Perguruan Tinggi

pt
081035
Universitas Hamzanwadi

Kategori

PTS

Akreditasi

B


Alamat

Jl. TGKH M. Zainuddin Abdul Majid no. 132 Pancor, Selong-Lombok Timur, Kec. Selong - Kab. Lombok Timur - Prov. Nusa Tenggara Barat



Deskripsi

Universitas Hamzanwadi mulai berdiri secara resmi pada tanggal 23 September 2016 berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 428/KPT/I/2016 Tentang Penggabungan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Hamzanwadi Selong dan Sekolah Tinggi Teknologi Hamzanwadi Selong menjadi Universitas Hamzanwadi. Dalam Keputusan tersebut Universitas Hamzanwadi memiliki 4 (empat) Fakultas dan menyelenggarakan 22 (dua puluh dua) Program Studi, yakni: (1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan 15 (lima belas) Program Studi: (a) Bimbingan dan Konseling, (b) Pendidikan Anak Usia Dini, (c) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, (d) Pendidikan Bahasa Inggris, (e) Pendidikan Biologi, (f) Pendidikan Ekonomi, (g) Pendidikan Fisika, (h) Pendidikan Geografi, (i) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, (j) Pendidikan Informatika, (k) Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, (l) Pendidikan Matematika, (m) Pendidikan Sejarah, (n) Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, dan (o) Pendidikan Sosiologi; (2) Fakultas Fakultas Teknik dengan 5 (lima) Program Studi: (a) Manajemen Informatika, (b) Sistem Informasi, (c) Teknik Informatika, (d) Teknik Lingkungan, dan (e) Teknik Komputer; (3) Fakultas Kesehatan dengan 1 (satu) Program Studi yakni Farmasi; dan (4) Fakultas MIPA dengan 1(satu) Program Studi yakni Statistika. Semua Program Studi tersebut adalah untuk program sarjana, kecuali Program Studi Manajemen Informatika adalah untuk program diploma tiga.

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Hamzanwadi Selong berawal dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hamzanwadi, didirikan oleh TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid pada tahun 1977. Pada tahun yang sama, FIP Universitas Hamzanwadi berubah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan (STIP) Hamzanwadi Selong berdasarkan SK Pengurus Pondok Pesantren Darunnandlatain Nandlatul Wathan (PPD NW) Pancor Nomor 023/A.X/P.41/1978 tanggal 1 Januari 1978, yang dikukuhkan oleh Ketua Yayasan Pendidikan Hamzanwadi dengan SK Nomor 11/Kpt./C/YPH/1982. STIP Hamzanwadi Selong memperoleh status Terdaftar pada tanggal 18 Agustus 1984 berdasarkan SK Mendikbud RI Nomor 0379/1984 untuk satu Jurusan, yakni Jurusan Ilmu Pendidikan dengan program studi Psikologi Pendidikan dan Bimbingan (sekarang program studi Bimbingan dan Konseling).

STKIP Hamzanwadi Selong bertujuan menyiapkan mahasiswa menjadi sumber daya manusia pendidikan, khususnya calon guru yang memiliki daya saing dengan kapasitas budaya santri. Untuk memenuhi kebutuhan tenaga kependidikan (guru) bidang ilmu MIPA, IPS, dan Bahasa sebagai antisipasi dampak globalisasi, maka pada tahun 1987 STKIP Hamzanwadi Selong membuka tiga jurusan baru dengan lima program studi, yakni: (1) Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (PMIPA) dengan program studi Pendidikan Matematika dan Pendidikan Biologi; (2) Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS) dengan program studi Pendidikan Sejarah; dan (3) Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni (PBS) dengan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Semua Jurusan dengan program studi tersebut adalah untuk jenjang diploma tiga (D3), dengan status Terdaftar pada Ditjen Dikti Depdikbud RI tahun 1990, dan berkembang menjadi jenjang Sarjana atau Strata Satu (Sl) pada 1994. Selanjutnya, pada Tahun Akademik 2004/2005 terbit izin penyelenggaraan dari Ditjen Dikti Depdiknas RI untuk empat program studi yang diusulkan yakni, program studi Pendidikan Fisika, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Geografi dan Pendidikan Sosiologi. Pada September 2007, telah terbit izin penyelenggaran program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) jenjang S1. Dan pada tahun 2013, STKIP Hamzanwadi Selong memperoleh izin penyelenggaraan 4 program studi baru yakni program studi Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Informatika, Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, dan Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik. Dengan demikian, sampai tanggal 22 September 2016 STKIP Hamzanwadi Selong mengembangkan 4 (empat) Jurusan dengan 15 program studi.

Adapun sejarah berdirinya Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Hamzanwadi Selong berawal dari berdirinya Lembaga Pendidikan Wasyrin Najabah (LPWN) Hamzanwadi Pancor yang merupakan salah satu Lembaga Pendidikan Profesi di Kabupaten Lombok Timur, yang dimiliki oleh Yayasan Pendidikan Hamzanwadi, Pondok Pesantren Darunnahdlatain NW Pancor (YPH PPD NW Pancor). LPWN sejak berdirinya tanggal 23 Maret 2002 memiliki 3 (tiga) jurusan yaitu Informatika Komputer, Komputer Akuntansi dan Manajemen Perkantoran. LPWN hingga wisuda terakhir tahun 2014 telah mendidik sebanyak 851 (delapan ratus lima puluh satu) mahasiswa-mahasiswi, yang telah terserap di dunia kerja baik instansi pemerintah, swasta maupun wiraswasta sebanyak 456 orang atau sekitar 70%.

LPWN sesuai misinya, senantiasa berusaha mengembangkan sumber daya manusia intelektual yang berlandaskan iman dan taqwa kepada Allah SWT. Hal ini senantiasa menjadi landasan kinerja bagi seluruh manajemen LPWN Hamzanwadi Selong dalam upaya meningkatkan kualitas lulusan dalam memenuhi tuntutan akan tenaga profesional dibidang informasi dan teknologi seperti Programmer, Desain Grafis, Pemrograman Web, Jaringan Komputer, Komputer Akuntansi. Berangkat dari permintaan alumni LPWN untuk bisa melanjutkan studi kejenjang yang lebih tinggi dan keluhan beberapa dunia usaha yang menyatakan bahwa mencari tenaga kerja profesional di bidang Teknologi Informasi sulit, maka YPH PPD NW Pancor kemudian melakukan transformasi dengan mengajukan pendirian Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Hamzanwadi.

Usaha pendirian tersebut kemudian membuahkan hasil dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Menteri Penddikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 356/E/O/2013 Tanggal 30 Agustus 2013. Dalam Keputusan tersebut Mendikbud menyatakan bahwa Sekolah Tinggi Teknologi Hamzanwadi resmi berdiri dengan tiga program studi yakni S1 Teknik Informatika, S1 Sistem Informasi dan D3 Manajemen Informatika. Sebagai kelanjutan dari turunnya SK tersebut, maka penerimaan mahasiswa untuk LPWN Hamzanwadi ditutup, wisuda terakhir dilaksanakan pada tahun 2014 dan sebagai gantinya seluruh kegiatan akademik berlangsung dalam naungan STT Hamzanwadi.

Dalam perkembangan ke depan, setelah STKIP Hamzanwadi Selong dan STT Hamzanwadi Selong menjadi Universitas Hamzanwadi, dituntut untuk mengembangkan diri, baik dari segi peningkatan statusnya maupun dari segi peningkatan kuantitas dan kualitas sumber daya. Hal ini sejalan dengan tuntutan perkembangan zaman dan pembangunan di tingkat lokal, regional dan global.


Kuota Penerimaan Mahasiswa

Akademik

50

Vokasi

0

Bimbingan Konseling

Program Studi Bimbingan dan Konseling mendapat ijin Penyelenggaraan Program Sarjana Strata 1 (S1) pada tanggal 18 Agustus 1984, bersamaan dengan berdirinya STKIP Hamzanwadi, karena Prodi BK merupakan prodi pertama yang berdiri. Izin operasional diperoleh melalui Surat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor: 0379/0/1984. Saat itu nama Prodi adalah Psikologi Pendidikan dan Bimbingan (PPB).

Kemudian pada pada tahun 2000 Program Studi PPB (Saat itu) mendapatkan sertifikat akreditasi pertama kali dari BAN-PT No. 03413 Ak-1-111-012/SKKZPB/VI/2000 dengan akreditasi B, tertanggal 23 Juni 2000. Di tahun 2005 nama Prodi resmi berubah menjadi Bimbingan dan Konseling. Sehingga pada tahun 2006 Prodi BK kembali mengajukan perpanjangan akreditasi di BAN-PT dan resmi keluar dengan nomor: 08593/Ak-X-S1-003/SK3BKX/V/2006 hasil akreditasi B, dengan nama Prodi Bimbingan dan Konseling.

Pada tahun 2009 mendapatkan perpanjangan izin penyelenggaraan Program Studi Bimbingan dan Konseling jenjang program S1 dari Kopertis wilayah VIII

SK reakreditasi selanjutnya resmi terbit tahun 2011, dengan hasil akreditasi B dari BAN-PT No. 028/BAN-PT/Ak-XIV/S1/X/2011. Hingga akreditasi terakhir pada tahun 2016 dengan peringkat B, Nomor: 1197/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2016 berlaku sampai tanggal 21 Juli 2021. 

Di tahun ini, semestinya prodi BK mengajukan Reakreditasi. Namun, karena kondisi pandemi covid-19 yang cukup mempengaruhi banyak aktivitas perguruan tinggi khususnya, dan 14 kopertis pada umumnya, Kemristek dikti memberikan perpanjangan izin akreditasi karena pandemi. Prodi BK melakukan berbagai upaya persiapan hingga layak mengajukan reakreditasi dengan skor perbaikan pada tahun 2022. 

Banyak prestasi yang ditorehkan segenap dosen dan mahasiswa di Prodi BK, diantaranya: 

(1)  Beberapa dosen Mendapatkan HKI tahun 2016-2021

(2)  Mahasiswa lolos program PHP2D tahun 2020

(3)  Mahasiswa lolos program Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2020

(4)  Mahasiswa terpilih menjadi duta GenRe tahun 2019

(5)  Mahasiswa terpilih menjadi duta pendidikan 2020

Pariwisata

Prodi pariwisata Universitas Hamzanwadi berdiri pada tahun 2018 Universitas Hamzanwadi berdasarkan surat keputusan nomor 855/KPT/I/2018, tanggal 05 Oktober 2018 yang diterbitkan oleh Menteri riset, teknologi dan Pendidikan tinggi republik Indonesia.

Keberadaan program studi S1 Pariwisata dapat memberikan kepastian kepada masyarakat tentang pentingnya layanan pariwisata yang berkualitas bagi para wisatawan domestik dan manca negara khususnya di Nusa Tenggara Barat sehingga terjadi peningkatan pembangunan di bidang pariwisata. Apalagi saat ini NTB sebagai tuan rumah peneylenggara MotoGP menjadi peloung dan tantangan tersendiri bagi pentingnya peletihan, penhiapan dan pengembangan SDM yang berkualitas


Visi Program Studi Pariwisata adalah
‘Pada tahun 2041 Sebagai pusat pengembangan studi pariwisata dan sumber daya manusia yang unggul, kompetitif dan berintegritas, serta berbasis budaya santri.”
Misi Program Studi pariwisata adalah
1) Melaksanakan pendidikan untuk mahasiswa berbasis nilai agama, integritas,
professionalisme, Pendidikan berkualitas sebagai bagian keseluruhan dari
Pendidikan di universitas.
2) Melaksanakan Pendidikan untuk mahasiswa dengan pengetahuan, keahlian,
dan kompetensi yang bervariasi dalam program pariwisata yang berlandaskan
pada keahlian fungsional dan managerial melalui kombinasi teori dan praktik.
3) Memberikan kesempatan untuk melakukan agenda-agenda Pendidikan dan penelitian berdasarkan pengembangan, penemuan dan penyebaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada sektor pariwisata, managemen,
entrepreneurship dan pembangunan berkelanjutan.
4) Melaksanakan agenda-agenda pengabdian kepada masyarakat dengan focus
pada budaya, keunggulan, kontekstual dan nilai-nilai social pada masyarakat.
5) Membangun kerjasama dengan berbagai stakeholder, institusi, dan perusahaan-perusahaan yang fokus pada pengembangan pariwisata di semua jenjang baik lokal, regional, nasional dan internasional. Berdasarkan
misi ini disusunlah tujuan penyelenggaraan Program Studi pariwisata.
Tujuan Penyelenggaraan Program Studi Pariwisata adalah:
1) Menghasilkan lulusan yang berintegritas dan professional yang didasari nilai-
nilai agama islam.
2) Menghasilkan Lulusan yang berkompeten dalam bidang pariwisata yang
mempunyai keahlian fungsional dan managerial melalui kombinasi teori dan
praktik.
3) Menghasilkan karya penelitian pada sektor pariwisata, managemen,
entrepreneurship dan pembangunan berkelanjutan,
4) Melaksanakan pengabdian pada masyarakat untuk mendukung pelaksanaan
tridharma perguruan tinggi.
5) Menjalin Kerjasama dengan berbagai pihak pada sektor pengembangan
pariwisata tingkat lokal, nasional, maupun internasional.

Salah satu grand desain utama pembentukan SDM oleh prodi pariwisata adalah sebagai tourismpreneur disamping sebagai akademi dan peneliti

Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia

Profil lulusan prodi PBSI adalah calon pendidik Bahasa dan Sastra Indonesia dengan 7 kompetensi utama yaitu 

a.       Mampu mengimplementasikan nilai-nilai yang mencerminkan moral, etika, dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugas, peka dan peduli terhadap masyarakat dan lingkungannya serta sehat jasmani dan rohani/jiwa.

b.      Mampu mengimplementasikan nilai-nilai yang mencerminkan moral, etika, dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugas, peka dan peduli terhadap masyarakat dan lingkungannya serta sehat jasmani dan rohani/jiwa.

c.       Mampu memanfaatkan IPTEKS untuk memecahkan berbagai masalah dalam mengimplementasikan konsep dan teori terkini dalam ilmu bahasa dan sastra Indonesia

d.      Mampu mengimplementasikan teori pendidikan untuk menghasilkan solusi yang tepat dalam meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan bahasa dan sastra Indonesia dengan pendekatan monodisiplin dan interdisiplin

e.       Mampu memformulasikan perencanaan kebutuhan pengajaran bahasa dan sastra Indonesia yang berkualitas melalui berbagai metode dan pendekatan ilmiah

f.      Mampu menganalisis dan mengimplementasikan model-model pembelajaran terbaru untuk pengajaran bahasa dan sastra Indonesia dengan mengintegrasikan aspek psikologis sesuai dengan karakter peserta didik dan lingkungannya secara fleksibel dan akurat

g.      Mampu mengimplementasikan Teknologi Informasi dan komunikasi dalam pembelajaran bahasa dan Sastra Indonesia sesuai kebutuhan era globalisasi

h.      Mampu mengimplementasikan berbagai cara dalam mengevaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia


Selain ketujuh kompetensi utama di atas, terdapat juga kompetensi pendukung sebagai peneliti pemula yaitu:


a.     Mampu memformulasikan implementasi keilmuan dalam menangani masalah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia melalui berbagai penelitian dan menggunakan pendekatan monodisiplin serta interdisiplin dalam menemukan solusi terbaru.

b.     Mampu mengomunikasikan gagasan-gagasan inovasi di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dalam forum ilmiah.


kompetensi lainnya yang dapat dimiliki oleh lulusan program studi PBSI yakni kompetensi lulusan sebagai instruktur BIPA, jurnalis, dan pekerja seni sastra. Ketiga profil ini dapat dijadikan sebagai alternatif jenis pekerjaan yang tersedia bagi lulusan dengan kemampuan antara lain:

a.   Mampu mengimplementasikan kemampuan berbahasa asing sebagai pengantar dalam melakukan pengajaran Bahasa Indonesia bagi penutur asing.

b.  Mampu mengimplementasikan model-model pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing

c.   Mampu mengimplementasikan nilai-nilai yang mencerminkan kode etik jurnalis

d.  Mampu memformulasikan keterampilan kebahasaan yang dimiliki melalui media cetak dan elektronik

e.   Mampu memformulasikan keterampilan kebahasaan yang dimiliki dalam menciptakan dan menampilkan seni peran.

f.   Mampu mengimlementasikan kemampuan seni peran dalam mewujudkan daya saing di bidang kebahasaan dan kesastraan


Pendidikan Biologi

Pendidikan Geografi

Program Studi Pendidikan Geografi merupakan salah satu dari 4 Program Studi yang ada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi (FISE) Universitas Hamzanwadi yang dulunya bernama STKIP Hamzanwadi Selong. Program Studi Pendidikan Geografi memperoleh status akreditasi ”B” berdasarkan Surat Keputusan nomor 242/SK/BAN-PT/AK-XVI/S/XII/2013. Akreditasi terakhir pada tahun 2018 dengan Surat Keputusan Nomor 2831/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2018 memperoleh status “B” berlaku sampai tanggal 15 Oktober tahun 2023.


Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Pendidikan Informatika

Program Studi Teknik Informatika merupakan salah satu program studi yang berdiri pada Tanggal 30 Agustus 2013, dimana Izin Penyelenggaraan Program Studi Teknik Informatika (S1) pada Sekolah Tinggi Teknologi Hamzanwadi disahkan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 356/E/O/2013 yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 30 Agustus 2013 oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan telah melaksanakan terakreditasi pertama pada tanggal 20 Mei Tahun 2016 melalui SK BAN-PT Nomor 0507/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2016. Tanggal 07 Mei Tahun 2019 telah melaksanakan kembali akreditasi dan berhsil mendapat Peringkat B sesuai dengan SK BAN-PT Nomor 1406/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2019.

Kurikulum program studi Teknik Informatika mengacu pada ACM Computer Science Curricula dan Kurikulum APTIKOM yang merupakan sebuah organisasi profesi di bidang Informatika dan Komputer yang diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan akademik dan terampil dalam bidang informatika dan mampu memecahkan persoalan di bidang teknologi informasi serta mampu menerapkannya di dalam kehidupan bermasyarakat, sehingga akan lebih dapat beradaptasi dengan kemajuan teknologi. 

Kompetensi dari program studi teknik informatika adalah Mampu merancang dan mengembangkan Algoritma untuk berbagai keperluan seperti Perancangan Perangkat Lunak, Pemrograman Mobile, Jaringan Komputer, Keamanan Jaringan, Multimedia, Data Science, Artificial Intellegent System, Komputer dan Grafik, Mikrokontroller dan Robotika, Teknologi IoT (Internet of Things)


Pendidikan Matematika

Profil utama lulusan program studi pendidikan matematika adalah sebagai calon guru matematika sekolah yang kompeten.  Disamping itu lulusan menjadi peneliti pendidikan matematika yang handal, praktisi keuangan dan enterpreneur (wirausahawan yang inovatif)

1.     Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang Pendidikan Matematika.

2.     Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

3.     Mampu mengaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmupengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;

4.     mampumenyusundeskripsisaintifikhasilkajiannyadalambentukskripsiataulaporantugasakhir, danmengunggahnyadalamlamanperguruantinggi;

5.     mampumengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang Pendidikan Matematika, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

6.     mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawatbaik di dalam maupun di luar lembaganya;

7.     mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;

8.     mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya,  dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;

Pendidikan Seni Drama Tari Dan Musik

Statistika

Pada Tahun 2041 Menjadi Program Studi yang Berdaya Saing Global Sebagai Pusat Pengembangan Statistika Pada Ilmu-ilmu Kehidupan dan Ekonomi Berbasis Budaya Santri

Tujuan :

Kebinekaan 1: Kunjungan ke museum NTB di kota Mataram

Kebinekaan 2 : Wisata Religi ke Makam Pahlawan Nasional TGKH.Zainuddin Abdul Majid Sebagai Pendiri Pondok pesantren NWDI

Refleksi 1: Peserta PMM2 PMM2 membuat resume tentang kunjungan yang telah dilakukan, mulai dari kunjungann di Museum NTB dan Wisata Religi Makam Pahlawan TGKH. Zainuddin Abdul Majid secara individu.

Kebinekaan 3 Kunjungan Budaya, berupa Perisean, ,Gendang Beleq, dan tenun tradisional sasak daerah Ende kabupaten Lombok Tengah

Refleksi 2: Peserta PMM2 membuat resume tentang kunjungan yang telah dilakukan pada agenda kebinekaan

Inspirasi 1: Inspirasi Directur Endri Pondation Organisasi Kemanusian

Kebinekaan 6 : kunjungan ke masjid kuno bayan kabupaten Lombok Utara

Refleksi 3: Peserta PMM2 membuat resume tentang kunjungan yang telah dilakukan pada agenda kebinekaan dan Inspirasi

Kebinekaan 8 Kunjungan ke Sirkuit Moto GP Mandalika

Inpirasi 2 : Talkshow dengan Gubenur/Wakil Gubernur NTB

Refleksi 4: Peserta PMM2 DN membuat resume tentang kunjungan yang telah dilakukan pada agenda kebinekaan dan Inspirasi

Kebinekaan 9 : Kunjungan ke rumah ibadah Hindu di  Pura Batu Bolong Lombok Barat.

Kebinekaan 10 : Kunjungan ke Kota Tua Ampenan.

Refleksi 5: Peserta PMM2 membuat resume tentang kunjungan yang telah dilakukan pada agenda kebinekaan dan Inspirasi

Kebinekaan 11: Kunjungan ke Taman Narmada

Inpirasi 3: Talk show bersama Tofan rahmadi seorang tokoh pariwisata yang berasal dari Lombok barat dan pernah menjadi ketua BPBD  NTB 2014-2016

Refleksi 6: Peserta PMM2 membuat resume tentang kunjungan yang telah dilakukan pada agenda kebinekaan dan Inspirasi

Kebinekaan 14: Kunjungan ke Gereja Paroki Santa Maria Immaculata Kota Mataram.

Refleksi 7:: Peserta PMM2 membuat resume tentang kunjungan yang telah dilakukan pada agenda kebinekaan dan Inspirasi

Kontribusi Sosial

Peserta PMM2 Kontribusi sosial Pengembangan UMKM Masyarakat Pesisir Tanjung Luar/Labuhan Haji

Harapan :

Capaian 1:

1).Peserta PMM2 mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang sejarah Nusa Tenggara Barat.

2).Peserta dapat menjelaskan NTB khususnya Lombok

Capaian  2 :

1).Peserta PMM2 mendapatkan penjelasan tentang perjuangan para pahlawan menjadi bagian dari kemerdekaan.
2).Peserta PMM2 dapat menjelaskan sejarah terbentuknya organisasi yang dibuat oleh Pahlawan Nasional NTB.

3). Peserta PMM2 dapat menejalaskan secara terperinci tentang penganugrahan TGKH M. Zainuddin Abdul Madjid Sebagai pahlawan Nasional.

Capaian 3 :

1).Peserta PMM2 mendapatkan pemahaman tentang adat- adat dan budaya tradisional sasak

2).Peserta PMM2 dapat mengetahui struktur bangunan adat sasak dan filosofinya

3).Peserta PMM2 dapat mengeksplorasi beberapa budaya sasak seperti prisean dan gendang beleq.

Capaian 4 :

1).Peserta PMM2 mendapatkan penjelasan tentang desa sapit sebagai desa tertua dengan beragam budaya.

2).Peserta PMM2 mengenal budaya maulid belek (maulid adad), Bebubus batu, Nyelamet Reban, Ngayu-ayu, dan Tolak Bahla.  

3).Peserta PMM2 dapat mengekslorasi Penemuan situs prasejarah, aksara, hingga pada masa sejarah abad ke-19, yang masih tersimpan rapi tanpa ada yang terputus dari zaman megalitikum (Punden, Menher, Dolmen dan Jenis batu lisung) dan bentuk sarkopagus.

Capaian 5 :

1).Peserta PMM2 memahami manajemen pengelolaan desa wisata Tetebatu

2).Peserta PMM2 dapat memahami manajemen akomodasi perhotelan

3).Peserta dapat mengetahui wisata Tetebatu sebagai Word Tourism Organization sebagai Best Tourism Village.

Capaian 6 :

1).Peserta PMM2 mendapatkan pemahaman tentang sejarah

persebaran islam

di pulau Lombok

2).Peserta PMM2 dapat menjelaskan hubungan masjid kuno bayan dengan persebaran islam di Pulau Lombok.

3).Peserta PMM2 Mengetahui adanya kerajaan-kerajaan yang ada di Pulau Lombok.

Capaian 7 :

1).Peserta PMM2 mendapatkan pemahaman yang tentang destinasi wisata sembalun sebagai World's Best Halal Honeymoon Destination

2).Peserta PMM2 dapat memahami tentang Agrowisata Sembalun.

3).Peserta PMM2 dapat mengetahui destinasi wisata yang berada di sekitar TNGR.

Capaian 8 :

1).Peserta PMM2 mendapatkan pengamalan dan pemahaman tentang Sirkuit Moto GP Mandalika sebagai sirkuit yang telah mendapatkan kontrak Mandalika Grand Prix Association (MGPA)

2).Peserta PMM2 mengetahui beberapa pantai di daerah Mandalika sebagai Destinasi Wisata bersejarah.

Capaian 9 :

1).Peserta PMM2 mendapatkan pemahaman tentang keberagaman budaya dan agama (toleransi)

Kegiatan :
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Telepon : (021) 57946104
Pusat Panggilan ULT DIKTI 126
pmm-01@kemdikbud.go.id
mbkm@kemdikbud.go.id
Jl. Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta 10270