Jurusan/Prog.Studi Ilmu Administrasi
Pubiik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politikj Universitas Katolik Widya Mandira
Kupang, berupaya meningkatkan kualitas penyelenggaraan proses belajar-mengajar
dengan melibatkan seluruh civitas akademika untuk meningkatkan relevansi,
atmosfer akademik, internal manajemen, efisiensi dan produktivitas program
studi. Peningkatan relevansi dan kompetensi dilakukan dengan mengembangkan
kurikulum yang menekankan pada kompetensi profesional (kemampuan), individual, dan
social yang diintegrasikan secara kontekstual. Kurikulum berbasis kompetensi diimplementasikan
melalui proses pembelajaran dengan peningkatan kemampuan mahasiswa baik yang
bersifat hard skill maupun soft skill, Untuk menjamin pencapaian
kompetensi lulusan pelaksanaan pembelajaran dan hasilnya secara berkala
dimonitor dan dievaluasi melalui Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjamin
Mutu (LP3M).
Pelaksanaan kegiatan
akademik (pendidikan-pengajaran) pada Jurusan/Prog. Studi Ilmu Administrasi
Negara, didukung 9 orang staf dosen dengan kualifikasi tingkat pendidikan dosen
S2 kurang lebih 90% dan kualifikasi S3 kurang lebih 10%. Selain itu, kurang
lebih 90% telah memiliki jabatan akademik dengan kualifikasi, 60 % berjabatan
akademik lektor dan 40% berjabatan akademik asisten ahli serta 75 %
tersertifikasi sebagai pendidik profesional. Dalam upaya pengembangan staf
pengajar, mulai tahun 2016 telah diprogramkan studi lanjut S.3 untuk dosen,
yang setiap tahunnya akan dikirim studi sebanyak satu orang dosen. Dalam proses
belajar-mengajar, selain kurikulum disusun berdasarkan kurikulum berbasis
kompetensi (KBK), agar lulusan lebih terspesialisasi dalam bidang pekerjaan/lapangan
kerja, ditetapkan pula kosentrasi bidang ilmu Administrasi Publik yakni
konsentrasi man^emen publik dan kosentrasi kebijakan publik. Di bidang
penelitian, tercatat dalam tiga tahun terakhir (2013 - 2015) penelitian dosen
sebanyak 14 penelitian, 9 penelitian didanai dari dana hiba Unwira, 2
Peaelitian sumber dari dana instansi pemerintah (kerja sama dengan Balitbang
Kota Kupang), sedang tiga lainnya bersumber dari dana pribadi (penelitian mandiri).
Sedangkan di bidang pelayanan/pengabdian kepada masyarakat, tercatat dalam tiga
terakhir (2013 - 2015) telah dilaksanakan 3 kegiatan pengabdian kepada
masyarakat dalam bentuk Kemah Kerja Bakti Mahasiswa-Dosen (KKBMD) di berbagai
desa. Kegiatan tersebut, berupa kegiatan fisik (penataan lingkungan) dan
kegiatan non-fisik (penataan administrasi desa).
Keberadaan mahasiswa
Jurusan/Prog.studi Ilmu Administrasi Negara, berasal dari berbagai daerah
kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur dan sekitarnya, dengan latar belakang
sosio-ekonomi yang beragam, sebagian besar berasal dari masyarakat
berpenghasilan menengah ke bawah, sehingga berpotensi putus kuliah. Tercatat
setiap angkatan hanya mampu dihasilkan sarjana kurang lebih 50% - 60%. Namun
demikian, prestasi hasil lulusan cukup memuaskan dengan rata-rata indeks
prestasi kumulatif (IPK) di atas 3,00.
Prestasi yang diperoleh
lulusan Jurusan/Prog.studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan
Ilmu Politik Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, tidak hanya terlihat dari
IPK yang diperoleh lebih dari 3,00, namun berdasarkan hasil tracer study, 50
% lulusan mendapatkan
pekerjaan kurang dari tiga bulan, dan 40% lulusan mendapatkan pekerjaan pada
rentang 3-6 bulan dan 10 % lulusan mendapatkan pekerjaan lebih dari 6 bulan.
Selain itu, sebagian besar (80%) mengungkapkan bahwa pekerjaan yang diperoleh sesuai
(relevan) dengan pengetahuan yang dipelajari selama studi di Jurusan/Prog. studi
Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas
Katolik Widya Mandira Kupang. Diperoleh informasi pula bahwa, ilmu yang
diperoleh selama studi pada Jurusan/Prog.studi Ilmu Administrasi Negara
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Katolik Widya Mandira Kupang,
bermanfaat dalam hal persiapan diri memasuki lapangan kerja, peningkatan
kinerja dan peningkatan karier dalam bekerja.
Keberhasilan lulusan dalam
mendapatkan lapangan kerja dan kesempatan kerja, kualitas lulusan dalam bekerja
(peningkatan kinerja dan peningkatan karier) dan kualitas proses belajar-mengajar
pada Jurusan/Prog.studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu
Politik Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, yang ditandai dengan capaian
penilaian akreditas B oleh Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), memiliki
daya tarik bagi masyarakat untuk melanjutkan studi pada Jurusan/Prog.studi Ilmu
Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Katolik
Widya Mandira Kupang. Hal ini terlihat dari minat masyarakat dalam tiga tahun
terakhir (2014 - 2016) yang melanjutkan studi pada Jurusan/Prog.studi Ilmu
Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Katolik
Widya Mandira Kupang berkisar 80-150 mahasiswa baru, dibanding tahun-tahun
sebelumnya yang berkisar < 50 mahasiswa baru.
Dalam upaya mempertahankan
dan meningkatkan kualitas dan kepercayaan masyarakat terhadap
Jurusan/Prog.studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, Jurusan/Prog.studi Ilmu Administrasi Negara
Fakultas limu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Katolik Widya Mandira Kupang terus
berbenah diri melalui peningkatan kurikulum pembelajaran, monitoring dan
evaluasi proses belajar-mengajar yang dilaksanakan oleh Ketua Jurusan dan
Lembaga penjamin mutu tingkat universitas (LPsM), melalui monitoring terhadap
Beban Kerja Dosen (BKD).
Selain itu, ketersediaan
sarana dan prasarana untuk mendukung proses belajar-mengajar, terus
dikembangkan. Ruang kuliah yang memadai serta perabot di dalamnya (meja, kursi whiteboard
dan infocus), jaringan internet melalui koneksi wifi yang dapat diakses 24 jam oleh
civitas akademik serta sistem pengelohan data akademik yang berbasis infbrmasi teknologi
(IT) melalui penggunaan wifi.
Suasana akademik pada Jurusan/Prog.studi
Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas
Katolik Widya Mandira Kupang, terpelihara dengan baik. Hal ini ditunjukkan
melalui proses pengambilan keputusan yang demokratis, keterlibatan dosen dalam
kegiatan kemahasiswaan seperti Kemah Kerja Bakti Mahasiswa (KKBMD), Bina Akrab
Mahasiswa Baru, Wisata Sosial, Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD),
seminar mata kuliah dan kuliah - kuliah umum.