – mata kuliah yang ditawarkan banyak mengandung muatan tentang strategi kehumasan dan penggunaan data digital. Seluruh mata kuliah pada struktur kurikulum prodi dipersiapkan untuk dapat menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sebagai: public relation officer, digital public relations analyst, dan corporate communication planner.

Metode pembelajaran yang ditawarkan tidak hanya secara teoritis tapi juga mengkombinasikan dari sisi praktis. Sehingga, mahasiswa memiliki pengalaman akademik sekaligus pengalaman praktis terkait kehumasan di era 4.0 khususnya. Hal ini juga ditunjang dengan atmosfer pendidikan yang berakar praktik industri, melalui berbagai aktivitas seperti: company visit, kerja praktik, dan kuliah tamu dari praktisi kehumasan. Selain itu juga terdapat berbagi lab penunjang seperti Lab Digital PR dan Lab Multi Media. Metode pembelajaran diatas telah diadopsi sejak prodi S1 Hubungan Masyarakat resmi didirikan pada tanggal 13 September 2016. Sampai dengan tahun ini Prodi S1 Humas telah memiliki tiga angkatan. Angkatan pertama bergabung pada tahun ajaran 2017, dengan total sebanyak 413 mahasiswa aktif pada ketiga angkatan tersebut.

Ilmu Komunikasi

Program Ilmu Komunikasi mempunyai dua peminatan yaitu peminatan marketing communication dan broadcasting. Sistem pembelajaran dan fasilitas pembelajaran yang lengkap dan berbasis ICT.
Desain kurikulum pembelajaran Program Studi Ilmu Komunikasi dibuat dengan melibatkan praktisi dan akademisi melalui kegiatan Focus Group Discussion (FGD) sehingga kurikulum yang dijalankan sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan industri. Selain menghasilkan lulusan Ilmu Komunikasi yang siap pakai dan dibutuhkan semua industri komunikasi, diharapkan juga mampu menjadikan lulusan yang memiliki jiwa entrepreneur dalam bidang komunikasi karena sudah dibekali pengetahuan dan keahlian yang didapatkan dalam kegiatan pembelajaran kewirausahaan.

Kriya

Program studi Kriya, salah satu program sarjana terbaik di Fakultas Industri Kreatif telah menghasilkan lulusan profesional yang bekerja sebagai praktisi dan pengusaha di industri tekstil dan mode. Untuk mendukung kemampuan siswa dalam mendesain produk tekstil dan fashion yang inovatif berdasarkan budaya Nusantara dengan optimalisasi TIK, dosen dari berbagai disiplin ilmu kerajinan, tekstil, fashion, dengan penambahan seni dan bisnis baru akan memandu melalui seluruh proses menjadi calon. desainer di masa depan. Lebih jauh, sifat kreatif kreativitas sangat dianjurkan bagi siswa dari departemen kerajinan, tekstil, dan mode untuk bersaing sebagai pemimpin global dengan mempelajari dan membangun jaringan langsung dari industri tekstil dan mode terkemuka.

Manajemen

Manajemen Bisnis di Telekomunikasi dan Informatika (MBTI) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Telkom selalu berkomitmen pada peningkatan dan penyebaran informasi serta komitmen kami untuk mencapai layanan pendidikan sehubungan dengan visi dan misi kami. MBTI adalah salah satu program studi terbaik di Universitas Telkom dengan banyak prestasi. MBTI selalu mencari kreativitas dan inovasi dalam pengembangan organisasi, sumber daya manusia dan kurikulum untuk memenuhi kebutuhan industri dan pemangku kepentingan.

Program studi MBTI selalu tumbuh secara progresif dan bekerja sama dengan universitas negeri dan swasta lainnya di Indonesia dan luar negeri, dunia industri dan pemerintah, baik dalam bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Program MBTI juga sangat berkomitmen dalam membentuk karakter sarjana profesional.

Teknik Telekomunikasi

Program Studi S1 Teknik Telekomunikasi adalah program studi yang mempelajari rekayasa di bidang telekomunikasi. Ruang lingkup rekayasa meliputi aspek-aspek yang terkait dengan teknologi, protokol, layanan, desain dan teknik pengiriman informasi broadband. Agar dapat bersaing dimasa yang akan datang, mahasiswa dibekali pula dengan wawasan kemandirian, kewirausahaan serta kerjasama tim antardisiplin ilmu agar dapat berkompetisi, berkarya, berkontribusi dan mengembangkan diri di komunitas professional. Kurikulum pendidikan di Prodi S1 Teknik Telekomunikasi didesain selama 4 tahun dan mengacu pada kurikulum berbasis Outcome Based Educatiom (OBE).

Teknologi Informasi

Program Studi Teknologi Informasi menitik beratkan pada penguasaan ilmu pengetahuan yang lebih difokuskan pada penerapan Teknologi Informasi khususnya pada bidang Internet of Things dan Cybersecurity

D3 Manajemen Pemasaran

Program Studi D3 Manajemen Pemasaran merupakan program studi yang menjalankan pendidikan vokasi di bidang Manajemen Pemasaran. Para peserta didik pada program studi ini dibekali dengan berbagai jenis pengetahuan, keahlian dan kemampuan yang akan membentuk kompetensi mereka di bidang Manajemen Pemasaran, seperti: Strategi Pengembangan Produk, Teknik Penetapan Harga, Penentuan Distribusi Produk, Teknik Komunikasi Pemasaran, Perilaku Konsumen, Riset Pemasaran dan Layanan Konsumen. Disamping itu, terdapat mata kuliah pendukung yang dapat meningkatkan kompetensi maupun daya saing lulusan, yaitu: Literasi TIK, Bahasa Inggris, Aplikasi Perkantoran, Desain Grafis dan Kewirausahaan. Dibandingkan dengan program studi sejenis lain, aspek Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan penciri utama program studi ini. Oleh karena itu, para peserta didik juga akan memperoleh berbagai kajian mengenai pemanfaatan TIK di bidang Manajemen Pemasaran. Program studi ini didirikan atas tingginya kebutuhan industri akan lulusan ahli madya Manajemen Pemasaran yang profesional dan berintegritas tinggi. Pendidikan vokasi sendiri mengandung arti bahwa pendidikan yang diselenggarakan diarahkan pada penguasaan dan pengembangan keahlian yang dapat diterapkan secara langsung di dunia kerja, sehingga lulusan program studi diharapkan dapat dengan mudah diserap oleh industri.

D3 Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi

VISI
Menjadi Program Studi Diploma yang mampu menyelenggarakan program pendidikan vokasi dan berwawasan kewirausahaan di bidang rekayasa perangkat lunak aplikasi serta berperilaku berkarya dan berkehidupan bermasyarakat yang baik.

MISI
Menyelenggarakan program Pendidikan sesuai kebutuhan industri yang berkualitas pada bidang rekayasa perangkat lunak aplikasi yang berstandar internasional.
Menyelenggarakan pendidikan berbasis kompetensi kewirausahaan pada bidang rekayasa perangkat lunak aplikasi.

D3 Teknologi Komputer

Prodi D3 Teknologi Komputer adalah prodi vokasi yang memiliki keunggulan pada bidang kompetensi Internet of Things, Embedded System, Robotika, dan Network Engineering. Mahasiswa dapat bergabung dengan komunitas mahasiswa di bidang ini untuk dibina untuk meningkatkan kompetensi dan juga terbiasa dengan kultur vokasi yang berorientasi pada inovasi dan pengembangan produk. Berbagai macam kompetisi mahasiswa di dalam dan luar negeri telah diikuti oleh mahasiswa D3 TK dan memberikan prestasi.

D3 Teknologi Telekomunikasi

Visi
Menjadi program vokasi unggul dalam riset terapan dan kewirausahaan pada tahun 2023 yang berperan aktif dalam pengembangan teknologi terapan di Bidang Telekomunikasi Broadband.

Misi
Menyelenggarakan pendidikan vokasi di bidang teknologi telekomunikasi dan menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan profesionalisme dalam bidang Telekomunikasi Broadband.
Mengembangkan, menyebarluaskan, dan menerapkan teknologi terapan, di bidang teknologi telekomunikasi broadband yang diakui oleh industri berstandar internasional.
Menghasilkan karya terapan di bidang teknologi telekomunikasi broadband yang berorientasi pada kebutuhan industri dan masyarakat.
Mengembangkan kerjasama dengan industri dan masyarakat nasional dan internasional.
Mengembangkan keterampilan untuk menjadi technopreneur yang mampu mengembangkan usaha secara mandiri.

Tujuan :

Mahasiswa PMM memahami pentingnya mengolah rasa, pikiran dan tindakan untuk bergerak secara proaktif dalam mewujudkan tujuan mulia dalam keberagaman dan menghasilkan kreativitas dan inovasi melalui aksi-aksi yang impresif

Harapan :

Mahasiswa PMM mampu meningkatkan pemahaman tentang keragaman dan persaudaraan serta pentingnya membangun sinergi menjaga kehamonisan melalui sikap toleran dan empati

Kegiatan :

Tujuan :

Mahasiswa memahami pentingnya sifat inklusif dan fikiran terbuka untuk menerima keberagaman, berusaha untuk menumbuhkannya, serta menjadikan keberagaman sebagai nilai kompetitif dan pemersatu bangsa

Harapan :

Mahasiswa mampu meningkatkan pemahaman tentang sifat inklusif dan fikiran terbuka untuk menerima keberagaman

Kegiatan :
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Telepon : (021) 57946104
Pusat Panggilan ULT DIKTI 126
pmm-01@kemdikbud.go.id
mbkm@kemdikbud.go.id
Jl. Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta 10270