Perguruan Tinggi

pt
071035
Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi

Kategori

PTS

Akreditasi

B


Alamat

Jalan Adi Sucipto No 26, Kec. Banyuwangi - Kab. Banyuwangi - Prov. Jawa Timur



Deskripsi

Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Banyuwangi merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang didirikan pada tahun 1980 di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Untag Banyuwangi mengelola 6 Fakultas, yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Pertanian dan Perikanan, dan Fakultas Teknik. Untag Banyuwangi sebagai lembaga Pendidikan tinggi dituntut untuk dapat menjalankan amanat UUD 1945 yaitu pemerataan yang berkeadilan dalam memperoleh pendidikan tinggi yang bermutu dan relevan dengan kepentingan masyarakat. Selain itu Untag Banyuwangi sebagai Pendidikan Tinggi berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, mengembangkan civitas akademika yang inovatif, rensponsif, kreatif, terampil, berdaya saing, dan kooperatif melalui pelaksanaan tridharma, dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai yang diamanatkan dalam UU No. 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Sebagaimana tertulis dalam statuta Untag Banyuwangi, visi Untag Banyuwangi tahun 2045 adalah “Perguruan Tinggi Unggul dalam Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi, Berbasis IPTEK dan Budaya serta Berjiwa Kebangsaan”. Mengacu pada visi Untag Banyuwangi 2045 tersebut, pengembangan Untag Banyuwangi dalam kurun waktu 2020 – 2025 diarahkan pada pencapaian visi Untag Banyuwangi 2025 yaitu pada tahun 2025 “Menjadi Perguruan Tinggi Pembelajaran yang Unggul, berbasis IPTEK dan budaya serta berjiwa kebangsaan”. Pengembangan Untag Banyuwangi lima tahun kedepan dituangkan dalam Rencana Strategis (Renstra) 2020 – 2025 yang didasarkan pada rumusan visi, misi, dan tujuan Untag Banyuwangi. Renstra Untag Banyuwangi 2020 – 2025 mengacu pada Rencana Induk Pengembangan (RIP) Untag Banyuwangi tahun 2020 – 2045 menuju Entrepreneural University. Berdasarkan rumusan visi sebagai perguruan tinggi penyelenggara pendidikan tinggi berarti Untag Banyuwangi harus tetap mengedepankan kualitas penyelenggaraan Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dapat melampaui SNPT. Untag Banyuwangi juga melaksanakan program Perguruan Tinggi (Untag Banyuwangi) untuk mencapai standar minimum Peguruan Tinggi (Untag Banyuwangi) yang ditetapkan, dimana aspek Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat masing-masing dirancang bersinergi dan berkontribusi saling memperkuat peran.Arah kebijakan Untag Banyuwangi dilaksanakan dengan saling mensinergikan sumberdaya yang ada di Untag Banyuwangi, dilaksanakan dengan skala prioritas, pentahapan secara sistematis, terprogram dan berkelanjutan, serta jejaring kemitraan yang saling menguntungkan. Adapun strategi kebijakan Untag Banyuwangi adalah sebagai berikut: 1) Mengembangkan dan meningkatkan kualitas kurikulum dan proses pembelajaran berbasis keunikan lokal. 2) Meningkatkan kualitas sarana, dan prasarana guna mendukung kegiatan tridharma.3) Penataan kelembagaan Salah satu indikator kinerja utama perguruan tinggi yang unggul. 4) Meningkatkan Hasil penelitian sebagai pendukung proses pembelajaran Standar hasil penelitian merupakan kriteria minimal tentang mutu hasil penelitian. 5) Peningkatan kualitas pengabdian kepada masyarakat.
Kurikulum pendidikan tinggi merupakan program untuk menghasilkan lulusan, sehingga program tersebut seharusnya menjamin agar lulusannya memiliki kualifikasi yang setara dengan kualifikasi yang disepakati dalam KKNI. Sedangkan pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) rumusan capaian pembelajaran lulusan tercakup dalam salah satu standar yaitu Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Masa kini pengembangan kurikulum juga harus merujuk Kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka ini sesuai dengan Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.


Kuota Penerimaan Mahasiswa

Akademik

100

Vokasi

0

S-1 Administrasi Publik

• VISI  Menghasilkan lulusan di bidang Ilmu Administrasi Publik yang unggul di Indonesia dan berwawasan kebangsaan
• MISI
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian pada masyarakat yang berkualitas di bidang ilmu administrasi publik serta menciptakan atmosfer akademis yang kondusif dan berwawasan kebangsaan.
2. Mendidik mahasiswa menjadi lulusan yang unggul, mandiri, berbudaya, inovatif, dan adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta berjiwa kewirausahaan.
3. Menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang organisasi, manajemen, kebijakan publik, dan berwawasan kebangsaan serta mampu bersaing di tingkat nasional.
4. Mengembangkan kemitraan secara berkesinambungan dengan berbagai pihak.

Profil Lulusan Administrasi Publik
1. Administrastor Publik
2. Birokrat
3. Analis Kebijakan Publik
4. Pekerja lapangan di organisasi nirlab

S-1 Agroteknologi

VISI PROGRAM STUDI AGROTEKNOLOGI
Program studi unggul dan berdaya saing di bidang pertanian yang berkelanjutan serta berwawasan kebangsaan pada tahun 2026

MISI PROGRAM STUDI AGROTEKNOLOGI
1. Melaksanakan pendidikan tingkat sarjana dengan kurikulum yang berkualitas di bidang pertanian berkelanjutan dan relevan dengan kebutuhan stakeholder serta berwawasan kebangsaan
2. Menyelenggarakan penelitian di bidang Ipteks pertanian berbasis teknologi berkelanjutan yang berkualitas
3. Melakukan pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat dalam melalui pendekatan kewirausahaan
4. Meningkatkan kemampuan sumberdaya manusia dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Rumusan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang dinyatakan dalam Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
1.1 Profil Lulusan
a. Profil Lulusan
Profil lulusan diperoleh dari analisis kebutuhan pasar dan pemangku kepentingan /stakeholder (yang terdiri dari perusahaan yang bergerak di bidang pertanian, perbankan, dinas pertanian) Tracer study, persatuan alumni dan disesuaikan dengan visi misi prodi, fakultas dan universitas. profil lulusan Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian dan Perikanan Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi adalah
NOMOR PROFIL LULUSAN
1 Manajer (Teknisi, Analis)
2 Pelaku bidang Pertanian (Birokrat, Teknokrat, Pengambil Kebijakan)
3 Enterpreneur
4 Komunikator (fasilitator, matovator, mediator)

S-1 Akuntansi

Profil Program Studi Akuntansi FE-UNTAG Banyuwangi
Akuntansi adalah proses mencatat, mengklasifikasikan, mengkalkulasikan informasi transaksi finansial entitas serta menyampaikannya kepada pihak pengguna, baik internal entitas (manajer) ataupun eksternal entitas (pemegang saham, calon investor, dll). Dalam ilmu akuntansi dihadapkan pada perhitungan jurnal, neraca, buku besar, rekonsiliasi bank, hutang piutang, konsolidasi, dan lain-lain. Dalam akuntansi terdapat beberapa sub-bidang seperti Akuntansi Keuangan, Akuntansi Manajemen, Sistem Informasi Akuntansi, Auditing, Akuntansi Sektor Publik dan Perpajakan.
Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki etika, sikap, pengetahuan di bidang akuntansi. Disamping itu adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan yang harus dimiliki, diantaranya ilmu akuntansi, keuangan, manajemen, dan ilmu pengetahuan lainnya, pengetahuan mengenai kegiatan bisnis dan pengorganisasian, serta pengetahuan dan kompetensi di bidang teknologi informasi. Gelar yang diperoleh untuk para lulusan adalah Sarjana Akuntansi (S. Ak).
Sebagai pendukung tercapainya profil lulusan Prodi Akuntansi UNTAG Banyuwangi menjalin kerjasama dengan Kantor Pelayanan Pajak Pratama dengan terselenggaranya pelatihan yang diberikan kepada mahasiswa, serta adanya Tax Center sebagai wadah perwakilan dari Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Timur III dan juga tempat pelatihan bagi mahasiswa dalam mempelajari pajak dan melayani masyarakat terkait perpajakan. Untuk menunjang kemampuan mahasiswa, prodi memasukkan mata kuliah Perpajakan, Akuntansi Sektor Publik, Kebijakan Keuangan Publik, Perencanaan Pajak, Pengauditan Sektor Publik, Akuntansi Pemerintahan dan Sertifikasi Perpajakan ke dalam kurikulum.

Profil Lulusan Program Studi Akuntansi FE-UNTAG Banyuwangi
a) Accounting
b) Akuntan Publik
c) Akuntan Pendidik
d) Konsultan
e) Wirausahawan

S-1 Hukum

Visi
Visi Program Studi Hukum, Fakultas Hukum, Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi adalah “Menghasilkan Sarjana Hukum yang unggul, berdaya saing global, dan berjiwa kebangsaan pada tahun 2024.”
Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat di bidang hukum yang berkesinambungan dengan selalu mengikuti perkembangan hukum yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.
2. Meningkatkan kualitas proses pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang bermoral dan berintegritas, peka akan masalah-masalah keadilan dan kemasyarakatan, serta memiliki kompetensi akademik dan professional, yang mempunyai daya saing global.
3. Membekali dengan praktek hukum untuk meningkatkan kemampuan, kecakapan menganalisis dan memecahkan permasalahan hukum di masyarakat (The Power of Legal Problem Solving).
4. Meningkatkan kesadaran dan keinginan terhadap perubahan ilmu pengetahuan hukum dan teknologi serta peningkatan karakter.

S-1 Ilmu Perikanan

Visi
Program studi ungguldan berdaya saing di bidang perikanan yang berkelanjutan dan berwawasan kebangsaan pada tahun 2022

Misi
1. Menjalankan pendidikan mahasiswa tingkat sarjana yang unggul, mandiri serta memiliki kemampuan perikananyang berkelanjutan dan berwawasan kebangsaan.
2. Menjalankan kegiatan penelitian Ipteks dibidang perikanan yang berkelanjutan.
3. Melakukan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang perikanan dengan pemberdayaan melalui pendekatan kewirausahaan.
4. Meningkatkan kemampuan dosen terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.


Profil Lulusan
Terdapat 4 profil lulusan program studi Ilmu Perikanan, Fakultas Pertanian dan Perikanan, Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi sebagai berikut:
1. Manajer (Teknisi, Analis);
2. Pelaku bidang Perikanan (Birokrat, Teknokrat, Pengambil Kebijakan);
3. Wirausahawan Perikanan;
4. Komunikator (Fasilitator, Motivator, Mediator, Penyuluh, Konsultan)

S-1 Manajemen

Visi Fakultas Ekonomi
Menjadi Fakultas Ekonomi yang unggul, adaptif terhadap perkembangan ilmu
pengetahuan, sumber informasi bagi masyarakat dalam bidang manajemen dan
akuntansi melalui pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi berdasarkan kejujuran, etika,
nasionalisme dan wawasan kebangsaan di Indonesia pada tahun 2019.
RENSTRA FAKULTAS EKONOMI Banyuwangi 2015-2019 15
C. Misi Fakultas Ekonomi
1. Menyelenggarakan pendidikan dibidang Ilmu Manajemen dan Ilmu Akuntansi berbasis
kemandirian dan inovasi ditunjang dengan tata kelola dan penjaminan mutu yang baik.
2. Menyelenggarakan penelitian yang berorientasi pada ilmu ekonomi manajemen, dan
akuntansi secara konsisten dan berkualitas.
3. Menyelenggarakan berbagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat, yang
menunjang penerapan Ilmu Manajemen dan Akuntansi bagi masyarakat Indonesia.
4. Memperbaharui kurikulum secara periodik sesuai dengan tuntutan pemangku
kepentingan lokal, nasional dan global.
5. Menciptakan atmosfir akademis yang kondusif dengan mengedepankan kejujuran
akademis, etika, kedisiplinan, menghargai perbedaan dan keragaman yang
berlandaskan pada wawasan kebangsaan

S-1 Pendidikan Bahasa Inggris

Visi:
Menjadi Program Studi yang unggul dalam penyelenggaraan Pendidikan Bahasa Inggris serta taat azas dan berwawasan kebangsaan.

Misi:
1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan serta pengajaran untuk mencetak tenaga pendidik bahasa Inggris yang profesional dan mengikuti perkembangan ilmu kependidikan yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.
2. Melaksanakan penelitian dan diseminasi hasil penelitian baik di tingkat nasional dan internasional di bidang pendidikan dan pembelajaran bahasa Inggris untuk menghasilkan inovasi pengajaran dan pembelajaran.
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan dan pembelajaran Bahasa Inggris.
4. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran kewirausahaan bidang pendidikan bahasa Inggris dan pariwisata.
5. Mengembangkan jaringan kerjasama dengan stakeholders dan lembaga lain di bidang penelitian, pendidikan, dan pembelajaran bahasa Inggris baik nasional maupun internasional secara berkelanjutan.
6. Mengembangkan pendidikan yang berkarakter dan taat azas yang menerapkan wawasan kebangsaan dan nilai-nilai Pancasila.

Profil Lulusan:
1. Pendidik Bahasa Inggris
Pendidik yang dapat menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan dan pengajaran bahasa Inggris yang professional dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di tingkat sekolah menengah umum dan kejuruan

2. Peneliti Pendidikan Bahasa Inggris
Peneliti pemula yang mampu melaksanakan penelitian sesuai dengan prosedur penelitian mendiseminasikan hasil penelitiannya di bidang pendidikan dan pembelajaran bahasa Inggris untuk menghasilkan inovasi pengajaran dan pembelajaran dengan menemukan dan menganalisis topik permasalahan dalam pembelajaran bahasa Inggris, menguasai prinsip-prinsip dan metode penelitian, menerapkan prinsip dan metode tersebut dalam melakukan penelitian, serta melaporkan hasil penelitiannya dengan senantiasa berupaya untuk memanfaatkan teknologi informasi dan menjunjung tinggi nilai-nilai etika penelitian dan etika akademik
3. Instruktur Bahasa Inggris.
Instruktur bahasa Inggris yang memiliki keterampilan untuk mengembangkan kurikulum dan menyelenggarakan pembelajaran bahasa Inggris sebagai usaha pengembangan wirausaha di bidang pendidikan bahasa Inggris dalam bidang non-formal. Termasuk Sebagai penyedia layanan bahasa Inggris (dalam bidang bisnis/untuk keperluan bisnis), lulusan program studi Pendidikan Bahasa Inggris diharapkan mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi layanan bahasa Inggris dalam bidang bisnis atau untuk keperluan bisnis dengan tetap menjaga nilai-nilai etika akademik.

4. Pramuwisata.
Pramuwisata yang memiliki kompetensi dasar bidang kepariwisataan berbasis potensi budaya lokal Banyuwangi sebagai usaaha pengembangan wirausaha pelaku wisata, penerjemah pada sektor-sektor lembaga formal, non-formal maupun informal.

S-1 Pendidikan Biologi

Visi
Menjadi Program Studi yang unggul, berbasis IPTEK dan budaya serta berjiwa kebangsaan
Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan sesuai standar nasional pendidikan untuk menghasilkan lulusan pendidikan biologi yang adaptif.
2. Menyelenggarakan penelitian untuk menghasilkan peneliti pemula dalam bidang pendidikan biologi dan ilmu biologi.
3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berorientasi pada pemberdayaan dan nilai luhur gotong royong.
4. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan lulusan yang berjiwa kebangsaan dan berkemampuan entrepreneur sehingga mampu bersaing di era global.
5. Menyelengarakan kerjasama dengan lembaga pemerintah maupun swasta untuk menujang pelaksanan Tri Dharma.

Tujuan
1. Menghasilkan lulusan pendidikan biologi yang adaptif pada lingkungan kerjanya.
2. Menghasilkan lulusan yang mampu menjadi peneliti pemula dalam bidang pendidikan biologi dan ilmu biologi.
3. Menghasilkan lulusan yang mampu mengabdi kepada masyarakat berorientasi pada pemberdayaan dan nilai luhur gotong royong.
4. Menghasilkan lulusan yang berjiwa kebangsaan dan berkemampuan entrepreneur sehingga mampu bersaing di era global.
5. Menghasilkan kerjasama dengan lembaga pemerintah maupun swasta untuk menujang pelaksanan Tri Dharma.
Profil Lulusan
Pendidik Biologi Sekolah Menengah:
Memiliki kompetensi merencanakan pembelajaran biologi, melaksanakan pembelajaran, dan mengevaluasi pembelajaran dengan prinsip-prinsip pendidikan yang mendidik, serta melakukan perbaikan pembelajaran secara berkelanjutan sesuai dengan perkembangan keilmuan biologi, teori-teori belajar terkini, perkembangan IPTEK, serta lingkungan siswa dan sekolah.

Peneliti Pendidikan Biologi:
Memiliki kepekaan terhadap permasalahan pendidikan di biologi di lingkup kelas, sekolah, dan nasional serta mampu memilih pemecahan masalah menggunakan prinsip dan prosedur penelitian yang rasional, baik secara mandiri maupun kelompok.

Entrepreneur:
Menguasai pengetahuan enterpreneurship pendidikan biologi dan bidang biologi serta mampu mengaplikasikannya

S-1 Pendidikan Sejarah

Visi:
Visi Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi adalah “Menjadi Program Studi yang unggul, kreatif, inovatif dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan sejarah dengan berasaskan Pancasila.”
Misi:
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan lulusan yang profesional di bidang pendidikan sejarah.
2. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan peneliti pemula dalam bidang pendidikan sejarah dan ilmu sejarah.
3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga mampu berkontribusi terhadap masyarakat.
4. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dalam bidang kepariwisataan sehingga mampu bersaing di era global.
5. Menyelengarakan kerjasama dengan perguruan tinggi lain, lembaga pemerintahan, dan instansi swasta.
6. Menyelengarakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter dengan berasaskan Pancasila.



Profil Lulusan
1. Pendidik Sejarah: Pendidik yang mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pendidikan sejarah di Sekolah Menengah (SMA/MA/SMK) secara profesional, unggul, kreatif, inovatif, berkarakter dan menyenangkan.
2. Peneliti Pendidikan Sejarah: Peneliti pemula yang mampu melakukan riset berdasarkan prosedur metodologi penelitian dalam bidang pendidikan dan pembelajaran sejarah di Sekolah Menengah (SMA/MA/SMK) dan mampu memformulasikan penyelesainnya baik secara mandiri maupun kelompok.
3. Pramuwisata: Pelaku pariwisata di bidang sejarah dan budaya yang memiliki penguasaan secara konseptual terhadap objek pariwisata, pengelolaan destinasi pariwisata dan mampu memberikan bimbingan, petunjuk, serta penjelasan baik lisan ataupun tertulis.
4. Pendidik IPS: Pendidik yang mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pendidikan ilmu pengetahuan sosial di Sekolah Menengah Pertama secara profesional, unggul, kreatif, inovatif, berkarakter dan menyenangkan.

S-1 Teknik Industri

Visi : Mencetak lulusan sarjana (S-1) Teknik Industri yang memiliki kompetensi akademik dibidang manufaktur dan jasa, dan sosial serta profesional, yang adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki jiwa kewirausahaan, dan tetap tertanam nilai-nilai Wawasan Kebangsaan.
Misi :
1. Menyelenggarakan kegiatan tri dharma perguruan tinggi yang adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan berorientasi pada pengembangan jiwa kewirausahaan berbasis potensi wilayah.
2. Mengembangkan sumber daya manusia yang berbudi luhur dan memiliki jiwa kewirausahaan.
3. Menciptakan atmosfir akademis yang kondusif dengan mengedepankan kejujuran akademis, etika, kedisiplinan, menghargai perbedaan dan keragaman yang berlandaskan pada wawasan kebangsaan.


PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI

Lulusan prodi Teknik Industri diarahkan untuk menjadi sarjana yang memiliki keahlian sebagai berikut :
1. Enterpreneur
Pengusaha yang mampu membangun usaha sendiri dengan melakukan analisis dari perspektif manufaktur dan manajemen secara komprehensif serta inovatif sesuai dengan tantangan dan peluang yang terjadi pada era globalisasi
2. Engineering Design Manufacture
Engineer yang mampu merancang dan memperbaiki layout baik dari pabrik maupun stasiun kerja: Bagaimana susunan dan urutan fasilitas kerja terbaik sehingga aliran barang atau proses bisa berjalan dengan tanpa hambatan atau berbelit-belit sehingga memakan waktu yang berharga.
3. Project Planner
Engineer yang mampu merancang dan memperbaiki layout baik dari pabrik maupun stasiun kerja
4. Maintenance supervisor
Menjaga tingkat operasi dari setiap sumber daya (mesin, peralatan dsb) dalam kondisi optimal melalui manajemen pemeliharaan.
5. Quality Manajemen Officer
Memastikan produk atau jasa memenuhi standar yang ditetapkan termasuk keandalan, kegunaan, kinerja dan standar kualitas umum yang ditetapkan oleh perusahaan.
6. Production Officer
Bertanggung jawab dalam mencapai tingkat kuantitas (output), kualitas dan schedule produksi serta tingkat utilisasi mesin produkssi yang telah ditetapkan dan disepakati bersama serta menjamin mutu produk yang berasal dari mutu proses yang baik
7. PPIC Officer
Menyusun master schedule dan menetapkan urutan serta lead time dari setiap operasi untuk mencapai tanggal pengiriman sesuai export schedule dari marketing dan membuat laporan PPIC secara periodik sesuai kebutuhan perusahaan atau permintaan management

S-1 Teknik Sipil

1.1 Visi
Menjadi Program Studi yang unggul, berbasis IPTEK dan budaya serta berjiwa kebangsaan

1.2 Misi
1. Menyelenggarakan pengelolaan pendidikan yang akuntabel sesuai standar mutu pendidikan nasional.
2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan teknologi yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu dan kesejahteraan masyarakat.
3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada pemberdayaan dan nilai luhur gotong royong.
4. Menyelenggarakan kerjasama dengan lembaga pemerintah dan lembaga swasta baik nasional maupun internsional secara berkelanjutan.
5. Menghasilkan insan akademik yang berjiwa kebangsaan dan berkemampuan enterpreneur.

1.3 Profil Lulusan
Profil yang dimaksudkan adalah peran yang diharapkan dapat dilakukan oleh lulusan Program studi Sipil di masyarakat/ dunia kerja. Profil ini adalah outcome pendidikan yang akan dituju. Dengan menetapkan profil, program studi dapat memberikan jaminan pada calon mahasiswanya untuk bisa berperan menjadi apa saja setelah ia menjalani semua proses pembelajaran di program studi teknik sipil. Untuk menetapkan profil lulusan, dIdapat dari hasil tracer study.
Mengacu pada KKNI bahwa untuk lulusan S1 setara dengan jenjang deskripsi
program studi Level 6 yang memiliki deskripsi
a. Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang keahliannya, dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah.
b. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu menformulasikan penyelesaian masalah procedural.
c. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi.
Profil Lulusan adalah peran yang diharapkan dapat dilakukan oleh lulusan program studi di masyarakat/dunia kerja. Profil ini adalah outcome pendidikan yang akan dituju. Berdasarkan analisis yang telah diuraikan di atas, profil dan deskripsi profil lulusan Program Studi Teknik Sipil adalah sebagai berikut

Tujuan :

Mahasiswa mahasiswi memiliki kepekaan sosial-kultural, mengenal keberagaman geografis, agama, budaya, etnik, suku, bangsa, dan ras serta memiliki nilai-nilai nasionalisme dan kebangsaan dengan menunjukkan sikap toleransi, simpati, dan empati antar agama, budaya, etnik, suku, bangsa, dan ras di tengah keberagaman nusantara

Harapan :

Mahasiswa Mengenal Keberagaman agama, ras, suku, bangsa, dan etnik yang ada di Indonesia dan Banyuwangi pada khususnya

Kegiatan :

Tujuan :

Mampu mengimplementasikan nilai keragaman, kebangsaan dan kebhinekaan dalam bentuk sikap dan perilaku serta menjunjung rasa simpati dan empati sebagai sesame anak bangsa yang berbeda secara geografis, budaya, suku, agam namun tetap satu Indonesia.

Harapan :

Mahasiswa mampu memaknai keberagaman Suku, Etnik, Agama, Ras, Sosial, dan Budaya dengan menunjukkan sikap kepekaan sosial yang tinggi antar Suku, Etnik, Agama, Ras, Sosial, dan Budaya dalam kehidupan sehari-harinya.

Kegiatan :
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Telepon : (021) 57946104
Pusat Panggilan ULT DIKTI 126
pmm-01@kemdikbud.go.id
mbkm@kemdikbud.go.id
Jl. Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta 10270