Perguruan Tinggi

pt
072005
IKIP Budi Utomo

Kategori

PTS

Akreditasi


Alamat

Jl Simpang Arjuna No 14-B Malang, Kec. Klojen - Kota Malang - Prov. Jawa Timur



Deskripsi

IKIP Budi Utomo Malang berdiri tahun 1984 . Kehadiran perguruan IKIP Budi Utomo Malang ini bersamaan dengan semakin tingginya kebutuhan terhadap guru yang profesional. Saat ini IKIP Budi Utomo Malang satu-satunya perguruan tinggi berbasis kependidikan dan keguruan di Malang Raya.


Kuota Penerimaan Mahasiswa

Akademik

600

Vokasi

0

Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia

Menjadi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang unggul, sehat, dan berbudiutama.
Misi
1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan dan pembelajaran di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang unggul, sehat, dan berbudiutama.
2. Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang unggul dan bermanfaat dalam kerangka pengembangan pendidikan dan pembelajaran yang berbudiutama.
3. Menyelenggarakan dan memperluas pengabdian kepada masyarakat di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia untuk mewujudkan insan yang berbudiutama.
4. Meningkatkan dan menciptakan pengelolaan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang sehat (mandiri, berkelanjutan, terjamin) dan berbudiutama.

Deskripsi Profil Lulusan
1. Menghasilkan pendidik yang berbudiutama, berkompeten, terampil, kreatif, dan inovatif untuk mengelola pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dengan memanfaatkan kearifan lokal dan teknologi.
2. Menghasilkan peneliti yang berbudiutama, berkompeten, terampil meneliti, mengembangkan, dan memublikasikan hasil penelitian bidang bahasa dan sastra Indonesia, dan pembelajarannya dalam forum ilmiah nasional dan internasional.
3. Menghasilkan wirausahawan yang berbudiutama berkompeten dan terampil merancang serta mengembangkan usaha bidang bahasa dan sastra Indonesia, dan pembelajarannya yang inovatif, kreatif, dan bernilai tambah dengan memanfaatkan kearifan lokal dan teknologi.
4. Menghasilkan kreator konten yang berbudiutama berkompeten dan terampil mengkreasikan dan memublikasikan konten di bidang bahasa, sastra Indonesia, dan pembelajaranya yang inovatif, kreatif, bernilai tambah dengan memanfaatkan kearifan lokal dan teknologi.

Pendidikan Bahasa Inggris

Menjadi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Unggul, Berjati diri kebudiutamaan, bertata kelola sehat, dengan Reputasi Internasional

Misi
1. Menyelenggarakan pembelajaran Inovatis dan adaptif berbasis teknologi informasi (IT) yang unggu,sehat dan berbudiutama dengan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat (stakeholder).
2. Meningkatkan penelitian dosen dan mahasiswa yang unggul dan bermanfaat dalam bidang pendidikan dan pengajaran bahasa Inggris.
3. Meningkatkan keikutsertaan dosen dan mahasiswa dalam pengabdian kepada masyarakat berbasis potensi yang menjungjung tinggi kemandirian, kemanfaatan dan kepedulian.
4. Meningkatkan dan menciptakan Program Studi yang unggul, sehat (mandiri, berkelanjutan, terjamin dan berbudiutama).

Deskripsi Profil Lulusan
1. Pendidik Bahasa Inggris yang professional, kreatif, inovatif dan Berbudi Utama, serta mampu menerapkan IPTEK
2. Wirausahawan yang kompetitif dan cakap membaca peluang dan mengembangkan lapangan pekerjaan sesuai dengan bidang studi Bahasa Inggris.
3. Peneliti yang berperan aktif mengembangkan keilmuan dan terapan pendidikan bahasa Inggris dengan memanfaatkan IPTEK dan memiliki etika akademik.
4. Praktisi pendidikan yang professional, kompetitif, dan berwawasan global dalam mengembangkan pendidikan.
5. Praktisi bidang pariwisata yang berbudi utama , kompetitif dan terampil mempromosikan potensi dan kearifan lokal daerah yang mengacu pada sistem pengelolaan yang baik.

Pendidikan Biologi

Menjadi Program Studi Pendidikan Biologi yang unggul, sehat, dan berbudiutama..

Misi
1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan dan pembelajaran dibidang Pendidikan Biologi yang unggul, sehat, dan berbudiutama.
2. Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian di bidang Pendidikan Biologi yang unggul dan bermanfaat dalam kerangka pengembangan pendidikan dan pembelajaran yang berbudiutama.
3. Menyelenggarakan dan memperluas pengabdian kepada masyarakat di bidang Pendidikan Biologi untuk mewujudkan insan yang berbudiutama.
4. Meningkatkan dan menciptakan pengelolaan Program Studi Pendidikan Biologi yang sehat (mandiri, berkelanjutan, terjamin) dan berbudiutama.

Deskripsi Profil Lulusan
1. Pendidik Biologi yang berbudiutama, mampu melaksanakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif, memiliki penguasaan materi Biologi yang baik, memiliki kemampuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) untuk mengikuti perkembangan ilmu Biologi dan pembelajarannya, dengan memanfaatkan kearifan lokal.
2. Pengusaha yang berbudiutama, mampu merancang dan mengembangkan usaha di bidang pendidikan biologi dan biologi yang inovatif, kreatif, bernilai tambah, serta memanfaatkan kearifan lokal.
3. Asisten peneliti pendidikan Biologi yang berbudiutama, yang mampu mengkaji permasalahan pendidikan Biologi, mengembangkan dan mempublikasikan hasil penelitian dalam forum ilmiah.

Pendidikan Ekonomi

”Menjadi Program Studi Pendidikan Ekonomi Yang Unggul, Berjati diri Kebudiutamaan, Bertata kelola sehat, dengan Reputasi Internasional”

Misi
1. Menumbuh kembangkan tradisi akademik, khususnya dalam penelitian dan publikasi ilmiah, baik untuk mahasiswa dan lebih-lebih untuk dosen.
2. Mendorong dan mengorganisasikan program pengabdian pada masyarakat secara akademik dan melembaga dalam bentuk pelayanan masyarakat, pendidikan masyarakat, dan pembedayaan masyarakat.
3. Memberi pelayanan akademik dan administratif sebaik mungkin kepada seluruh civitas akademika yang membutuhkan.
4. Menyelenggarakan program kerjasama dan kemitraan dengan lembaga pemerintah, satuan pendidikan, dunia usaha dan industri, dan organisasi kemasyarakatan, baik dalam jenjang nasional maupun internasional.
5. Mengintegrasikan nilai-nilai jati diri kebudiutamaan baik dalam kegiatan pengelolaan, pelayanan, pendidikan, penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat

Deskripsi Profil Lulusan
1. Pendidik dan fasilitator pembelajaran, memiliki kemampuan menggunakan teknologi informasi untuk mengikuti perkembangan ilmu dan pembelajaran pendidikan ekonomi yang berbudiutama, kreatif, inovatif, serta memiliki penguasaan materi pendidikan ekonomi, menguasai prinsip-prinsip dasar mengajar pada tiap jenjang atau satuan pendidikan (SLTP atau SLTA).
2. Asisten peneliti yang responsive pada dinamika IPTEK, berbudiutama, mampu menganalisis, mengembangkan karya inovatif dalam permasalahan pendidikan ekonomi, serta mampu mempublikasikan hasil penelitian dalam artikel forum ilmiah, maupun dalam artikel jurnal.
3. Tenaga professional non pendidik yang berbudiutama, mampu bekerja dengan tim yang memiliki latarbelakang berbeda-beda, serta bertanggung jawab terhadap pekerjaan dan hasil kerja tim.
4. Wirausaha atau pengelola bisnis yang berbudiutama, mempunyai ide-ide yang kreatif dan inovatif, memiliki kemampuan manajemen bisnis yang baik, menguasai teknologi digital ekonomi, serta mampu beradaptasi, dan bersaing dengan kompetitor-kompetitor yang ada.
5. Pengelola lembaga pendidikan yang berbudiutama, memiliki kemampuan manajemen yang baik, memiliki jiwa kepemimpinan, bertanggung jawab terhadap tugas dan tim kerjanya. Adaptif terhadap dinamika pendidikan ekonomi dan teknologi pendidikan secara umum.

Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi

Menjadi Program Studi Pendidikan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi yang Unggul, Sehat dan Berbudiutama dengan mengacu pada konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

Misi
1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan dan pembelajaran dibidang Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi yang unggul, sehat, dan berbudiutama mengacu pada Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).
2. Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian di bidang Pendidikan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi yang unggul dan bermanfaat dalam kerangka pengembangan pendidikan dan pembelajaran yang berbudiutama
3. Menyelenggarakan dan memperluas pengabdian kepada masyarakat di bidang Pendidikan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi untuk mewujudkan insan yang berbudiutama.
4. Meningkatkan dan menciptakan pengelolaan Program Studi Pendidikan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi yang sehat (mandiri, berkelanjutan, terjamin) dan berbudiutama
5. Memperluas kerjasama tingkat Nasional dan Internasional untuk menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat sebagai kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Profil Lusan
1. Pendidik Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
2. Widyaiswara/ Tutor PJOK
3. Instruktur PJOK
4. Sport Enterpreneur

Pendidikan Matematika

Menjadi Program Studi Pendidikan Matematika yang unggul, sehat, dan berbudiutama dengan mengedepankan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

Misi
1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan dan pembelajaran dibidang Pendidikan Matematika yang unggul, sehat, dan berbudiutama.
2. Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian di bidang Pendidikan Matematika yang unggul dan bermanfaat dalam kerangka pengembangan pendidikan dan pembelajaran yang berbudiutama.
3. Menyelenggarakan dan memperluas pengabdian kepada masyarakat di bidang Pendidikan Matematika untuk mewujudkan insan yang berbudiutama.
4. Meningkatkan dan menciptakan pengelolaan Program Studi Pendidikan Matematika yang sehat (mandiri, berkelanjutan, terjamin) dan berbudiutama.

Deskripsi Profil Lulusan
1. Pendidik Matematika yang berbudiutama, mampu melaksanakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif, memiliki penguasaan materi Matematika yang baik, memiliki kemampuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) untuk mengikuti perkembangan ilmu Matematika dan pembelajarannya, dengan memanfaatkan kearifan lokal.
2. Pengusaha yang berbudiutama, mampu merancang dan mengembangkan usaha di bidang pendidikan Matematika dan Matematika yang inovatif, kreatif, bernilai tambah, serta memanfaatkan kearifan lokal.
3. Asisten peneliti pendidikan Matematika yang berbudiutama, yang mampu mengkaji permasalahan pendidikan Matematika, mengembangkan dan mempublikasikan hasil penelitian dalam forum ilmiah.

Pendidikan Sejarah Dan Sosiologi

Menjadi program studi pendidikan sejarah dan sosiologi yang unggul, berjati diri kebudiutamaan, bertata kelola sehat dengan bereputasi internasional pada tahun 2026.

Misi
1. Mengembangkan sistem pendidikan dan pembelajaran sejarah dan sosiologi berorientasi cakap digital dalam penguatan kompetensi keilmuan pendidikan.
2. Menghasilkan mahasiswa pendidikan sejarah dan sosiologi berjati diri kebudiutamaan yang memiliki internalisasi nilai dan kepekaan sosial dalam kehidupan bermasyarakat.
3. Menciptakan tata kelola sehat program studi pendidikan sejarah dan sosiologi dalam menjalankan tri dharma perguruan tinggi, sehingga menghasilkan mahasiswa yang memiliki keahlian dan daya saing di bidangnya.

Deskripsi Profil Lulusan
1. Menghasilkan pendidik yang berbudiutama dan fasilitator pembelajaran yang kreatif dan inovatif dengan penguasaan materi Sejarah dan sosiologi, memiliki kemampuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) untuk mengikuti perkembangan kemajuan zaman serta mampu memanfaatkan kearifan lokal.
2. Menghasilkan profesi yang memberikan bimbingan, penerangan dan petunjuk tentang objek-objek sejarah dan wisata serta segala informasi yang diperlukan berkaitan dengan objek sejarah dan wisata tersebut.
3. Menghasilkan penulis yang dapat mempublikasikan unsur-unsur kesejarahan dan memiliki kesadaran serta kearifan lokal.

Tujuan :

Mahasiswa peserta modul nusantara diharapkan berpartisipasi aktif membangun karakter persatuan dan kesatuan dalam beragam kegiatan sebagai warisan bangsa serta mengaplikasikan karakter anti kekerasan dalam kehidupan bermasyarakat

Harapan :

Mahasiswa memahami keberagaman seni budaya dan kuliner khas sebagai warisan bangsa dengan tetap menjaga persatuan dalam keberagaman

Kegiatan :

Tujuan :

Mahasiswa peserta modul nusantara memperoleh pemahaman tentang sikap toleransi di masyarakat yang berwawasan kebangsaan, dan mengembangkan kreativitas potensi lokal dan seni budaya, serta  berpartisipasi aktif dalam memerangi anti kekerasan 

Harapan :

Mahasiswa mampu memiliki pemahaman tentang sikap toleransi di masyarakat yang berwawasan kebangsaan, dan mengembangkan kreativitas potensi lokal dan seni budaya, serta  berpartisipasi aktif dalam memerangi anti kekerasan di masyrakat

Kegiatan :

Tujuan :

Mahasiswa peserta modul Nusantara meningkatkan pemahaman tentang membangun kerukunan dalam keragaman berwawasan kebangsaan, produktivitas dan kreativitas terhadap seni, tradisi, keindahan alam, dan kebudayaan lokal, dengan cara  memajukannya ke tingkat  nasional dan internasional

Harapan :

Mahawiswa mengalami peningkatan pemahaman tentang cara merawat dan memajukan keindahan tradisi, seni, potensi, dan kearifan lokal

Kegiatan :

Tujuan :

Mahasiswa Peserta Modul Nusantara meningkatkan pemahaman yang lebih luas tentang membangun kerukunan dalam keragaman berwawasan kebangsaan produktivitas dan kreativitas potensi lokal dan seni budaya, serta wisata alam dan inspirasi memajukan potensi alam desa menjadi pariwisata lokal dan internasional

Harapan :

Mahasiswa memiliki peningkatan sikap toleransi, perilaku yang menghargai keragaman, produktivitas dan kreativitas kekayaan lokal, dan seni budaya untuk berpartisipasi aktif membangun pemajuannya berwawasan nasional dan Internasional

Kegiatan :

Tujuan :

Mahasiswa peserta modul Nusantara meningkatkan pemahaman tentang membangun kerukunan dalam keragaman berwawasan kebangsaan, produktivitas dan kreativitas terhadap seni, tradisi, keindahan alam, dan kebudayaan lokal, dengan cara  memajukannya ke tingkat  nasional dan internasional

Harapan :

Mahasiswa memperoleh peningkatan pemahaman tentang cara warga Malang merawat kerukunan dan gotong royong untuk hidup damai dan sejahtera berwawasan kebangsaan dan global

Kegiatan :

Tujuan :

Mahasiswa peserta modul Nusantara meningkatkan pemahaman tentang membangun kerukunan dalam keragaman berwawasan kebangsaan, produktivitas dan kreativitas terhadap seni, tradisi, keindahan alam, dan kebudayaan lokal, dengan cara  memajukannya ke tingkat  nasional dan internasional

Harapan :

Mahawiswa mengalami penngkatan pemahaman tentang cara merawat dan memajukan keindahan tradisi, seni, potensi, dan kearifan lokal

Kegiatan :

Tujuan :

Mahasiswa - mahasiswi Program PMM3 mampu berpartisipasi aktif dalam memahami Kearifan lokal (Local Wisdom) melalui kegiatan lawatan Sejarah, Budaya, termasuk memahami keberagaman masyarakat. Selain itu, mahasiswa - mahasiswi Program PMM3 mampu membekali diri sebagai modal jangka panjang terkait wawasan Industri usaha kreatifitas yang berkembang pesat di Malang Raya.

Harapan :

Mahasiswa meningkatkan pengenalan dan pemahaman tentang Sejarah Lokal Malang Raya dalam budaya dan kesenian Malang Raya

Kegiatan :
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Telepon : (021) 57946104
Pusat Panggilan ULT DIKTI 126
pmm-01@kemdikbud.go.id
mbkm@kemdikbud.go.id
Jl. Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta 10270