PTN
A
Jalan Willem Iskandar Pasar V Medan Estate, Kota Medan - Prov. Sumatera Utara - Indonesia
Menjadi universitas yang unggul di bidang pendidikan, rekayasa industri dan budaya
Akademik
Vokasi
Psikologi Pendidikan dan Bimbingan (selanjutnya disingkat PPB) Program Studi Bimbingan dan Konseling (Bimbingan dan Konseling) telah berdiri bersamaan dengan berdirinya IKIP Medan di tahun 1963. Pada awalnya jurusan ini bernama jurusan Bimbingan Penyuluhan di bawah naungan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). Dewasa ini PS BK FIP UNIMED semakin eksis menjalankan perannya sebagai prodi yang menghasilkan tenaga Guru BK yang profesional. Hal ini dikuatkan diperolehnya peringkat A untuk akreditasi program studi melalui SK BAN-PT No. 6721/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2020.
Program Studi (Prodi) Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan dibuka pada tahun 1998. Prodi Biologi diselenggarakan dengan SK penyelenggaraan pada bulan April 1998 dan SK Izin Operasional No. 123/DIKTI/Kep/2007. Program Studi Biologi berada di bawah Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan. Program Studi Biologi dipimpin oleh seorang Ketua Prodi yang berasal dari kalangan Dosen dan diangkat berdasarkan SK Rektor. Adapun urutan Ketua Program Studi Biologi adalah Dr. Martina Restuati, M.Si, Dra. Rosita Tarigan, M.Pd, Dr. Melva Silitonga, MS dan saat ini diketuai oleh Ahmad Shafwan S. Pulungan, S.Pd., M.Si.
Pada tahun 2020, berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 4133/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2020, Program Studi Biologi Terakreditasi A yang berlaku sejak tanggal 21 – Juli – 2020 sampai dengan 21 – Juli 2025.
Prodi kewirausahaan (KWU) berdiri pada tahun 2019 sesuai dengan SK Memnteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 449/KPT/I/2019 Tentang izin pembukaan Prodi Kewirausahaan Program Sarjana Pada Universitas Negeri Medan. PS KWU resmi menerima mahasiswa baru sejak tahun akademik 2019-2020. Mahasiswa Program Studi Kewirausahaan akan menempuh masa studi selama 8 (delapan) semester atau 3,5 sampai 4 tahun. Gelar akademik yang berhak diterima oleh lulusan mahasiswa program studi Kewirausahaan adalah Sarjana Bisnis atau disingkat dengan S
Menyelenggarakan Pendidikan Antropologi yang dapat menghasilkan lulusan sebagai guru bidang studi antropologi,etnografer, pendamping sosial, wirausahawan, dan jurnalis yang dapat menguasai materi pembelajaran antropologi, membuat kajian dan perencanaan sosial budaya yang kreatif, inovatif, berkelanjutan; menguasai konsep-konsep dasar, teori, metode penelitian pendidikan dan kajian budaya, teknik perencanaan dan analisis yang baik serta pengembangan keahlian berbasis IT.
Universitas Negeri Medan pada awalnya adalah merupakan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta cabang Medan yang dibentuk pada tanggal 23 Juni 1963. Selanjutnya pada tahun 1965 sesuai SK Presiden RI No. 276/1965 tanggal 14 September 1965 dibuka Jurusan Fisika dinamakan Jurusan Ilmu Alam di bawah Fakultas Keguruan Ilmu Eksakta (FKIE). Perkembangan selanjutnya, pada tahun 1979 Fakultas Keguruan ilmu Eksakta (FKIE) berubah nama menjadi Fakultas Pendidikan Fisika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA) IKIP Medan. Prodi pendidikan fisika memiliki empat peminatan kajian keilmuan yaitu: Evaluasi (mendesain instrumen soal); Model Pembelajaran (penerapan model pembelajaran); Pengembangan bahan Ajar dan Media Pembelajaran Fisika. Dari keempat peminantan nanti, kolaborasi dosen dan mahasiswa akan menghasilkan penelitian, karya ilmiah, kajian-kajian inovatif yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan paradigma baru bidang pengajaran fisika dalam rangka mengefektifkan serta mengefesienkan pembelajaran fisika yang dibutuhkan masyarakat.
Program Studi Pendidikan Kimia FMIPA Unimed merupakan program studi yang mengembang visi menjadi program studi yang unggul dalam pendidikan, penelitian, rekayasa industri dan inovasi bidang pendidikan kimia berstandar nasional dan internasional pada Tahun 2024
Program Studi Pendidikan Matematika (DikMat) Unimed didirikan pada tahun 1984 berdasarkan surat izin No 123/Kep/2007. Sampai saat ini Prodi DikMat di kelolah oleh 22 Dosen yang berkualifikasi S3 dan 8 orang guru besar. Prodi DikMat Unimed manghasilkan lulusan yang berdaya saing dan mampu menghadapi tantangan kebutuhan masyarakat di era revolusi industry 4.0 society 5.0. Alumni Prodi DikMat tersebar di berbagai wilayah Indonesia dan bekerja di berbagai bidang sesuai dengan profil Prodi DikMat yaitu Pendidik matematika, Peneliti di bidang pendidikan matematika, Edupreneur dalam bidang pendidikan matematika dan Fasilitator program pendidikan matematika.
Program Studi Pendidikan Tata Boga merupakan salah satu Program Studi yang terdapat di Universitas Negeri Medan. Pada tanggal 17 Mei 1984 Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dengan SK No 30/DIKTI/Kep/1984 menetapkan bahwa di IKIP Medan terdapat 6 fakultas dengan 30 program studi, salah satunya yaitu Program Studi Pendidikan Tata Boga. Dalam kurun satu dasawarsa Ditjen Dikti kembali melakukan penataan program studi di beberapa perguruan tinggi negeri dan untuk IKIP Medan melalui SK No 2161/D/T/2007 tgl 10 Agustus 2007 ditetapkan hanya ada 20 program studi termasuk Program Studi Pendidikan Tata Boga. Program Studi Pendidikan Tata Boga berdasarkan hasil penilaian akreditasi prodi yang dilaksanakan oleh BAN (Badan Akreditasi Nasional) pada tahun 2019 memperoleh nilai A menurut SK . BAN-PT No. 4076/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2019.
Penyelenggaraan kegiatan pendidikan dilakukan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten sesuai dengan tuntutan kebutuhan stakeholder. Oleh karena itu proses pembelajaran dilakukan dengan berbagai model pembelajaran misalnya, berbasis research (pembelajaran berbasis masalah terintegrasi soft skill (PBL dan SS), IT/ICT. Pengembangan kurikulum (KBK, KBK Sistem Blok , KKNI dan merdeka Belajar Kampus Merdeka), evaluasi hasil belajar (penerapan asesmen autentik dan tes standar), dengan audit mutu akademik untuk melakukan peningkatan mutu berkelanjutan yang dikoordinasi oleh SPMI Universitas Negeri Medan. Kegiatan ini dilakukan secara integratif dengan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Penataan kegiatan penelitian diawali dengan penetapan arah kebijakan berbasis penyelesaian masalah stakeholder dengan prinsip income generating.
Program studi Pendidikan Tata Busana telah berupaya menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing dengan mengembangkan kurikulum yang relevan, melaksanakan proses pendidikan yang bermutu, pelaksanaan penjaminan mutu, dan peningkatan mutu berkelanjutan.
Prodi Pendidikan Tata Rias adalah salah satu program studi di jurusan PKK FT UNIMED. Berdiri sejak tahun 2007 dengan kompetensi keahlian dibidang Pendidikan khususnya tata rias rambut dan tata rias kulit. Predikat akreditasi program studi yaitu "Baik" mulai tahun 2021 - 2026. Tujuan Prodi Pendidikan Tata Rias adalah (1) Menghasilkan lulusan yang unggul dan professional di bidang tata rias; (2) Menghasilkan, mengembangkan dan menyebarkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang rata rias; (3) Menghasilkan dan mengembangkan karya- karya inovatif yang bermanfaat bagi masyarakat di bidang tata rias; (4) Membina suasana akademik dan iklim organisasi yang sehat. Profil lulusan Prodi Pendidikan Tata Rias UNIMED yaitu (1) Guru pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bidang Tata Kecantikan; (2) Instruktur/ Trainer pada Lembaga Diklat Bidang Tata Rias; (3) Perancang Program Pelatihan Bidang Tata Rias, Wedding Organizer, Penata Rias Pengantin, Make-Up Artist, Hairdresser dan Beauty Consultant. Adapun fasilitas yang disediakan di Prodi Pendidikan Tata Rias yaitu (1) ruang teori yang nyaman; (2) laboratorium rambut dan laboratorium kulit ; (3) salon kecantikan; (4) ruang sauna; (5) Bathub; (6) alat kecantikan non elektrik, bahan dan kosmetika; (7) alat-alat listrik kecantikan seperti vapozon, klimazon, alat kriting digital, skin analyzer (alat deteksi kulit), airbrush makeup, alat facial electrik, dan lain-lain.
Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Unimed didirikan pada tahun 1965. Jurusan Pendidikan Teknik Elektro merupakan jurusan kedua yang dimiliki oleh Fakultas Keguruan Ilmu Teknik (FKIT) IKIP Medan yang sejak tahun 1965 telah memiliki dua jurusan lainnya yaitu Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Jurusan Pendidikan Teknik Elektro. Pada tahun 1983 nama FKIT berubah menjadi Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (FPTK). Berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 124 Tahun 1999 tanggal 7 Oktober 1999 IKIP Medan telah berubah menjadi Universitas Negeri Medan disingkat Unimed. Peresmian perubahan ini dilakukan pada tanggal 26 Januari 2000. Sejalan dengan ini FPTK IKIP Medan resmi berubah menjadi Fakultas Teknik (FT). Sejak dibukanya, Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik hanya memiliki satu Program Studi, yaitu Prodi Pendidikan Teknik Elektro. Berdasarkan hasil Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada tahun 2014 Prodi Pendidikan Teknik Elektro dapat meraih Akreditasi “B”, dan Akreditasi Tahun 2019 tetap memeproleh Akreditasi B. Lulusan Prodi Pendidikan Teknik Elektro selain menjadi guru sekolah kejuruan juga ada yang bekerja sebagai supervisor pada industri atau perusahaan di bidang produksi, atau manager teknisi dan sebagai tenaga instruktur pada lembaga pendidikan dan pelatihan teknik.
Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan merupaka salah satu program studi jenjang sarjana (S-1) kependidikan yang berdiri pada tanggal 17 Mei 1984 dengan SK Pendirian No. 30/DIKTI/Kep/1984 Tgl 17 Mei 1984. Program Studi Pendidikan Teknik Mesin ini merupakan pendidikan tinggi yang berada pada posisi terdepan, dan menjadi tulang punggung pembaharuan serta rujukan dalam bidang ilmu pendidikan teknik mesin yang menghasilkan guru profesional, instruktur dalam bidang Pendidikan Teknik Mesin, dan juga tenaga ahli yang mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dalam bidang teknik mesin di industri
Program Studi Statistika Universitas Negeri Medan memiliki warna khas yang tidak dimiliki oleh program studi sejenis di wilayah Sumatera, yaitu menciptakan ahli dibidang Analisis dan Data Sain, serta Riset Operasi yang mampu memodelkan, mensimulasikan, menganalisis dan menarik kesimpulan berdasarkan permasalahan dalam berbagai bidang kajian dengan mengikuti perkembangan sains, teknologi informasi (Information Technology) dan kebutuhan industri. Program Studi Statistika Unimed bertujuan untuk:
Mengenal keberagaman suku dan budaya Sumatera Utara sebagai sarana menumbuhkan rasa cinta tanah air dan pembentukan karakter generasi bangsa
Harapan :
Mahasiswa mengalami peningkatan kesadaran dalam membangun interaksi sosial dan pencegahan konflik terhadap masyarakat minoritas
Kegiatan :Mengenal keberagaman suku dan budaya Indonesia sebagai sarana menumbuhkan rasa cinta tanah air dan pembentukan karakter generasi bangsa
Harapan :Capaian 1: Mahasiswa mengalami peningkatan pemahaman tentang indahnya keragaman tradisi dan budaya
Capaian 2: Mahasiswa mengalami peningkatan pemahaman tentang persaudaraan antar pemeluk agama
Capaian 3: Mahasiswa mengalami peningkatan kesadaran dan pembentukan karakter melalui kebudayaan Indonesia
Capaian 4:Mahasiswa mampu mempraktikan pengetahuan dan keterampilan untuk memecahkan masalah di sekitarnya
Kegiatan :Meningkatkan Solidaritas Mahasiswa Indonesia melalui Interaksi SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) Sumatera Utara Sebagai Sarana Pembentuk Karakter Anak Bangsa
Harapan :
Mahasiswa mengalami peningkatan pemahaman tentang indahnya keragaman tradisi dan budaya Sumatera Utara
Kegiatan :Membingkai Tradisi dan Kearifan Lokal Masyarakat Sumatera Utara Sebagai Kekuatan Pemersatu Bangsa
Harapan :Meningkatkan pengetahuan mahasiswa mengenai tradisi dan kearifan lokal etnik di Sumatera Utara
Kegiatan :
Melestarikan Warisan Budaya Pada Etnik Di Sumatera Utara Dalam Rangka Perwujudan Karakter Bangsa
Harapan :Meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai Karakter Etnik di Sumatera Utara
Kegiatan :Mahasiswa-mahasiswi Program PMM berpartisipasi aktif dalam membangun kohesi sosial di masyarakat melalui pengenalan sejarah Sumatera Utara
Harapan :Mahasiswa mengalami peningkatan pemahaman tentang keberagaman budaya yang membangun Kota Medan
Kegiatan :Mengenal keberagaman suku dan budaya Indonesia sebagai sarana menumbuhkan rasa cinta tanah air dan pembentukan karakter generasi bangsa.
Harapan :Mahasiswa mengalami peningkatan pemahaman tentang indahnya keragaman tradisi dan budaya
Kegiatan :