Perguruan Tinggi

pt
001036
Universitas Negeri Makassar

Kategori

PTN

Akreditasi

Unggul


Alamat

Jalan A P Pettarani Gunungsari, Kec. Rappocini - Kota Makassar - Prov. Sulawesi Selatan


Website

www.unm.ac.id


Deskripsi


Kuota Penerimaan Mahasiswa

Akademik

432

Vokasi

50

Administrasi Bisnis

Adminisrasi Bisnis UNM menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan berkualitas agar mampu menjalankan tugas profesional. di bidang kewirausahaan, praktisi bisnis, peneliti, konsultan, dan staf perusahaan melalui proses perkuliahan dengan ilmu-ilmu mutakhir.

Bahasa Dan Sastra Indonesia

Melaksanakan perkuliahan bahasa dan sastra Indonesia untuk menghasilkan lulusan yang profesional bertakwa, bermoral, beretika, memiliki integritas intelektual, memahami sikap toleransi dan aspiratif dalam memperjuangkan kebenaran dan otonomi keilmuan

Bimbingan Dan Konseling

Program Studi Bimbingan dan Konseling FIP UNM terakreditasi A dengan Visi dan Misi sebagai berikut: Visi: Sebagai pusat layanan, pendidik, tenaga konselor yang menjunjung tinggi Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk menghasilkan tenaga guru bimbingan dan konseling/konselor yang unggul, inovatif, kreatif, dan berjiwa kewirausahaan”. dan Misi: Menyelenggarakan pembelajaran yang unggul, mengembangkan ilmu pengetahuan, melaksanakan penelitian sebagai pengentasan masalah serta menyeleggarakan pengabdian membantu keseimbangan dan kesejahteraan masyarakat dan membangun kolaborasi dan kerjasama serta mengambangkan potensi mahasiswa.

Biologi

Visi Program Studi Biologi adalah menjadi program studi yang unggul pada tahun 2025 dalam pengembangan, pengkajian dan penelitian biologi yang memanfaatkan bahan alam dalam proses biologi, serta berdayaguna secara maksimal bagi agama, masyarakat, bangsa dan negara

Bisnis Digital

Profil Lulusan PS BISDIG FE UNM
Dengan terpenuhinya Capaian Pembelajaran oleh lulusan Prodi Bisnis Digital, maka diproyeksikan lulusan pada tahun pertama dan kedua. Lulusan menjadi Analisi Data Sains, Enterpreuneuer Start-Up Bisnis Digital, staf ahli pengelola data pada institusi pemerintahan dan swasta, dan ahli dalam teknologi keuangan digital pada tingkat, regional, nasional, dan internasional.

Profil Lulusan (lanjutan) :
1. Analis Data Sains
2. Asisten peneliti bidang Bisnis Digital
3. Ahli Teknologi Keuangan Digital (Fintech)
4. Praktisi Bidang bIsnis Digital (Start-Up, Market Place)

Kompetensi Lulusan
1. Growth Mindset (Terbuka dan adaptif)
2. Cerdas dan Terampil (Internalisasi dan eksteriorisasi pengetahuan dan keterampilan).
3. Bersikap Etis, Estetis, Simpati dan Empati.
4. Berakhlak Mulia (Akhlakul Karimah).

Desain Komunikasi Visual

Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Makassar memiliki visi: Sebagai Program Studi (PS) yang unggul, terkemuka dan menyiapkan profesional dinamis bagi industri komunikasi yang terintegrasi spirit pengetahuan mutakhir dilatari semangat budaya tradisi lokal, sehingga menjadi pusat pengembangan dan pengkajian ilmu komunikasi dan humaniora dalam bidang desain komunikasi visual untuk mengangkat citra produk, perusahaan, lembaga atau perorangan, sekaligus mengambil peran sebagai pendamping kewirausahaan industri kreatif bidang DKV mahasiswa dan industri kecil menengah di Indonesia Timur. Visi tersebut konsisten dengan visi fakultas dan visi universitas. Untuk mewujudkan visi tersebut, PS Desain Komunikasi Visual mempunyai tiga misi, yaitu: (1) Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berbasis seni dan teknologi informasi untuk menghasilkan sarjana desain komunikasi visual yang siap mengembangkan, mengkaji dan mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilannya secara profesional; (2) Menciptakan academic atmosphere yang kondusif dengan menjaga hubungan dan relevansi dari seluruh aktivitas akademik sesuai tuntutan stakeholder dan khususnya perkembangan bisnis dan industri sehingga pengetahuan, teknologi dan seni dapat diserap dan diaplikasikan secara efektif, dan
(3) Berperan aktif di dalam pengembangan potensi budaya-budaya daerah dengan kampanye promosi dalam hubungannya atau melalui desain komunikasi visual.

Fisika

Menyelenggarakan kegiatan pendidikan yang berkualitas, bermutu dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, kegiatan penelitian dasar maupun terapannya dalam bidang fisika material dan kebumian secara terpadu dan bertaraf internasional yang menunjang pengembangan IPTEK untuk kesejahteraan bangsa dan umat manusia serta menyelenggarakan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat melalui rangkaian kegiatan pemanfaatan hasil penelitian berupa teknologi tepat guna untuk menunjang kesejahteraan dan kenyamanan masyarakat dalam aspek material maupun spiritual, sehingga masyarkat dapat diyakinkan dan diajak bersama-sama (corporate) untuk lebih mengembangkan ilmu dan terapan fisika.

Geografi

Geografi merupakan salah Satu Prodi di Jurusan Geografi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam di Universitas Negeri Makassar yang mempunyai visi menjadikan Prodi Geografi sebagai pusat pengembangan dan penerapan Geografi di Indonesia berbasis ecopreneurship yang mampu memberikan manfaat bagi pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan umat manusia. Prodi ini terakreditasi A dan dalam proses menunggu penetapan status/peringkat akreditasi Internasional

Ilmu Administrasi Negara

Prodi Ilmu Administrasi Negara UNM bertujuan menghasilkan lulusan memiliki kompetensi keilmuan dan aplikasi dalam bidang kebijakan publik, pelayanan publik, dan administrasi pembangunan.

Ilmu Keolahragaan

Program studi ini terakreditasi A dan saat ini sedang menunggu status/peringkat akreditasi Internasional. Adapun profil lulusannya adalah:
1. Analis Keolahragaan : Pengkaji kebijakan teknis dan teoritis keolahragaan pada setiap strata pengambil kebijakan keolahragaan
2. Peneliti Keolahragaan : Pengkaji permasalahan keolahragaan dan mampu menghasilkan temuan baru dalam pengembangan teknologi keolahragaan
3. Konsultan Kebugaran : Tenaga ahli bidang perencanaan, pengelolaan dan evaluasi program olahraga kebugaran
4. Tenaga ahli Kesehatan Non-Medis Bidang Keolahragaan : Mengelola pelaksanaan pelayanan kesehatan olahraga di masyarakat (Masseur, teraphyst)
5. Pembina Kegiatan Keolahragaan : Mengelola pelaksanaan kegiatan olahraga rekreasi, Olahraga Prestasi dan olahraga pendidikan (Instructure, Coach, Referee, and Committee)

Kewirausahaan

Visi program Studi Kewirausahaan yakni Menjadi Pusat Pendidikan, Pengkajian dan Pengembangan Kewirausahaan yang Inovatif, Unggul dan Berdaya Saing Berbasis Iptek dan Kearifan Lokal di Tahun 2030. Adapun misinya adalah: (1) Menyelenggarakan Pendidikan Secara Profesional dalam bidang kewirausahaan berbasis iptek dan kearifan lokal. (2) Melaksanakan Penelitian dibidang kewirausahaan berbasis iptek dan kearifan lokal. (3) Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat di bidang kewirausahaan berbasis iptek dan kearifan lokal. (4) Mengembangkan sikap dan jiwa kewirausahaan yang mandiri, kreatif dan inovatif.

Tujuan program studi ini adalah:
1. Menghasilkan lulusan wirausaha (Entrepreneur) dan profesional yang Beriman dan Bertaqwa serta menguasai Iptek dalam bidang bisnis yang menjujung tinggi kearifan lokal.
2. Menghasilkan karya ilmiah dan publikasi di bidang kewirausahaan berbasis kearifan lokal.
3. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat di bidang kewirausahaan berbasis iptek dan kearifan lokal

Kimia

SEBAGAI PUSAT PENGKAJIAN DAN PENGEMBANGAN SAINS YANG UNGGUL UNTUK MENGHASILKAN LULUSAN YANG KOMPETEN DALAM BIDANG KIMIA BERWAWASAN KEWIRAUSAHAAN TAHUN 2025

Matematika

Program Studi Matematika FMIPA UNM, merupakan program studi yang terakreditasi A oleh BAN PT dengan Visi dan Misi sebagai berikut. Visi: Unggul dalam pengembangan matematika, berdaya saing dalam penelitian, literate dalam teknologi dan berwawasan kewirausahaan. Misi (1) Menyelenggarakan pendidikan yang berbasis penelitian pada bidang matematika. (2) Mengembangkan dan mengimplementasikan hasil penelitian matematika. (3) Meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia yang literate dalam teknologi matematika (4) Menumbuhkan jiwa kewirausahaan melalui pendekatan ilmu, keterampilan, dan teknologi matematika; dan (5) Memperluas jejaring kerja sama dengan lembaga dalam dan luar negeri untuk mengembangkan sumber daya di bidang matematika.

Pendidikan Administrasi Perkantoran

Misi Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran FIS UNM sebagai berikut:

Menyelenggarakan program pembelajaran berbasis pendidikan administrasi perkantoran untuk menghasilkan lulusan yang professional dan bermoral serta memiliki komitmen dalam mengembangkan kompetensi keahlian administrasi perkantoran;
Melaksanakan, mengembangkan, dan mempublikasikan karya-karya ilmiah dalam bidang pendidikan administrasi perkantoran serta penelitian multidisipliner yang relevan;
Melaksanakan pengabdian masyarakat di bidang Pendidikan Administrasi Perkantoran dan mengembangkan kegiatan kemitraan dengan sekolah, industri, masyarakat, dan pemerintah;
Menciptakan iklim dan budaya akademik yang kondusif bagi mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran;
Mengembangkan sistem informasi manajemen bagi pelayanan mahasiswa pendidikan administrasi perkantoran pada khususnya dan pelayanan pada masyaraat luas pada umumnya;
Memberikan perhatian pada pengembangan sumber daya pendidikan administrasi perkantoran yang berbasis kewirausahaan.

Pendidikan Antropologi

Menyelenggarakan pendidikan antropologi yang berlandaskan kewirausahaan, nilai budaya lokal, agama, dan nasionalisme.
Mengembangkan, menerapkan, dan menyebarluaskan antropologi dan pendidikan antropologi untuk memecahkan problematika dalam kehidupan atas dasar kemanusiaan yang berorientasi masa depan melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian.
Menjalin hubungan kerja sama dan mengembangkan jaringan kemitraan di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian secara kelembagaan maupun perorangan pada tingkat nasional maupun internasional di kawasan Asia.

Pendidikan Bahasa Arab

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab memiliki misi sebagai berikut:

Melaksanakan program pembelajaran secara profesional dalam penguasaan bahasa Arab.
Melaksanakan program kewirausahan yang menunjang pengembangan jiwa enterpreneur.
Mengembangkan inovasi dalam bidang penelitian untuk menunjang pembelajaran bahasa Arab.
Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat secara terprogram, dan berkelanjutan berdasarkan ruang lingkup pembelajaran bahasa Arab.
Membangun kerjasama dengan berbagai institusi terkait dalam pengembangan Bahasa Arab baik nasional maupun internasional.

Pendidikan Bahasa Dan Sastra Daerah

Melaksanakan pendidikan dan pengajaran bahasa dan sastra daerah untuk menghasilkan lulusan yang profesional bertakwa, bermoral, beretika, memiliki integritas intelektual, memahami sikap toleransi dan aspiratif dalam memperjuangkan kebenaran dan otonomi keilmuan

PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

Melaksanakan pendidikan dan pengajaran bahasa dan sastra dalam bidang kependidikan dan nonkependidikan untuk menghasilkan lulusan yang profesional bertakwa, bermoral, beretika, memiliki integritas intelektual, memahami sikap toleransi dan aspiratif dalam memperjuangkan kebenaran dan otonomi keilmuan
Melaksanakan penelitian pendidikan dan pengajaran bahasa dan untuk mengembangkan dan mendesiminasikan pengetahuan dan hasil-hasil inovasi teknologi
Melaksanakan pegabdian kepada masyarakat berupa layanan pendidikan yang prima untuk masyarakat luas dalam bidang bahasa, sastra dan pengajarannya sebagai upaya meningkatkan kualitas hidup pribadi, masyarakat, bangsa, dan negara
Menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dalam lingkup lokal, nasional, maupun transnasional untuk meningkatkan kinerja institusi dan memperluas kemitraan dalam rangka pemanfaatan dan pengembangan potensi lembaga dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra.

Pendidikan Bahasa Jerman

Misi yang diemban Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman adalah

1. Menyelenggarakan program pendidikan dan pengajaran secara profesional dalam bidang bahasa Jerman.

2. Merancang dan mengembangkan kurikulum dan perangkat pembelajaran bahasa Jerman.

3. Melaksanakan penelitian terapan yang menunjang pengembangan bahasa Jerman.

4. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat secara edukatif, konsisten dan terprogram dengan mengacu kepada telaah dan kajian bidang bahasa Jerman.

5. Melaksanakan dan mengembangkan kerjasama khususnya dengan masyarakat terinstitusi baik nasional maupun internasional dalam bidang bahasa Jerman.

Pendidikan Bahasa Mandarin

Tujuan umum berdirinya Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin adalah menghasilkan Sarjana Pendidikan Bahasa Mandarin dengan gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.) yang profesional dan memiliki kompetensi bidang Pendidikan Bahasa Mandarin, terampil menggunakan bahasa Mandarin dalam komunikasi, budaya dan seni, serta ilmu pengetahuan dan teknologi. Tujuan khususnya adalah menghasilkan:

Mahasiswa yang berkemampuan berbahasa Mandarin lisan dan tulisan setara HSK 5.
Mahasiswa yang memiliki pengetahuan akademik dan keterampilan untuk menerapkan pengetahuan dalam bidang kependidikan dan pembelajaran bahasa Mandarin.
Mahasiswa yang mampu menghasilkan karya penelitian yang unggul dan mempublikasikannya dalam jurnal ilmiah berskala nasional dan internasional
Mahasiswa yang mampu menghasilkan karya pengabdian pada masyarakat dalam bentuk penerapan hasil-hasil penelitian dalam bidang pendidikan dan pengajaran bahasa Mandarin, serta bidang kewirausahaan.
Mahasiswa yang mampu merancang dan mengembangkan kurikulum, media, dan perangkat pembelajaran bahasa Mandarin.
Mahasiswa yang mampu menulis Karya Tulis Ilmiah (KTI) dalam bahasa Mandarin.

Pendidikan Ekonomi

Prodi dengan visi menjadi pusat pendidikan, pengkajian, dan pengembangan ilmu ekonomi dan bisnis yang unggul dan berjaya dengan berwawasan kependidikan dan kewirausahaan pada tahun 2030. Adapun misinya adalah: (1) Menyelenggarakan pendidikan yang dapat membangun insan yang memiliki kompetensi dalam bidang ekonomi dan bisnis dengan berwawasan kependidikan dan kewirausahaan; (2) Mengembangkan penelitian berbasis ekonomi dan bisnis yang dapat memenuhi kebutuhan pembangunan bangsa; (3) Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat berbasis diseminasi hasil penelitian yang dapat memenuhi kebutuhan pembangunan bangsa; (4) Membangun harmonisasi kelembagaan dan kolaborasi dengan stakeholder melalui budaya akademik yang bermutu.

Pendidikan Fisika

Menghasilkan sarjana pendidikan fisika yang memiliki karakter, menguasai konsep dasar kependidikan, metode pembelajaran inovatif, pengelolaan kelas dan laboratorium, kurikulum fisika sekolah menengah, prinsip pengembangan media; dan prinsip-prinsip penilaian dalam pembelajaran fisika di sekolah, konsep fisika, matematika, komputasi dan instrumentasi dalam mendukung pemahaman konsep fisika; dan metodologi penelitian

Pendidikan Geografi

Pendidikan Geografi FMIPA UNM merupakan salah Satu Prodi di Jurusan Geografi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam di Universitas Negeri Makassar yang mempunyai visi menjadi program studi unggul dalam bidang ilmu pendidikan geografi secara Nasional khususnya di wilayah Indonesia Timur. Prodi ini terakreditasi A. Prodi ini memiliki dua Jenis kelas yaitu kelas reguler dan kelas Internasional.

Lulusan Program Studi Pendidikan Geografi diharapkan:
1. Sebagai pendidik, yaitu: individu yang mampu menyususn dan membuat perencanaan, melaksanakan proses, dan mengevaluasi pembelajaran geografi
2. Sebagai peneliti pemula di bidang pendidikan geografi, yaitu: individu yang mampu merancang dan melaksanakan penelitian pendidikan geografi dan masalah-masalah fisik dan sosial berdasarkan konsep prinsip dan pendekatan geografi
3. Sebagai calon wirausahawan, yaitu: individu yang mampu membuat rancangan bisnis dibidang pendidikan geografi yang ramah lingkungan.

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Program studi pendidikan guru pendidikan anak usia dini merupakan salah satu program studi yang ada di fakultas ilmu pendidikan Universitas Negeri Makassar yang terakreditasi A dengan visi Menjadi pusat pendidikan, pengkajian dan pengembangan ilmu pendidikan dan keguruan bidang pendidikan anak usia dini berwawasan keunggulan melalui tridarma perguruan tinggi untuk menghasilkan lulusan profesional, cerdas, berakhlak mulia, dan berjiwa kewirausahaan.

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Program Studi PGSD FIP UNM memiliki VISi: Terwujudnya program studi yang unggul dalam mengkaji, mengembangkan dan menerapkan ilmu pendidikan sekolah dasar melalui tridharma perguruan tinggi yang berwawasan kewirausahaan untuk menghasilkan lulusan profesional pada tahun 2026” . MISI : (1) Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan sarjana pendidikan guru Sekolah Dasar secara bermutu dalam atmosfir akademik yang kondusif; (2) Melaksanakan, mengembangkan dan mempublikasikan karya-karya ilmiah inovatif dan kompetitif dalam bidang pendidikan guru sekolah dasar, serta penelitian multidisipliner yang relevan; (3) Menyediakan dan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat secara berkualitas di bidang
pendidikan guru sekolah dasar serta bidang lain yang terkait; (4) Menumbuhkan jiwa kewirausahaan berbasis kearifan lokal.
Mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak di tingkat nasional, regional maupun internasional, dalam mewujudkan pencapaian tujuan PGSD

Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Menjadi program studi yang unggul dalam pengembangan tridharma perguruan tinggi untuk menghasilkan tenaga pendidik yang berkompeten dan berkarakter, terampil dalam teknologi informasi, berjiwa wirausaha, serta berdaya saing di tingkat nasional dan internasional dalam bidang Pendidikan IPA.

Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi

Program studi ini terakreditas A dengan visi menjadi program studi unggulan Centre of exelence dalam menitik beratkan pada pemenuhan tenaga kependidikan dalam bidang Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) yang unggul serta berpotensi untuk mengembangkan diri, bertakwa, berjiwa kewirausahaan berbasis ekonomi kerakyatan bernafaskan keagamaan,dan profesionalisme.

Adapun misinya adalah (1) Menyelenggarakan Pendidikan untuk menghasilkan tenaga kependidikan bidang Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi yang unggul dan relevan dengan kebutuhan pasar kerja serta mampu melakukan inovasi dalam tata nilai masyarakat; (2) Menyelenggarakan pendidikan dalam jabatan inservice education sebagai upaya meningkatkan mutu kompetensi tenaga kependidikan bidang Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi dalam merespon Ilmu pengetahuan, Teknologi dan Seni; (3) Melakukan kegiatan penelitian dan pengkajian dalam rangka pengembangan dan penerapan IPTEKS bidang Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi; (4) Menerapkan IPTEKS dalam bidang Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi dalam bentuk pengabdian pada masyarakat; (5) Berperan aktif sebagai pusat informasi dan diseminasi PTK bidang Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi; (6) Melakukan kerjasama dengan lembaga dunia usaha dan industri dalam upaya pengembangan pendidikan Bidang Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi; (7) Menerapkan IPTEKS dalam membentuk Basic of Movement dan Mentals yang merupakan modal utama pencapaian prestasi atlet nantinya.

Program studi ini bertujuan menghasilkan lulusan yang profesional siap bersaing di pasar kerja regional dan nasional serta mampu menjadi Guru Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, pembina atau pelatih yang profesional dalam cabang olahraga tertentu yang berlandaskan Iman dan Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

Pendidikan Kesejahteraan Keluarga

Menghasilkan calon pendidik dalam bidang Tata Busana, Tata Boga dan Tata Rias

Pendidikan Matematika

Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar merupakan program studi yang terkareditasi A oleh BAN PT dengan visi dan misi sebagai berikut: Visi: Unggul dalam pengembangan pendidikan matematika, berdaya saing dalam penelitian, literate dalam teknologi pembelajaran matematika, dan berwawasan kewirausahaan. Misi (1) Menyelenggarakan pendidikan yang berbasis penelitian pada bidang pendidikan matematika; (2) Mengembangkan dan mengimplementasikan hasil penelitian pendidikan matematika; (3) Meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia yang literate dalam teknologi pendidikan matematika; (4) Menumbuhkan jiwa kewirausahaan melalui pendekatan ilmu, keterampilan, dan teknologi pendidikan matematika; dan (5) Memperluas jejaring kerja sama dengan lembaga dalam dan luar negeri untuk mengembangkan sumber daya di bidang pendidikan matematika.

Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan

1. Menyelenggarakan program pembelajaran PPKn yang unggul berbasis IPTEK dan kebutuhan stakeholder.
2. Melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan di bidang PPKn yang inovatif dan produktif.
3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dan pemberdayaan masyarakat.
4. Mengembangkan kegiatan kemitraan dengan instansi dalam dan luar negeri yang saling menguntungkan.
5. Menciptakan suasana akademik yang kondusif bagi tumbuhnya jiwa kewirausahaan.

Pendidikan Sejarah

Program Studi Pendidikan Sejarah sebagai salah satu dari 9 (sembilan) program studi di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar menghasilkan lulusan yang memiliki kualifikasi, kompetensi, kesadaran, wawasan kesejarahan, kecerdasan spritual, intelektual, emosional, dan sosial serta unggul dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan kewirausahaan.

Pendidikan Seni Drama Tari Dan Musik

Program Studi Pend. Sendratasik FSD-UNM memiliki visi sebagai Program Studi yang unggul, terkemuka, dan menyiapkan profesional dalam bidang pendidikan yang terintegrasi spirit pengetahuan mutakhir dan dilatari semangat local wisdom, sehingga menjadi pusat pengembangan dan pengkajian ilmu pendidikan khususnya bidang Seni Drama, Tari dan Musik, yang juga mengambil peran bagi pencerahan wawasan kewirausahaan mahasiswa di kawasan Indonesia Timur. Visi tersebut diharapkan dapat dicapai pada tahun 2020. Misi: (1) Menyelenggarakan pendidikan berbasis seni dan tehnologi yang terintegrasi dengan spirit pengetahuan mutakhir yang dilatari semangat local wisdom; (2) Menciptakan suasana akademik (academic atmosphere) yang kondusif; (3) Melakukan pemutakhiran pelaksanaan pendidikan melalui pengembangan penelitian bidang seni drama tari dan musik; (4) Menjalin hubungan serta membangun relevansi antara aktivitas akademik dengan tuntutan stakeholder; (5) Berperan aktif didalam pengembangan potensi budaya daerah serta mempromosikannya melalui Pendidikan Sendratasik

Pendidikan Seni Rupa

Program Studi Pendidikan Seni Rupa merupakan salah satu program studi pada Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar yang terakreditasi A dengan visi dan misi sebagai berikut: Vsi menjadi salah satu institusi penyelenggaraan pendidikan seni rupa yang unggul, sebagai pusat pengembangan dan pengkajian ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya di Kawasan Indonesia Timur untuk menghasilkan sarjana strata satu (S1) yang berkualitas, profesional, berwawasan kependidikan dan kewirausahaan, berbudi pekerti, beriman, dan bertakwa serta memiliki integritas tinggi. Misi: (1) Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang bermutu untuk menghasilkan sarjana strata satu (S1) yang profesional di bidang pendidikan seni rupa, berwawasan kependidikan dan kewirausahaan, serta memiliki kemampuan akademik dan integritas tinggi untuk melakukan adaptasi terhadap perubahan dan perkembangan Ipteks; (2) Mengembangkan pendidikan seni rupa melalui penelitian inovatif yang sejalan dengan perkembangan Ipteks dan kebutuhan masyarakat pengguna lulusan; dan (3) Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, baik instansi pemerintah, swasta atau lembaga lain yang terkait dalam rangka meningkatkan mutu lulusan.

Pendidikan Teknologi Pertanian

Mengembangan pengetahuan dan keterampilan bidang teknologi pertanian untuk pengembangan ipteks dan menghasilkan Sarjana Pendidikan Teknologi Pertanian yang mampu mengintegrasikan nilai-nilai Kewirausahaan

Pendidikan Vokasional Mekatronika

Sinergi dari mesin mekanik dan elektronika yang dihubungkan dengan teknologi informatika dan mempelajari tentang bagaimana cara mendidik

Psikologi

1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi psikologi untuk menghasilkan lulusan yang cinta damai, berjiwa wirausaha dan bersikap professional.
2. Mengembangkan psikologi melalui riset dan publikasi ilmiah.
3. Memberikan layanan psikologi dalam mengembangkan sumber daya manusia berlandaskan kode etik psikologi Indonesia

Sastra Inggris

Menyelenggarakan program perkuliahan berkelanjutan dan inovatif dalam sastra Inggris dengan mengacu kepada Kerangka Kualifikasi NasionaI Indonesia (KKNI), Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT),dan standar internasional pendidikan bahasa Inggris;
Melaksanakan penelitian dasar,terapan, dan peningkatan kapasitas yang menunjang pengembangan bidang sastra Inggris;

Seni Tari

Program Studi Seni Tari Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar terakreditasi A, dengan Visi dan Misi sebagai berikut: Visi: Pada tahun 2024 Program Studi Seni Tari menjadi pusat pengkajian dan pengembangan seni tari di Indonesia guna menghasilkan sarjana yang berkualitas, unggul, kreatif, berakhlak dan memiliki integritas tinggi, serta berwawasan kewirausahaan. Misi: (1) Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang bermutu untuk menghasilkan sarjana strata satu (S1) yang profesional di bidang Seni Tari, yang memiliki kemampuan akademik dan integritas tinggi untuk melakukan adaptasi terhadap perubahan dan perkembangan Ipteks, serta berwawasan kewirausahaan; (2) Mengembangkan Seni Tari melalui pengkajian/penelitian dan penciptaan tari inovatif yang sejalan dengan perkembangan Ipteks dan kebutuhan stakeholder; (3) Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang mengimplementasikan ilmu kesenitarian yang sejalan dengan perkembangan Ipteks dan kebutuhan stakeholder; (4) Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, baik instansi pemerintah, swasta atau lembaga lain yang terkait dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan; (5) Berperan aktif dalam pengembangan/pelestarian potensi daerah dalam bidang seni dan budaya yang berhubungan dengan Seni Tari.

Statistika

Program Studi Statistika FMIPA Universitas Negeri Makassar, merupakan Program Studi Terakreditasi B oleh BAN PT dengan Visi: Program Studi Statistika menghasilkan statistikawan yang unggul dalam lingkup nasional, berwawasan keilmuan dan kewirausahaan tahun 2020. Misi (1) Menjadi Pusat Pengkajian dan Pengembangan Statistika serta Pelayanan Pendidikan; (2) Menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan mengaplikasikan stistika dan melakukan peneliti dalam berbagai bidang: Ekonomi dan Bisnis; Kesehatan dan Lingkungan; Pendidikan dan Pemerintahan; yang berbasis teknologi informasi untuk mewujudkan research university; (3) Mencerdaskan masyarakat dengan menghasilkan kemandirian lulusan yang berwirausaha berbasis Pemaham dan pemikiran statistika melalui pelatihan dan konsultasi

Teknik Komputer

Teknik Komputer Universitas Negeri Makassar menjadi pusat kajian dan penerapan Teknik Komputer sesuai Standar Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia yang unggul secara nasional dan internasional, dilandasi nilai-nilai ketakwaan, kecendikiaan, kearifan lokal dan berjiwa wirausaha IT

Teknologi Pendidikan

Program Studi Teknologi Pendidikan FIP UNM memiliki Visi dan Misi yaitu: Visi: Menjadi pusat pendidikan, pengkajian, pengembangan di bidang Teknologi Pendidikan dan Kurikulum, yang menghasilkan lulusan kompeten, kompetitif, berkarakter, dan berjiwa kewirausahaan. Misi: (1) Menyelenggarakan pendidikan tinggi untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dalam mengkaji dan mempraktikkan teori teknologi pendidikan sebagai sebuah kajian (studi), dan praktek etika (etical practice) untuk memfasilitasi pembelajaran serta meningkatkan performa melalui kegiatan menciptakan (creating), memanfaatkan (using), dan mengelola (managing), proses-proses dan sumber-sumber. (2) Menghasilkan lulusan yang berkarakter, berjiwa kewirausahaan, dan kompetitif di bidang keilmuan kurikulum dan teknologi pendidikan, baik pada lembaga pendidikan formal maupun non formal.
(3) Menghasilkan lulusan yang kompeten dalam profesi Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP). (4)Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat di bidang kurikulum dan teknologi pendidikan. (5)Menjalin partnership yang saling menguntungkan dengan pihak pemakai lulusan dan unsur stakeholders

D4 Bahasa Inggris

Bahasa Inggris (D4) mengembangkan proses perkuliahan yang berfokus pada Business English untuk mempersiapkan mahasiswa memasuki dunia profesional dengan bekal pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang relevan kebutuhan industri.

D4 Teknik Elektro

Teknik Elektro merupakan bidang ilmu yang mempelajari listrik dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Quipperian akan dibekali dengan ilmu dan pengetahuan seputar konsep, perancangan, pengembangan, serta produksi perangkat listrik dan elektronik. Kamu juga akan banyak membahas metode pembangkit dengan sumber energi baru, metode penyimpanan energi, dan metode kontrol penghematan energi

Tujuan :

Pesona Budaya dan Kearifan Suku Bugis

Rencana kegiatan Modul Nusantara UNM dikelompokkan dalam empat kegiatan, yakni (1) kebhinekaan, (2) inspirasi, (3) refleksi, dan (4) kontribusi sosial. Kegiatan kebhinekaan berisi kegiatan yang memfasilitasi mahasiswa untuk mengenal dan memahami tentang warisan, situs, budaya, dan jejak sejarah suku Bugis. Kegiatan inspirasi berisi kegiatan sharing terkait pesona budaya dan kearifan suku Bugis, melalui seminar kebudayaan Bugis bersama tokoh-tokoh budaya, sejarah, dan pengusaha sukses dari Bugis. Kegiatan refleksi berisi internalisasi nilai-nilai budaya dan semangat perjuangan masyarakat Bugis dalam paradigma siri’ na pacce. Kontribusi sosial berisi kegiatan penanaman kepedulian dan empati mahasiswa melalui aksi sosial menyelesaikan salah satu permasalahan sosial atau permasalahan kelompok masyarakat. Seluruh rangkaian kegiatan Modul Nusantara dirancang dalam 16 pertemuan.

Harapan :

Kegiatan kebhinekaan berisi kegiatan yang memfasilitasi mahasiswa untuk mengenal dan memahami tentang warisan, situs, budaya, dan jejak sejarah suku Bugis dalam rangka mengilhami pesona budaya dan kearifan suku Bugis

Kegiatan :

Tujuan :

Pesona Budaya dan Kearifan Suku Makassar

Rencana kegiatan Modul Nusantara UNM dikelompokkan dalam empat kegiatan, yakni (1) kebhinekaan, (2) inspirasi, (3) refleksi, dan (4) kontribusi sosial. Kegiatan kebhinekaan berisi kegiatan yang memfasilitasi mahasiswa untuk mengenal dan memahami keragaman budaya, adat-istiadat, tradisi, dan kepercayaan masyarakat Sulawesi Selatan dari suku Makassar. Inspirasi berisi kegiatan sharing kisah sukses dari tokoh budaya, politik, dan wirausahawan dapat menjadi role model bagi mahasiswa. Refleksi berisi internalisasi dalam diri mahasiswa kegiatan kebhinekaan dan inspirasi yang bermakna dalam perjalan hidup mereka. Kontribusi sosial berisi kegiatan penanaman kepedulian dan empati mahasiswa melalui aksi sosial menyelesaikan salah satu permasalahan sosial atau permasalahan kelompok masyarakat. Seluruh rangkaian kegiatan Modul Nusantara dirancang dalam 16 pertemuan

Harapan :

Kegiatan kebhinekaan berisi kegiatan yang memfasilitasi mahasiswa untuk mengenal dan memahami keragaman budaya, adat-istiadat, tradisi, dan kepercayaan masyarakat Sulawesi Selatan khususnya Suku Makassar

Kegiatan :

Tujuan :

PESONA BUDAYA DAN KEARIFAN LOKAL SUKU TORAJA

Rencana kegiatan Modul Nusantara UNM dikelompokkan dalam 4 (empat) kegiatan, yakni (1) kebhinekaan, (2) inspirasi, (3) refleksi, dan (4) kontribusi sosial. Kegiatan kebhinekaan berisi kegiatan yang memfasilitasi mahasiswa untuk mengenal dan memahami keragaman budaya, adat-istiadat, tradisi, dan kepercayaan masyarakat Sulawesi Selatan dari suku Toraja. Inspirasi berisi kegiatan sharing kisah sukses dari tokoh budaya, politik, dan wirausahawan dapat menjadi role model bagi mahasiswa. Refleksi berisi internalisasi dalam diri mahasiswa kegiatan kebhinekaan dan inspirasi yang bermakna dalam perjalan hidup mereka. Kontribusi sosial berisi kegiatan penanaman kepedulian dan empati mahasiswa melalui aksi sosial menyelesaikan salah satu permasalahan sosial atau permasalahan kelompok masyarakat. Seluruh rangkaian kegiatan Modul Nusantara dirancang dalam 16 pertemuan.

Harapan :

Kegiatan kebhinekaan berisi kegiatan yang memfasilitasi mahasiswa untuk mengenal dan memahami keragaman budaya, adat-istiadat, tradisi, dan kepercayaan masyarakat Sulawesi Selatan khususnya Suku Toraja.

Kegiatan :

Tujuan :

Pesona dan Jejak Sejarah perjuangan kemerdekaan di Sulawesi Selatan

Rencana kegiatan Modul Nusantara UNM dikelompokkan dalam empat kegiatan, yakni (1) kebhinekaan, (2) inspirasi, (3) refleksi, dan (4) kontribusi sosial. Kegiatan kebhinekaan berisi kegiatan yang memfasilitasi mahasiswa untuk mengenal dan memahami tentang warisan, situs, dan jejak sejarah perjuangan kemerdekaan di Sulawesi Selatan serta mengenal lebih dekat tentang pesona keragaman budaya yang ada di Sulawesi Selatan. Kegiatan inspirasi berisi kegiatan sharing terkait jejak sejarah perjuangan kemerdekaan di Sulawesi Selatan serta inspirasi dari kisah sukses tokoh pengusaha muda yang membangun bisnis sejak mahasiswa. Kegiatan refleksi berisi internalisasi nilai-nilai budaya dan semangat perjuangan di Sulawesi Selatan untuk menumbuhkan semangat Pelajar Pancasila bagi mahasiswa. Kontribusi sosial berisi k Pemberdayaan anak berhadapan hukum (ABH) melalui edukasi internet sehat untuk pencegahan kejahatan dari internet. Seluruh rangkaian kegiatan Modul Nusantara dirancang dalam 16 pertemuan.

Harapan :

Kegiatan kebhinekaan berisi kegiatan yang memfasilitasi mahasiswa untuk mengenal dan memahami tentang warisan, situs, dan jejak sejarah perjuangan kemerdekaan di Sulawesi Selatan serta mengenal lebih dekat tentang pesona keragaman budaya yang ada di Sulawesi Selatan

Kegiatan :

Tujuan :

Pesona lanskap dan bentang alam Sulawesi Selatan

Rencana aktivitas Modul Nusantara UNM terbagi dalam empat kegiatan, yakni (1) kebhinekaan, (2) inspirasi, (3) refleksi, dan (4) kontribusi sosial. Kegiatan kebhinekaan pada modul nusantara ini bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa mengenai obyek atau alam dan bersejarah di Sulawesi Selatan. Mahasiswa tentunya tidak hanya diperlihatkan mengenai alam namun juga akan diperkenalkan dengan budaya dan adat-istiadat masyarakat lokal sekitar yang membaluti alam tersebut. Inspirasi merupakan aktivitas sharing dan diskusi yang dibawakan oleh tokoh dari Sulawesi Selatan yang dapat memberi inspirasi dan motivasi mahasiswa. Refleksi berkenaan dengan kegiatan literasi, perenungan, dan pemikiran hal-hal positif yang diperoleh dari kegiatan kebhinekaan dan inspirasi. Sedangkan Kontribusi Sosial merupakan perwujudan dari rasa kepedulian dan solidaritas mahasiswa kepada masyarakat berupa pemecahan masalah untuk mengatasi permasalahan-permasalahan sosial di masyarakat lokal. Adapun rangkaian kegiatan Modul Nusantara dirancang selama 16 pertemuan.

Harapan :

Mahasiswa mengenali dan memahami kondisi dari obyek atau tempat-tempat wisata berbalut budaya dan bersejarah di Sulawesi Selatan

Kegiatan :
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Telepon : (021) 57946104
Pusat Panggilan ULT DIKTI 126
pmm-01@kemdikbud.go.id
mbkm@kemdikbud.go.id
Jl. Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta 10270